Kamis, 02 Agustus 2018

# ANTAM # desain dan kemasan emas

Mencoba Investasi Emas Dari 0,5 Gram

Sebenarnya saya terlalu sensisitif membicarakan tentang emas. Dari kecil saya tidak terbiasa dipakaikan aksesoris logam mulia ini. Pernah pakai sepasang anting, tapi saat satu anting hilang, saya putuskan tidak memakai anting sama sekali. Saya lupa tepatnya kapan karena sudah lama sekali. Hingga kini saya tidak memakai perhiasan apa pun. 

Saat menikah saya diberikan emas kawin berupa cincin seberat 4 gram. Dulu harga per-gramnya masih 500 ribuan. Sekarang harga emas tiap waktu terus berubah. Cincin kawin itulah satu-satunya emas yang saya miliki. Kadang saat mandi saya lepas cincin karena agak longgar dijari manis. Karena keadaan ekonomi suami sedang tersendat saat itu, hingga akhirnya cincin kawin emas saya relakan lepas selamanya demi menebus kelahiran anak pertama saya. 


ANTAM Luncurkan Desain dan Kemasan Logam Mulia Terbaru


Selain tanah, investasi yang paling menjanjikan adalah logam mulia. Tidak heran jika orang-orang tua dahulu mengoleksi banyak perhiasan emas. Mungkin dulu harga emas juga masih murah ya. Ketika anak cucunya sudah banyak, emas menjadi warisan buat mereka. 

Bentuk emas itu berbeda-beda. Sesuai dengan aksesoris yang mau dibuat. Ada yang suka berupa perhiasan atau batangan. Salah satu perusahaan terpercaya dalam pengolahan dan pemurnian logam mulia adalah PT ANTAM Tbk. Perusahaan yang sudah mencetak emas batangan sejak tahun 1930 dan terus melakukan inovasi desain serta kemasan emas batangan secara signifikan di tahun 1968, 1974, 1980, 1989, 1994, dan 2004. 

Ikut merayakan 50 tahun ANTAM 

Tahun 2011 ANTAM mengubah bentuk emas menjadi bentuk portrait UBPP LM (Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia) menguunakan latent dan image pada produk. Tahun 2013 ANTAM menggunakan blister untuk pecahan 50 dan 100 gram.

Beruntungnya saya dan beberapa rekan blogger bisa hadir di malam peluncuran desain dan kemasan emas ANTAM-LM terbaru di Bali Room, Hotel Kempinski, Jakarta (300718). Sepanjang perjalanan menuju venue, memori saya seakan memutar ulang kembali kejadian penebusan anakku.  Acara peluncuran turut hadir pula bapak Arie Prabowo Ariotedjo selaku Direktur Utama ANTAM. Peluncuran ini diresmikan langsung oleh beliau. 

Bapak direktur yang tengah ya

Bapak dirut ANTAM menjelaskan tentang keunggulan dari desain dan kemasan logam mulia baru ini dalam pecahan 0,5 gram; 1 gram; 2 gram; 3 gram; 5 gram; 10 gram; 25 gram; 50 gram; dan 100 gram. Beliau juga mengatakan :

"Desain dan kemasan emas ANTAM-LM terbaru ini merupakan salah satu refleksi inovasi ANTAM khususnya di sektor hilir komoditas emas yang dikelola perusahaan. Nilai tambah produk ini akan memberikan perlindungan bagi pelanggan dalam berinvestasi emas karena menjamin keaslian produk. Fasilitas pengolahan dan pemurnian ANTAM yang tersertifikasi Responsible Gold dari London Bullion Market Association (LBMA) senantiasa memastikan pasokan emas perusahaan bebas dari pencucian uang, pelanggaran hak asasi manusia dan tidak terlibat dalam konflik"


Keunggulan Desain dan Kemasan Baru Emas ANTAM-LM


Perbedaan signifikan dibandingkan dengan emas ANTAM-LM edisi sebelumnya adalah dimensi yang lebih besar untuk denominasi yang sama. Hal ini juga atas respon ANTAM terhadap permintaan pasar yang menginginkan dimensi lebih besar pada emas ANTAM-LM. Nah, berikut keunggulan yang dimiliki desain dan kemasan emas ANTAM terbaru dari sisi depan dan sisi belakang.

