Senin, 30 Juli 2018

# Jakarta Montessori # Montessori bersama anak

Mudahnya Belajar Montessori Bagi Semua Orang Di Montessori Haus Asia

Pada hakikatnya selama hidup manusia itu adalah belajar. Belajar mengenai diri sendiri, lingkungan atau pendidikan. Peribahasa tuntutlah ilmu sampai ke negeri Cina itu benar adanya. Maksudnya kita harus mencari ilmu sejauh dan sebanyak apa pun. Kalau belajar sampai ke negeri Cina, saya juga mau. Kalian juga kan? Tapi sebelum sampai kesana, saya datang ke  Green House Campus Multivision Tower, Kuningan, Jakarta lantai 25, dimana saya mau belajar Montessori dengan Montessori Haus Asia, salah satu metode belajar di Jakarta Montessori. Metode belajar ini sedang digandrungi banyak orang tua millenial lho untuk anak-anak. 

Montessori for everyone

Minggu siang itu (22 Juli 2018), saya bersama my baby partner in job alias anak saya, Sagara, berkesempatan hadir di acara "Belajar Montessori Bersama Montessori Haus Asia dan Mom Blogger Community". Bagi saya montessori itu tidak begitu asing didengar karena beberapa kali pernah menghadiri talkshow dan peluncuran buku Montessori di Rumah karya Elvina Lim Kusumo. Dari buku tersebut saya mulai mengerti ada metode belajar yang bisa diberikan kepada anak sesuai tahap perkembangannya. Bagi yang belum mengerti apa itu montessori, saya jelaskan dulu deh...

Montessori adalah...

Dikutip dari wikipedia, montessori adalah suatu metode pendidikan untuk anak-anak berdasarkan pada teori perkembangan anak yang dicetuskan oleh dr. Maria Montessori dari Italia sekitar akhir abad 19. Awalnya metode ini diperuntukkan bagi anak berkebutuhan khusus, namun  seiring berkembangnya zaman metode belajar ini berkembang untuk semua orang, montessori for everyone. Montessori menerapkan pendekatan dimana sebisa mungkin anak mengkoreksi kesalahan yang dibuat dan membenarkannya sendiri juga, serta membebaskan anak mengeksplorasi sendiri. 

Nah, kira-kira begitu penjelasan simplenya ya. Nggak usah dibuat berat pemahamannya, cukup Dilan saja yang menanggungnya 😁.

Mudahnya Belajar Montessori Bagi Semua Orang Di Montessory Haus Asia


Siapa sangka kalau di dalam gedung Multivision Tower yang menjulang tinggi  di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan itu dihuni oleh satu tempat belajar montessori. Saya pikir gedung ini hanya milik salah satu rumah produksi film saja, ternyata salah dugaan. 

Saat berjalan menuju ruangan Jumanji, saya berpapasan dengan dua orang berparas ras Mongoloid. Saya pun memberikan simpul senyum kepada mereka. Sesampainya di ruangan acara, saya hendak mencari kursi yang sudah ada namanya. Tak lama acara pun dimulai dengan sambutan hangat dari  Miss Rosalynn Tamara atau biasa dipanggil Miss Rosa. Ternyata wanita yang berpapasan dengan saya itu adalah founder Montessori Haus Asia Jakarta. Ia pun fasih berbicara dalam dua bahasa yaitu Indonesia dan Inggris. 

Miss Rosalyyn Tamara

Miss Rosa mendirikan PT Montessori Haus Asia Indonesia sekitar tahun 2017 dan sedang dalam dalam perjalanan untuk memenuhi ambisius rencana ekspansi yang dipetakan olehnya. Dalam waktu 4 bulan, Montessori Haus Asia telah mendirikan 3 pusat pelatihan dan memiliki banyak kemitraan di seluruh Indonesia. Wah, cukup progresif sekali perkembangan metode belajar ini. Seluruh anak Indonesia bisa merasakan metode belajar yang antimainstream. Bagi Montessori Haus Asia pengalaman penting dan montessori adalah gaya hidup untuk memfasilitasi cara hidup. 

