Kamis, 19 April 2018

# cemilan favorit # lotte choco pie

Yuk Ibu, Lebih Menghargai Waktu Bersama Dengan Anak

Ditakdirkan menjadi seorang ibu dari 2 anak lelaki itu rasanya sangat bersyukur. Dia sungguh memberikan kemudahan untuk saya mulai dari mengandung, melahirkan sampai kini membesarkan mereka. Sebelum Gie lahir saya memang sudah memutuskan untuk berhenti bekerja dengan beberapa alasan seperti tidak ingin merepotkan orang tua, ingin merawatnya sendiri tanpa bantuan asisten, lagi pula Kelapa Gading-Depok rute cukup panjang yang saya tempuh. Keputusan itu pun masih saya jalani sampai sekarang setelah memiliki anak kedua, Sagara. Bukan merasa keenakan tidak bekerja, tapi saya merasa kehadiran saya sangat dibutuhkan oleh anak-anak tiap harinya. Sehari saja saya meninggalkan mereka di rumah rasa khawatir pasti ada, meskipun mereka sama ayahnya. Saya ingin terus melihat pertumbuhan dan perkembangan mereka dengan baik. Lebih menghargai waktu dengan anak-anak.

Lotte Choco Pie Blogger Gathering
Photo by @ophiziadah

Di Indonesia menjadi ibu rumah tangga atau ibu yang bekerja memiliki tantangan tersendiri. Saya pun merasakannya. Tiap hari bersama mereka ada saja yang membuat saya harus pelajari dan mengerti. Sudah 3 bulan ini Gie belajar di Bimba (Bimbingan AIUEO). Kemampuan baca dan menulis mulai ada progres baiknya. Ia sudah mengenal huruf, angka dan bagaimana cara mengeja. Ketika dia bisa mengeja sebuah kata saya senang sekali mendengarnya. Namun saya masih kurang memberikan apresiasi ke dia. Padahal menurut psikolog Anna Surti Ariani, S.Psi;M.Sc; (Nina) mengatakan pencapaian sekecil apa pun yang dilakukan oleh anak sebaiknya diberikan apresiasi yang layak. Misalnya saya mengucapkan kata-kata positif seperti good job, pintar dan hebat. Tapi dengan ekspresi yang maksimal ya, bukan wajah yang datar saja. Menyadari bahwa menghargai pencapaian si kecil dalam pertumbuhannya, Lotte Choco Pie meluncurkan campaign terbarunya yaitu #PremiumMomentstogether.

Nah, saya mendapatkan kesempatan bagus untuk menghadiri Lotte Choco Pie blogger gathering #PremiumMomentstogether pada tanggal 15 April 2018 di Harlequin Bistro, Kemang. Gathering ini dihadiri oleh 30 moms blogger yang juga hadir bersama keluarga. Saya paling seneng kalau hadir ke event bisa ajak anak-anak. Ada kejadian langka yang saya dapatkan yaitu bisa ajak suami untuk temani anak-anak bermain di saat saya sedang menyimak sharing session bersama Carissa Puteri Brand Ambassador Lotte Choco Pie, Oci Maharani Brand Manager Lotte Choco Pie, ahli psikolog anak Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Sc.,. Mereka membahas secara mendalam tentang bagaimana penghargaan atau apresiasi bisa membuat anak tumbuh lebih bahagia dan memiliki karakter yang lebih positif. Hal ini juga disampaikan Yusuke Kawabata selaku perwakilan dari Lotte Choco Pie Indonesia.


Yusuke Kawabata
Ki-ka : Oci Maharani, Carissa Puteri, Anna Surti Ariani, MC Vivit Kavi

Sejak tahun lalu, Lotte Choco Pie menggaungkan pesan " Together, more" nya. Untuk menguat pesan tersebut, maka pada tahun ini Lotte Choco Pie mengundang para moms blogger dan ibu-ibu Indonesia lainnya untuk lebih menghargai setiap momen kebersamaan dengan anak-anak. Tidak perlu waktu khusus, bisa dilakukan dalam rutinitas sehari-hari. Mudah kan. Tapi teori tak semudah praktek lho. Buktikan sendiri-sendiri ya. Meskipun waktu saya 24 jam bersama Gie dan Sagara, tapi kadang terasa ada sesuatu yang terlewati. Melalui gathering ini saya seperti tersadar dari amnesia. Bahwa sebenarnya rutinitas sehari-hari saya bersama anak-anak bisa tercipta momen premium. Apa itu? Momen premium merupakan waktu istimewa yang bisa diciptakan antara ibu dan anak dalam waktu 9 menit setiap hari. Memang cukup waktunya segitu? Sangat cukup jika melakukannya tanpa gadget atau sesuatu yang bisa mendistraksi perhatian anak. Wow, saya baru sadar nih.

