Cara Melindungi Kulit Bayi Dari Ruam Popok

48 komentar
Permasalahan yang sering ditemui para ibu baru melahirkan bayi adalah ruam popok.  Berlaku juga pada saya. Memiliki pengalaman mengurusi bayi dua kali bukan berarti saya terhindar dari masalah kulit bayi ini. Melihat kemerahan di area genitalnya membuat saya jadi bingung cara menyembuhkannya. Anak pertama saya, Arkana, mengalami ruam popok di area selangkangan. Kulit tipisnya mengelupas dan kemerahan. Tiap pipis atau buang air besar pasti dia meringis kesakitan.

Saya pun bingung harus mengobatinya pakai apa karena dulu belum tahu Arkana mengalami ruam popok. Ibu saya bilang pakai minyak kelapa saja. Saya oleskan tiap setelah dibersihkan, tapi ia malah makin tidak tenang. Akhirnya kakak merekomendasikan ke dokter kulit dekat rumah dan diberikan salep. Ruam popok yang terjadi pada anak saya karena salah memilih popok sekali pakai. Beberapa hari kemudian kulitnya perlahan sembuh.



Apa Itu Ruam Popok ?


Ruam popok memang bikin galau ibu-ibu. Apalagi kalau anaknya selalu menangis  merasa kesakitan. Ibu mana sih yang tega melihat keadaan begitu. Jadi, apa itu ruam popok? Ilmu saya pun bertambah tentang ruam popok dari acara 3M Cavilon gathering, dihadiri oleh dr. Rinawati Rohsiswatmo, Sp.A(K) yang praktek di RSCM bagian perinatal. Beliau mengatakan ruam popok merupakan peradangan dan kemerahan pada kulit dengan atau tanpa terkikisnya lapisan kulit akibat paparan berulang atau terus menerus dari urin dan atau feses pada kulit di bagian perigenital (paha, bokong, perut bagian bawah). Ruam popok bisa terjadi pada anak dan orang dewasa.

cara melindungi kulit bayi
dr. Rinawati Rohsiswatmo, Sp.A(K)

Mengapa ruam popok bisa terjadi? 

Pastinya banyak faktor timbulnya ruam popok yaitu :
  • Iritasi karena kulit terpapar air kemih atau tinja terlalu lama.
  • Gesekan pada kulit sensitif akibat bahan popok.
  • Iritasi akibat bahan kimia yang digunakan (detergen atau sabun).
  • Perubahan bentuk makanan (dari ASI ke MPASI).
  • Infeksi bakteri atau jamur.
  • Bayi atau anak mendapat terapi antibiotika.

Pada prinsipnya ruam popok bisa diatasi dengan CPR yaitu Cleanse (Bersihkan) bersihkan kulit dengan pembersih pH-balanced dan air hangat dan hindari bahan iritam yang merusak kulit, Protect (Lindungi) gunakan sediaan topikal pelindung kukit yang tahan air dan tinja dan Restore (pulihkan) tambahkan bahan pelembab  pada kulit yang rusak untuk meningkatkan kesehatan kulit.

Tidak perlu khawatir, ikuti saja langkah pencegahannya : 
  • Menjaga agar kulit bayi tetap bersih dan kering.
  • Segera mengganti popok yang kotor dan lakukan sesering mungkin.
  • Saat mengganti popok bersihkan kulitnya dengan air hangat.
  • Oleskan atau semprotkan krim / film pindung untuk MELINDUNGI kulit bayi dari gesekan dan paparan lembab berlebih.
  • Keringkan kulit bayi dengan handuk atau kain lembut sebelum memakai popok baru 
  • Biarkan bayi / anak memakai popok paling sedikit selama 2-3 jam sehari agar kulit tidak panas.
  • Sesuaikan dengan ukuran popok dengan bayi.
Lalu, bagaimana jika ruam popok sudah timbul? Tenang ada caranya kok.
  • Segera lepaskan popoknya yang telah basaha  atau kotor 
  • BERSIHKAN daerah popok dengan air hangat, bila perlu dengan sabun cair  dan bilas dengan air bersih.
  • Keringkan dengan handuk atau kain yang lembut.
  • Oleskan salep, krim atau lotion khusus bayi yang berguna melindungi dan menjaga KELEMBABAN kulit yang sedang rusak.
  • Bila tidak ada perubahan segera hubungi dokter.

cara pencegahan ruam popok
Dr. Sony Wijaya, Sp.B

Dr. Sony Wijaya, Sp.B, seorang dokter bedah umum dari RS Premier Jatinegara mengatakan ruam bisa terjadi juga pada orang dewasa. Ia pernah menangani pasien yang tidak bisa bergerak dari tempat tidurnya. Hasilnya buang air kecil dan besarnya di tempat tidur. Hal ini mengakibatkan adanya gesekan pada bagian bokong dan mengalami ruam. 


