Reza Rahadian (Bukan) Reinkarnasi Benyamin Sueb Dalam Film Benyamin Biang Kerok

23 komentar
Bulan Januari booming dengan film Dilan 1990. Akibat kebaperan dari film tersebut masih terasa si sampai sekarang. Malah ada yang nonton berkali-kali. Betul nggak nyoh. Masuk bulan Februari momen kasih sayang bertebaran dimana - mana, sampai akhirnya Eiffel I'm in Love 2 muncul juga setelah 12 tahun LDR. Nah, sekarang memasuki bulan Maret yang katanya musim hujan akan berhenti di bulan ini (Padahal beberapa hari ini setelah Imlek jarang hujan ya) akan rilis film bergenre drama, komedi campur musikal. Ada unsur budaya betawinya juga nih, apalagi kalau bukan film Benyamin Biang Kerok. Hah? Almarhum Bang Ben hidup lagi gitu main film? Ya nggak lah...serem dong jadinya kalau begitu.



Official poster

Film Benyamin Biang Kerok akan resmi tayang di bioskop tanggal 1 Maret 2018. Kebetulan saya ikut special screeningnya saat pihak Falcon Pictures selaku rumah produksi mengadakan nonton bareng dan meet & greet di Depok XXI, 25 Februari 2018 lalu. Saya sengaja mau nonton duluan film ini, biar dibilang eksis 😁, plus penasaran juga sama akting Reza Rahadian yang memerankan Pengki dalam film ini. Masih inget nggak film lawasnya alm. Benyamin Sueb dengan judul yang sama? Ehh kalian sudah lahir atau belum ya? Karena film Benyamin Biang Kerok yang terdahulu diproduksi tahun 1972 dan sukses pada era tersebut. Kalau saya pernah nonton film lamanya saat diputar di stasiun tv swasta. Kan sering tuh ya, biasanya momen lebaran atau liburan panjang.

Jadi film Benyamin Biang Kerok menceritakan tentang pemuda kaya raya bernama Pengki (Reza Rahadian). Ia dipaksa meneruskan usaha IT milik mamihnya (Meriam Belina). Pengki tinggal terpisah dengan babehnya (Rano Karno). Meskipun kaya Pengki selalu menolong dengan warga sekitarnya. Hingga ia jatuh cinta dengan seorang biduan bernama Aida Mustafa. Namun cintanya terhalang oleh mafia kelas kakap bernama Said. Aida menjadi tawanan Said karena berhutang. Pengki bersama dua sahabatnya Achi (Aci Resti).dan Somad (Ajis Doaibu) menyusun strategi untuk menyelamatkan Aida.  

Film Benyamin Biang Kerok versi modern ini disutradarai oleh Hanung Bramantyo. Menurut beberapa artikel yang saya kepoin di mbah google, film ini bukan mereinkarnasi sosok alm.Bang Ben, tapi Reza Rahadian berakting dan bernyanyi  terinspirasi seperti yang dilakukan oleh sang legenda betawi. Pastilah sosok Bang Ben nggak tergantikan. Makanya film ini bukan bergenre biopik.  Dari gesture, tertawa khasnya bang Ben dan wajah hampir menyerupai. 

Benyamin Biang Kerok tahun 1972
Sumber wikipedia

Lagu-lagu lawas juga didaur ulang dan dinyanyikan oleh Reza Rahadian sendiri. Ia pun tidak merasa canggung untuk bernyanyi karena ibunya seorang pianis dan terbiasa mendengar irama musik. Ia menyanyikan beberapa lagu seperti Gerimis Aje, Biang Kerok. Suaranya mirip banget sama bang Ben. Karena tugas seorang aktor memang harus mampu memerankan sosok yang dimainkan. Beberapa lagu dinyanyikan di sela-sela adegan,  drama musikal versi betawi. Kayak film luar negeri yang pernah saya tonton, The Greatest Showman.

Baca lagi dong yang ini THE GREATEST SHOWMAN, BISAKAH SESUKSES LA LA LAND?

Saya penasaran dengan sosok Aida. Wanita berusia 19 tahun itu bernama Delia Husein Suheindra. Benyamin Biang Kerok adalah debut film pertamanya yang langsung beradu akting dengan aktor dan aktris kawakan. Keren juga, sekali main film langsung melesat bersama para seniornya. Pantas saja wajahnya masih terlihat asing bagi saya. Belum bisa nilai banyak si sama aktingnya karena belum ada refrensi lain.  So far so good lah.

