Selasa, 06 November 2018

# jasa pengiriman # Paxel

Paxel, Kirim dan Terima Barang Di Hari yang Sama

Suatu hari saya diundang ke sebuah acara yang mewajibkan pakai dress code. Kebetulan warna baju yang dimaksud belum ada yang cocok. Pakaian yang ada di lemari rasanya bosan dipakai oleh saya (alasan aja Rul). Sebenarnya sih masih bisa dipakai, tapi ingin punya baju baru aja. Nggak perlu nunggu momen Lebaran kan.

Saya pun sibuk scroll kategori fashion di salah satu online shop. Lebih enak memang langsung beli di toko ya, tapi jadwal acara tinggal 2 hari. Ibu dua anak ini ribet mengatur waktu sesingkat-singkatnya. Tahu kan kalau induknya keluar, anaknya harus ikut juga. Senangnya bisa dapat outfit yang cocok, namun jadi mikir dua kali dan muncul pertanyaaan. Apa bisa sampai dalam dua hari? Bisa aja, asal pilih ongkos kirim paket yang mahalan dikit.


Selain harga dan model baju yang saya pikirkan, kecepatan dan ongkos kirim pengiriman jadi pertimbangan. Memang sekarang sudah banyak jasa pengiriman dengan berbagai merek. Bahkan si ojek daring pun memiliki layanan antar kiriman. Saya pernah dikirimi oleh-oleh sama teman dari Kudus, ongkos kirimnya saya yang tanggung. Setelah teman saya memesan, ternyata ongkirnya lumayan mahal. Lebih mahal dari tarif ojek daring itu. Padahal masih wilayah Depok  juga. Akhirnya saya nggak jadi minta dikirim, nanti saja kalau ketemuan.  Lagipula saya agak takut juga kalau barangnya nggak sampai. Banyak kan berita tentang driver ojek daring "nakal".

Cukup problematik juga ya masalah jasa pengiriman barang. Sebagai pelanggan saya maunya yang cepat, ongkir terjangkau dan terpercaya pengelolaan jasa kurirnya. Emang ada Rul? Ada dong, buktinya saya dapat kesempatan hadir di kantor pusat PAXEL di kawasan Jatinegara, Jakarta Timur. Lokasinya dekat sekali dengan stasiun Tebet dan Jatinegara. Biar nggak ribet transit kereta di Manggarai, saya turun di stasiun Tebet dan lanjut ke lokasi dengan ojek daring.

Sesampainya di sana, saya sempat omong dalam hati, "Kayaknya pernah lihat gedung ini, tapi di mana ya?" Begitu saya ingat,  beberapa hari sebelumnya saya melihat timeline media sosial teman- teman blogger ada di salah satu sudut ruangan gedung ini. Terutama loker besar berwarna ungu dan kuning itu jadi spot foto yang menarik.

Mencari Berkah Melalui Usaha


Setiap peserta yang hadir pastinya registrasi dulu dong. Kebetulan yang jaga meja registrasi mbak Lidya Fitrian. Blogger juga lho. Setelah sukses absen, saya langsung dikasih mini paket dari @omiyago_id, sebuah perusahaan start up Indonesia berbasis teknologi yang menawarkan layanan pesan-antar makanan dari pelosok Indonesia secara online maupun offline. Jadi, nggak perlu repot datang ke kota asal, tinggal persen aja di Omiyago.

Acara pun dimulai dengan dipandu oleh mbak Nuniek Utami. Tanpa berlama waktu, dipanggilkan Bapak Bryant Christanto, Co-Founder Paxel Technologies. Tubuh tegapnya berdiri di hadapan para blogger dengan menggunakan jaket andalan Paxel berwarna ungu dan kuning. Di awal acara ini Pak Bryant sudah menginfokan bahwa tarifnya flat kirim barang dengan Paxel. Wah, maksudnya gimana tuh? Nanti ya saya jelaskan di bawah.

Bapak Bryant Christanto

Bapak Johari Zein

Selain itu hadir juga Bapak Johari Zein, selaku Co-Founder Paxel.co. Beliau masih terlihat sehat dan bugar lho. Selian itu beliau juga founder dan presiden komisaris JNE dan Omiyago Indonesia. Wih, siapa yang nggak pakai jasa kurir itu gini hari. Pasti tahu semua dong.

