Sabtu, 14 September 2019

# belanja aman # Cek KLIK

Ayo Jadi Konsumen Cerdas dengan Cek KLIK

Berita peredaran obat dan makanan ilegal makin marak terdengar. Tiap tahun ada saja pelanggaran kejahatan ini. Sebagai konsumen, saya punya ketakutan tersendiri jika ingin belanja kedua produk itu. Rasanya tidak ada produk yang aman dikonsumsi.

Saya membaca sebuah artikel berita online yang menerangkan bahwa Badan Pengawasan Obat dan Makanan telah memusnahkan (BPOM) obat dan makanan ilegal senilai Rp 161,48 Miliyar dalam kurun waktu 4 tahun. Sejumlah uang yang fantastis.

Cek KLIK dulu sebelum belanja

Hal ini tidak bisa didiamkan karena merugikan konsumen sebagai pengguna terakhir. Untuk lebih mensosialisasikan lebih terdengar luas oleh masyarakat, Sabtu, 7 September 2019 BPOM mengajak #SahabatBPOM bermalam mingguan di Lippo Mall Kemang Village dalam acara "Ayo Cek KLIK, Pilih Obat dan Makanan Aman".

Talkshow malam minggu itu makin meriah dan seru karena menghadirkan para narasumber seperti : 

✔️Dr.Ir. Penny K. Lukito, MCP - Kepala BPOM
✔️Tulus Abadi - Ketua YLKI
✔️Ojak S. Manurung, S.E.,M.M - Kementrian Perdagangan
✔️Fatthurrahman, S.T - APRINDO
✔️Ussy Sulistiawaty - Mompreneur dan Artis
✔️Ananda Omesh - MC
✔️Rio Febrian - Penyanyi

Para pembicara Cek KLIK

Malam Minggu yang benar-benar berfaedah. Hangout yang nggak cuma seru-seruan sesama teman blogger, tapi dapat ilmu dan hiburan yang menyenangkan. Penampilan Rio Febrian yang bikin semua pengunjung histeris. 


Konsumen Harus Cerdas Biar #BelanjaAman


Biasanya yang bikin saya tertarik beli suatu produk melihat dari kemasannya. Entah karena lucu, unik atau sederhana tanpa melihat lagi segala detail informasinya. Ternyata itu tindakan kurang bagus. 

Sebagai konsumen mesti cerdas dalam memilih lalu membeli produk yang ingin dikonsumsi. Bisa obat, makanan, atau kosmetik. Jangan tiba-tiba disalahkan brand-nya akibat kecerobohan kita juga. Kalau konsumennya cerdas kan #BelanjaAman dong.

Pemerintah punya andil dalam pengawasan ini. Pak Ojak S.Manurung mengatakan bahwa pemerintah dalam pengawasan obat dan makanan memposisikan sebagai regulator, fasilitator dan eksekutor. Dibuat sedemikian rupa peraturan dari hulu ke hilir demi perlindungan produsen dan konsumen.

Segitu seriusnya saya Cek KLIK

"Masyarakat berhak mendapatkan obat, makanan dan kosmetik yang aman," kata Pak Tulus Abadi. Setuju banget. Karena produk tersebut merupakan kebutuhan tiap individu. Saya tidak merasa dibohongi jika membeli produk yang aman karena lolos uji BPOM.

Sebelum dijual barang disimpan dalam gudang. Kalau tidak dicek berkala bisa jadi ada barang yang rusak. Maka itu, sebelum beredar luas di pasaran dan sampai di tangan masyarakat, lebih baik barang di cek dulu dari gudang. Pernyataan tersebut disampaikan oleh Pak Fatthurrahman.

Mau jenis barang apapun yang ada di toko-toko kalau belum ada pengecekan dari BPOM berarti belum layak dikonsumsi. Masyarakat mesti mengetahui fase-fase saat memilih produk : 

1. Tingkat Kesadaran
Konsumen sadar akan barang yang dibeli sudah Ama dikonsumsi.

2. Tingkat Paham
Konsumen paham tiap detail informasi yang diberikan.

3. Tingkat Kritis
Kalau ada sesuatu yang kurang, maka konsumen bisa komplain sama produsen.

4. Tingkat Berdaya
Konsumen bisa mengajukan ke BPOM bahwa ada produk yang dilihat kurang meyakinkan. Peran masyarakat yang jeli memudahkan BPOM dalam pengawasan.