Official Trailer


Bagi saya film Benyamin Biang Kerok cukup menghibur. Dengan sentuhan a ala James Bond genre komedi bisa membuat saya tertawa. Meskipun ada jokes yang garing kedengarannya. Unsur budaya Betawinya kurang kental si, tapi masih ada opelet, ondel-ondel, dan bacot khasnya mpok Omaswati. Dia juga main lho di film ini. Kebayang kan suara merconnya mpok Omas. Endingnya film ini buat saya sebagai  penonton di PHP in sama si Biang Kerok.  Meskipun begitu sosok Benyamin Sueb bisa dikenal oleh generasi milenial. Katanya si bakal ada lanjutannya di tahun ini juga. Film ini juga dibintangi Tora Sudiro, Melani Ricardo, Lidya Kandou dan lainnya. Selengkapnya seperti apa? Tonton filmnya di bioskop 1 Maret 2018 ya. 


Enjoy the Movie

***


23 komentar

  1. Besok ya tayangnya.. nobar yuk mak.. selalu suka sama aktingnya Reza Rahadian penuh totalitas dan penjiwaan..

    BalasHapus
  2. ENtah kenapa ya dalam setiap peran yang dimainkan Reza Rahardian selalu paling juara. Aih aku pengen nonton Reza dengan logat betawi yang ceplas ceplos :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pantaslah dia memenangkan beberapa penghargaan piala citra karena aktingnya yang mumpuni

      Hapus
  3. wah premisnya sama sekali baru ya. lihat dari trailernya juga fresh... jadi penasaran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya memang dibuat beda sama Hanung. Sosok alm.bang Ben nggak ada nyamain deh

      Hapus
  4. Dia memang aktor serba bisa ya,,bljr sebuln bisa plek gitu karakter suara n gayanya hampir sama, idolakuuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aktor kudu begitu, cerdas. Cepat tanggap atas arahan sutradara dan skrip

      Hapus
  5. Seru banget kayaknya, btw ada adegan dewasanya gak mba? pengen nonton tapi apa daya saya punya 'ekor' bocah yang gak mau lepas dikit aja dari emaknya hehhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Film yang ini nggak ada adegan dewasanya si, cuma diawal scene ada adegan di diskotik gitu yang nampilin cewe-cewe seksi. Selebihnya nggak ada.

      Hapus
  6. Seneng deh kalau nonton film pemainnya Reza Rahadian ini, meraninnya total bgtt

    BalasHapus
  7. Reza makin makin deh totalitasnya, kereeen

    BalasHapus
  8. sejujurnya nggak terlalu hepi dgn pemilihan Reza sbg pemeran Pengky alias Benyamin yg legendaris ini. tapi wkt nonton trailernya bener2 trenyuh denger suara Reza bisa mirip banget sm suara Benyamin. hebat lah

    BalasHapus
  9. Bang Ben gak bakal tergantikan oleh siapapun!

    BalasHapus
  10. Berat memerankan Bang Ben yang iconic banget. Butuh aktor yg benar2 hebat sekelas RR, cuma kurang chubby saja.

    BalasHapus
  11. Ini genrenya komedi gtu ya mbak? Kyk film2 Benyamin S terdahulu?
    Penasaran akting Reza kayak apa, secara selama ini lekat sama filmnya yang dulu Pak Habibie hehe

    BalasHapus
  12. Beberapa kali lihat iklannya di tipi, lucu ngelihat aktingnya Reza

    BalasHapus
  13. Wah..kalo.prmainnya Reza Rahadian gini mah udah jaminan mutu. Bakalan cetar deh filmnya. Banyak idolanya..kualitas aktingnya sudah ga diragukan lagi. Ooohh sekarang berperan sebagai Benyamin ya? Nonton aaaahhh lucu nih ��

    BalasHapus
  14. kenapa kangen sinetron doel anak sekolahan ya? bang ben mang tokoh legend sampai sekarang fansnya banyak

    BalasHapus
  15. Reza kalau main all out ya. Duh, jadi mau nonton deh. Aman ga ya buat bocah, ras? Kalau nonton g bs sendiri. Kudu ajak abang nih.

    BalasHapus
  16. Aku penasaran sama aktingnya Reza Rahadian di film ini.. Dia bisa jadi apa aja banget yaa.. :D Eh tapi sempet baca teman di status fb-nya, katanya skenario ceritanya kurang kece..

    BalasHapus
  17. sekilas uda lihat potongan filmnya kayaknya lucu mba :D

    BalasHapus