Kodomo Challenge, Program Edukasi Anak Usia Dini Hadir Di Indonesia

33 komentar
Tantangan menjadi orang tua adalah saat mendampingi tumbuh kembang anak. Mulai dari mengandung, melahirkan dan membesarkan suatu perjalanan sekaligus pelajaran sangat berarti. Semua orangtua pasti merasakan hal ini. Salah satu cara mendampingi tumbuh kembang anak adalah dengan cara bermain. Karena bermain adalah dunia anak, dunia di mana anak-anak bersuka cita tanpa memikirkan suatu beban. Saya pun ingin memberikan suatu mainan yang syarat akan edukasi. Melatih segala kemampuan si Kecil sejak dini. Maka itu saya perkenalkan Kodomo Challenge untuk Sagara yang berusia 1 tahun.

mainan edukasi anak usia dini
Mengenalkan Sagara dengan Kodomo Challenge


Saat memiliki anak pertama, saya masih buta dengan maianan edukasi untuk anak. Palingan saya membelikan mainan mobil-mobilan atau lego di toko mainan. Setelah Sagara lahir, saya lebih banyak mengetahui mainan yang bisa menstimulasi kecerdasan dan kemampuan di periode emasnya. Kebetulan Sagara dapat free trial kit dari Kodomo Challenge. Eh, sudah ada yang tahu apa itu Kodomo Challenge? Kalau banyak yang belum tahu, saya jelaskan dahulu ya.

Apa Itu Kodomo Challenge? 


Kodomo Challenge adalah program edukasi yang diciptakan untuk membantu anak belajar dan berkembang dengan beragam kegiatan setiap bulannya. Tiap bulan akan dikirimkan paket mainan edukasi untuk anak-anak usia pra sekolah (0-6 tahun) yang dibuat dengan menyesuaikan tahap perkembangannya. Tentunya untuk mendapatkan paketnya dengan berlangganan dulu. 

Kodomo Challenge pertama kali didirikan pada tahun 1988 di Jepang dan telah sukses di beberapa negara seperti China dengan jumlah pelanggan 150.000, Tiongkok jumlah pelanggan 1.080.000, Korea Selatan jumlah pelanggan 130.000, Hong Kong jumlah pelanggan 10.000. Mengejutkannya lagi, tiap bulan lebih dari 2 juta anak belajar dengan Kodomo Challenge ( sesuai data per April 2016). Kini, Kodomo Challenge Hadir di Indonesia dengan program untuk usia 1-2 tahun (Toddler) dan usia 2-3 tahun (Playgroup).

kodomo challenge mainan anak
Membacakan buku Selamat Siang 

Kodomo Challenge berada di bawah naungan Benesse Corporation (1955) yang merupakan perusahaan pendidikan nomor 1 di Jepang. Perusahaan ini bekerja sesuai dengan filosofinya dari kata "Benesse" yang berarti well-being (kesejahteraan). Memiliki berbagai macam bisnis yang bergerak dari bidang edukasi, bahasa, gaya hidup, dan perawatan terhadap lansia, dll. Keberadannya selama 63 tahun senantiasa mendekatkan diri terhadap pelanggannya. 

Siapa yang tahu artinya Kodomo Challenge?  Awalnya saya pikir merek pasta gigi anak, ternyata dalam bahasa Jepang, Kodomo artinya "anak" sedangkan Challenge dalam bahasa Inggris artinya "tantangan". Jadi, Kodomo Challenge bisa diartikan suatu tantangan yang diberikan kepada anak sesuai dengan kurikulum dan usia anak. Ingat ya, Kodomo Challenge bukan nama merek pasta gigi.

Mengenalkan Free Trial Kit Kodomo Challenge


Saya mendapatkan free trial kit Kodomo Challenge Toddler karena sesuai dengan usia Sagara saat ini 1 tahun. Isinya terdiri dari buku bergambar, DVD atau video edukasi, parent's guide, sticker, bingkai foto ulang tahun dan booklet produk dan service. Saat pertama kali memperlihatkannya pada Sagara, ia senang sekali.

paketan kodomo challenge
Free trial kit dari Kodomo Challenge buat Sagara

Buku bergambar yang saya dapat ada 2 yaitu berjudul Selamat Siang dan Edisi Perkenalan. Tiap halaman bukunya berbentuk pop up, ada bagian gambar yang bisa di buka. Pada buku Selamat Siang, ada gambar kelinci, cilukba, makan pisang dan mari mencuci tangan. Buku ini terkait dengan DVD "Teater Shimajiro" agar pemahaman anak lebih mendalam terhadap materi. Anak akan menemukan hal yang disukai saat bermain dan dibicarakan dalam buku. Sagara tidak hanya dibacakan cerita, tapi juga bisa menikmati tontonan dengan menggerakkan tangannya. Sagara jadi bisa meniru gerakan Shimajiro. Buku ini terdapat 18 halaman. 

