Kamis, 12 September 2019

# Immunomodulator # STIMUNO

Immunomodulator Alami Bantu Jaga Daya Tahan Tubuh

Bulan sudah memasuki bulan September. Kalau menurut siklus  pergantian musim mestinya sudah musim hujan. Tapi nyatanya kemarau masih betah di bulan ini. Padahal banyak wilayah yang sudah kekeringan air. Rumah saya pun kena imbasnya. 

Cuaca yang tidak bersahabat membuat kondisi tubuh jadi tak menentu. Daya tahan tubuh jadi taruhannya. Kalau nggak kuat bisa tumbang nantinya. Makanya dijaga baik-baik deh, hindari pencetusnya sebisa mugkin. Khususnya pada anak-anak yang masih rentan terkena sakit.

Foto dulu yuk di photo booth Stimuno

Hari Jumat, 6 September 2019 lalu saya menghadiri STIMUNO Blogger Gathering Kenapa Anak Mudah Sakit? di Kembang Goela Restoran, Jakarta. Para mama blogger antusias hadir di acara ini. Pastinya ingin tahu lebih dalam tentang alasan dari tema acara ini. 

Nuansa hijau dan oranye menyelimuti ruangan acara. Tidak lupa para peserta juga mengabadikan momen seru di photo booth. Saya juga nggak mau ketinggalan bernarsis ria karena ada hadiah bagi foto yang paling seru. Mau tahu siapa pemenangnya? 

Sebagai pembukaan acara, Bapak Andrew Sulistya - Board of Director Dexa memberikan kata sambutan dan sedikit perkenalan tentang PT Dexa Medica.

Andrew Sulistya

Dexa Medica merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang healthcare dan pharmceutical . Perusahaan yang dirintis oleh Bapak Rudy Soetikno, seorang apoteker yang berdinas sebagai anggota TNI AD di Palembang, Sumsel pada tahun 1969. Saat ini usia Dexa Medica sudah 50 tahun.

Dexa Medica adalah perusahaan farmasi yang mengolah dan melakukan analisa obat secara farmakologis juga uji klinis. Dexa Medica juga memiliki perusahaan khusus untuk  para  scientist dan researcher yang semua pegawainya asli orang Indonesia. Tuh, keren kan.

Dexa mengembangkan banyak obat dari bahan alam, oleh karena itu kita sebutnya obat modern asli Indonesia, kata Bapak Andrew

Penggunaan Ekstrak Phyllanthi niruri L Sebagai Immunomodulator Pada Terapi Penyakit Infeksi


Blogger gathering kali ini mengundang Prof. Dr. dr. Zakiudin Munasir SpA(K) sebagai narasumber dan membahas tentang penggunaan ekstrak Phyllanthi niruli L sebagai immunomodulator pada terapi penyakit infeksi.

Sesuai dengan tema acara, kenapa anak mudah sakit? Karena sistem imun dalam tubuh anak belum stabil seperti orang dewasa sehingga mudah terserang penyakit.

Prof. Dr. dr. Zakiudin Munasir, SpA(K)

Dalam kandungan bayi mendapatkan kekebalan melalui plasenta yang disebut Imonoglolubin. Setelah lahir dan tali plasentanya diputus maka bayi tidak mendapatkan kekebalan dari ibunya lagi.

Bayi yang baru lahir belum mendapatkan kekebalan tubuh yang sempurna. Namun Allah SWT memberikan zat imun untuk bayi dari Air Susu Ibu (ASI) pertama yang disebut colostrum. Makanya Inisiasi Menyusui Dini itu penting bagi bayi baru lahir.

Salah satu tanaman herbal yang mengandung zat imun yaitu Phyllanthi nirui L atau dikenal dengan daun meniran karena mengandung zat aktif yang mempunyai immunomodulator.