Fitur-fitur di BPOM Mobile 

Ussy Sulistiawaty saat ditawari barang endorsan juga pilih-pilih lho. "Produknya harus asli dan ada izin BPOM," jelasnya. Soalnya ia pernah beli barang di salah satu e-commerce yang ternyata barang KW dan nggak jelas izin edarnya. Pengalaman itu membuat dia lebih hati-hati lagi membeli produk luar negeri.

Bagaimana cara jadi konsumen cerdas? Ingat Cek KLIK dong! Ini cara paling efektif buat masyarakat dalam memilih produk yang ingin dikonsumsi. Cek KLIK yaitu Cek Kemasan, Cek Label, Cek Izin Edar dan Cek Kedaluwarsa. 

Ibu Penny K.Lukito menyarankan agar lebih hati - hati membaca label karena semua informasi mengenai produk tercantum disitu. Matanya harus jeli nih, jangan sampai missed mengetahui informasi produk. Disinilah kecerdasan konsumen ditantang.

Cek KLIK Sebelum Belanja dengan BPOM Mobile 


Sebagai konsumen yang cerdas, saya mau coba Cek KLIK dengan aplikasi BPOM Mobile (2D barcode) dengan produk yang saya beli. Kebetulan sedang cari stok makanan bulanan, saya datang ke minimarket dekat rumah. Salah satu produk yang saya beli yaitu mie instan merek Sedaap. Pastinya Cek KLIK Sebelum belanja.

Mie instan Sedaap lolos Cek KLIK

Hasil scan BPOM  Mobile Mie instan Sedaap 

Cek Kemasan

Pastikan kemasan produk dalam kondisi baik, tidak berlubang, sobek, karatan dan penyok.  Kriteria-kriteria tersebut saya temukan dalam kemasan mie instan ini. Jadi, ceklis pertama lulus ya.

Saya sempat melihat ada salah satu kaleng susu yang penyok di rak minimarket. Disayangkan sekali produk itu masih dipajang. Kalau konsumen yang belum tahu, bisa saja dibeli.


Cek Label

Baca informasi produk yang tertera pada labelnya dengan cermat. Sesuai dengan Undang-Undang No.18 tahun 2012 tentang pangan, label produk pangan harus memuat nama produk, daftar bahan yang digunakan, berat bersih, nama dan alamat produsen, nomor izin edar (MD/ML), keterangan kedaluwarsa dan kode produksi, halal bagi yang dipersyaratkan, tanggal bulan dan tahun kedaluwarsa, dan asal usul pangan tertentu.

Kalau kata Omesh bilang ada keterangan nilai gizinya, bukan hanya komposisinya saja. Saya temukan juga dalam mie instan Sedaap. Ceklis kedua lulus.

Kemasan susu cair kaleng yang penyok


Cek Izin Edar

Pastikan memiliki izin edar dari Badan POM. Izin edar dapat dicek melalui aplikasi Cek BPOM. Tiap produk kode dan nomor izin edarnya berbeda. Contohnya bisa dibagi sebagai berikut.

 ✔️ Obat
Diawali dengan kode 3 huruf dan kode 12 digit.

Huruf 1 
D : Nama Dagang
G : Generik

Huruf 2 
B : Obat Bebas
T : Obat Bebas Terbatas
K : Obat Keras
P : Psikotropika
N : Narkotika

Huruf 3 
L : Obat produksi dalam negeri
I : Obat impor
E : Obat untuk keperluan ekspor
K : Obat untuk keperluan khusus

Kebetulan saya punya obat merek Bodrex Extra yang keterangan nomor izin edarnya yaitu DTL 0622719204A1. 

✔️ Obat Tradisional

Diawali dengan POM diikuti kode 2 huruf dan 9 digit angka. Contohnya saya temukan pada obat batuk Herbakof yaitu POM TR 172603811. 