Sisi Depan


Keterangan sisi depan: 
  1. Logo LM berbentuk segilima dengan area logo mengkilap (glossy) pada emas.
  2. Logo ANTAM sebagai ornamen dengan warna abu-abu memberi kesan simple elegan.
  3. Kemasan CertiCard dengan fitur security canggih, menggunakan material kemasan yang stabil dan kualitas optik yang tinggi sehingga kuat dan bertahan lama selama bertahun-tahun.
  4. Nomor seri unik hanya terdapat pada produk pecahan emas 10 gram keatas dan terdapat pada semua kemasan.

Sisi Belakang


Keterangan sisi belakang :
  1. Logo ANTAM dan logo LM dengan finishing permukaan khusus dan membentuk motif /ornamen yang unik.
  2. Segel pada kemasan menggunakan security film dengan tingkat keamanan berlapis sehingga berfungsi melindungi dan menjamin keaslian produk.
  3. Tanda tangan Chief Assayer.
  4. Security barcode (CertiCode) untuk di scan menggunakan aplikasi CertiEye.

Mencoba Investasi Emas Dari 0,5 Gram


Peluncuran desain dan kemasan emas ANTAM terbaru ini membuat saya menggebu untuk membelinya. Saya bukan emas maniak, tapi ingin coba memulai berinvestasi dari emas. Dari dulu ingin punya simpenan barang atau tabungan yang nilai harganya tidak turun drastis. Oleh karena itu, saya teguhkan hati untuk membeli emas ANTAM terbaru ini seberat 0,5 gram. Kenapa belinya yang paling kecil ukurannya? Karena belum terima transferan lagi 😁, jadi beli semampunya dulu. 

Emas setengah gram yang berharga

Ada kepuasan tersendiri membeli emas setengah gram ini. Saya membelinya dari hasil kerja saya sebagai blogger selama ini. Rupiah demi rupiah (maunya sih dollar ye) saya kumpulkan dan mencoba berinvestasi. Emak-emak blogger saja bisa beli emas buat investasi, kamu blogger jomblo beli juga dong buat emas kawin nanti. 😁

Proses transaksinya cepat. Cuma agak ribet saat saya dan pembeli lainnya bolak-balik kasir membayar dan menerima emasnya. Ditambah ada trouble transaksi pembayaran via transfer bank tertentu. Untungnya transaksi saya aman bisa swipe kartu debit di mesin EDC. Emas setengah gram pun saya terima dengan baik. 

Antrian transaksi pembelian emas
Dok.foto @rumahmemez

Setelah acara usai, selama perjalanan pulang di comutterline saya terus berucap syukur bisa membeli emas pertama kali dari hasil gaji sendiri. Tidak menyangka saja saya akhirnya bisa memutuskan berinvestasi logam mulia ini. Saya tidak merasa iri dengan orang-orang yang bisa beli ber gram-gram emas malam itu. Beli setengah gram saja seperti suatu prestasi buat saya.

Sampai di rumah saya beritahukan kepada suami perihal emas itu. Suami tidak berkomentar apa-apa. Ya sudahlah, mungkin dia senang istrinya beli emas tapi nggak minta uang darinya. Untuk membuktikan keaslian emas ANTAM, saya mengunduh aplikasi CertiEye melalui Playstore disini . Aplikasi ini memang khusus mengecek keaslian produk emas ANTAM-LM.

Caranya letakkan security barcode pada kamera scan aplikasi. Jika ada tulisan processing please wait tandanya belum terkoneksi dengan jaringan internet. Makanya pastikan internetmu lancar ya. Tunggu sampai ada tulisan hold steady, kemudian hasil scan pun muncul seperti gambar di bawah ini. Hasil scan nya pun real time . Saking kagumnya dengan keaslian emas ini, saya sampai scan berkali-kali. Padahal satu kali saja cukup.

