Senin, 23 April 2018

# 4 jengkal # Hidup enak

Hidup Enak Dengan 4 Jengkal

 “1 dari 50 dewasa muda (25-34 tahun) mengalami diabetes” 
“ 1 dari 10 orang Indonesia
 Pra-Diabetes” 
“ 4 dari 6 penderita diabetes TIDAK SADAR terkena diabetes” 


hidup enak soyjoy

Fakta di atas hanya beberapa saja yang terlihat. Masih banyak orang yang belum menyadari bahwa dirinya sedang atau risiko terkena diabetes. Kabar buruknya obesitas dan diabetes banyak dialami oleh kaum wanita. Suatu peringatan buat saya khususnya, karena melihat gaya hidup yang kurang baik belakangan ini. Saya tidak mau memperpendek usia hanya karena pola hidup yang tidak sehat. Mumpung masih diberi kesehatan dan kesempatan, mulai dari sekarang dirubah.

Awal bulan April 2018 saya di wawancara oleh petugas Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS) untuk mengetahui kesehatan warga di suatu wilayah. Setelah di wawancara saya, diminta mendatangi puskesmas Beji, Depok untuk pengambilan darah dan dicek ke laboratorium. Sebenarnya saya enggan sekali kalau cek darah karena takut dengan hasilnya. Pengambilan darah dilakukan 2 kali. Pertama saat keadaan masih berpuasa dan kedua setelah 2 jam diberikan minuman manis. Alhamdulillah hasilnya bagus. Glukosa sebelum dan sesudah puasa hanya terpaut 5 poin. Artinya saya masih aman dari diabetes.

hasil data riskesdas hidup enak
Hasil riskesdas

Meskipun hasil membuktikan saya aman dari diabetes, bukan berarti saya cuek saja dengan kesehatan. Malahan saya harus tetap menjaga pola makan yang baik untuk pencegahan obesitas dan diabetes. Kebetulan sekali saya hadir di acara blogger gathering yang bertempat di Aromanis Resto, Jakarta dalam gerakan 4 Jengkal bersama SOYJOY. Kegiatan ini bertujuan untuk membangun kesadaran tentang dampak obesitas dan juga tentang pencegahan diabetes. Pertemuan kali ini bertepatan juga dalam rangka menyemarakkan hari diabetes nasional dan hari Kartini. Vania Ratnasari Fauzia (Brand Communication Executive SOYJOY) mengatakan “Jarak aman seseorang dengan diabetes hanya dengan 4 jengkal. Jika lebih dari itu termasuk obesitas sentral”.  Obesitas sentral ternyata adalah penyebab utama diabetes. Ukuran lingkar perut wanita adalah 80 cm. Agar terhindar dari obesitas sentral, Seala Septiani, S.Gz, M.Gizi menyarankan agar mulai mengatur pola makan, memperbanyak konsumsi serat dan kurangi karbohidrat.

hidup enak empat jengkal
Atas : Seala Septiani
Bawah : Vania Ratnasari Fauzia

Hasil BMI saya masih kurang sih, tapi bisa diatur dengan pola makan yang sehat. Saran dari mbak Seala saya harus mengkonsumsi 2700 gram kalori/hari, utamakan perbanyak protein seperti kacang kedelai agar menambah massa otot.  Ditambah saya sedang menyusui, jadi boleh makan utama lebih dari tiga kali. Kacang kedelai selain mengandung protein juga rendah glikemik indeks, skala atau angka yang menunjukkan seberapa cepat suatu makanan meningkatkan kadar gula dara setelah dikonsumsi. Nah, SOYJOY terbuat dari kedelai yang kaya akan serat dan protein sehingga dicerna perlahan oleh tubuh dan membuat kenyang lebih lama.

hasil indeks glikemik
Hasil indeks glikemik

Ternyata jalani hidup enak itu mudah loh. Saya bisa menikmati camilan tanpa takut kegemukan. Mengkonsumsi SOYJOY 2 jam sebelum makan membantu mengenyangkan lebih lama dan kendalikan nafsu makan. Pastinya SOYJOY itu gluten-free, berbahan soy yang non-gmo (non-genetically modified organism). Meskipun saya disarankan makan banyak, tapi saya harus tetap menjaga pola makan, manajemen snacking dan banyak gerak. Supaya tetap bisa hidup enak dan tidak termasuk ke dalam fakta tentang penyakit nomor 5 di dunia. Sudah idealkah pola makanmu? Yuk, mulai dari ukur lingkar perutmu.


***

9 komentar:

  1. Mertuaku kena diabetes, aku takut suamiku juga kena, harus ubah gaya hidup mulai dari sekarang.

    BalasHapus
  2. Aku pun harus hidup sehat dengan 4 jengkal nih. Hidup sehat memang tak mudah :p

    BalasHapus
  3. Lingkar perut saya lebih dari empat jengkal ternyata huhu.. lemak masih menempel manja nih.. camilan yg enak2 masih aja dimakan tanpa melihat kandungan gizinya.. dan soyjoy terbuat dari kedelai yg mampu mengendaligan gula darah dan nafsu makan ya.. keceh soyjoy

    BalasHapus
  4. Toss kita Ras, harus naikin BMI biar ideal hehe, harus nambah nasi plus soyjoy biar tetap sehat bebas obesitas dan diabetes

    BalasHapus
  5. SoyJoy Crispy enak. Ternyata ngemil pun harus pilih2 ya.

    BalasHapus
  6. Makan soyjoy bikin kenyang jd pas ambil nasi gak maruk.
    Btw kalau cek gula darah di puskesmas berarti bisa ya? Pengen cek jg ah...

    BalasHapus
  7. Aku mau diet ah, kalau suruh ukur pinggang 4 jengkal tutup muka, lebihnya banyak banget 😂

    BalasHapus
  8. ahghh baca postingan nurul sangat menohok sekaleee... brb ngumpet aja akhh~~~

    BalasHapus
  9. Kalau mba Laras mah udah pawakannya begitu yak mbak, singset walaupun abis lahiran. Ngiri deh ih tapi bener banget kudu naikin BMI nya. Setuju bgt kita harus selektif memilih snack yg sehat

    BalasHapus