3M Cavilon, Cara Melindungi Kulit Bayi Dari Ruam Popok 


alat kesehatan cegah ruam popok

Ruam popok bukan lagi jadi masalah buat para orang tua saat ini karena ada produk yang inovatif dalam pencegahan kerusakan kulit yaitu 3M Cavilon. Cavilon adalah produk health care dari PT. 3M Indonesia. 3M sudah beroperasi selama 40 tahun di Indonesia yang berpusat kantor di Perkantoran Hijau Arkadia, Jakarta. Sekitar ada 100 merek global yang sudah dikeluarkan seperti scotch brite, nexcare dan ACE.

Cavilon No Sting Barrier Film akan membentuk lapisan pelindung antara bahan perekat dengan kulit manusia sehingga saat pelepasan plester atau bahan perekat yang tercabut adalah barrier filmnya, bukan sel-sel epidermis kulit. Sistem pelarut membuat produk cepat kering dan menghasilkan lapisan yang tidak lengket. Film yang dimaksud disini adalah lapisan pelindung hasil dari semprotan Cavilon.

Isi Cavilon ini unik yang terdiri dari Terypolymer-tersusun dari tiga monomers plus dan silicone homoplymer atau polimer tambahan (plasticizer) yang membantu membentuk film yang fleksibel dan menghindari retak saat dioleskan pada bagian lekukan.

Keunggulan 3M Cavilon


Cavilon itu bebas alkohol, tidak menyengat ketika diaplikasikan walaupun pada kondisi kulit rentan. Dalam penggunaan normal, proteksi yang diberikan bisa bertahan selama 72 jam untuk mencegah gesekan yang akan menghemat waktu perawatan dan biaya. Jika kulit yang terluka terkena urine atau feses, maka tidak langsung mengena pada area yang perih itu. Cukup bersihkan saja bagian yang kotor dengan air bersih dan lapisan filmnya masih menempel.

Tidak akan mengganggu bantalan absorben. Steril, non-sitotoksik, tidak mengganggu penyembuhan luka atau kulit. Kompatibel dengan CHG dan hipoalergenik.

Cavilon ini bukan obat ya, tapi alat kesehatan. Memang belum ada label halal dari MUI dan izin BPOM karena perizinan alat kesehatan merujuk ke kementrian kesehatan. Ibu Sita perwakilan dati PT.3M Indonesia mengatakan meskipun belum ada sertifikasi halal, tapi bahan-bahan yang terkandung dalam Cavilon dijamin aman.

mengatasi ruam popok
Ibu Sita yang berpakaian hitam

Beberapa pasien dr. Sony perlahan pulih dari ruam akibat gesekan dan pasien bayi dr. Rina yang dirawat di ruangan NICU merasa tenang setelah disemprotkan Cavilon.

Mahal nih harganya? Banyak yang menyangka begitu ya. Istilahnya tuh ada harga ada rupa, harga 1 botol Cavilon ukuran 28 ml sebesar Rp.180.000 untuk 140 kali semprot. Saat ini Cavilon bisa dibeli di e-commerce seperti Tokopedia, Bukalapak, dll. Tapi, bulan Juli nanti sudah meluas distribusinya ke toko-toko obat seperti Kimia Farma.

Sekarang ruam popok bukan menjadi masalah utama lagi buat para orangtua ya. Sekali semprot Cavilon, memproteksi lebih lama.


***


48 komentar

  1. Wah kalau khasiatnya bagus harga 180K ya bukan ukuran besar. Daripada nahan sakit bayinkarena iritasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya wortg it. Kebayang sih kalau anak sering uring2an kalau pas kena iritasi.

      Hapus
  2. Kasihan bayi ya, kalau kena ruam popok. Lebih tenang ya karena sudah ada solusi yang praktis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak tega kalau si kecil kena ruam popok.efek sampingnya kemana-mana.

      Hapus
  3. Wah saya baru tahu produk ini Mba. Kayaknya ibu-ibu baru perlu punya produk ini deh. Untuk mengurangi ruam pada anak. Karena biasanya ibu baru belum berpengalaman

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga baru tahu dari acara gathering kemarin.alat kesehatan baru buat atasi ruam popok.