Ternyata belajar dengan metode montessori itu bukan hanya untuk anak-anak saja, tapi juga memiliki serangkaian  paket lengkap untuk orang tua, para guru, sekolah atau pengusaha yang tertarik untuk menerapkan metodologi montessori di sekolah, mendirikan sekolah montessori, dan pelatihan guru montessori. Tentunya belajar montessori akan membuat bergairah bagi yang mempelajarinya. Oleh karena itu, Montessori Haus Asia membuat montessori dan pendidikan awal tahun yang berkualitas sederhana dan terjangkau untuk semua orangtua dengan  #MontessoriMadeSimple. Jadi, belajar montessori itu bisa dilakukan semua orang di Montessori Haus Asia, Montessory belongs to everyone in Montessori Haus Asia. 


Sagara serius lihat globenya

Montessori Haus Asia berusaha menyediakan cara layanan terbaik dalam bisnisnya :

  • Semangat untuk mengubah kehidupan melalui pendidikan berkualitas
  • Kerja tim adalah kunci pertumbuhan 
  • Kerja keras adalah dasar kesuksesan
  • Inovasi dan kepemilikan individu didorong dan dihargai komitmen terhadap penelitian dan pengembangan
  • Kepuasan dan kesuksesan mitra sangat penting

Miss Rosa mengatakan ada 5 konsep montessori yang diterapkan yaitu practical life, sensorial, cultural, mathematic and language. 


Mr.Allan Ang 


Sambutan kedua oleh Mr. Allan Ang selaku pendiri Montessori Haus Asia di Singapura. Beliau tidak begitu fasih bicara bahasa Indonesia, namun penjelasan tentang montessori sangat detail. Saya bisa menyimpulkan penjelasannya dengan sederhana. Iya dong, kan #MontessoriMadeSimple. Sebenarnya anak belajar montessori itu sama saja mempelajari lingkungannya sendiri. Misalnya di rumah, ia bisa menggunakan peralatan atau barang-barang yang ada di rumah. Makanya orang tua perlu juga belajar montessori bersama anak. Pastikan perlatan yang dipakai aman dan ukurannya sesuai dengan usia anak. Ada 3 poin penting saat belajar montessori bahwa lingkungan belajar itu memiliki nama (name), pemakaian (usage) dan tempat (place).

Dari kapan seseorang bisa belajar metode montessori? Miss Rosa menjawab dari dalam kandungan. Semasa hamil ibunya sudah mengenalkan berbagai macam situasi melalui sentuhan dan komunikasi dengan janin. Makanya dianjurkan dedek bayinya diajak ngobrol sambil dielus - elus perutnya, kalau dia menendang tandanya dia merespon komunikasi yang terjalin.

Variasi alat belajar motessori

Mr. Allan Ang menyimpulkan kategori usia anak belajar montessori dari usia 0-24 tahun. Dimana kategori tersebut memiliki treatment pendekatan masing-masing.

  • Usia 0-6 tahun : orang tua diharapkan memanfaatkan golden period anak, dimana anak mampu menyerap segala informasi dan pengetahuan dengan baik.
  • Usia 6-12 tahun  : orang tua harus dengan bisa dekat dengan anak dalam membimbing belajar karena kemampuan akademis dimulai sejak sekolah dasar.
  • Usia 12-18 tahun  : pada masa remaja, oarang tua harus bisa menjaga emosi dengan batasan yang jelas.
  • Usia 18 - 24 tahun  : orang tua tetap dibutuhkan untuk hadir memberikan nasihat-nasihat kepada anak tentang berbagai pilihan.

Isi trial box dari MHA

Sebenarnya belajar montessori itu mudah. Media belajarnya ada disekitar kita. Seperti isi trial box dari @gamemontessori yang diberikan dari Montessori Haus Asia (MHA). Isinya ada jepitan kecil, butiran kacang hijau, kapas, kartu bergambar dan kertas petunjuk permainan. Material tersebut digunakan untuk 3 kegiatan yaitu planting green beans, life cycle of greens beans and number games. Baik banget deh MHA memberikan trial box 3 activities ini untuk moms yang hadir di acara tersebut. Sesampainya di rumah saya langsung perkenalkan matetial tersebut kepada Arkana. Cuma planting green beans saja yang belum saya lakukan. 