TR : Obat tradisional dalam negeri
TI. : Obat tradisional impor
TL : Obat tradisional Lisensi
QD : Obat quasi dalam negeri
QI. : Obat quasi impor
QL : Obat quasi lisensi



✔️Suplemen Kesehatan

Diawali dengan POM dan diikuti 2 huruf dan 9 digit angka. Contohnya suplemen kesehatan yang saya miliki dari merek Blackmores yaitu POM SI 174308231.

SD : Suplemen kesehatan dalam negeri
SI.  : Suplemen kesehatan impor
SL. : Suplemen kesehatan lisensi

✔️Kosmetik
Diawali dengan kode 2 huruf dan 11 digit angka. Pada blush on Sophie Paris yang saya punya keterangannya NA11181207373.

Huruf 1 : N (Notifikasi)
Huruf 2 : kode benua (Asia/Australia/Eropa/Amerika/Afrika)

✔️Pangan

Diawali dengan BPOM RI diikuti kode 2 huruf dan 12 digit angka. Contohnya pada mie instan Sedaap itu, BPOM RI MD 831513067019. 

MD : Pangan dalam negeri
ML : Pangan impor


Cek Kedaluwarsa

Pastikan tidak melebihi masa kedaluwarsa.  Sebagai konsumen patut curiga jika ada barang yang dijual murah. Biasanya saya temui pedagang yang jual barang murah saat momen lebaran. Makanan impor dijual murah banget, eh nggak tahunya mau kedaluwarsa sebulan lagi. Sedih kan.

Pada mie instan Sedaap yang saya beli pencantuman kedaluwarsanya tidak begitu jelas. Agak nyempil diantara gambar. Untungnya saya jeli melihatnya, tertera kedaluwarsa tanggal 250420 (25 April 2020). Ceklis terakhir lulus juga mie instan Sedaap.

Aplikasi HALOBPOM versi mobile memudahkan masyarakat memperoleh informasi atau menyampaikan pengaduan. Karena aplikasi ini ada fitur Cek Produk , Riwayat Scan, Berita dan Pengaduan.


Ibu Penny K.Lukito dan Ussy Cek KLIK langsung ke Hypermarket
Dok.foto Papih Kyh

Setelah penjelasan Cek KLIK yang dijabarkan para narasumber, pengunjung diajak langsung ke Hypermarket yang ada di dalam mall dan praktek Cek KLIK sebelum belanja. Semuanya berbondong-bondong menuju kesana-sana. Ibu Penny dan mba Ussy menuju salah satu rak minuman yang ada tanda Cek KLIK.

Tips supaya jadi konsumen cerdas memilih produk :

💕Beli produk di jalur yang legal
💕Gunakan penglihatan supaya membaca kemasan lebih jeli
💕Hubungi Contact Center
💕Cek KLIK sebelum belanja dengan aplikasi "HALO BPOM Mobile".

Ibu Penny K.Lukito berharap dari acara ini konsumen semakin cerdas berbelanja kebutuhan dengan Cek KLIK. BPOM terus melakukan pengawasan izin edar, dan pengawasan post market, mengedukasi masyarakat lebih cerdas lewat talkshow dan tools yang memadai, mendorong & memfasilitasi perizinan obat dan makanan di 40 kantor BPOM, serta meningkatkan kualitas produk UMKM.

Sudah tahu kan jadi konsumen cerdas harus apa. Pilih barang sesuai kebutuhan, teliti sebelum membeli dengan Cek KLIK, dan jika ada masalah dengan produknya hubungi produsen dan Contact Center HALOBPOM.


Ayo jadi konsumen cerdas dengan Cek KLIK


Infomasi lebih lanjut follow media sosial HALO BPOM dan hubungi Contact Center

Facebook : BPOM Official
Instagram : @halobpom1500533_
@bpom_ri
Twitter : @halobpom1500533
@BPOM_RI
Email : halobpom@pom.go.id
WA : 08119181533
SMS : 081219999533
FAX : 021-4263333
YouTube : Badan POM RI
www.pom.go.id


***

20 komentar:

  1. nahhh penting banget inih... skrg bisa dicek ya, jadi aman..