Kalau buku Edisi Perkenalan, lebih tipis sekitar 6 halaman. Halaman pertama bisa langsung berkenalan dengan Shimajiro. Sagara selalu tertawa melihat Shimajiro sambil tangannya menunjuk ke gambar. Halaman berikutnya mengenalkan nama buah dan sayur. Selain itu juga mengenalkan anak menggosok gigi. Di sini orang tua disarankan meniru gerakan mulut Shimajiro seperti " Mulut aaa, mulut iii". Saat saya mempraktekkannya ke Sagara, ia juga mengikuti gerakan dan suara mulut saya. 

Lebih antusias lagi saat saya memutar DVD Teater Shimajiro. Ia begitu serius menonton tiap gerakan yang Shimajiro lakukan. Isinya tidak jauh beda dengan buku bergambar Selamat Siang, cuma ada 2 tambahan materi yaitu Kepal Tangan dan Kereta Buah dan Sayur.

shimajiro mainan edukasi anak
Sagara senang melihat Shimajiro di buku ini

Buku Parent's Guide juga terdapat pada free trial kit. Sebagai panduan orang tua untuk mendampingi anak bermain sambil belajar. Mengajak orang tua lebih memperhatikan kualitas waktu bersama. Ada nasihat-nasihat yang disampaikan untuk orang tua ketika anak mengajak bermain. Menyediakan artikel yang sesuai dengan level perkembangan anak juga panduan bermain bersama anak untuk materi-materi yang dikirimkan pada bulan tersebut dan ada juga parenting tips sesuai perkembangan anak.

Ada Sticker bergambar Shimajiro dan beberapa temannya yang lucu seperti Mimi-lynne gadis yang lembut dan suka bermain piano atau melukis, Flappie  yang lucu bisa membuat teman yang sedih menjadi ceria, Nikki yang senang berolahraga, peduli terhadap sesama dan membela yang lemah. Ada juga karakter lainnya seperti Dr. Roarson, Hannah, ayah dan Ibu Shimajiro yang bisa di lihat di DVD.

Bagi anak yang lahir tanggal 1 Juni 2015-30 Juni 2017 bisa mendapatkan bingkai foto ulang tahun lucu dari Shimajiro. Karena Sagara lahir tanggal 8 Mei 2017, jadi dapat 1 bingaki foto. Terbuat dari karton yang cukup keras, berwarna biru dan kuning dan dihiasi gambar aksesoris ulang tahun. Bisa tempel foto ukuran 4R dan tuliskan data diri  si Kecil. Pokoknya lucu banget deh. Cara mendapatkannya mudah kok, cukup daftar dan isi data diri di website, buat bingkai atau videonya dan tunggu kiriman bingkai di rumah.

Upload foto pada bingkai dari Shimajiro


Fitur Kodomo Challenge 


Kodomo Challenge memiliki fitur yang terus dikembangkan sejak tahun 1988 sampai sekarang. Didukung dengan riset ahli dan 30 tahun pengalaman diciptakan Kodomo Challenge dengan passion agar ada pengalaman yang menyenangkan untuk anak dan orang tua. 

Multi-platform learning method

Dok.Shimajiro.id

Metode pendekatan "multi-platform" yang membuat pengertian anak lebih mendalam dimulai dari media favoritnya, baik itu DVD, buku maupun mainan. Memulai pembelajaran lewat media yang disukai akan memicu ketertarikan anak terhadap program dan kurikulum Kodomo Challenge serta menghasilkan pengalaman belajar yang menyenangkan.

Contohnya saat Sagara melihat gambar kelinci pada buku bergambar, maka di DVD akan ada gambar kelinci yang bergerak dan bersuara sambil makan wortel. Awalnya ia bengong melihat gambar kelinci yang sama, lama-lama ia memahami sambil menunjukkan kelinci yang ada pada buku ke DVD. 