Imuno yaitu sistem kekebalan tubuh, sedangkan modulator adalah memoduluasi, mengatur sistem kekebalan tubuh kita supaya lebih baik, kata Prof. Dr.dr Zakiudin Munasir SpA(K)

Beberapa cara untuk mempertahankan kekebalan tubuh supaya nggak mudah sakit:
  1. Pencegahan infeksi dengan vaksinasi
  2. Pencegahan penyakit ganas 
  3. Hindari obat-obat tertentu kecuali dengan resep atau pengawasan dokter
  4. Gizi yang baik
  5. Hindari kontak dengan infeksi pada usia sangat muda atau tua

Sebenarnya immunomodulator masih menjadi perdebatan karena banyaknya bahan aktif yang terkandung dan belum banyak uji klinis dan farmakologi yang baik untuk menelitinya.

Pengertian imunomodulator

Tentunya perkembangan immunomodulator 60 tahun lalu berbeda dengan zaman sekarang. Perkembangan selanjutnya berbagai zat biologis aktif diteliti mengenai efeknya terhadap peningkatan pertahanan alamiah tubuh terhadap bakteri, virus, atau sel tumor.

Sistem kekebalan tubuh pada manusia ada yang tergolong tidak spesifik antara lain : 

- Fisik : kulit, selaput lendir
- Kimiawi : enzim, keasaman lambung
- Mekanik : gerakan usus, rambut getar, selaput lendir

Beberapa jenis immunomodulator yang diteliti antara lain Bacillus Calmette Guerin (BCG), Lipoporisakanda (LPS), Polisakarida, dan Phyllanthus niruli.

Pada Phyllanthi niruli L memiliki manfaat untuk mengurangi keparahan, mempercepat masa penyembuhan, memperkecil angka kekambuhan, dan meringnakan biaya terapi.

Ada syarat lho untuk menjadi immunomodulator yang baik : 
  • Dapat modifikasi respons imun pejamu (beda dengan AB/ kemoterapeutik lain yang hanya berefek pada mikroorganisme)
  • Efek samping minimal, efek farmakologi sesuai yang diharapkan
  • Bebas efek berbahaya seperti autoimun/limfoma seperti pada beberapa zat kemoterapeutik dan C.parvum.

Penggunaan ekstrak Phyllanthi niruri L bisa digunakan sebagai Adjuvan Terapi Infeksi Tuberculosis (TB) dan aman bagi pasiennya.

Tuh, penjelasan profesor Zakiudin lengkap dan jelas kan. Sebenarnya manusia itu sudah punya imunitas alamak dalam tubuh, namun biar lebih afdol lagi bisa ditambahkan dengan imunomodulator yang terpercaya. Salah satunya dari bahan alami atau herbal.

STIMUNO, Immunomodulator Dari Bahan Alami


Anak sakit itu memang bikin dilema dan galau. Seperti yang saya alami saat ini, Sagara sakit batuk pilek yang mengakibatkan sesak nafas. Terbangun terus sepanjang malam. Kami pun jadi kurang tidur. 

Irena Dwi Sri

Ibu Irena Dwi Sari - Marketing Manager Dexa Medica menerangkan alasan kenapa anak mudah sakit. Anak sakit kemungkinan sistem imun tubuhnya sedang drop sehingga tubuh turun kondisinya. 

Penyebab sistem imun terganggu karena toksin, polusi, jamur, virus, parasit, bakteri. Penyebab tersebut bisa dialami dimana saja seperti cuaca yang kurang baik, di taman bermain atau di sekolah. 

Ada dua hal yang menjadi kekhawatiran ibu yaitu anak sakit dan susah makan

Bener juga ya. Anak sakit nggak mau makan, anak susah makan jadi sakit. Mamak galau tingkat tinggi.  LOL. Ibu selalu fokus dalam dua hal itu. Bener nggak?

Bermacam jenis penyakit singgah pada anak, namun yang sering dialami yaitu :

  • ISPA, sekitar 40% dialami usia 1 bulan s/d 4 taun
  • Tuberkulosis, penyakit tertinggi ke 3 di dunia dan sekitar 53% baru diobati
  • Cacar air, masa inkubasi 10-21 hari

Ketahui 3 hal ini agar anak tidak mudah sakit

Ada cara untuk pencegahan anak tidak mudah sakit? Ada dong! Ibaratnya selalu ada jalan menuju Roma. Cermati hal berikut.

