Jumat, 12 Oktober 2018

# alat uji masa subur # kehamilan

Mendambakan Momongan Lakukan Perencanaan Kehamilan Dengan Ovutest

Kehamilan merupakan suatu perjalanan istimewa bagi seorang wanita setelah menikah. Mengidamkan keturunan yang sehat, lucu dan rupawan mengisi rahim secepatnya. Rasanya bahagia sekali saya menceritakan perjalanan kehamilan. Karena kesempatan indah itu dua kali saya alami. Mungkin saya termasuk wanita beruntung dan sempurna karena dimudahkan memiliki anak dalam rentang waktu yang bisa dibilang cepat. Kehamilan pertama saya alami tahun 2012 dan kehamilan kedua tahun 2017. Dalam kurun waktu 5 tahun  saya memiliki 2 anak laki-laki yang lahir sehat dan sempurna. Saya berikan nama Arkana Gie Pratama dan Sagara Ali Sya'bana.  Wanita mana yang tidak bahagia diberikan anugerah sesempurna ini.

Siap uji masa subur?

Jujur saja, saya tidak pernah merencanakan kehamilan secara khusus. Saya menganggap kalau hamil berarti berhasil usaha saya dan suami, kalau tidak hamil berarti belum diberikan rezeki anak dan kepercayaan oleh Allah SWT. Tentunya saya dan suami harus lebih berusaha lagi. Ya, semudah itu pemikiran saya. Syukurnya saya diberikan kemudahan selama perjalanan kehamilan. Namun, kemudahan ini belum tentu didapatkan oleh beberapa teman wanita saya di luar sana. Masih ada yang terus berusaha merencanakan kehamilan dengan berbagai cara selama bertahun-tahun. Lalu, apa yang menyebabkan mereka belum hamil juga? Pastinya hal ini diluar kekuasaan Allah SWT. Manusia hanya bisa berencana, maka Allah lah yang memutuskan. Begitupun dengan rencana kehamilan. 

Melihat usaha teman-teman yang sedang mendambakan buah hati, saya semakin mengerti akan pentingnya perencanaan kehamilan. Bukan hanya dari pihak wanita saja, tapi juga dari prianya juga. Karena proses terjadinya kehamilan adalah usaha gotong royong antara suami dan istri. Perencanaan kehamilan harus dibentuk atas persetujuan kedua belah pihak. Lalu, bagaimana merencanakan kehamilan agar berhasil? 

Saya pun mengetahui caranya dari dr. Huthia Andriyana Sp.OG, Spesialis Obstetri &  Ginekologi, Klinisi Fertilitas, IVF RSU Bunda Margonda, Depok saat bertemu di blogger gathering Ovutest Sensitif Journey Sebuah Perjalanan Menuju Kehamilan bertempat di Ocha Bella, Morissey Hotel, Menteng, Jakarta. Selain itu ada Chacha Frederica, artis dan ibu beranak 3 ini membagikan tips memanjakan suami, serta Ibu Anita Winata Product Manager Sensitif PT Danpac Pharma.

dr. Huthia Andriyana Sp.OG

Saya begitu antusias menghadiri acara ini karena berharap pengalamanpsaya bisa menyemangati para wanita mendapatkan keturunan. Pertanyaannya, apakah kalian sudah benar menyusun perencanaan kehamilan? Berikut 4 perencanaan kehamilan yang bisa diikuti.

Ketahui Masa Subur

Setelah menikah berhubungan intim menjadi favorit saya dan suami. Pasangan mana yang tidak selalu ingin bercumbu dengan pasangan halalnya. Terutama bagi pasangan baru menikah. Hubungan intim bisa dilakukan kapan saja agar cepat mendapatkan anak. Tapi, apakah paham kapan waktu yang tepat melakukan hubungan intim? Hmm...jangan-jangan asal jebret saja nih. Kalau saya sudah berpengalaman, maka hubungan intim bisa direncanakan. Biasanya saat saya sedang tidak dalam masa subur karena belum siap hamil (lagi). 