      Hapus
  4. Anak aku dulu ruam popoknya ya ampuuun... Serem lah. Sampe aku ga berani lagi makein pospak. Akhirnya aku type clodi garis keras. Tp dulu emg kuper sih. Blm tau sm cream buat ruam gini. Next time kalo punya debay lg bisa dicoba nih si cavilon. Makasih infonya ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap sedia Cavilon nanti mba. Jaga-jaga kalau dede bayi ruam popok.

      Hapus
  5. Alhamdulillah, anak saya dulu gak sampe yang merah parah gitu sih. Coba dulu udah kenal Cavilon, gak pusing-pusing deh nyari anti ruam popok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tenag, bulan Juli nanti Cavilon sudah ada di toko-toko obat kok, gampang belinya.

      Hapus
  6. Senangnya udah solusi untuk mengatasi ruam di kulit. Btw, cavilon ini bisa untuk orang dewasa juga nggak mbak?

    BalasHapus
  7. Bagus sepertinya nih
    Ntar sy rekom ke teman yg masih punya baby.
    Keingat dulu waktu anak baby...mmg ekstra ribet urus kebersihannya
    Alhamdulillah ga pernah kena ruam krn mmg sy perhatikan banget masalah popoknya.
    Mmg harus rajin ganti dan bersihkan dan kering kan

    BalasHapus
  8. Kalo aku malah Mika yang diaper rash waktu itu.. Boo malah Aman, mungkin kulitnya enggak terlalu sensitif ya.. Bagus nih nih teknologinya bisa untuk melindungi kulit karena walo pakai cream tapi tetep aja kan ya bisa kena gesekan.. Kalau kualitas bagus harga tentu gak masalah ya Ras..

    BalasHapus
  9. Belum punya baby tp iseng baca beginian. Lumayan buat ilmu sebulan jd ibu.

    BalasHapus
  10. Baru tau apa itu ruam popok. Bisa jadi refernsi neh buat aku kelak nanti punya anak.

    BalasHapus
  11. Memang bayi itu harus ada jam2 bebas pakai diaper karena itu bisa bikin ruam. Kasian pantatnya panas.

    BalasHapus
  12. Anak bayi kena ruam popok itu kasian banget, pasti dia nggak betah dan jadi rewel. Alhamdulillah sekarang ada Cavilon yang bebas alkohol, dan untuk harga 180k masih worth it sih.

    BalasHapus
  13. ruam popok emang bisa menyerang kapan aja ya mbak... kudu waspada jadinya sebelum terjadi

    BalasHapus
  14. Baru tahu produk Cavilon ini, biasanya kan dalam bentuk salep ya untuk mengatasi ruam popok...ini tinggal semprotin aja ya? So simple ya :)

    BalasHapus
  15. Bagus banget dong nih Cavilon buat ruam popok ya, bisa melindungi gesekan yg bikin tambah parah si ruam

    BalasHapus
  16. Aduh yang namanya ruam popok, dulu dafi sering mengalaminya, kasihan kalau belum kering ruamnya, tapi setelah tahu ada produk cavilon, praktis banget cuma disemprot bebas dari ruam popok

    BalasHapus
  17. Dulu Alfath sempet ruam popok sekali apa dua kali, karena anak pertama jadi akunya khawatir bgt, huhu.
    Skr harus sedia Cavilon ini nih buat jaga2 nanti adiknya takut kena ruam popok, baru tahu produk ini, nanti cari aaaah, tq infonya yaaaa :*

    BalasHapus
  18. Perubahan bentuk makanan juga teryata berpengaruh ya? Selama ini aku mengira hanya karena penggunaan popok yang terlalu sering

    BalasHapus
  19. Pasti membantu banget nih, buibu nggak usah khawatir lagi kalau anak kena ruam popok, ada Cavilon siap mengatasi permasalahan..yeeaay.

    BalasHapus
  20. praktis bener jadi lebih steril timggal semprot prot prot.. ekh itu bunyi spray apa pup sagara yah. hahaha

    BalasHapus
  21. Sekarang ada Cavilon yang praktis bisa dibawa kemana-mana dan tinggal semprot. Aku mah sedih kalau anak sudah ruam popok karena biasanya jadi rewel terus emaknya kadang panik kalau sekarang tinggal semprotin aja deh.

    BalasHapus
  22. Aku pernah stress juga saat saki bayi dulu, ruam popok yang bikin degdegan dan kasian gitu. akhirnya aku buka aja popoknya dan dibiarin gitu aja, ga pake popok, alhamdulillah sembuh. coba tau ada cavilon ya .. kali gak gitu stress menghadapi bayi ruam popok ..