Perbaiki Lingkungan (Environtment) sekitar anak. Usahakanlah selalu bersih. Lantai yang bersih, sprei atau selimut yang bersih juga. Ajak olahraga dan berikan hal-hal yang menyenangkan agar tidak stress.

Pastikan tubuh anak (Host) sehat dan stabil dengan cara berikan asupan nutrisi yang cukup dan beri penguat imun (imunomodulator). 

Usahakan anak terhindar dari penyebab penyakit (Agent). Jauhkan anak dari tempat banyaknya kuman berada. Bisa cuci semua mainan anak yang kotor atau cuci tangan sebelum juga sesudah makan.

STIMUNO, imunomodulator alami yang teruji klinis dan farmakologis

Salah satu imunomodulator yang bisa dikonsumsi adalah STIMUNO. Namanya sudah nggak asing bagi saya. Sering saya lihat di rak obat apotek atau minimarket. 

STIMUNO merupakan obat herbal untuk menjaga daya tahan tubuh saat terkena sakit atau sehat. Mengandung formula komposisi tunggal ekstrak tanaman meniran atau Phyllanthus niruri dalam bahasa latin. Ekstraknya diambil dari bagian akar, batang, daun dan buah dari Phyllanthus yang diformulasi jadi sirup dan kapsul.


Kenapa Harus Pilih STIMUNO?


Alasan pertama yaitu STIMUNO bekerja pada sistem kekebalan tubuh, untuk memproduksi lebih banyak antibodi, untuk meningkatan dan memperkuat sistem imun. STIMUNO juga mempunyai sertifikasi FITOFARMAKA

FITOFARMAKA terdiri dari kata Fito artinya tanaman herbal, sedangkan Farmaka artinya obat dari bahan herbal.
FITOFARMAKA adalah sertifikasi BPOM untuk obat herbal yang telah teruji klinis untuk mutu, khasiat dan keamanannya.  Phyllanthus niruri dikenal sebagai obat antivirus, anti baktria, dan anti spasmodic.
Lihat lambangnya pada ujung kemasan STIMUNO bergambar daun. Hmm..jadi yakin deh kalau Stimuno dari bahan alami herbal dan aman dikonsumsi.

Logo Fitofarmaka di ujung atas kemasan

Alasan kedua, STIMUNO bekerja pada sistem imun. Ibaratnya kekebalan tubuh kita sepeti tentara. Jika tentara sedang lemah, maka butuh makanan dan minuman supaya kembali kuat. Jika sebaliknya asupan nutrisi tentara harus tercukupi. Kalau didorong terus menerus saat tubuh sedang sehat, maka akan menimbulkan kelebihan imun.

Alasan ke tiga yaitu herbal terbuat dari bahan meniran. Kenapa meniran, bukan daun herbal lainnya? Karena meniran bermanfaat dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh karena mengandung zat yang membantu untuk merangsang aktivitas imunomodulator.  Stimuno menjadi satu-satunya produk imunomodulator yang telah teruji klinis karena meniran sebagai bahan utama.

Alasan keempat dapat digunakan dalam jangka waktu lama karena berbahan dasar alami, jadi nggak ada efek sampingnya. Tidak menimbulkan kecanduan juga.

Alasan kelima telah dilakukan uji klinis yang artinya penelitian obat yang dilakukan pada manusia sebelum obat tersebut boleh digunakan secara luas. Uji klinis mempelajari resiko dan kegunaan obat, dilakukan pada sukarelawan sehat maupun sakit, serta mengamati efek samping obat yang diinginkan.


Ibu Rien Suryo dan kreasi bento saya

Selain sesi talkshow, ada workshop Kids Bento bersama ibu Rien Suryo. Sesi ini paling menegangkan buat saya karena nggak mahir menghiasi makanan selucu itu. Cuma memang ini salah satu siasat orangtua untuk anak yang susah makan. Kreasi bentuk nasi bento bisa menggugah selera makan anak.

