Review Hip Seat Carrier Mooimom

1 komentar
Apa yang kamu beli untuk perlengkapan bayi? Pasti banyak ya wishlist perlengkapan bayi yang dibuat. Saya pun begitu, meski sudah melahirkan dua kali, tapi menyusun keperluan bayi itu penting. Dicatat apa saja yang dibutuhkan saat bayi lahir nanti. Setelah anak kedua ini saya tidak terlalu banyak membuat wishlist. Hanya beberapa perintilan bayi yang saya prioritaskan. Sebelum Sagara lahir saya sudah mengumpulkan banyak diaper. Alhamdulillah sampai usia ke 8 bulan ini saya belum sama sekali membeli diaper tiap bulan. Rezeki anak keduaku ini sangat berlimpah di tahun 2017 lalu. So, stok diaper aman.

Setelah Sagara lahir pastinya dia sering digendong. Apalagi saat ini dia manja banget. Nggak boleh saya mingser sedikit dia langsung mengulurkan tangannya minta digendong. Hasilnya saya nggak bisa ngapa-ngapain. Mau nyuci tertunda, mau beres rumah tertunda, pokoknya saya fokus gendong dia. Kadang makan pun dia dalam gendongan saya. Pegel juga kan lama-lama. Nah, wishlist yang tidak saya catat yaitu gendongan. Karena saya pikir masih ada gendongan bekas anak pertama yang masih bagus. Ada yang kain jarik dan sling.


Karena aktivitas saya yang mobile, saya sering membawa Sagara pergi. Tidak mudah loh menggendong bayi ber jam-jam. Pegel boo. Butuh gendongan yang nyaman nih. Saya coba beli gendongan instan. Ternyata tidak membuat saya dan Sagara nyaman. Terutama buat saya yang menggendong. Badan saya jadi pegal-pegal dan rasanya badan remuk semua. Tidak jarang saya minta pijit sama suami. Setiap pulang dari pergi bawa Sagara pasti tepar. Tapi saya nggak kapok bawa dia pergi. Karena berat badannya makin bertambah dan aktivitas saya yang mobile, maka itu butuh gendongan yang nyaman. Terutama nyaman di bagian pundak. Saya sampai nanya ke teman-teman dan searching tentang gendongan yang bagus. 

Setelah sekian lama mencari berbagai macam gendongan,  saya mencoba Soft Structured Carrier Hip Seat. Kalau orang awam bilang gendongan depan atau kangguru. Masih banyak yang beranggapan gendongan jenis ini kurang bagus untuk bayi karena posisi kaki yang mengangkang. Padahal nggak ada kaitannya kaki anak nantinya akan berbentuk huruf O karena digendong dengan posisi tersebut. Malah posisi mengangkang saat menggendong seperti huruf M ini bagus untuk struktur tulang belakang.

Hip Seat Carrier Mooimom

Banyak gendongan SSC Hip Seat yang dijual. Dari berbagai merek dalam dan luar negeri dengan varian harga yang berbeda. Kemudian saya mencoba untuk mereview Hip Seat Carrier dari Mooimom. Eh udah tahu belum tentang Mooimom. Nggak gaul ah kalau sampai nggak tahu 😊.

MOOIMOM adalah merek produk kehamilan dan menyusui. Berasal dari kata "Mooi" (Belanda) artinya cantik. Kalau ditambahkan mom menjadi mom atau ibu cantik ngarang.  Dibentuk pada tahun 2015 oleh designer muda yang memiliki 3 orang anak yaitu Carolyn. Ia menagalami kesulitan untuk menemukan produk ibu hamil dan menyusui yang berkualitas. Biasanya produk ibu hamil dan menyusui yang ada di pasaran harganya mahal dan kurang bagus. Hal ini yang mendorong Carolyn mengembangkan produk - produk hamil dan menyusui sendiri dengan harga terjangkau dan kualitas baik. Akhirnya ia mendirikan Mooimom berkat pengalaman observasi. 

Pesat sekali perkembangannya hingga produknya mencakup bra, maternity belt, korset pasca melahirkan, nursing cover, breastpump, baju hamil, celana hamil, gendongan dll. Mooimom ingin memberikan kenyamanan bagi ibu hamil dan menyusui. Untuk melihat lebih lengkap produknya bisa intip akun instagramnya @mooimom.id. Itulah sekilas tentang Mooimom. Kebetulan saya juga pakai bra menyusui Mooimom. Rasanya nyaman dan praktis. Untuk Hip Seat Carrier Mooimom ini masih terbilang baru. Baru diluncurkan tahun lalu (2017). Ada 4 pilihan varian warna yaitu tosca, navy blue, peach dan grey.

Sumber foto www. mooimom.id

Dari beberapa detail informasi yang saya dapat dari website dan setelah saya gunakan menggendong Sagara, hasilnya ada plus dan minus saat menggunakan gendongan hip seat (kesempurnaan hanya milik Allah). Mau tahu? Berikut penjelasannya :


