Rabu, 30 Januari 2019

# Lebam # obat gel

Oles Thromboflash #AksiFlashBunda Sembuhkan Lebam

Tanggal 8 tiap bulan menjadi angka yang berarti bagi saya. Alasannya cuma satu, angka tersebut adalah tanggal kelahiran Sagara, anak laki-laki saya nomor dua. Tiap tanggal 8, saya menghitung usianya. Saat ini masih bisa hitung usia bulanan dan Januari ini tepat usianya 20 bulan. Jangan ditanya deh sudah bisa apa saja anak ini. Bagusnya ia melewati tahap demi tahap tumbuh kembang anak pada umumnya. Tengkurap, merangkak, merembet, berdiri, bahkan berlari. Makanya pintu rumah nggak boleh kebuka sedikit, pasti ia langsung kabur. Pernah kakinya keserimpet dan membentur pintu, akibatnya ada lebam di area lututnya. Awalnya saya pikir biasa anak kecil kebentur, cuma nangis sebentar karena kaget dan kembali main lagi. Namun, setelah berselancar di mbah Google, benturan pada anggota tubuh itu tidak bisa disepelekan. Jika tidak ditangani secara cepat bisa fatal akibatnya.


Benturan itu bisa dialami oleh siapa saja. Orang dewasa ataupun anak-anak. Saya sering mengalami benturan pada tulang kering karena kesandung. Tahu kan gaes rasanya tulang kering kepentok meja atau tembok. Nyerinya nggak nahan. Selain itu, ada area anggota tubuh yang rawan sekali terkena benturan. Bahkan jika terkena benturan bisa mengakibatkan kematian. 3 area anggota tubuh rawan benturan itu kepala, dada dan leher.

Salah satu akibat meninggalnya keeper Persela Lamongan, Choirul Huda, adalah benturan di kepala, leher dan dada. Saat berada di lapangan hijau ia bertabrakan dengan rekan setimnya. Benturan keras yang terjadi di kepala bisa mengakibatkan cedera otak.  Bahkan pembuluh darah bisa pecah. Apabila kalian mengalami kecelakaan (amit-amit) dan membentur aspal langsung aja deh segera periksa ke dokter ahli. Memang efeknya tidak langsung terlihat saat itu juga. Bisa saja 1 atau 2 bulan kemudian mengalami sering muntah, pusing atau pingsan. Makanya saya selalu minta helm duluan sama driver ojek online, tempat tujuan dekat jauh tetep pakai helm. Kalau kecelakaan, situ mau tanggung jawab.

Kedua anak saya pernah beberapa kali jatuh dan mengalami lebam sewaktu kecil. Sekarang sudah besar anak-anak nggak pernah jatuh dong. Hah, salah besar. Malah di usia saat ini mereka sedang aktif-aktifnya. Apalagi Sagara si bayi 20 bulanan ini, nggak bisa lihat pintu terbuka sedikit langsung keluar. Kadang suka kepentok kakinya sama kaki meja. Si sulung Gie yang berusia 6 tahun, suka main di luar dengan teman-temannya. Lari sana sini, kayak nggak ada capeknya. Pernah ada kejadian saat ia masih kecil. Waktu itu saya selesai sholat, pas mau buka pintu nggak tahunya ada Gie dibalik pintu. Hasilnya dia terdorong dan jidatnya kebentur tembok. Nangis seketika dan langsung saya peluk. Tapi lama-lama jadi benjol dan lebam. Saat itu yang saya lakukan mengompres jidatnya dengan air dingin dan mengoleskan minyak telon.

Warna lebam saat 1 atau 2 hari


Apa Itu Lebam ?


By the way, dari tadi saya cerita tentang lebam. Ada yang tahu apa itu lebam? Lebam atau memar adalah pecahnya pembuluh darah kapiler di bawah kulit akibat benturan dengan benda tumpul. Saat pembuluh darah pecah, maka darah akan menyebar ke jaringan sekitarnya yang mengakibatkan timbulnya rasa nyeri dan perubahan warna kulit.

Pernah ngalamin memar yang tiba-tiba muncul pada tubuh tanpa tahu penyebabnya atau tidak mengalami benturan? Ini dinamakan petekie atau hematom dalam dunia medis. Memar atau pendarahan di bawah kulit yang dapat timbul akibat pecahnya pembuluh darah kecil atau besar. Mungkin saja terjadi saat kita tidak terasa terbentur sesuatu. Bukan karena dijilat setan ya.