Baru kali ini saya melihat dan mendengar presentasi dari narasumber ada unsur rohaninya. Bapak Johari ini bukan bermaksud menggurui tentang agama, tapi latar belakang mendirikan perusahaan layanan antar barang ini berawal dari perjalanan spiritualnya. Secara lugas beliau menceritakan masa lalunya hingga ia menemukan titik terbaik dalam hidupnya hingga mengalir ke bisnisnya. Salut saya pak. Jarang sekali seseorang menceritakan hal pribadi ke banyak orang.

Bapak Johari membuka usaha pengiriman barang ini karena niat mendapatkan berkah. Di usianya ke 64 tahun ini ia ingin terus memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi orang banyak. "Jika niatnya sudah baik di awal, maka Allah akan memberikan rezeki yang tak terduga. Itu sudah ada aturannya di Al-Quran", jelas Pak Johari. Jasa layanan pengiriman ada karena  ada daya beli masyarakat di online shop. Paxel hadir agar para pengusaha online shop tidak terbebani biaya pengiriman yang mahal.

Saya sempat nanya soal tarif flat bikin rugi atau tidak? Pak Johari bilang, selama masih bisa terus memberikan kebaikan ya takkan pernah rugi. Malah terus dikasih rezeki berlimpah. Aduh, dalem juga ya  omongan Pak Johari. Bahkan kode referal yang disebarkan jangan dihentikan, supaya bisa diganti 700 x lipat oleh Allah SWT. Amiin.

Ternyata Paxel juga menggandeng Rumah Harapan Indonesia yang didirikan oleh Valencia Mieke Randa. Bagi yang ingin mengirimkan barang donasi kepada adik-adik penderita kanker di sana, bisa menggunakan Paxel bebas ongkos kirim. Paxel mensupport gerakan sosial ini. Jangan biarkan rantai kebaikan putus di tangan kita, sepenggal kalimat yang ia twit di akun pribadinya.

Valencia Mieke Randa


Paxel, Kirim dan Terima Barang Di  Hari yang Sama 


Dari tadi ngebahas Paxel terus, tapi nggak tahu penjelasannya. Nih, saya kasih tahu. Paxel berasal dari kata Pax artinya paket atau orang dan acc (el) erate artinya bergerak lebih cepat. Jadi, Paxel bisa dikatakan jasa pengiriman barang yang mementingkan kecepatan kirim dan menerima barang. Dengan tagline "Make the First Move" menjadikan Paxel yang pertama membuat gerakan baru dalam jasa pengiriman. Pertama yang melayani, pertama untuk berkontribusi.

Alex Zulkarnaen selaku Paxel Attendance mengatakan bahwa Paxel hadir untuk memeratakan ekonomi demi logistik Indonesia. Melihat adanya arus transaksi yang mengalir begitu cepat, Paxel mencoba mengimbangi dengan jasa pengiriman ini. Khususnya bagi para UKM yang menggunakan sistem pemasaran daring.  Kalau bisa kirim dan terima barang dalam sehari, kenapa tidak? Hal ini sudah dibuktikan oleh dua wanita pengusaha online shop yaitu mbak Ninit dan Lian yang memiliki usaha milkshake dan jasa titip. Pengiriman hari yang sama bisa langsung sampai dalam waktu 8 jam.

Alex Zulkarnaen

Logo Paxel itu bergambar kubus yang memiliki arti yaitu hidup yang berubah (moving), parcel (barang yang paling banyak diantarkan), target (mendapatkan target yang paling tepat), digital teknologi (buat teknologi menjalankan perekonomian dengan baik). Usaha ekspedisi yang bagus buat perputaran perekonomian negeri ini.

Dari hasil beberapa survey membuktikan bahwa paling besar persentase keinginan pelanggan dari layanan pengiriman yaitu tarif flat dan harga rendah. 75% orang yang masih pakai jasa reguler, sekarang beralih ke sameday service. Ibu Intan selaku Chief Happiness Officer. Dia bisa dibilang yang memantau para Hero Paexel, sebutan untuk kurir Paxel. Ia pun menjelaskan value proposition dari Paxel :
  • Tidak ada cancel pengiriman karena penyebaran hero yang meluas di daerah jangkauan Paxel. 
  • Bisa pilih waktu kapan kirim barang
  • Pemberian asuransi sampai Rp 10 juta kalau barang yang dikirim hilang atau rusak.
  • Tidak tergantung jarak dan batas berat barang
  • Garansi uang kembali jika kurir telat mengambil atau mengirim barang
  • Pengiriman di hari yang sama antar kota atau 8 jam area Jabodetabek.
  • Pastinya flat price. Orang masih berani memberikan harga sedikit mahal asal pengiriman cepat sampai kemanapun tujuannya. 