Plus Menggunkan Gendongan Jenis Hip Seat
+ Dibuat dari bahan 100% Pure Cotton. Sehingga membuat bayi nyaman selama dalam gendongan, tidak merasa gerah. Bahannya enak disentuh kulit, nggak bikin iritasi.
+ Tali bahu yang empuk, lebar dan dapat diatur sesuai kebutuhan. Nah, dibagian bahu yang paling pegel kalau gendong Sagara. Apalagi berat badannya makin bertambah. Pengaturan talinya ini membuat saya tidak cepat pegal. Juara deh pokoknya.
+ Strap pengunci digerakan 360°, membuat bayi bebas bergerak. Keuntungan buat saya nih. Selain bayi bebas bergerak, tangan sayapun juga. Bisa sambil mengerjakan sesuatu dengan lancar meski menggendong. Sagara juga merasa kayak diayun-ayun sampai tertidur pulas.
+ Waistband yang lebar, dilengkapi dengan velcro dan strap pengencang dan pengunci yang lebar. Saking panjangnya nih waistband sekitar 123 cm, bisa mengelilingi pinggang saya yang ramping sampai kenceng. Ditambah adanya strap bikin tambah kenceng lagi dibadan. Jadi nggak mudah melorot.
+ Saran usia pemakaian : 3 - 36 bulan. Cocok buat Sagara yang berusia 8 bulan dan beratnya sekitar 7 kg lebih. Secara lehernya sudah cukup kuat dan bisa menahan berat bayi sampai 20 kg.
+  Mencegah bentuk O pada paha bayi. Penting nih dalam pembentukan tulang bagian paha dan kaki. Menurut penelitian kaki berbentuk M yang lebih baik saat menggendong.
+ Ruang lengan yang besar, sehingga memudahkan tangan bayi leluasa bergerak. Terbukti tangan Sagara tetap bisa bergerak bebas.
+ Terdapat kantong kecil disebelah kanan hipseat untuk menyimpan barang.
Busa cushion seat terbuat dari busa berkualitas dan ramah lingkungan. Mooimom mendukung gerakan go green nih, cakeeepp...
Kemiringan 30° membuat bayi tetap aman duduk digendongan. Sagara jadi tambah pules tidurnya dalam dekapan saya ini. 
+ Mudah dicuci dengan handuk basah, jangan pakai mesin (handwash), jangan pakai pemutih, jemur ditempat yang teduh. Jangan lupa keluarkan busanya sebelum di cuci ya. 

Beberapa posisi yang bisa dipakai pada hip seat mooimom

2 strap atas dan pinggang yang bikin nyaman

Posisi back carrier yang kurang nyaman buat saya
dan Sagara

Minus Menggunkan Gendongan Jenis Hipseat
- Untuk busa saya kurang nyaman bagian ini. Agak mengganggu di perut saya yang sangat ramping (kurus). Saat Sagara dalam gendongan busanya jadi sedikit agak turun yang mengakibatkan menendat bagian bawah perut. Bagi yang punya perut gembul saya sarankan hindari gendongan yang ada busanya karena akan membuat perutmu makin terlihat besar. Saat meletakkan Sagara ke kasur dalam kondisi tidur jadi lebih sulit karena tidak langsung bisa meletakkan ke kasur, diangkat dulu anaknya lalu diletakkan. Hal ini membuat Sagara jadi terbangun.
- Kemiringan saat menggendong membuat saya merasa tidak terlalu nyaman karena posisi kepala bayi terlalu dekat dengan kepala dan kadang suka terpentok dengan dagu. Sagara jadi menonga melihat saya. Tapi bisa disetting (adjust) kok talinya. 
- Kalau dipakai saat naik motor juga kurang nyaman bagi yang bawa motor (driver) karena busanya menekan bagian punggung. Selain itu juga menghabiskan tempat jok.


Posisi duduk M shape sangat bagus untuk kaki bayi


Kebetulan hari minggu saya mengajak anak-anak bermain di taman topi Bogor dan saya coba memakai hip seat ini. Ingin merasakan lebih lama menggendong Sagara dengan gendongan ini. Hasilnya saya kurang nyaman di bagian pinggang karena beban menggendong pindah ke area itu. Untuk pundak sudah aman, tidak ada rasa pegal. Untungnya saya bergantian menggendong Sagara dengan suami. 

Saya juga membawa diaper bagpack. Saat menggendong Sagara dengan membawa tas itu bebannya makin nambah makin pendek nih badan. Nah, ini berlaku kalau saya pergi hanya berduaan dengan Sagara, tanpa suami membantu bawa tasnya. Saat saya duduk di bangku comutterline juga kurang nyaman karena kepala Sagara jadi menonga dan dia tidak bergerak bebas. 

Gendong Sagara pergi ke taman topi Bogor

Yang paling memuaskan dari gendongan ini adalah tidak membuat pegal pundak saya. Sampai di rumah kondisi badan masih enak, meski agak capek sehabis jalan-jalan. Paling minta pijit bagian kaki aja. Biasanya saya sehabis menggendong Sagara pasti minta pijitin sama suami. Tapi kemarin masih baik kondisi badan, palinagn hanyak kecapean setelah jalan-jalan. Saya tertolong sekalo menggunakan gendongan hip seat dari Mooimom. 

Pasti mahal ya? Pasti banyak yang mau tahu ya kalau soal harga. Harga hip seat carrier Mooimom dibandrol Rp.2.599.000, karena ada special price menjadi Rp.1.559.400. Menurut saya harga yang sepadan dengan semua manfaatnya. Hip seat carrier ini bisa dibeli disini langsung. Saran saya untuk membeli gendongan sesuaikan dengan budget yang dimiliki, siapa yang sering menggendong dan tipe gendongan. Menggendonglah selagi bisa karena saat mereka sudah bisa berjalan dan berlari, maka masa - masa menggendong sangat dirindukan. Selamat menggendong! 😊


Follow juga sosial media Mooimom ya

Fanpage 



Instagram



***

1 komentar

  1. duh harganya ga kuku mba wkwkwk...tapi kalau manfaatnya segambreng dan untuk anak sih its okey y mba *kencengin ikat pinggang :D

    BalasHapus