Selasa, 22 Mei 2018

Kriteria Anak Tanggap yang Lengkap

Semua orang tua pasti ingin anaknya tumbuh dengan tanggap yang lengkap. Bisa dibilang sempurna secara fisik dan kecerdasan. Namun kesempurnaan bisa berbeda maknanya pada tahap perkembangan anak. Ada yang kurang dalam fisiknya, tapi memiliki bakat yang luar biasa atau sebaliknya. Perlu diketahuioleh para ibu bahwa tanggap yang lengkap di mulai dari otak. Masa kini anak tidak cukup hanya mempunyai kecerdasan intelektual, tapi juga memiliki kecerdasan emosional dan sosial.Untuk mendukung perkembangan otak si kecil diperlukan nutrisi yang tepat. Agar si kecil memiliki tanggap yang lengkap dari sejak dini. Ingin sekali kedua anak saya seperti itu.

cara menjadi anak tanggap yang lengkap
Para narasumber blogger gathering

Beberapa waktu yang lalu saat acarabuzzer and blogger gathering bersama Bebelac baru di Jakarta, dr. NurAisiyah Widjaja Sp.A (K) seorang Konsultan Nutrisi dan Penyakit Metabolik Anak mengatakan proses pertumbuhan seorang anak dari dalam kandungan, salah satunya pertumbuhan otak. Pertumbuhan otak dipengaruhi oleh nutrisi, stimulasi dan genetik. Untuk mengoptimalkan otak yaitu dengan memberikan nutrisi yang tepat. Oleh karena itu, ibu perlu memperhatikan asupan nutrisi yang mendukung perkembangan otaknya. 

Nutrisi yang dibutuhkan berasal dari zat gizi makro dan mikro. Zat gizi makro dapat diperoleh dari karbohidrat, protein dan lemak yang bermanfaat untuk menghasilkan energi dan menggantikan sel-sel tubuh yang rusak.Begitu pun zat gizi mikro bisa diperoleh dari Vitamin A, D, E, K, B, C, mineral (Na, K, Cl, Ca, Fe, Zn, Mg, Se dll) yang ada di daging sapi dan hati karena mudah diserap tubuh. 

Apa yang terjadi jika anak tidak terpenuhi nutrisinya? Jawabannya bisa berdampak dalam jangka pendek dan jangka panjang. Anak bisa mengalami gangguan pertumbuhan, gangguan otak, gangguan program metabolik glukosa, protein, hormon dan gen. Jangka panjangnya anak bisa mengalami gangguan pada kecerdasan, penampilan dan pendidikan, stunting, penyakit degeneratif (hipertensi, diabetes, obesitas). 

Selain itu bisa menyebabkan gangguan pencernaan, karena dalam saluran pencernaan terdapat kuman baik. Kuman baik tersebut melakukan cross-talk yaitu hubungan antar kuman baik dalam usus yang mempengaruhi fungsi otak dan kecerdasan anak. Apabila pencernaan bagus maka kerja otak juga baik.Benar juga ya, orang kalau belum makan tidak bisa konsentrasi. Anak-anak juga dianjurkan sarapan agar bisa menyerap pelajaran di sekolah dengan baik.Salah satunya anak bisa belajar membaca dengan baik kalau konsentrasinya baik juga. 

kriteria anak tanggap yang lengkap
Berikan nutrisi yang baik buat otak anak

Bersyukurnya anak-anak tidak sulit makannya. Suka apa pun jenis sayuran dan buah.Sebagai pelengkap nutrisi protein hewaninya saya memberikan susu.Sayaberikan si kecil susu Bebelac baru yang disempurnakan yang mengandung minyak ikan dan omega 6 yang ditingkatkan, FOS : GOS 1:9, 13 vitamin dan 9 mineral.Kandungan Bebelac baru bisa mendukung kecerdasan otak anak. 

Saya pun jadi tidak khawatir akan kurangnya gizi anak-anak. Saya setuju sekali bahwa anak zaman sekarang tidak cukup hanya cerdas secara intelektual, tapi juga cerdas emosional dan sosialnya. Jika 3 pilar itu ada maka tanggap yang lengkap sudah dimiliki anak. Beruntung sekali saya bisa menghadiri acara gathering Bebelac baru. Saya jadi tahu nutrisi apa saja yang bisa mendukung kecerdasan otaknya. Ingin tahu lebih banyak untuk tumbuh kembang anak? Baca juga Pentingnya Omega 3 & 6 sebagai Nutrisi Otak Anak.



****


17 komentar:

  1. Setiap ibu tentunya memiliki peran yang besar terhadap perkembangan anaknya, dan semua diawali dengan nutrisi yang tepat

    BalasHapus
  2. Aku juga mau anakku tanggapnya lengkap, supaya pas gede jadi orang yang gak apatis sama lingkungannya.

    BalasHapus
  3. Memang penting banget tuh mba penting secara emosional dan sosial karena juga jadi bekal saat anak besar nanti

    BalasHapus
  4. Nutrisi emang berperan penting banget ya mba untuk tumbang anak, selain itu, pola asuh ortu juga berperan sepertinya untuk mewujudkan anak tanggap yg lengkap

    BalasHapus
  5. Jaman sekarang tumbuh kembang anak emang harus lengkap ya mbak.. gak cuma pintar di satu bidang aja

    BalasHapus
  6. Tanggap itu bukan hanya nilai matematika baik ya. Tapi memaksimalkan juga ya kemampuan eksternal dan internal anak

    BalasHapus
  7. Iiih enak kalau ga sulit makannya mah. Susu hanya penyempurna nutrisinya. Kalau buat ade susu dengan nutrisi bagus ini jadi tambahan wajib.

    BalasHapus
  8. Anak yang cepat tanggap pasti memang didukung nutrisi yg tepat, stimulasi yg optimal, jadi selalu bikin bangga ortu deh

    BalasHapus
  9. Anak2ku jg suka Bebelac ini. Anak yg gede jg suka. Enak dan bernutrisi.

    BalasHapus
  10. nah aku paling bingung kalau anak-anak tidak sempat srapan, maknya tiap pagi kuusahakan anak-anak selalu sarapan sebelum berangkat sekolah...

    BalasHapus
  11. Stimulasi dan nutrisi bagus ya buat pertumbuhan anak jadi tanggap yang lengkap

    BalasHapus
  12. Emang penting banget ya memberikan nutrisi yang baik buat anak.
    Anak2 yo minum susu bebelac in, rasanya enak soalnya :D

    BalasHapus
  13. Nutrisi yang lengkap dan tepat jadi basic buat tumbuh kembang anak

    BalasHapus
  14. Enak yak susunya Babam juga minum dirumah. Apalagi kemasan kalengnya yang bikin maki higenis dengan sendok baru

    BalasHapus
  15. Kasin ya kondisi jika anak kurang nutrisi, Ibu yg bijak selalu berikan nutrisi yg terbaik untuk anak-anaknya, sehingga kelak anak tumbuh menjadi pribadi yang cepat tanggap

    BalasHapus
  16. Ikutan event parenting seperti ini memang menambah wawasan banget ya mba, yang baca juga dapat tambahan ilmu deh soal nutrisi anak :D

    BalasHapus
  17. Wah iya tidak hanya cerdas dibutuhkan tanggap dan lengkap ya anak jaman now

    BalasHapus