Sabtu, 09 Maret 2019

# digital # edukasi

Wahana Edukasi Digital Bagi Wanita

Bukan hal yang tahu lagi menggunakan internet  di era ini. Sebuah hasil laporan "Digital Around The World 2019" dari total 268,2 juta penduduk Indonesia, 150 juta diantaranya menggunakan media sosial. Itu artinya masyarakat Indonesia aktif sekali menggunakan internet. Terutama di era millenial ini, generasi Y dan Z mendominasi penggunaan internet. Hebatnya terjadi peningkatan 20 juta dari tahun lalu.



Jika dilihat dari segi usia dan jenis kelaminnya, pengguna internet di rentang usia 18-24 tahun didominasi pria sebanyak 18% dan wanita 15%S, sedangkan usia 25-34 tahun juga didominasi pria sebanyak 19% dan wanita 14%. Dari hasil demografi tersebut membuktikan wanita masih belum melek digital atau istilahnya gagap teknologi (gaptek). Wah, sebagai wanita yang aktif di dunia digital, saya kok miris ya.

Fenomena tersebut yang mungkin menggelitik Kementrian Komunikasi dan Informatika dan PT XL Axiata Tbk ( XL Axiata) menginisiasi wahana belajar "Pojok Pintar Sisternet". Wahana itu dirancang sebagai "rumah singgah" bagi wanita untuk belajar, berbagi, dan memperluas wawasan mengenai berbagai isu pemberdayaan wanita dan peluang sosial ekonomi dengan memanfaatkan teknologi digital.


Nadine Chandrawinata turut hadir saat peresmian
Pojok Pintar

Saat peresmian wahana edukasi ini di Jakarta, Sekretaris Jenderal Kementrian Kominfo Rosarita Niken Widiastuti menjelaskan bahwa teknologi harus dimanfaatkan wanita untuk lebih berdaya dan mengembangkan potensi pribadi. Manfaatkan juga untuk menambah penghasilan dari informasi yang berkualitas. Tentunya digunakan secara bijak dan bermanfaat.

"Melalui Pojok Pintar kita bisa saling belajar memilih dan memilah informasi. Sekaligus mencegah penyebaran hoaks dan berita bohong. Belajar untuk saring sebelum sharing dengan menjadi perempuan yang cerdas dan melek teknologi digital" harap Bu Rosarita.

Yessie D. Yosetya, Direktur Teknologi XL Axiata, mengatakan juga bahwa era digital ini membuka kesempatan luas bagi siapapun untuk meningkatkan kemampuan dengan memberdayakan potensi diri. Bagi semua wanita Indonesia, dengan keberadaan jaringan data yang semakin meluas hingga ke pelosok tidak ada alasan lagi untuk tidak menjadi setara ke sumber-sumber edukasi dan memperluas peluang ekonomi.

Penasaran kan Pojok Pintar ada dimana. Bertempat di kantor Kementrian Kominfo, Jl.Medan Merdeka Barat 9, Jakarta Pusat, Pojok Pintar pertama berada. Nggak perlu khawatir sepi kegiatan. Tiap bulannya ada kelas-kelas menarik diikuti. "Sister Berbicara" sebuah kelas dengan beragam materi yang diajarkan seperti digital parenting, kewirausahaan, literasi digital, dan fotografi jurnalistik. Tiap materi akan dibawakan oleh ahli di bidangnya.



Sisternet merupakan program yang diinisiasi oleh XL Axiata sebagai dukungan kepada kaum wanita Indonesia untuk bisa memanfaatkan sarana teknologi guna meningkatkan kualitas hidup diri, keluarga dan lingkungan sekelilingnya. Sisternet sudah punya 14 ribu member lho.

Sejak diluncurkan 4 tahun lalu, hingga saat ini ada 100 kelas edukasi dengan total 10 ribu kaum wanita Indonesia sudah pernah mengikuti kelas-kelas program Sisternet. Saat ini program Sisternet aktif menjalin kerjasama dengan beberapa kementrian seperti Kominfo, Kementrian Kesehatan, Kementrian Perhubungan, Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kementrian Tenaga Kerja serta Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Boleh nggak nih gabung? Boleh banget dong. Terbuka bagi wanita dari masyarakat umum dan tanpa dipungut biaya alias gratis. Tapi daftar dulu ya untuk mengikuti kelas-kelas tersebut di www.siternet.co.id/login. Pojok Pintar bisa diakses mulai tanggal 4 Maret 2019. Pojok Pintar sebagai upaya untuk mendorong kaum wanita Indonesia untuk semakin maju secara sosial dan ekonomi.




***

1 komentar:

  1. numpang share ya min ^^
    bosan tidak tahu mesti mengerjakan apa ^^
    daripada begong saja, ayo segera bergabung dengan kami di
    F*A*N*S*P*O*K*E*R cara bermainnya gampang kok hanya dengan minimal deposit 10.000
    ayo tunggu apa lagi buruan daftar di agen kami ^^

    BalasHapus