Melakukan hubungan intim yang tepat ketika wanita mengalami ovulasi atau masa subur. Proses terjadinya kehamilan karena sel sperma bertemu dengan sel indung telur yang disebut pembuahan. Umumnya jumlah sperma pada pria sebanyak 20 juta per mililiter. WHO menyatakan apabila jumlah sperma kurang dari 20 juta maka ada masalah dengan kesuburan.  Dari jutaan mililiter sperma yang disemburkan ke dalam rahim, hanya beberapa saja yang mampu bertahan. Dialah sang juara yang berjuang mendapatkan kenyamanan dan perlindungan dari rahim sang ibu.

Baca juga : Cek Kehamilan Dengan Sensitif Digital

Ovulasi atau masa subur menjadi penentu proses berhasil atau tidaknya suatu kehamilan. Ovulasi merupakan masa terjadinya pelepasan sel telur matang dan siap untuk dibuahi, masuk ke dalam tubuh saat penetrasi. Sel sperma akan mencari sel telur yang matang dan akan bertahan selama 24 jam. Wajarnya terjadi 1 kali dalam sebulan (siklus normal). Makanya wanita mengalami haid tiap bulan. Masa ovulasi bisa dideteksi sekitar hari ke  13-16 dari hari haid pertama. 

Ciri-ciri masa subur bisa dilihat dari perubahan sebagai berikut :
  • Perubahan suhu basal tubuh yaitu suhu tubuh saat bangun pagi hari sebelum melakukan aktivitas. Normalnya antara 35,5°-36,6°C. Jika suhu tubuh sedang tinggi berarti dalam masa subur. Biasanya, perubahan suhu basal tubuh akan terjadi sekitar 12 sampai 24 jam selama ovulasi berlangsung.
  • Perubahan sekresi lendir leher rahim. Lendir pada mulut rahim menunjukkan bahwa hormon estrogen pada tubuh menandakan ovulasi terjadi. Warnanya bening, licin dan elastis. Cairan ini yang akan memperlancar jalannya sperma menuju rahim.
  • Merasakan nyeri perut, pinggang dan payudara membengkak. 
  • Perasaan lebih bergairah sebagian wanita. 

Chacha Frederica

Wanita memiliki  siklus haid berbeda, ada yang siklus pendek dan siklus panjang. Karena ovulasi tergantung  pada siklus haid wanita. Pada umumnya siklus haid wanita antara 22 - 36 hari. Panjang siklus haid adalah jumlah hari dari hari pertama haid hingga ke hari pertama haid berikutnya.  Apabila siklus haid tidak teratur, maka hitung rata-rata siklus haid dalam 3 terakhir.  Biar lebih mudah saya berikan contohny. 

Dalam 3 bulan terakhir ini (dari bulan Juni-Juli, Juli-Agustus, Agustus-September) siklus haid saya rata-rata 32 hari. Istilahnya tanggal ketemu tanggal. Kalau haid teratur itu bahagia rasanya, tidak ada rasa deg-degan. Dari situ saya bisa menghitung masa subur saya. Jadi, perhitungannya 14 hari sebelum hari haid berikutnya. Misalnya saya haid tanggal 26 September, maka 14 hari sebelum hari haid berikutnya tanggal 14 Oktober.

Apabila siklus haid tidak teratur, maka tidak dapat mengetahui tepatnya masa subur. Coba diingat kembali masa haid 3 bulan sebelumnya.

Atur Frekuensi Hubungan Intim 

Frekuensi disini bukan saluran mencari radar radio ya, tapi seberapa sering melakukan hubungan intim dalam seminggu, sebulan atau setahun. Kalau saya dalam seminggu bisa melakukan hubungan intim sebanyak 2-3 kali. Tergantung siapa yang mulai duluan 😀. 

Supaya peluang kehamilan bisa berhasil, maka frekuensi hubungan intim bisa dilakukan sebanyak 2 hari sekali atau 3-4 kali dalam seminggu. Diatur ya frekuensi hubungan intimnya. Karena terlalu sering berhubungan intim bisa menurunkan kualitas sperma sehingga peluang kehamilan kecil. Sperma juga butuh "istirahat" agar jumlahnya bisa bertambah. Selain itu, terlalu sering hubungan intim bisa membuat lelah dan stress pasangan. Sebaiknya cocokkan juga antara masa subur wanita dengan berhubungan intim. Supaya langsung tokcer hasilnya.