Setelah sharing session usai, moms blogger dan anak-anak membuat prakarya dari bingkai foto yang sudah diberikan di masing-masing meja. Perlengkapan menghias bingkainya pun juga sudah disiapkan. Jadi, anak dan ibu bisa bekerjasama menghias bingkai tersebut sebagai momen premium. Saya bagian yang menggunting dan Gie yang menempelkan hiasannya. Seru juga kegiatan ini.

DIY, kegiatan sederhana ini yang bisa menciptakan
momen premium
Ini dia hasil kreasi kita

Untuk menciptakan momen premium bersama anak bisa kapan dan dimana saja. Kalau Carissa Puteri biasanya saat malam hari di kamar tidur Quenzino sambil cerita kegiatannya hari itu. Bahkan Quenzino sejenak dalam pelukan Carissa ia langsung terlelap. Carissa pun membenarkan pernyataan mbak Nina bahwa aroma tubuh ibu bisa membuat anak nyaman. Buktinya Q bisa langsung tertidur dalam pelukan mamahnya. Sepadat apapun rutinitas Carissa, ia mencoba menemani anaknya untuk melakukan hal-hal kecil. Nah, kalau saya membacakan buku cerita bergambar untuk Sagara. Karena saat ini dia sedang suka melihat gambar dan warna-warni pada buku. Tentunya saya juga melatih motorik halusnya agar bisa mengenal warna dan bentuk karakter. Waktunya juga nggak nentu, semaunya ia saja. Bisa siang saat mau tidur atau malam hari. Kalau Gie agak susah sebenarnya untuk diajak sama - sama mengerjakan sesuatu. Namun terkadang dia mau bantui melipat baju. Meskipun melipatnya kurang rapih, saya senang dia mau berinisiatif membantu saya. Sebagai apresiasi kecil atas usahanya itu saya berikan cemilan favoritnya, Lotte Choco Pie ke dalam tas sekolahnya.

Berikan apresiasi sekecil apapun pada anak. Mbak Nina mengatakan jika orang tua menyadari dan menghargai prestasi anak-anak, mereka akan termotivasi untuk melakukan hal -hal yang lebih positif. Keterikatan tersebut akan menumbuhkan aspek pertumbuhan sosial dan psikologis mereka yang akan menjadi kunci sukses di masa depan. Jadi, kalau anak-anak sudah melakukan pencapaian yang bagi mereka sukses, maka berikan kata pujian yang baik, ekspresi yang maksimal dan terus mendukungnya.

Sagara tertawa melihat karakter lucu
Bantu melipatkan baju suatu pencapaian
yang harus dihargai

Membekali cemilan kesukaan saat pergi sekolah sebagai apresiasi untuk anak atas pencapaiannya

Sebagai awal campaign tahun ini, Lotte Choco Pie meluncurkan tvc baru dan mengadakan campaign online "Premium Moments, together" dari 12 April - 13 Mei 2018. "Campaign baru tentang konsep kebersamaan antara ibu dan anak  dan menceritakan milestone anak menjalani tumbuh kembangnya", ucap Oci Maharani. Dengan mengikuti campaigm onlinenya banyak hadiah menarik lho, para ibu bisa mendapatkan kesempatan memenangkan hadiah dengan memilih salah satu dari tiga video. Mau tahu nggak hadiah utamanya apa? Family Trip ke Jepang. Woohoooo...asyik banget kan. Makanya buruan cek langsung campaignnya di www.lottechocooieindonesia.com/activity. Pilih salah satu dari 3 video mengenai "Shopping", "Homework", dan "Greetings". Nantinya video yang paling banyak di vote bisa ditayangkan di televisi pada bulan Agustus. Selain itu bagi para ibu dan anak yang sudah memilih video terpilih diundang ke acara dengan tema video tersebut. Kalau saya memilih video tema Homework karena saya ingin melihat kemajuan dalam diri Gie mengerjakan tugas-tugas sekolahnya dengan baik.

Tvc baru Lotte Choco Pie 

Menemani Gie belajar membuat dia makin semangat

Baik ibu bekerja atau pun ibu rumah tangga sama-sama ingin menciptakan kedekatan melekat pada anak. Meskipun sibuk dengan urusan deadline kantor, usahakan luangkan waktu untuk telepon atau video call sama anak. Apalagi sekarang teknologi sudah maju kan, komunikasi bisa melalui apa saja. Ibu yang di rumah malah bisa lebih meluangkan waktu bersama anak dengan kegiatan sehari-hari di rumah. Oh ya mbak Nina juga menyampaikan bahwa jangan terlalu menuntut anak untuk melakukan sesuatu secara perfeksionis karena hal itu bisa membuat anak tidak mengenal kegagalan dan merasa tidak bahagia. Yuk, para ibu lebih menghargai waktu kebersamaan dengan anak dari hal-hal sederhana. Momen premium harus bisa diciptakan bersama.