Age Appropriate Curriculum

Dok.shimajiro.id

Kodomo Challenge dilengkapi dengan kurikulum dan materi ajar yang sesuai dengan usia dan perkembangan anak,baik fisik maupun pikiran, agar anak bisa menikmatinya dan mengerti dengan lebih baik. 

Kurikulum Kodomo Challeng meliputi kebiasaan hidup (mengajarkan anak dasar dari kebiasaan hidup seperti menyikat gigi, toilet training, etika di tempat umum dll),  kemampuan kognitif (memahami pengertian dasar dari konsep logika seperti bentuk,warna dan ukuran), kemampuan sosial (membiasakan anak berinteraksi dengan sesamanya dimulai dari norma sosial di tempat umum. Contohnya bermain peran, anak akan belajar bagaimana cara berinteraksi dan mengerti perasaan orang lain), kosakata (menambah kosakata baru yang akan menjadi pedoman agar anak bisa mudah berkomunikasi), seni (mengajarkan anak untuk mengekspresikan dirinya lebih baik melalui musil dan irama).

Kurikulum yang cocok buat Sagara karena bisa menstimulasi motorik kasar dan halusnya. Kalau saya menunjukkan gambar, ia juga menunjuknya. Kalau saya putarkan DVDnya ada suara musik, dia langsung joget.


Learning Buddy

Foto dok.pribadi

Shimajiro adalah karakter edukatif berbentuk binatang kucing yang bertujuan untuk menjadi teman dan kompetitor anak dalam belajar. Adanya Learning Buddy ini, rasa ingin tahu dan berkompetisi anak akan meningkat. Shimajiro akan menjadi contoh dan memberikan pengertian kepada anak. Hadirnya Shimajiro ini sebagai "teman" yang bisa mewakili suara anak atau anggota keluarga lainnya. Learning Buddy sebagai perantara antara orang tua dan anak. Warnanya yang kontras antara biru dan kuning menarik perhatian anak untuk memegang dan memainkan.

Foto di atas saya memegang boneka Shimajiro saat acara Parenting and Sharing session with Tanya Larasati, 31 Mei 2018 lalu. Saya pikir bentuknya seperti boneka biasa, ternyata boneka tangan. Jadi, bisa dimainkan sesuai karakter yang memainkan. Sagara suka sekali dengan boneka ini, sayangnya tidak boleh di bawa pulang.


Keunggulan Kodomo Challenge


Pasti banyak yang bertanya, kenapa sih haru memilih mainan edukasi ini dan apa bedanya dengan mainan anak yang ada di pasaran? Pastinya sangat berbeda karena Kodomo Challenge memiliki keunggulan yaitu materi yang sesuai usia anak, media yang menggunakan indra penglihatan, pendengaran dan sentuhan, teman belajar yang memotivasi anak, serta harga paket bulanan yang terjangkau sekitar Rp.264.000/bulan. 


Seri Kodomo Challenge


Ada 2 paket Kodomo Challenge yang disesuaikan dengan usia anak yaitu : 

Kodomo Challenge Toddler (1-2 tahun)

Merupakan program edukasi bagi anak kelahiran antara tanggal 1 Juli 2016-30 Juni 2017. Paket July Launch Set terdiri dari mainan edukasi Tintin berbicara, video edukasi berbentuk DVD: Tepuk Bagian Tubuh, buku bergambar Selamat Pagi dan Bintang 1, Parent's guide. Gratis boneka dan tas Shimajiro. Bagi yang berlangganan 6 atau 12 bulan dapat bonus kotak penyimpanan DVD dan cermin sikat gigi. Paket July launch set bisa dinikmati saat pengiriman bulan Juli nanti. 

Dok.shimajiro.id

Seri Toddler ini memberikan 5 tema pembelajaran seperti kosakata, kebiasaan hidup, kemampuan sosial, kemampuan kognitif dan seni. Pada seri bulan Juli ini anak akan belajar sesuai dengan tema tersebut. Boneka Shimajiro dikirimkan gratis dalam paket Kodomo Challenge pertama bagi pendaftar dari bulan Juli 2018-Juni 2019. Bagi yang berlangganan akan dikirimkan paket mainan eduaksi, DVD,buku bergambar dan parent's guide yang berbeda sesuai dengan line-up di bawah ini.