Dok.foto Facebook Thromboflash

Tahapan Perubahan Warna Lebam

Apa warna  lebam atau memar yang kamu ketahui? Kalau saya tahunya warna biru keungu-unguan. Ternyata luka lebam itu ada tahapan perubahan warnanya :

  • Merah, terjadi sesaat setelah terbentur. Terlihat memerah, sedikit bengkak dan terasa nyeri jika disentuh.
  • Kebiruan hingga ungu gelap, terjadi sekitar 1 atau 2 hari setelah benturan. Warna memar akan berubah menjadi kebiruan atau ungu gelap. Hal ini disebabkan karena minimnya asupan oksigen dan juga pembengkakan di area sekitar memar. Akibatnya hemoglobin yang berwarna merah menjadi biru.
  • Hijau pucat, terjadi pada hari keenam. Biasanya warna memar menjadi kehijauan. Hal ini menandakan bahwa hemoglobin di dalam darah mulai terurai dan proses penyembuhan sedang berlangsung.
  • Kuning kecoklatan, terjadi setelah seminggu. Luka lebam akan berubah menjadi lebih terang, warna kuning atau cokelat muda. Tahap ini merupakan proses penyembuhan. Lebamnya tidak akan berubah warna lagi malah menghilang dan kulit kembali ke warna semula.

Oles Thromboflash #AksiFlashBunda Sembuhkan Lebam


Sebagai ibu yang dituntut cepat bin gesit dalam melakukan sesuatu, termasuk jika anak atau anggota keluarga lainnya terkena benturan dan mengalami lebam, maka butuh obat yang ampuh untuk menyembuhkan. Inilah yang dinamakan #AksiFlashBunda. Oles Thromboflash, untuk luka memar. Kalau begitu saya perkenalkan dulu si salep bening berwarna kuning ini.


THROMBOFLASH

Komposisi : Heparin 200 IU
 Dosis : aplikasi di kulit yang terluka lebam/memar sampai
 sembuh
Kemasan dan HNA (Excl.ppn)
Harga 10 gr : sekitar Rp.28.000 - Rp 31.000
20 gr : Rp.40,000


Bahan aktifnya adalah HEPARIN Sodium 200 IU. Heparin yang berasal dari 2 sumber mucosa hewan yaitu Porcine (berasal dari mucosa babi) dan Bovine (berasal dari mucosa sapi). Namun, Thromboflash mengandung Heparin berasal dari mucosa sapi dan pastinya bersertifikasi HALAL sehingga aman dan nyaman.


Dijamin HALAL

Cara kerja Heparin ini dengan melarutkan gumpalan darah yang berada di bawah permukaan kulit akibat memar, membantu mengurangi peradangan juga melancarkan peredaran darah untuk mempercepat penyembuhan. Tuh, cepet kan sembuhnya. Nggak pake drama kesakitan pula.

Cara pakainya gimana? Gampang banget. Olesin aja gel Thromboflash pada luka lebam sampai warnanya kembali normal dan sembuh. Minimal 2 kali sehari. Perlu diperhatikan juga jangan diolesi pada luka terbuka ya. Karena memang bukan buat luka basah gitu. Thromboflash kan ingin melindungi konsumen dari marabahaya. 

Warna gelnya bening dan tidak lengket 

Jujur saja, saya sedikit kesulitan membeli Thromboflash di toko obat atau drugstore modern seperti Watsons, Guardian, Century. Sudah beberapa tempat saya datangi tapi produk ini tidak ada. Sampai akhirnya saya nanya sama teman dimana belinya. Ternyata bisa beli di online shop. Harganya pun masih terjangkau sebesar Rp 31.000 plus ongkir Rp 5.000, jadi total 36 ribu.  Sebelum membeli saya lihat riwayat ratingnya, masih ok. Thromboflash wajib ada di kotak P3K, buat jaga-jaga juga  sebagai #AksiFlashBunda. Ukurannya yang mungil jadi praktis dibawa kemana-mana. Sekarang gak takut lebam lagi dong!


Thromboflash #GakTakutLebam
IG : @thromboflash.id
Fanpage Thromboflash.id



***

8 komentar:

  1. Waaah terima kasih informasinya mbak. Saya sering banget kepentok dikit aja udah membiru. Hahahaha.. Leluconnya " dijilat setan " 🤣🤣🤣

    BalasHapus
  2. Yang wajib ada di kotak P3K aku nih.

    BalasHapus
  3. Jadi kepikiran buat nyetok di rumah, eh tapi untuk anak kecil di bawah 2 tahun aman kan ya

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah ya ada yang cocok mengatasi memar.. smoga semakin mudah didapatkan di daerah terpencil juga.

    BalasHapus
  5. Di kotak P3k aku juga selalu jaga2 thromboflash ini moms...buat jaga2..kalo kenapa2

    BalasHapus
  6. Saya juga sering lebam ni gampang tersandung soalnya sukur ny sekarang ada di kecil kuning ini jadi aman deh saya

    BalasHapus
  7. Senangnya liat perkembangan sagara. Ga berasa udah semakin beranjak gede
    nah..memang betul diusia yg hiperaktif gitu rentan sekali usia anak mengalami jatuh atau lebam. Salep ini cukup bermanfaat utk kelengkapan medis dasar dirumah pastinya ya

    BalasHapus
  8. Adikku yang sering biru badannya ga sadar suka kepentok pintu terus pke Trombobpop namanya nih sama kali yah sama trombobflash

    BalasHapus