Posisi menentukan prestasi itu benar adanya. Posisi saat berhubungan intim perlu diperhatikan. Posisi pria di atas lebih berpotensi keberhasilan kehamilan karena sperma yang dikeluarkan menumpuk pada mulut rahim. Oh ya, saran dari dr. Huthia Andriyana Sp.OG jika ingin memiliki anak perempuan maka wanitanya tidak orgasme dan lakukan hubungan intim sebelum ovulasi, sebaliknya lakukan hubungan intim setelah ovulasi dan orgasme jika ingin punya anak laki-laki. Coba praktek sendiri ya. 


Tentukan Potensi Kehamilan


Namanya manusia hanya bisa berusaha, maka Allah SWT yang menentukannya juga. Begitupun dengan kehamilan, manusia sudah melakukan berbagai cara namun kadang hasilnya tidak sesuai harapan. Potensi kehamilan seorang wanita hanya sekitar 3-7% pada proses alami. Nilai yang cukup kecil. Maka itu penting memperhatikan masa subur saat berhubungan intim. Buat pengantin baru potensi kehamilan sekitar 80% pada tahun pertama. Masih bergairah dan bersemangat ya. 

Potensi keberhasilan perencanaan kehamilan bisa didukung dengan asupan gizi yang tepat. Makanan yang mengandung Vitamin A, B6, C, D, E, Seng, Selenium. Kandungan tersebut bisa diperoleh dari susu, kacang-kacangan, roti, ikan, mentega, telur, ikan, minyak, dll. Pastikan juga pola hidup juga sehat ya.

Selain itu tidur dalam keadaan gelap bisa membantu perjalanan menuju kehamilan berhasil. Tidur dalam keadaan gelap bagi wanita sebuah peluang pembuahan tetjadi. Karena hormon melantonin yang melindungi sel telur wanita dari stress diproduksi dalam gelap. Hormon melatonin 


Pilih Alat Uji Masa Subur yang Tepat


Belum banyak yang mengetahui cara menghitung masa subur dengan alat uji masa subur. Kalau saya tahunya cuma pakai test pack strip saja, beum pernah coba yang lainnya. Ternyata alat uji masa subur itu bervariasi seperti yang dimiliki Sensitif Ovutest. Ada yang berbentuk scope, digital dan strip. Ada juga kalender yang membantu proses kehamilan.



Sensitif Ovutest Strip 7 Days

Alat uji masa subur 7x pakai untuk wanita dengan tingkat akurat 99,9%. Dilengkapi dengan 1 alat tes kehamilan Sensitif Compact, 7 strip Ovutest dan wadah penampung air seni. Jadi, tidak perlu  membeli satu alat tes kehamilan lagi.

Gunakan Sensitif Ovutest ini selama 7 hari. Lakukan tes kapan saja dalam sehari, tetapi harus pada jam yang sama setiap harinya. Kurangi minum air setidaknya 2 jam sebelum tes. Alat tes masa subur ini mendeteksi kadar hormon Luteneizing Hormone (LH) yang terkandung dalam urine untuk mendukung terjadinya ovulasi dalam waktu 24-48 jam. Jika berhubungan selama jangka waktu tersebut, maka kesempatan besar bisa hamil.

Misalnya haid pertama saya tanggal 26 September dengan siklus haid normal 32 hari, maka mulai tes  menggunakan Ovutest Strip pada hari ke 15 yaitu tanggal 10 Oktober dan lakukan selama 7 hari sampai tanggal 16 Oktober.

ovutest strip 7 days
Ovutest Strip 7 Days

Sensitif Ovutest Scope 

Saat pertama kali melihat kesan lucu dengan alat test masa subur satu ini. Bentuknya seperti lipstik. Monitor alat uji masa subur wanita yang dapat dipakai berulang kali dengan menggunakan air liur dengan tingkat akurasi 98%.

Bentuknya seperti lipstik

Air liur dapat menunjukkan masa subur wanita. Hormon kewanitaan dipengaruhi oleh fisiologis air liur, sehingga masa subur bisa dibedakan dari bentuk kristal air liur dengan lensa Ovutest Scope.

Caranya dengan mengoleskan air liur pada lensa Ovutest Scope, tunggu sampai mengering kira-kira 7-10 menit,  lalu amati hasil melalui lensa Ovutest Scope. Hasilnya bisa dilihat seperti tulang daun.