Emas asli pengolahan ANTAM

Hasil scan terekam di kolom history

Beberapa teman bilang lebih bagus investasi emas berbentuk batangan seperti ini daripada berupa aksesoris perhiasan seperti kalung atau cincin. Karena nilainya jualnya tinggi. Ah, kalau menurut saya sama saja. Sampai kapanpun emas menjadi investasi primadona bagi siapapun yang memilikinya. Meski cincin kawin saya tidak bisa kembali lagi, tidak ada penyesalan sedikit pun. Karena saat itu yang saya pikirkan bagaimana cara agar saya bisa membayar biaya klinik persalinan dan bisa membawa pulang bayi saya.

Sekarang saya memiliki emas setengah gram dengan desain dan kemasan terbaru dari ANTAM. Kalau sewaktu-waktu ada kebutuhan mendesak, saya bisa jual kembali. Harga yang ditawarkan saat malam peluncuran mulai dari sekitar Rp.300.000 an sampai Rp.300 jutaan. Sewaktu-waktu harga emas bisa berubah lho. Emas ANTAM-LM dengan desain dan kemasan baru ini tersedia di seluruh jaringan butik emas ANTAM-LM dan mitra UBPP LM per 31 Juli 2018. Butik emas ANTAM-LM juga menerima pembelian kembali produk yang lama maupun terbaru dengan ketentuan dan kelengkapan yang berlaku. Ayo borong emasnya!


***

47 komentar:

  1. Kemarin ikutan beli juga ya mba? Saya sedikit menyesal nih nggak ikutan antri harga pabriknya hihi... Salam kenal ya mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya mau punya emas keluaran baru dari ANTAM. Buat investasi kecil-kecilan aja.

      Hapus
  2. Waah baru tau ada pecahan 0,5 gramnya. Bagus ya desain barunya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya aku beli ukuran itu. Biarpun kecil, tapi dari hasil gaji sendiri.

      Hapus
  3. Wow emas Pt. Antam bisa buat inves juga yaa, baru tahu dech ada emas 0.5 gram, recommended nih

    BalasHapus
  4. Aku juga termasuk yg gak betah pake aksesoris emas. Nah kalo ada emas batangan kayak begini apalagi yg beratnya sesuai kantong boleh juga nih diinvestasikan sedikit demi sedikit ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya kumpulin aja gram yang kecil, lama-lama bisa banyak dan dijual kalau ada kebutuhan mendesak.

      Hapus
  5. Kalau sekarang memang enaknya investasi emas ya mbak Nurul. Tapi emas PT. Antam ini saya baru tahu mbak. Aman gak ya kira2? Soalnya kadang masih trauma sama kasus2 negatif tentang investasi emas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak usah ragu lagi beli emas ANTAM karena sudah aman sekuritasnya.

      Hapus
  6. Investasi emas memang paling simpel, dimulai sejak dini untuk masa nanti ya,pendidikan anak misalnya

    BalasHapus
  7. Ini desain kemasan yang dilombakan untuk anak2 SMA kemarin ya Mbak? Wah, udah launching aja nih desainnya.

    BalasHapus
  8. Aku pun salah satu emak-emak yg doyan investasi emas LM. paling sering nyicil di pegadaian mba dan Emas LM nya dari Antam juga..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh ya pegadaian ada sistem yang memudahkan pelanggan buat beli emas.

      Hapus
  9. Wah kalau tau disana bs beli LM, ade nitip, ras. Soalnya harga jual antam itu pasti jauh dibawah harga jual toko emas. Alhamdulillah ya bisa beli emas. Mudah2an jangan kejual dulu dan makin bertambah koleksinya.