Menyusun kartu permainan angka

Pertimbangan orang tua belum mengajak anak belajar metode montessori adalah biaya. Beberapa waktu lalu saya pernah menghadiri open house sekolah montessori di Bekasi. Saya pun tercengang dengan biaya yang diperlihatkan, bagi saya yang tergolong keluarga kelas menengah ke bawah biaya tersebut mahal. Namun saya meyakini metode belajar seperti ini akan memberikan life skill yang kompeten buat anak. Jadi, biaya yang dikeluarkan sepadan dengan hasil yang didapat. Sabar ya nak, doakan saja semoga ada rezekinya nanti. 

Bagaimana biaya belajar di Montessori Haus Asia, pasti mahal ya? Ada harga ada rupa. Biaya yang diberikan tergantung kebutuhan. Tinggal pilih course yang diinginkan. Ada montessori express, montessori for kids ( little seed and rainbow) dan professional diploma in early years montessori & enterepreneurship. 

Menjepit kacang hijau melatih motorik kasar anak

Jika berminat ingin belajar  montessori bersama MHA langsung saja registrasi dan datang ke salah satu venuenya. 

Greenhouse @The Penthouse
Multivision Tower 25th floor
Jln. Kuningan Mulia Lot 9B-Jakarta Selatan
Phone : 0813 9867 4378
Email : MHAPlayprogram@gmail.com

BSD Campus Teras Kota
Jln. Pahlawan Seribu CBD Lot VII B
Lengkong Gadang, Serpong
Tangerang Selatan, Banten 15322
Phone : 0858 8330 7789

Instagram
@montessorihausasia

Website
www.montessorihausasia.com


**

Acara ini terselenggara dengan baik dan lancar berkat didukung oleh beberapa sponsor yang banyak dan mengenyangkan. Biar konsentrasinya tetap terjaga, semua peserta mendapatkan nasi box dari Ayam Gepuk Mpo Oneng (@ayamgepukmpooneng). Isinya ada nasi, sayap ayam, tempe dan tahu goreng serta lalapannya. Enak banget deh rasanya. Sagara saja sampai habis sendiri makan tempe dan tahunya (antara doyan dan lapar). 

Beruntungnya yang tinggal sekitaran BSD Serpong, bisa langsung pesan  via aplikasi Go Food. Nggak pake lama langsung dianter ke tempat tujuan. Kalau anterin ke Depok mau nggak ya drivernya? 😄. Harganya terjangkau pula sesuai dengan taglinenya yaitu harga kaki Lima RASA bintang Lima.

Berselera menunya

Sponsor berikutnya sudah tidak asing lagi buat para ibu yang memiliki gangguan saluran cerna pada anak. INTERLAC Probiotics si teman baik ususmu merupakan suplemen probiotik yang mengandung bakteri baik yang dapat hidup di saluran cerna dan memegang peran penting dalam kesehatan dan pencegahan penyakit pada manusia.

80% sistem imun kita terletak pada saluran cerna. Gangguan saluran cerna seperti gumoh, kolik, diare, konstipasi bisa diatasi dengan mengonsumsi Interlac. Bisa diminum dari usia 0-3 tahun untuk Interlac Oral Drops, usia 1-5 tahun Interlac sachet, usia 2-12 tahun Interlac Chewable tablet rasa strawberry dan usia dewasa chewable tablet rasa lemon. Happynya dari acara ini dikasih suplemen Interlac. Yeaayy nambah stok lagi. Jangan lupa diminum 1x sehari saja ya.


         Interlac probiotics

Selain itu ada sponsor lainnya seperti premium pasta homemade dari  @makkeik by Dapur Ibu, enak banget ini rasanya saya suka. Ada juga @toru.id minuman sehat berbahan oat dan susu yang memiliki varian rasa original, black charcoal, arabica blend, matcha moringa dan honey chia. Nah, kebetulan saya nyobain rasa honey chia. Oatnya itu banyak banget dan terasa sampai tetes terakhir. Sampai di rumah saya langsung cemilin kacang-kacangan yang enak banget dari @healthy.food.partner yaitu Granola. Saya kurang tahu  ada kacang apa saja, yang pasti ada kismis dan biji matahari. 