Line-up Toddler
Dok.shimajiro.id

Kodomo Challenge Playgroup (2-3 tahun)


Paket ini untuk anak yang lahir dari tanggal  1 Juli 2015- 30 Juni 2016. Program edukasi yang dipersiapkan untuk membantu tumbuh kembang anak usia 2-3 tahun. Paket pertama untuk bulan Juli terdiri dari mainan edukasi Set Toko Roti Lapis, video edukasi Binatang laut, buku bergambar, parent's guide. Gratis tas dan boneka Shimajiro dan bagi yang berlangganan 6 atau 12 bulan mendapatkan kotak penyimpanan DVD dan cermin sikat gigi. 

Line up Playgroup
Dok.shimajiro.id

Tema pembelajarannya sama dengan Toddler yaitu kosakata, kebiasaan hidup, kemampuan sosial, kemampuan kognitif dan seni. Tiap bulannya akan dikirimkan mainan edukasi, DVD, buku bergambar dan parent's guide yang berbeda sesuai line up seri Playgroup di bawah ini.

Dok.shimajiro.id


Yuk, Berlangganan Kodomo Challenge


Mudah sekali cara berlangganan Kodomo Challenge. Ikuti 4 langkah mudah berlangganan ini ya. 
  1. Pastikan isi perjanjian. Mengenai pengiriman materi belajar, berhenti berlangganan, cicilan dan pembayaran.
  2. Tentukan jangka waktu berlangganan 6 atau 12 bulan. Semakin cepat berlangganan semakin banyak keuntungan dan semakin banyak diskonnya.
  3. Pilih cara pembayaran. Bisa melalui kartu kredit berlogo Visa dan Mastercard (lump sum), cicilan kartu kredit, virtual account transfer (web/ATM) melalui BCA, Bank Permata, BNI, dan Bank Mandiri. Bisa juga Cash on delivery (COD).
  4. Cara pendaftaran, dapat melalui website shimajiro.id atau telepon (0800-1-050505), Kodomo Challenge Shop terdekat atau saat event. 

Jika berlangganan di launching bulan Juli, maka akan mendapatkan keuntungan special yaitu gratis special launch promo set, bebas biaya tambahan kartu kredit dan virtual account, bebas biaya antar hingga 7 Juli 2018. 

Dok.shimajiro.id

Mahal banget ya mainan anak saja? Pasti ada yang bertanya seperti itu. Masa buat anak nggak mau barang yang bagus sih bu. Misal ibu atau bapak berlangganan selama 12 bulan senilai Rp.3.168.000. Jika nilai tersebut dibagi selama 12 bulan, maka tiap bulan anda membayar sebesar Rp.264.000 untuk paket edukasi yang lengkap. Orang tua tidak perlu pusing lagi mencari mainan tiap bulan untuk anak. Toh, tiap bulan tinggal menunggu kiriman dari Kodomo Challenge. 

Bagaimana ayah ibu tertarik berlangganan Kodomo Challenge ? Kalau saya sih tertarik sekali. Saya tinggal duduk manis menunggu kedatangam paket mainan edukasi untuk Sagara. Seperti harapan Kodomo Challenge untuk anak-anak di masa depan agar mendapatkan kasih sayang dari orang tua dan lingkungannya serta menciptakan karakter yang kuat. Anak juga mendapatkan banyak pengalaman melalui tentang arti pencapaian dalam kesehariannya sehingga memiliki kepercayaan diri dan  motivasi. Bersama Kodomo Challenge kedekatan anak dan orang tua menjadi lebih akrab.

banner lomba kodomo challenge
Ikutan lomba blognya yuk...

Ikuti juga kompetisi momen #LoveKodomoChallenge dengan cara mengupload foto ke instagram @ShimajiroClubID mengabadikan momen terbaik si Kecil bersama free trial kit atau paket lainnya  dan menangkan hadiah menarik dari Shimajiro. Ingin dapat free trial kit seperti saya atau berlangganan langsung jadi member Shimajiro Club Indonesia. Bagi yang suka menulis di blog bisa juga ikutan #KodomoChallengeBlog dengan hadiah total voucher MAP Rp.20 juta. Wah...banyak kan hadiahnya. Ayo buruan share pengalaman si kecil bersama Kodomo Challenge dan buat pengalaman serunya.