    Bener kok yg dibilang org2. Investasi emas LM itu menguntungkan. Tapi untuk jangka waktu minimal 5 tahun. Karena kenaikannya bisa 2x lipat. Harga jualnya juga lebih tinggi dari emas perhiasan. Dan ga ada potongan ongkos. Asal sertifikat dan emasnya asli ya lgsg dibayar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku pun juga tahu saat MC nya bilang emas sudah bisa dibeli di konter depan ballroom. Orang-orang langsung pada nyerbu deh.

      Hapus
  10. Lihat gambarnya jadi pengen memiliki emasnya saya hahaha. Sekarang banyak banget ya Mba bntuk investasi termasuk investasi dalam bntuk emas ini. Dan memang investasi emas dari dulu sampai sekarang masih kerasa manfaatnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo bunda coba investasi emas dari sekarang. Lumayan lho harga jualnya

      Hapus
  11. Bener banget mbak emas selalu jadi primadona buat investasi. Selain elegan dan memesona, investasi emas boleh dikatakan aman dan nggak lekang oleh zaman

    BalasHapus
  12. Wow emas memang berkelas ya, bagus buat dijadikan alat investasi. Btw, saya juga termasuk yang jarang pakai perhiasan termasuk anting.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Samaan kita mba Dwi Arum. Emak-emak maunya emas batangan aja ya

      Hapus
  13. Logam mulia. Aku masih awwam yg begini begini nih mba. Jadunya oengen investasi belum jadi jadi karena masih menelaah, tapi kebanyaan mikir ujung2nya ga jadi 😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah kamu kebanyakan mikir. Kalau beli emas ANTAM ga usah banyak mikir, nanti harganya makin meninggi

      Hapus
  14. Wah kereen ad antam buat investasi emas dr gr terkecil. Ak pengen deh. Krn skrg udh ga bisa lg investasi tanah atau properti. Harganya mahal bgt boo..

    BalasHapus
  15. duh keingat koleksi LM antam yang udah terjual hiks
    dulu punya ukuran 5 dan 10 gram
    belinya di toko emas karena butik antam blm ada di kota saya
    semoga nanti bisa kebeli lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sayang sekali mba. Tapi, kalau terjualnya untuk kebutuhan mendesak sih ga apa-apa ya.

      Hapus
  16. Mama Sagara alhamdulillah banget ya pas punya emas yang kita peroleh dari gaji. Mbaa, harganya berapa untuk 0,5 gram?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waktu aku beli pas peluncuran harganya Rp 352.500. Seneng rasanya bisa beli dari uang hasil sendiri.

      Hapus
  17. Mau investasi emas tapi bingung nyimpennya di mana. Belum punya brankasnya.

    BalasHapus
  18. Walau, biasanya paling kecil emas 1 gram ya, sekarang udah ada aja yang 1/2 gram. Jadi lebih terjangkau untuk beli dan dan dikumpulin.
    Imho, aku juga lebih milih nabung emas dibanding nabung uang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Adanya emas setengah gram ini pembeli merasa nggak terlalu mahal beli emasnya

      Hapus
  19. Enak nih klo dimensinya lebih besar sekarang. Klo dulu yan masyaAllah kecilnyaaa..
    Yes aku pin setuju better investasi LM dibanding emas dlm bentuk perhiasan.

    BalasHapus
  20. Asli aku baru tahu mengenai ini. Masih asing dan bingung nih mau respon gimana. Yang jelas artikel ini menyumbang pengetahuan baru untukku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Intinya emas itu investasi menjanjikan buat masa depan kita

      Hapus
  21. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  22. jadi inget dulu sempet liat emas antam, ma shaa Allah mungil banget bentukannya �� kecil-kecil berharga banget kan itu..

    BalasHapus
  23. Wiiih td di mall liat standnya Antam. Balik lagi deh ikutan beli juga hihihi

    BalasHapus
  24. Mau tanya dong.. Kalo emas perhiasan gtu betul ga sih harganya malah jadi menurun? Ngga stabil kaya emas batangan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harga emas tergantung dolar juga sih. Kalau dolar tinggi, harga emas ikutan naik juga

      Hapus