Kids Republic : Sekolah Usia Dini Berbasis Montessori Di Bekasi

10 komentar
Tahun ajaran baru (2018-2019) akan segera datang. Orang tua mulai sibuk mencari sekolah terbaik untuk anak-anaknya. Saya pun juga sedang mencari sekolah TK yang cocok untuk Arkana. Memang saat ini si Kecil sedang menjalani program baca tulis di BimBa. Tapi, ia mulai merasa bosan. Bagaimana dengan moms lainnya? Masih bingung mau menyekolahkan anak dimana? Kebetulan sekali saya punya rekomendasi sekolah yang bagus di daerah Grand Galaxy City, Bekasi bernama KIDS REPUBLIC. 


sekolah montessori di bekasi



Kids Republic, Sekolah Usia Dini Berbasis Montessori


Perjalanan cukup jauh dari Depok - Bekasi. Syukurnya naik commuterline Minggu pagi (27/05/18) itu sangat lengang. Sengaja saya mengajak Arkana ke Kids Republic Open House, Grand Galaxy City, Bekasi. Sekalian ingin memperkenalkan sekolah baru untuknya. Sebenarnya open house ini sudah diadakan sejak tanggal 19, 20 dan 26 Mei 2018 dengan memngadakan kegiatan yang seru seperti school launch party, explore edu-gym, a fun DIY montessori activities. Saya datang di sesi open house terakhir tanggal 27 Mei 2018 dengan kegiatan a montessori inspired playdate. Open house juga terbuka bagi para orang tua yang ingin mendaftarkan anaknya sekolah di Kids Republic. 

Sebelumnya sudah ada yang tahu apa itu montessori? Beberapa orang sudah familiar dengan metode belajar montessori. Namun bagi orang awam ada yang belum mengerti. Saya mengetahui montessori dari buku berjudul "Montessori Di Rumah" karya Elvina Lim Kusumo (Founder IndonesiaMontessori.com). Dalam buku tersebut mengatakan montessori adalah pendekatan yang diprakarsai oleh Dr.Maria Montessori berasal dari Itali pada tahun 1900an. Ia adalah seorang dokter yang tertarik pada bidang edukasi. Semakin maraknya banyak kegiatan yang melatih motorik kasar dan halus anak, sekolah berbasis montessori ini bisa menjadi solusinya.

Jadi, anak bisa mengenal langsung bentuk dan bahan dari sebuah benda. Misalnya anak diberikan gelas, bisa gelas kaca atau plastik. Anak jadi tahu material dari gelas tersebut. Anak juga belajar hati-hati saat memegang benda yang sekiranya mudah pecah seperti gelas kaca itu.

anak belajar montessori
Simulasi belajar metode montessori 


Kids Republic Hadir di Grand Galaxy City, Bekasi


Kids Republic berdiri sejak tahun 2014 dibawah Yayasan Batin Cahaya Bangsa yang dibentuk oleh ibu Zita Anjanai, M.Sc.  Pertama kalinya berada di Jl. Cipinang Bali No.5A, Jakarta Timur. Sekarang bagi warga Bekasi nggak perlu jauh-jauh ke daerah Cipinang, Kids Republic hadir di kawasan Grand Galaxy City, Bekasi. Posisinya berada depan danau.

Kids Republic is One Stop Early Learning Centre yang diperuntukkan anak usia 0-16 tahun.  Tidak hanya pintar dalam bidang akademi, tapi juga bersinar dalam moral, spiritual, logika, kreativitas dan interpersonal. Meskipun tergolong baru, namun sekolah ini banyak menerima testimoni positif dari siswanya.



Kids Republic memiliki 3 program untuk mendukung pengembangan belajar anak, yaitu :
  • Education
  • Gymnastic & Health
  • Fun Creative

Misi Kids Republic
To prepare Leaders for tomorrow by maximizing golden age potentials Creating intellectually, Morally and Spiritually rich, Children of Indonesia


Visi Kid Republic
  • To provide  a one- stop early education centre
  • Providing Holistic Esucation
  • To integrate Leadeeship skills in all teaching areas
  • To provide safe and professional compound for the children

Kurikulum yang diberikan yaitu Primary Academic Curriculum (PAC) dimana belajarnya lebih konsentrasi ke bahasa inggris dan matematika sebagai persiapan masuk sekolah negeri atau internasional. Makanya tak heran saat open house kemarin 2 gurunya Mrs. Dila dan Mrs.Mira berkomunikasi pakai bahasa inggris dengan anak-anak. Meskipun anak-anak belum begitu paham, secara konsisten pasti bisa mengikuti.

belajar membuat struktur montessori
Arkana mencoba membuat struktur bangunan
dari material montessori

Kids Republic membagi kelasnya menurut usia anak. Kelas Infants (6-24 bulan), kelas mayor (2-3 tahun), kelas governor (3-4 tahun), kelas minister (4-5 tahun), president (5-6 tahun), academy (6-16 tahun).