Website
Www.shimajiro.id


Fanpage Facebook
Shimajiro Club Indonesia


Instagram
@shimajiroclubid




***


33 komentar

  1. Bener sih mba, kalo utk anak harusnya jangan perhitungan, apalagi mainan edukasi gini. Bukan hanya sekedar mainan murah di pasar yg bentar aja rusak. Beli lagi, ga berasa sebulan malah lbh mahal jatuhnya :D. Biasa anakku suka mainan yg berhubungan ama buku gini.. Apalagi kalo ada videonya. Bisa girang dia melihat :D.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah pas banget ada mainan edukasi gini ya. Bisa berhematlah orangtua untuk budget beli mainana.

      Hapus
    2. Orangtua langsung beli mainan yang panjang masanya ya.

      Hapus
  2. wow.. seru nih.. ada challenge dalam bentuk pelajaran sambil bermain yg disesuaikan dengan usia anak.. aku jadi tertarik mau ngenalin Kodomo Challenge ke anakku Mbak 😊

    BalasHapus
  3. Wah sekarang jadi ibu sedikit lebih mudah ya karena adanya kodomo chalenge ini. Saya baru tahu lho mba, klo kodomo ini artinya anak. Saya ingetnya ke merek pasta gigi anak soalnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha..tadinya juga aku pikir merek pasta gigi, ternyata bahasa Jepang yg artinya anak.

      Hapus
  4. Whuahaha ternyata sama ya, tyt kodomo merk pasta gigi malah melekat kuat. Whuaa anak saya sudah 4 tahun gak ada ya paketnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saat ini baru dirilis sampai usia 3 tahun. Untuk usia 4 tahun, kayaknya tahun depan baru dikeluarkan produknya.

      Hapus
  5. Inovasi melalui Kodomo Challenge bagus juga. Jadi anak-anak menjadi lebih kreatif dan daya imajinasinya semakin berkembang. Boleh ah Ponakan daku ikutan ini 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk daftar ke web shimajiro.id buat dikirim free trial kit nya.

      Hapus
  6. Bagus programnya untuk mendukung tumbuh kembang anak...

    BalasHapus
  7. wahh iya bagus mbak.. naufal juga suka banget sama barang-barang dari kodomo.. pengen langganan sih tapi uwitnya hehhehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo nabung mom Ade Uny, investasi kecerdasan buat si kecil

      Hapus
  8. Seru banget dengan Kodomo Challenge anak jadi bisa bermain dan belajar juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Satu kesatuan ya antara bermain dan belajar buat anak-anak.

      Hapus
  9. Oalah... saya juga kira kodomo itu merek pasta gigi. Ternyata nggak ada hubungannya sama sekali ya? Bagus-bagus ya bahan aktivitasnya buat si kecil.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mom Ika ga da hubungannya dengan si pasta gigi itu. Kodomo Challenge mainan edukasi yang terkenal dari Jepang dan beberapa negara Asia.

      Hapus
  10. Aku mau daftar free trial kit dari kodomo nih. Soalnya beragam banget dan sesuai fase pertumbuhan anak. Salut aku.

    BalasHapus
  11. kalau secara harga, nampaknya lumayan mahal ya.. tapi kalau dilihat dari manfaatnya besar banget deh ini.. daripada kita beliin mainan terus, mending ikut langganan paket kodomo challenge ❤️

    BalasHapus
  12. Wah sy kira ini kodomo merk pasta gigi lho...ternyata perangkat edukasi . Makasih infonya

    BalasHapus
  13. Makin keren nih mbak Kodomo. Moga makin pintar ya Sagara. Saya yang selalu ingat itu kl Kodomo ya pasta gigi ternyata makin ke sini makin keren aja Produknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi beda lho antara kodomo merek pasta gigi dan kodomo challenge...

      Hapus
  14. wah Nafeesa juga suka sama Kodomo Challenge, terutama DVD nyanyi-nyanyi itu moms. Boneka Shimajiro nya juga selalu jadi teman belajarnya hihihi

    BalasHapus
  15. Aku sudah berlangganan mba.. Memang bagus banget untuk anak. Selain mengedukasi anak, kodomo challenge juga mampu mengedukasi orang tua agar lebih bisa berkomunikasi dgn anak.

    BalasHapus
  16. Mba, kirain aku kodomo sikat gigi. Ternyata paket education. haha.
    Shimajiro emang kesukaan bocah-bocah ya mba dan perangkatnya edukasinya berfaedah banget.
    Btw, good luck ya mba. semoga menang. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha..banyak yang kira Kodomo itu merek pasta gigi ya, tapi ternyata paket mainan edukasi anak-anak dari Jepang.

      Amiin, terima kasih doanya.

      Hapus