Rabu, 06 Juni 2018

Cara Mendidik Anak Usia Dini Menjadi Anak Tanggap yang Lengkap

Tahun 2018 ini memasuki usia anak pertamaku, Arkana Gie Pratama, ke 6 tahun. Sepertinya baru kemarin saya menimangnya dalam pelukan dan mengejarnya berlarian. Tak lama lagi ia akan memasuki usia sekolah. Bertemu dengan banyak teman sebayanya. Bersyukurnya dia tumbuh menjadi anak yang sehat, tumbuh dan berkembang sesuai dengan usianya. Melewati semua fase perkembangan anak semestinya. Tentunya saya berusaha memberikan stimulasi yang tepat. Contohnya dulu agar ia cepat merangkang, saya berikan mainan dengan warna cerah lalu saya taruh di jarak yang lebih jauh. Supaya timbul rasa penasaran ingin menghampiri dan meraih mainan itu. Sebagai persiapan masuk sekolah, saya memberikan tempelan huruf dan angka yang bisa ia lihat dan baca setiap hari. Meskipun belum lancar membaca, tapi Arkana mengenal huru-hurufnya suatu kebanggan buat saya. 

cara mendidik anak laki laki
Abang Gie yang semakin besar

Dewasa ini, anak tidak cukup dengan cerdas secara intelektual atau perkembangan kognitif, namun harus mencakup cerdas secara sosial dan emosional. Makanya disebut dengan tanggap yang lengkap. Kadang saya suka sebel sama pengamen yang datang ke rumah. Apalagi kalau pengamen yang sama, seakan-akan rumah saya jadi target mendulang rupiah. Pernah suatu kali Arkana minta uang ke saya. Saya pikir buat apa lagi, kan sudah makan. Ternyata uangnya dikasih ke pengamen tersebut. Dari kejadian ini saya menilai anak saya sudah memiliki kecerdasan emosional, punya kepekaan dan kepedulian dengan orang lain. Ia sempat bilang “Kasihan mah pengamen itu. Panas-panasan, pasti aus dan duitnya buat beli es”. Anak usia 5,5 tahun sudah menunjukkan rasa empatinya. Saya pun jadi belajar darinya tentang arti berbagi dan berempati. Ada rasa antara malu dan bangga. Malu dengan rasa curiga saya terhadapnya dan bangga Arkana tahu siapa yang mau dibantu. Cara mendidik anak laki-laki itu susah-susah gampang.

Stimulasi memang perlu terus diberikan kepada anak. Stimulasi tidak maksimal jikaanak tidak diberikan dukungan lainnya seperti nutrisi. Dengan nutrisi yang adekuat, maka anak mampu menyerap semua stimulasi. Alhamdulillah Arkana tumbuh menjadi anak tanggap yang lengkap. Selain saya dukung dengan berbagai stimulasi, pastinya saya memberikan nutrisi. Salah satunya dari susu Bebelac baru. Tahu kan kalau sekarang Bebelac baru dengan formula yang baru juga. Mengandung minyak ikan dan omega 3&6 yang ditingkatkan, FOS : GOS 1:9, 13 vitamin dan 9 mineral. Kandungan Bebelac baru bisa mendukung kecerdasan otak anak. Saya pun jadi tidak khawatir akan kurangnya gizi Arkana. Dia suka sekali minum susu Bebelac baru, apalagi rasa madunya. Kalau nggak saya tahan-tahan, bisa 3 gelas lebih minum susu. Katanya “Rasanya enak mah, nggak bikin enek”. Alhamdulillah kalau Arkana suka susu Bebelac baru. Biasanya dia kurang suka rasa madu loh, tapi kali ini dia minum susunya sampai habis hingga tetes terakhir. Goodjob, boy!

nutrisi untuk otak anak
Minum Bebelac baru 2 kali sehari

Pondasi membentuk anak tanggap yang lengkap jangan setengah-setengah ya moms. Harus diberikan secara maksimal antara keduanya. Jadi, anak memiliki pegangan yang kuat dari dalam dirinya. Saya juga berusaha terus memberikan stimulasi dan nutrisi yang tepat agar Arkana menjadi anak tanggap yang lengkap. Bebelac baru memberikan nutrisi yang tepat bagi anak. Semoga anak-anak Indonesia lainnya bisa mendapatkan hak yang sama. Untuk lebih lengkapnya bisa kunjungi http://bit.ly/ArticleTanggap2.


***

11 komentar:

  1. mendidik anak pada usia dini seperti sedang menggambar denah rumah.. kita sedang memberikan konsep yang matang agar selanjutnya dapat dibangun dengan baik..

    BalasHapus
  2. anak-anakku juga suka minum susu Bebelac, dan akunya pun tenang karena kebutuhan nutrsinya tercukupi dengan lengkap...

    BalasHapus
  3. jadi orangtua memang proses belajar terus ya

    BalasHapus
  4. kembaran nih sm mamanya GI kaya adik kk hehe...susu bebelac memang nutrisinya lengka[ ya jd kita sebagai orang tua gak khawatir lg sm pertumbuhan anak yg makin tanggap dan lengkap

    BalasHapus
  5. Iya kalau nutrisnya baik maka anak akan jauh lebih mudah distimulasi. Sehat2 ya Gieee...

    BalasHapus
  6. iya mak, harus total dalam mendukung tumbuh kembang anak anak, ya nutrisi juga stimulasi.

    BalasHapus
  7. Keponakanku juga lagi nyoba Bebelac Baru lho, kayaknya dia seneng sama rasanya dan cocok di perutnya

    BalasHapus
  8. Halo abang Gie, pinternya minum susu setiap hari..
    Sehat2 selalu dan di tanggap yang lengkap yaaaa ..

    BalasHapus
  9. Mendidik anak sejak dini, peer besar setiap orang tua yaaa

    BalasHapus
  10. Bersyukur banget klo punya anak mau minum susu, jadi pemenuhan akan gizinya tidak hanya melalui makanan tapi juga bisa dilengkapi dengan gizi yang terkandung dalam susu. Trus tinggal nambah dengan stimulasi yang tepat ya biar anak tumbuh dengan tanggap yang lengkap

    BalasHapus
  11. Serius nanya, Gie kan 6 th berarti TK ya. Itu harus udah bisa baca? Atau saat sd harus udah bisa baca tulis?

    BalasHapus