Kualitas guru jangan ditanyakan lagi deh, semua guru atau pelatih yang mengajar di Kids Republic memiliki latar belakang pendidikan. Para pengajar di sekolah ini sudah dilatih Montessori Education Training, English Training dan beberapa juga lulusan dari Diploma Montessori. 

Fasilitas yang diberikan juga banyak seperti indoor activities (dance, ballet, yoga, little futsal, intro to sport), ruangan kelas ber-AC, ruang kelas dengan fasilitas matetial montessori, sudut perpustakaan di tiap kelas, area perkebunan, indoor playground, ruangan seni dan kreasi, alat gym. Saat saya datang ruangan kelasnya belum rapih semua. Karena sekolah ini berada dalam deretan rukan, jadi 3 rukan menjadi milik Kids Republic.

sudut material montessori
Salah satu sudut material montessori
Ada buku dan bahan belajar lainnya

Yuk, Segera Daftar 


Mumpung masih awal pembukaan nih harga masuk sekolahnya diberikan keringanan biaya lho. Pendaftaran ini dibuka dari tanggal 28 Mei - 10 Juni 2018 untuk tahun ajaran 2018-2019. Kira-kira perinciannya seperti ini.
  • Periodenya dari Juli-Oktober, November-Februari, Maret-Juni.
  • Biaya Admission Fee (ADM) dari Rp.8.500.000 menjadi Rp.5.100.000/tahun.
  • Biaya Annual Development Fee sebesar Rp.3.600.000/tahun.
  • Biaya Learning book material sebesar Rp.500.000/tahun.
  • Ditambah biaya SPP tiap  level berbeda. Bisa dibayar tiap bulan, 4 bulan sekali atau langsung setahun. 
  • Semua biaya dibayar di muka.
  • Biaya di atas di luar biaya graduation.
  • Mendapatkan 3 jenis seragam.
  • Pembayaran dilakukan secara cashless (debit atau kredit bank Mandiri dan BCA).

Pilihan waktu belajarnya disesuaikan dengan levelnya. Untuk level mayor minimal seminggu 3x, maksimal seminggu 5x, dari jam 8 - 10 pagi. Kalau untuk level governor sampai president waktu belajar dari senin sampai jumat dari jam 8-12 siang.

memahami belajar montessori
Arkana dibantu oleh Mrs. Mira saat membuat struktur bangunan dari material montessori

Bagi anaknya yang ingin belajar gymnastic biayanya beda lagi. Perinciannya sebagai berikut :

  • Periodenya dari Juni-Oktober, November-Februari, Maret-Juni.
  • Biaya pendaftaran Rp.500.000 (mendapatkan welcome package berupa tas gym).
  • Biaya bulanan pelatihan sesuai grup yang dipilih.
  • Groupnya dibagi menjadi 5 yaitu Baby (6-12 bulan), Toddler (1-2 tahun), Mayor, (2-3 tahun), Minister (3-4 tahun), President (4-6 tahun).

Bagaimana ayah dan ibu ingin menyekolahkan anak-anak di Kids Republic? Kalau saya sih mau banget, tapi sayangnya belum ada di sekitar Depok. Semoga tahun berikutnya ada yang lebih dekat. Kids Republic memberikan 1x free trial lho agar anak-anak bisa beradaptasi dengan sekolah ini. Langsung saja datang ke Kids Republic terdekat rumah kalian daerah Cipinang atau Bekasi.


Center Bekasi
Kids Republic
Jl.Pulo Sirih Barat, Ruko Arcadia
Blok Bd 111, 112, 115
Grand Galaxy City, Bekasi

021-29827245
0821 200 77 600



info@kidsrepublic.sch.id



***


10 komentar

  1. Aku mau banget nih sekolahin anakku di Kids Republic. Dtggu cabang cibubur dibuka ya

    BalasHapus
  2. Keren ya metode belajar di sekolah ini, kalau uangnya ada saya juga kepengen anak saya Azzam masuk di Kids Republik untuk belajar

    BalasHapus
  3. Sekolahnya bagus, dijamin anak bakal betah krn belajarnya sambil bermain

    BalasHapus
  4. Anak-anak pasti betah tuh ya sekolah di Kids Republics. Nyaman gitu ya mbak

    BalasHapus
  5. Untuk agama disana lebih ke muslim / non muslim ya?

    BalasHapus
  6. Saat imlek dikenalkan dg Imlek, begitu juga dengan agama lainnya ? ...apa anak gak jadi bingung dan menganggap semua agama sama ? Mhn pencerahannya

    BalasHapus