Hasil masa subur dari air liur

Komponen lensa Ovutest Scope

Sensitif Ovutest Digital

Kalau biasanya hasil yang dilihat berupa strip dan tulang daun, maka pada Ovutest Digital menunjukkan hasil tes masa subur dengan "YES" atau "NO" untuk membaca hasil yang akurat.

Dalam satu kemasan ungu cantik ini berisi 1 alat tes dan 7 strip yang bisa dipasang ke alat. Kenapa harus isi 7 strip? Karena mengecek masa subur pada urin tidak cukup sekali saja, setidaknya dilakukan selama 5-7 hari dalam satu siklus haid. Supaya hasil perbedaan pada alat terlihat jelas, "YES" atau "NO".

Ovutest Digital

Sensitif Wheel Calendar

Biar lebih yakin dan teliti menghitung masa suburnya, bisa gunakan kalender kehamilan. Memberikan segala informasi yang dapat membantu proses kehamilan. Ikuti petunjuknya yang ada di lingkaran kalender ini, maka nanti bisa temukan kapan menggunakan alat tes masa subur. Tidak hanya mengetahui masa subur, tapi kalender kehamilan ini juga memberikan informasi perkembangan janin selama kehamilan dari minggu ke minggu. Penjelasan detailnya ada di bagian belakang kalender.

Sebagai wanita sekaligus istri bagi pasangan kita, harus tahu bagaimana membangkitkan gairah suami supaya hormonnya bagus. Tips dari Chacha Frederica dengan memberikan pujian. Misalnya memuji hasil kerjanya, loyalitas suami terhadap pekerjaannya atau puji kepuasaan yang diberikan suami setelah berhubungan intim. Poin terakhir pengalaman saya lho 😆. Trust me, itu's work!

Untuk menemani perjalanan menuju kehamilan para pasutri, Sensitif memiliki program #SensitifJourney Ovutest  yang bertujuan untuk membantu pasutri mendapatkan kehamilan yang sehat.  Sebenarnya pendaftarannya sudah ditutup, tapi pertengahan bulan Oktober ini akan dibuka kembali. Daftar langsung ke sensitifjourney.smartmama.com. Pada periode pertama sudah diumumkan 50 pasangan menjadi partner program #SensistifJourney selama 2 bulan. Coba cek ada namamu nggak?

Selain itu, Program #SensitifJourney juga turut membantu Yayasan Bayi Prematur Indonesia dengan meminjamkan inkubator secara gratis pada bayi prematur yg membutuhkan. Tahu sendiri kan biaya sewa inkubator di rumah sakit itu mahal. Oleh karena itu, program ini bisa membantu pasutri dan bayinya.


Anita Winata

Setelah membahas tentang masa subur, para blogger diajak untuk membuat bunga tulip dari kain by craft studio. Dimentori oleh mbak Ramie dan Esi. Bahan-bahannya sudah disiapkan, jadi peserta hanya mengikuti arahan dari mbak Ramie. Sebenarnya ada kertas contohnya sih, tapi kok agak susah dipraktekkan ya. Lumayanlah melemaskan jari jemari sambil menusuk-nusuk kain dengan benang. 

Bunga tulip kain karyaku


Dari blogger gathering ini saya semakin mengerti betapa pentingnya wanita mengetahui masa suburnya. Tak dapat disangkal tiap pasangan suami istri pasti mendambakan momongan hadir melengkapi keutuhan keluarga. Khususnya bagi teman-teman yang sudah bertahun-tahun menanti dan memanjatkan doa diberikan keturunan.  Semoga disegerakan ya teman.

Tidak ada salahnya merencanakan kehamilan dengan mengetes masa subur pakai alat uji. Supaya hasilnya akurat dan percaya bahwa ada kesempatan untuk memiliki momongan. Tetap membuat rencana dan serahkanlah semua pada yang kuasa. Alhamdulillah perencanaan kehamilan saya lancar-lancar saja. Kalau perencanaan kehamilan bagaimana guys, sudah sampai tahap apa? Sharing dong disini.

Pastikan usaha pertama uji masa subur dengan  Sensitif Ovutest yang bisa dibeli di toko-toko obat, apotek modern, atau online di Tokopedia/danpac-harma. Selanjutnya terserah Anda. Selamat mengetes masa subur.