Saat ini penyebaran Paxel ada di Jabodetabek, Bandung, Solo, Yogyakarta dan Semarang. Targetnya di pertengahan tahun 2019 Paxel ada di 20 kota. Tunggu saja ya di kotamu.

Intan
Chief Happiness Officer

Paxel memberikan ukuran yang berbeda, mulai dari Small, Medium, Large dan Custom size. Pembungkusan paket didasari dari besar atau kecilnya barang yang dikirim serta jarak juga. Nanti harga ongkos kirim disesuaikan. Ongkos kirim dari Rp 18.000-Rp 35.000 untuk kawasan Jabodetabek - Bandung. Tapi, tidak menutup kemungkinan  pengiriman dari luar kota bisa dengan tarif segitu dan bisa sampai di hari yang sama.

Perhatikan juga jenis barang yang mau dikirim. Karena ada beberapa barang yang dihindari dalam pengiriman. Seperti Frozen food yaitu daging yang dibekukan atau nugget, buah dan sayuran, kue kering, kue ulang tahun. Kalau cokelat dan kue padat masih bisa dikirim oleh Paxel. Sayang saja kalau barang yang dikirim tidak sesuai bentuknya saat diterima. Benar-benar dipikirkan konsep delivery oleh Paxel ya.

Selesai membahas tentang Paxel, saya dan teman-teman blogger diajak melihat isi kantor Paxel dari lantai 3 - 5. Memang kantor ini hanya memiliki 5 lantai. Biar bergerak sedikit, kami menaiki tangga dari lantai ke lantai. Kantor Paxel ternyata santai banget. Karena meja karyawannya nggak dikasih sekat, jadi masih bisa lihat-lihat and dari pojok ke pojok. Kalau kata Pak Alex, biar nggak ada batasan antara atasan dan bawahan. Tembok-temboknya juga digambar dengan desain mural. Kayak gambar Ibu Kartini dan Pak Soekarno ini.

Bikin betah ada gambar 2 pahlawan ini

Setelah puas berkeliling ruangan dari lantai 3 - 5, peserta kembali ke aula acara. Diinfokan bahwa tiap blogger akan dikirimkan sebuah paket yang dikirim menggunakan Paxel. Sekalian pembuktian keunggulan Paxel bisa kirim dan terima barang sameday dalam jangka waktu 8 jam. Wah, seru dan bikin penasaran paket apa yang ingin dikirim.

Penggunaan aplikasi dibantu oleh staffnya (Langkah-langkah seperti ini :

  1. Download aplikasi Paxel di playstore
  2. Registrasi untuk membuat akun dan langsung dapat saldo Rp.100.000
  3. Buat pengiriman. Tulis alamat lokasi pengambilan dan tujuan, kemudian ketik lanjut.
  4. Pilih berat paket, Small, Medium, Large atau Custom. Maksimal berat 10 Kg.
  5. Isi nama pengirim, penerima dan jenis barang.
  6. Buat pengiriman.

Tidak perlu khawatir soal membungkus barang, hero Paxel akan membungkus rapih dengan kardus atau plastik wrap. Jadi, saat diterima barang dalam keadaan baik. Tapi, perhatikan juga do and dont's jenis barang yang akan dikirim.

sumber slide dari Paxel

Gambar dari apliaksi Paxel

Estimasi waktu paket yang saya terima antara jam 8 - 10 malam. Kebetulan hari itu saya pulang jam setengah delapan sampai rumah. Sekitar jam 8 lewat 10, ada yang ketuk pintu dan ternyata hero Paxel mengantarkan paket buat saya. Wah, beneran cepat sampainya ya. Saya sempat tanya sama hero-nya, 

"Susah nggak mas temuin alamatnya?"tanya saya.

"Agak susah sih Bu, karena saya baru ke daerah sini", jawab hero.

Wajar saja kalau masih keder kurirnya. Nanti juga terbiasa kok mas hero anterin barang ke rumah saya 😁.