    BalasHapus
  2. Akhirnya ada solusi untuk CEK KLIK makanan, karena banyak yang beredar makanan tanpa ijin ya, jd ga tau juga kebersihan dan halalnya....

    BalasHapus
  3. Sejak ada berita di tv banyak yg keracunan Karen makan makanan kadaluarsa saya selalu cek kemasan, tanggal kadaluarsa, dan label dan izin edar. Konsumen harus lebih hati-hati dan waspada ya

    BalasHapus
  4. Akhirnya ada juga cara praktis buat cek kelayakan makanan yang sering aku beli. Pake aplikasi KLIK ya. DUlu kalo ngecek, aku belain ribet-ribet di website BPPOM deh. Semua orang wajib punya nih aplikasi ini.

    BalasHapus
  5. Masyarakat modern memang harus cerdas dan berdaya menggunakan layanan aplikasi untuk keamanan dan kesehatan diri kita juga, aku udah download nih aplikasi BPOM Mobile nya

    BalasHapus
  6. Wow banget yaa...
    jadi konsumen gak boleh asal ambil belanjaan, harus teliti dan sekarang dibantu dengan Cek KLIK. Berasa makin mudah...

    BalasHapus
  7. Aplikasinya emang dibutuhin bngt y mba secara kita sbagai ibu msti beli makanan anak yang aman dah terdftar di BPOM kan bsa mudah cek kliknya

    BalasHapus
  8. Aku juga suka penasaran kalau ada produk yang ada BPOM nya tapi waktu di cek enggak ada mbak. Nah, ini penting banget lebih waspada memilih produk yang baik untuk dikonsumsi.

    BalasHapus
  9. Aku pun sellau upayakan untuk cek terlebih dahulu mba mana yang masih bisa dikonsumsi dan mana yang tidak. Dan tindakan pengecekan ini yang menurutku memang perlu banget

    BalasHapus
  10. Sepakat mb, semua konsumen harus paham tentang cek klik ini. Karena ketidaktahuan kita bisa membahayakan nyawa kita juga. Seperti kasus ibu hamil yang mengkonsumsi vitamin yang sudah kedaluwarsa. Untung tidak apa2...tfs mb..

    BalasHapus
  11. Can't agree more with this. Sebagai konsumen kudu cerdas memilih produk, izin edar, tanggal kadaluwarsa dll. Bakal helpful banger BPOM Mobile nih

    BalasHapus
  12. Cek kadaluarsa itu yang sering lupa ya. Tapi sekarang jadi terbantu karena ada cek klik ini. Semoga gak salah beli produk lagi terutama obat dan kosmetik.

    BalasHapus
  13. Memang udah saatnya sekarang kita jadi konsumen cerdas yah, mengingat semakin banyaknya aneka barang yg beredar di pasar. Apalagi soal batas kadaluarsa dan keamanannya dari segi kesehatan.

    BalasHapus
  14. Harus banget nih buat instal aplikasinya, biar gak salah beli produk yang nantinya malah berakibat fatal bagi kesehatan

    BalasHapus
  15. Banyaknya produk yang beredar memang buat kita harus hati hati milih produk makanan dan obat. Apalagi punya anak kecil yang kesehatan nya masih rentan. Keren deh aplikasinya mau ku cobain

    BalasHapus
  16. Konsumen memang harus dituntut cerdas ya, saya pernah beli makanan dan ternyata makanan yang saya beli sudah kadaluarsa... Sedih deh rasanya...

    BalasHapus
  17. Jadi konsumen memang hrs cerdas ya
    Selalu klik saat belanja..
    Aku harus gini mulai sekarang

    BalasHapus
  18. Pas beli skincare dari klinik kecantikan sempet aku coba nih masukin nomor BPOM, canggih langsung keluar informasi detailnya

    BalasHapus
  19. Harus cerdas banget jadi konsumen sekarang. Soalnya udah dipermudah banget ini buat cek pake aplikasi klik.

    BalasHapus