***


33 komentar:

  1. Sama banget kayak anakku. Dikasih lotte choco pie karena nambah pinter pasti seneng banget :)

    BalasHapus
  2. Waahh...Gie dah bisa membaca hebaat ya. Semangat belajar ya Gie....

    BalasHapus
  3. Gie lagi semangat belajar yaaa, hebaattt

    BalasHapus
  4. Bersyukur banget ya mak, disela kesibukan kita, masih bisa menyempatkan duduk bareng dengan abang, menemaninya belajar, makin percaya diri dan cerdas insyaallah

    BalasHapus
  5. Pinternyaaa sudah bisa bantuin ibu. Sambil bantu ibu, sambil bercengkerama

    BalasHapus
  6. Lotte choco pie emang juara deh bikin anak betah ngobrol ceritain kegiatan Shari-harinya

    BalasHapus
  7. Gie pinter amat itu udah bisa bantuin Mama nya.

    BalasHapus
  8. nah aku pun saat kerja pasti menyempatkan diri buat video call atau tlpon saat anak pulang sekolah, mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menghargai waktu buat anak memang harus kita lakukan dengan baik

      Hapus
  9. Gie semangat sekali belajarnya ^_^. Pinter deh anak cowo uda bisa lipat baju sendiri

    BalasHapus
  10. sepakat mba momen premium harus diciptakan bersama

    BalasHapus
  11. Hahaha aku jg berarti kejadian langka bisa ajak suami, biasanya dia gk mau lbh suka di rumah :D
    Sama nih ma Carisa, anak2 jg sampai skrng kalau bobo aku kelonin hehe :D
    Iya apresiasi sekecil apapun bakal terkenang terus oleh si anak.

    BalasHapus
  12. Gie, sama kaya Luna nih alumni Bimba jugaaaa.. hihi. Iyes setuju, walaupun kita yang ibu rumahbtangga ini 24 jam sama anak, kadang emang ngerasa tetep ada perkembangan yang terlewati ya.. makanya premium moment bersama anak itu penting banget supaya mereka selalu merasakan kehadiran kita juga disampingnya yaaa

    BalasHapus
  13. Ibu rumah tangga punya tantangan trsendiri ya menciptakan waktu dgn anak2

    BalasHapus
  14. Lotte Choco Pie ini cemilan andalan banget yah, anak2 ku jg suka :)

    BalasHapus
  15. klo boundingnya dah dekat klo dah ada apa-apa sama anak, anaknya jadi percaya sama ibunya

    BalasHapus
  16. Selalu suka acara dan campaignnya Lotte Chocopie, merekatkan hubungan antara ibu dan anak..

    BalasHapus
  17. Sagara dan Gie seneng nih bisa ikut mamanya kerja. Jadi boundingnya tetap terjaga.

    BalasHapus
  18. Bener banget mom..waktu adalah moment yg paling penting untuk bonding dgn anak2..semangat yaa mom😘❤

    BalasHapus
  19. Ah ya, hal-hal kecil pun harus kita apresiasi ya Mba, jangan sampai kita take it for granted aja.

    BalasHapus
  20. Setuju sekali mom, Kita harus menghargai waktu bersama anak, krn setiap momentnya Tak akan pernah terulang.

    BalasHapus
  21. ... wah aku belum pernah nih cobain lotte choco pie, jadi pengeeeeen ... cuss ah beli biar bisa quality time sama Rain sambil ngemil pie premium ini

    BalasHapus
  22. mak sagara bisaan aj deh, ibu anak dua yang gesit ini mah hehe

    BalasHapus
  23. Waktu bersama anak memang berharga banget ya, karena kalau udah hilang nggak akan kembali

    BalasHapus
  24. Karena waktu ga akan terulang lagi,banyak-banyak bersama anak ya. Jangan lupa nyemil Lotte Choco Pie

    BalasHapus
  25. Seru banget sih anak-anak ini selalu bikin happy

    BalasHapus
  26. cemilan kesyukaaan nih, suka khilaf klo udah ketemu chocopie

    BalasHapus
  27. Yang apresiasi emang perlu banget buat anak. Kadang kita suka nggak sadar karena memang sudah seharusnya si anak bisa melakukan hal itu, padahal dia berjuang keras untuk bisa melakukannya tapi ketika bisa kita malah nggak kasih apresiasi.

    Thank's for remind, Mbak.

    BalasHapus
  28. Premium bonding emang hrus diciptakan ya, jadi ada kedekatan antara ibu dan anak.

    Sagara udh bisa diajak cerita2 yaa, sampe ketawa geli itu.

    BalasHapus
  29. Waaah keren kakak gie bisa lipet baju sendiri. Besok ajarin ummi yaaa

    BalasHapus
  30. Saya biarpun jauh, waktu bersama anak penting banget

    BalasHapus