Hasil bento saya bisa lihat sendiri ya foto di atas. Lumayan lah buat permulaan dan demi menjaga daya tahan tubuh anak bisa selipkan STIMUNO pack stick  ya. Oh ya, STIMUNO Blogger Gathering ini juga meresmikan peluncuran new communication ditandai dengan peluncuran video yang bisa dilihat di IG @stimuno.indonesia ya.

Beberapa hari ini si Kecil Sagara batuk pilek. Nafasnya tersengal-sengal gitu. Sepertinya dia punya kecenderungan alergi asma kayak saya. Saya langsung ingat kata-kata dr. Zakiudin kalau anak sudah terkena sakit lebih baik diberikan STIMUNO nya.

Berikan STIMUNO buat Sagara

Pemberian STIMUNO bagi anak yang sakit sebanyak 3x sehari selama 7 hari dan anak yang sehat cukup 1x sehari atau kalau kondisinya baik-baik saja tidak perlu diberikan. STIMUNO aman digunakan bagi anak berusia di atas 1 tahun dan orang dewasa.

Tidak boleh dikonsumsi buat wanita hamil, pasien yang hipersensitivitas pada Phyllanthus niruri, dan pasien yang menderita penyakit autoimun.

Jaga kesehatan itu penting ya parents. Percuma juga kalau konsumsi imunomodulator terus tapi pola makan dan gaya hidupnya masih amburadul, yang ada malah tambah parah. Ingat pesan Kementrian Kesehatan RI untuk tetap utamakan perilaku CERDIK . Musim segera berganti, tetap jaga kesehatan keluarga sendiri.


***

11 komentar:

  1. Aku juga selalu sedia stimuno dirumah ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mama yang pinter, biar daya tahan tubuh anak tetap fit ya.

      Hapus
  2. Antibodi yang baik memang dibutuhkan biar anak punya daya tahan apalagi cuaca lagi gini. Brand yang familiar nih aku.

    BalasHapus
  3. Keren banget Stimuno sudah mempunyai sertifikat Fitofarmaka. Berarti masyarakat tenang nih dan yakin akan manfaat dan kegunaan produk ini untuk dikonsumsi sehari2. Membantu perkembangan anak serta daya tahan tubuhnya agar senantiasa sehat ya. Btw sepertinya orang dewasa juga bisa kan ya minum Stimuno ini? Aku penasaran :D

    BalasHapus
  4. Bener banget nih kemarau panjang banget, kasihan anak-anak kena ISPA, aku aja sampe sinusitis kambuh karena udara sangat tidaj bersahabat dengan tubuh. Akhirnya kemarin juga sedia Stimuno buat nambahin daya tahan tubuh

    BalasHapus
  5. Jadi pemberian STIMUNO ini tidak setiap hari ya.. bagi anak yang sakit 3x sehari selama 7 hari dan anak yang sehat cukup 1x sehari atau kalau kondisinya baik-baik saja tidak perlu diberikan. Noted, selama ini aku kira ini semacam suplement harian anak untuk jaga daya tahan tubuh

    BalasHapus
  6. Penting banget sebagai orangtua untuk selalu menjaga daya tahan tubuh anak mba. Dan aku pun selalu nyetok Stimuno nih biar anak slalu sehat :)

    BalasHapus
  7. Aku juga ngasih Stimuno nih kalo anak Ada tanda-tanda mau sakit. Biasanya sih mereka gak jadi sakit atau sakitnya ringan aja.

    BalasHapus
  8. Terbukti bagus memang, gejala bapil minum stimuno jadi ga jadi bapil parah loh

    BalasHapus
  9. Stimuno memang bagus untuk daya tahan tubuh anak. Apalagi musim pancaroba ya. Atau ada temannya yg lagi sakit

    BalasHapus
  10. Wah ilmu banget nih, jadi tau istilah2 kedokteran ttg kekebalan tubuh. Dan sekarang sudah ada stimuno yg mengaplikasikannya. Semoga adek sagara bisa makin kuat dan sehat srlalu yaa habis minum stimuno.

    BalasHapus