    BalasHapus
  23. Ruam popok memang masalah yg paling dikwatirin para ortu skrg ya. Cavillon ini lumayan mahal ya tp penggunaannya jg byk bisa sampai 140 kali semprot dan khasiatnya pun bagus :)

    BalasHapus
  24. Walau bukan obat, buat ku Cavilon ini wajib banget di pakai ketika anak mengalami ruam popok mbak. Karena benar-benar membantu proses penyembuhan lebih cepat

    BalasHapus
  25. Anak aku termasuk yang agak rentan nih kak kena ruam popok. Kasian kadang sampe nangis karena saking perih dan gatalnya. Aku pengen nyetok deh dirumah cavilo ini.

    BalasHapus
  26. Iya aku baru tau juga produk keren satu ini, ternyata useful banget ya mba.

    BalasHapus
  27. Baru lihat sekali ini cavilon. Langsing mmikir bisa juga buat nutupin luka kalo abhi mau renang. Soalnya kadang kalo mau renang selalu saya cegah main di air kalo ada luka di badan

    BalasHapus
  28. bener deh, ruam popok kalau gak dilindungi suka kena gesekan jadi nambah lebar ruam nya

    BalasHapus
  29. Kasian ya si kecil kalau sampai ruam pada kulitnya. Pasti perih.
    Cavilon harus stok di rumah kl gitu mbak agar kl anak tiba2 ruam bisa segera dipakaikan ke anak

    BalasHapus
  30. 72 jam lama jugaaa! Bentuknya soray lagi. Wah pengen nyoba deh jadinya. Nunggu diaper cream yang dirumah abis dulu hihi

    BalasHapus
  31. Aku dah punya persediaan cavilon di rumah, horeee. Dema maavilon. Tapi moga2 gak sih pakai lepas diapernya jd buat jaga2 kalau dia pas kena ruam. Jd abis diolesin krim bisa dilindungin pakai Cavilon. Tapi moga2 gak kejadian lg kena ruam aamiin

    BalasHapus
  32. Whuaa saya baru tahu ada Cavilor ini mba. Sekarang anak saya udah 4 tahunan dan sdh gak pake diapers. Tau gitu dulu coba Cavilor deh.

    BalasHapus
  33. Dulu waktu pertama kali jadi ibu baru, erysha pernah mengalami ruam popok. Gara-gara dulu aku masih terbatas sekali ilmu dan pengalamannya. Tetapi sekarang sudah ada cavilon ya, jadi bsa membantu ibu baru jika anakn mengalami ruam popok

    BalasHapus
  34. Aku punya keponakan baru lahir 4 hari lalu, pengen infokan ini untuk rekomendasi kan agar si Baby nya ngga kena ruam popok. Terima kasih ya...

    BalasHapus
  35. Anak aku sering banget kena ruam popo padahal ganti diapernya 3 jam sekali. Aku pengen setok cavilon ah dirumah. Soalnya kasian kalo muncul lagi.

    BalasHapus
  36. Inget zaman anak aku waktu bayi dulu Ya ampuuun... Ruam popoknya sereem. Hbs itu ak g berani lg makein pospak. Pake clodi aja. Rempong sih emang. Hihi. Cb tau cavilon dr dulu.. Ga begini deh. Makasih sdh berbagi bund..

    BalasHapus
  37. Mba, apa cavilon ini bisa dipakai untuk orang dewasa? Nenek kan pakai diaper untuk orang dewasa dan ada ruam di kulitnya karena popok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa buat orang dewasa, apalagi yang sudah pakai diaper juga. Semprotin aja ke area ruamnya mba.

      Hapus
  38. Dulu belum krnal Cavilon, tahunya baby oil doank. Kena ruam kalau gak telaten kasian babynya

    BalasHapus
  39. Ruam popok pada bayi memang menjadi masalah yang paling dikhawatirkan oleh kita ya bunda. Cavillon ini harganya lumayan mahal ya :) tapi dengan penggunaannya sampai 140 kali semprot dan khasiatnya sangat rekomended ada di rumah.

    BalasHapus
  40. Alhamdulillah aku belum pernah mengalami anak terkena ruam popok. Mungkin karena kulit mereka gak terlalu sensitif, jadi so far gak pernah kena ruam popok. Banyak nih yang merekomendasikan pakai cavillon ini untuk ruam popok.

    BalasHapus
  41. Alhamdulillah anak aku belum pernah kena ruam popok, soalnya aku beli popok bayi murah terbaik di e-commerce

    BalasHapus