***


27 komentar:

  1. Syukur alhamdulillah kalau kehamilanmu selalu lancar. Emak setroooong!
    Kalau mau nambah hamil anak perempuan, bisa baca postinganku lho. *iklan lewat. Hahahaha

    BalasHapus
  2. Alat tes kesuburannya lengkap ya, semoga ini bisa menjadikan ikhtiarku tuk bisa hamil. Jadi semangat hamil

    BalasHapus
  3. Wuah lengkap banget nih edukasinya. Thanks looot for sharing ya
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  4. perlu banget ya mbak untuk tahu tanggal subur, yang pengen punya debay haus baca nih mbak

    BalasHapus
  5. Jadi kapan mama sagara merencanakan kehamilan utk adeknya sagara?sagara mau adek cewe katanya

    BalasHapus
  6. Jadi kuncinya adalah mengetahui kapan Masa subur ya.. jd bisa memperbesar kemungkinan bertemunya sel telur Dan sel sperma.. baiklah ..aku coba check ah Masa suburku.. biar tokcer.. xixixix

    BalasHapus
  7. wah saya baru tahu soalnya kalo lagi pengen ya langsung aja hehe kecuali lagi lampu merah

    BalasHapus
  8. wahh saya kalau mau hamil mesti nyari pasangan dulu nih.
    *jodoh mana jodoh*

    BalasHapus
  9. Sebagai yang jadwal menstruasinya ga teratur, masa subur ikutan ga teratur deh. Pake ovutest jadi valid ya, ga perlu nebak-nebak.

    BalasHapus
  10. tambah canggih aja, keren alat ini ya bisa bantu untuk yang sedang hamil

    BalasHapus
  11. Aku gak nyangka ada alatnya buat tes masa subur..baru tahu bener..tapi buat yang siklus haidnya gak tentu, tetep oke kan hasilnya mbak?

    BalasHapus
  12. ehey....
    aku baru tau kalo terbagi jadi 3 masa ya.
    ku kira semua sama aja tanpa perlu tau masa subur atau enggak. hihi

    BalasHapus
  13. Coba aku tau dari dulu rul, jd ga kesundulan kan hehe

    BalasHapus
  14. sekarang lebih gampang ya mengecek masa subur, biasa pakai aplikasi di hp malah seringnya error.

    BalasHapus
  15. Aduh kesentil, aku banget dan lagi proses perencanaan kehamilan juga mba
    Makasih banyak tips dan triknya bakalan aku terapin perlahan nih Mba

    BalasHapus
  16. Bermanfaat nih, mbak, tipsnya. Kebetulan saya pengantin baru yang sudah dikasih kesempatan Tuhan buat hamil. Bermanfaat sekali Sharing nya tentang masa subur. Buat bekal setelah melahirkan

    BalasHapus
  17. baru tahu nih masa subur wanita bisa dilihat dari air liur dengan bantuan alat Sensitif Ovutest Scope . menarik untuk dimiliki nih untuk para istri. eh, bisa ngecek masa subur sperma cowo juga gak ya?

    BalasHapus
  18. Alhamdulillah aku dulu juga merencanakan kehamilan, biar jaraknya tak terlalu dekat. Btw ovutest ini alatnya lucu juga ya

    BalasHapus
  19. Ovutest Scope kelihatannya paling simpel karena hanya menggunakan air liur yaaa, jadi semakin mudah merencanakan kehamilan dengan Ovutest yaaaa

    BalasHapus
  20. Nambah lg rul kan blm dpt cwe #kompor 😁

    BalasHapus
  21. telat tau ya, alhandulillah udah hamil ini hahaha. Btw belinya di mn ya?

    BalasHapus
  22. emang paling gampil ya kalo siklus haidnya tanggal ketemu tanggal jadi tau deh kapan masa suburnya.

    BalasHapus
  23. Yang mau rencana hamil. Wajib punya alat ini deh. Apalagi bentuknya juga unik. Moga segera hamil ya mom yang lagi nungguin. Aamiin

    BalasHapus
  24. Dengan teknologi sepertinya semua memungkinkan, sampai bisa cek masa subur

    BalasHapus
  25. Lensa Ovutest Scope luar biasa ya bisa menunjukkan masa subur wanita melalui air liur. Baru ngeh juga hahaha

    BalasHapus