Senang sekali bisa tahu lebih dalam tentang metode belajar montessori. Intinya biarkan anak mengenal lingkungan belajarnya sendiri, ikuti kemauan anak, orang tua hanya memantau dan memfasilitasi material belajar anak. Saya ingin sekali  mengajarkan Arkana dan Sagara tentang montessori. Agar life skill kalian terasah sejak dini. 

Acara ditutup dengan pengumuman best post social media. Sayangnya saya belum beruntung mendapatkan salah satu hadiahnya. Don't worry, berkesempatan hadir di kantor Montessori Haus Asia bersama para moms blogger sudah sangat menyenangkan. Montessori belongs to Everyone, Montessori Made Simple.

Foto bersama dulu



****

17 komentar:

  1. Montessori ini konsep belajar yang menyenangkan untuk anak-anak, ya

    BalasHapus
  2. Asiknya berkesempatan belajar metode ini mbak Nurul, sayangnya yg boleh ikut kemarin hanya ibu2 yg sdh punya anak, hiks.
    Btw, asik ya kl ada tempat belajar metode ini, jadinya ibu muda bisa juga belajar

    BalasHapus
  3. Iya dengan makin bertambahnya ilmu untuk mendidik anak semoga menjadi pedoman semua orang tua bahwa pendidikan itu mudah tapi harus pakai metode agar tepat sasaran.😊

    BalasHapus
  4. Asyiikkk mainan trial box-nya ya..
    Anak2 juga suka mainin. Kacang ojonya udah mulai berkecambah sekarang, tiap hari diamatin sama anak2.

    BalasHapus
  5. Saya suka dan setuju dengan pemahanan konsep montessori ini. Dulu saya mengajar dengan konsep seperti ini. Tapi nggak tau kalau namanya montessori. Soalnya dulu belum terkenal ya konsep ini

    BalasHapus
  6. Padahal bisa ya kalau dilakukan di rumah sendiri belajar ala Montessori itu. Cuma kalau saya kendalanya di konsistensi tiap harinya dengan anak.

    BalasHapus
  7. wahhh coba kalau naufal ikut diajakin beginian pasti dia seneng banget.. nagih terus pasti di rumah. soalnya dia juga suka permainan montesensori

    BalasHapus
  8. Kegiatan yang menyenangkan dan bermanfaat nih di acara blogger, karena untuk bunda dan anaknya bisa langsung mempraktekkan metode montessori ini 👍👍

    BalasHapus
  9. asyiknya bisa ikut kegiatan positif seperti ini
    pengin juga ikutan
    tapi di daerah
    tapi baca reviewnya udah senang karena jadi nambah wawasan dan pengin cari tahu lebih banyak

    BalasHapus
  10. Duh emang for everyone banget, fixed jatuh hati pada montessori ini mah 😍 ngelihat Sagara mengeksplor media2 montessori kemarin jd kepikiran, haeusnya kemarin aku ajak si baby jg 😅

    BalasHapus
  11. Yang lain oada komen ke montessori nya, aku komen ke smpartner in every jobmu ae ya. Sagara, kamu keren sekali nak . Mau duduk anteng dan bisa tisur di mana saja kapan saja. So cool!

    BalasHapus
  12. Montessori ini seru ya. Anak-anak jadi gak stress dan terbebani saat belajar. Tapi yaaa orang tua harus sabar karena harus buang jauh-jauh ego mereka.

    BalasHapus
  13. Mama laras , ada baiknya kalau sagara juga ikutan berdoa, doa anak sholeh di ijabah. Biar bisa sekolah disini mama dan anak .

    BalasHapus
  14. Wah isi trial box-nya lumayan banget yaa. Tapi metode ini cocoknya mulai diterapkan dari usia berapa kah?

    BalasHapus
  15. Oh ternyata ini tadinya utk anak yg berkebutuhan khusus ya. Tapi utk anak normal juga cocok dan mudah banget.

    BalasHapus
  16. Aparatus MHA lengkap banget ya mba, rasanya pengen bawa pulang semuaa.

    BalasHapus
  17. Waaah sama dong sama Rio main pindah-pindahin kacang ijo :D

    BalasHapus