Serah terima paket

Mungkin ini namanya kesan pertama begitu menggoda. Bukan sama hero-nya ya, tapi sama pelayanan Paxel. Benar adanya apa yang dikatakan Pak Johari Zein bahwa mengantarkan kebaikan itu akan memberikan kesan yang baik. Bahkan kode referalku itu akan ada selamanya. Karena semakin banyak berbagi, semakin banyak pula rezeki. Kalau  nggak percaya, coba saja download aplikasinya dan pakai kode referal nurulgie. Kalau berhasil langsung dapat saldo 100.000 dan saya dapat saldo 50.000. Tuh, kurang baik apa coba saya, eh Paxel maksudnya. Selamat mencoba guys.

23 komentar:

  1. Dari kemarin-kemarin aku penasaran sama singkatan Paxel ini. Ternyata Pax dan ac(cel)lerate to.. Pantes kalau slogannya Make the first Move..
    Dan Masya Allah ide berbaginya ini bikin speechless. Enggak banyak perusahaan jasa pengiriman seperti ini. .
    Semoga Paxel makin jaya dan berkembang ke depannya

    BalasHapus
  2. Layanan same day delivery servicenya itu bener bener luar biasa ya

    BalasHapus
  3. Aihh serius itu Jakarta Bandung 25rb? Bisa kirim langsung sampe dalam hari yang sama? Ckckck, keren amat Paxel, ntar cobain ah, kayanya murah meriah

    BalasHapus
  4. Suka banget sama inovasi yg di dulurkan paxel. Harganya cukup standar tp sistem pengirimannya instan

    BalasHapus
  5. Saya juga pengen nyoba ah buat pesen makanan biar langsung bisa icip2 jd gak pke lama dh nunggunya

    BalasHapus
  6. Wah bisnis Pak Johari makin hari makin besar dan kaya deh kalau punya prinsip buka usaha sambil bersedekah.

    BalasHapus
  7. Luar biasa kirim bisa langsungbterima hari itu juga membantu banget nih untuk pengusaha pangan mikro

    BalasHapus
  8. Tsahhh... kesan pertama begitu menggoda... emang bener sih, aku terkesima sama happines heronya.. anternya tepat waktu banget walaupun hujan dibela-belain anter demi kenyamanan custumer yang lagi nunggu paket makanan hohoho

    BalasHapus
  9. Ah rul, mas Hero-nya gimana? hahaha... Buatku pengiriman paket harus ada unsur kepastian waktu karena itu penting banget. Selain itu ada jaminan kalau rusak, hilang, dsb. Plus tarif flatt pun tak nolak.

    BalasHapus
  10. kesan pertama begitu menggoda.
    selanjutnya..
    kirim pake paxel terussss..
    hehehe

    BalasHapus
  11. Toss aku juga udh cobain dong kirim paket via Paxel ya ampun ontime banget dia tau,

    BalasHapus
  12. Aku bahagia banget semenjak ada paxel.. bisnis kuliner jadi lancar.. diantar kemanapun bisa 😍

    BalasHapus
  13. Wah Paxel emang kekinian yaa, di BAndung pun baru beberapa hari yang lalu gathering blogger. Aku terpesona sama pak Johari, bikin adem dihati obrolannya.

    BalasHapus
  14. Aku penasaran sama layanannya.
    Nanti mau coba ahh. :)

    BalasHapus
  15. Aq udah download aplikasinya krn tertarik dpt saldo 100 ribu dg referral code to blm nyobain pake, minggu depan mo Ada kirim pake in akh

    BalasHapus
  16. solusi cepat ditengah mobilitas yang tinggi sekarang ini. Mantaps Paxel!

    BalasHapus
  17. Benar Mba, mpo juga pikiran ongkos kirim.bahkan kalau ada pilihan dari online shop mengenai jasa pengiriman, maka pilih yang paling murah.

    Paxel murah dan cepat sampai

    BalasHapus
  18. Betul banget, diferensiasi dan keunggulan paxel sudah terlihat dari judul! Mantab paxel keren!

    BalasHapus
  19. Suka sama Paxel karena ada garansi pula kalau terlambat dapet saldo hehe.

    BalasHapus
  20. Apik bgt ya PAXEL ini.
    Cocok untuk semua pengusaha UMKM
    Kindly visit my blog: bukanbocahbiasa(dot)com

    BalasHapus
  21. saya juga udah coba paxel, beneran diterima di hari yang sama bahkan di bandung sekalipun!

    BalasHapus