Senin, 23 Oktober 2017

# Film indonesia # My Generation

Segudang Keinginan Remaja Dalam Film My Generation

Kalau ditanya masa yang paling indah dan bebas itu, jawabannya pasti masa remaja. Masa di mana saya bisa mengalami hal-hal nekat yang tanpa pikir panjang melakukannya. Kalau diingat-ingat lagi saya sampai nggak habis pikir sambil di hati bilang "kok gue bisa ya dulu begitu, untung gue dulu ngelakuin itu nggak kenapa-kenapa". Kalau kalian merasa gitu juga, toss lah kita. Berarti memiliki masa remaja yang sejalan. Tapi saya dulu nggak bandel-bandel amat. Cabut dari pelajaran matematika dan nongkrong di kantin masih wajar, nggak sampai ke arah yang negatif seperti nyoba narkoba dan minuman keras. Ngeri ah...

Masa remaja saya bisa dibilang nggak neko-neko. Gaulnya juga sama teman-teman sekolah saja. Kalau di rumah malah sedikit temannya karena jarang bergaul juga. Belum tahu banyak informasi tentang hal yang lagi booming. Handphone aja belum punya. Palingan tahunya dari berita televisi atau majalah favorit yang jadi langganan. Tapi SEKARANG, status saya berubah, sudah menjadi ibu rumah tangga punya 2 anak. Hal-hal nekat yang dulu saya pernah lakuin, hilang seiring waktu berjalan. Bisa dibilang dewasa lah ya...Masa mau kayak bocah aja kelakuannya.

Kalau orang bilang kids jaman now

Bicara masa pergaulan remaja pastinya beda dengan waktu jaman saya dengan jaman sekarang. Terlihat jelas sekali perbedaannya. Sampai saya melongo melihat perubahan pergaulan anak jaman sekarang. Fenomena anak jaman sekarang itu terangkum dalam film My Generation karya Upi. Film yang menggambarkan segudang keinginan anak muda yang terhalang oleh aturan-aturan dari lingkungan sekitar. Pemberontakan a la anak muda sekarang digambarkan lewat film ini. 

My Generation merupakan film yang mengangkat cerita tentang generasi milenial yang unik. Berkat era digital yang terus dinamis menjadikan generasi ini muncul. Menceritakan tentang persahabatan 4 anak SMU (Zeke, Konji, Suki dan Orly) yang gagal berlibur karena video viralnya tentang memprotes guru, sekolah, orang tua. Sehingga mereka diberikan hukuman tidak boleh liburan. Namun berkat hukuman tersebut mereka mengalami banyak kejadian dan pengalaman yang memberikan pelajaran sangat berarti bagi mereka.

Official poster

Akhirnya sutradara Upi menggarap film bergenre remaja lagi. Setelah sukses dengan film terdahulunya Realita, Cinta dan Rock n Roll (2006) Radit dan Jani (2008), Serigala Terakhir (2009), Red Cobex (2010), My Stupid Boss, (2016), Pertaruhan (2017). Film yang dimainkan 4 pendatang baru yaitu Bryan Langelo (Zeke), Lutesha (Suki), Arya Vasco (Konji), Alexandra Kosasie (Orly). Meskipun baru bermain film tapi mereka totalitas berakting berkat arahan sutradara Upi. Selain 4 pemain baru tersebut, didukung pula oleh aktor dan aktris senior seperti Tyo Pakusadewo, Indah Kalalo, Surya Saputra, Joko Anwar, Ira Wibowo, Karina Suwandhi, Aida Nurmala.

Pada 10 Oktober 2017 telah dirilis poster dan trailernya dalam press conference. Saya terkejut juga melihat posternya yang colorfull, berani dan kekinian banget. Trailernya juga bikin penasaran juga buat nonton film ini. Film produksi IFI Sinema nggak main-main lho. Upi sampai membuat riset media sosial selama 2 tahun untuk mengetahui fenomena apa yang terjadi pada anak generasi milenial ini. Bayangkan saudara-saudara 2 tahun (sambil ngacungin 2 jari ke muka). Kalau lihat remaja ada yang terjerumus narkoba, kita tahunya anak itu nakal. Tapi sebenarnya kita nggak tahu apa yang dialami remaja tersebut dalam hidupnya. Apa faktor keluarga, pertemanan, putus cinta atau sekolah.

Para pemain My Generation saat press con

Mereka mau ngadu atau curhat tapi kadang nggak ditanggepin sama orangtua. Jadinya mereka mencari jalan instan sendiri. Nah, begini kan yang ditakutin. Jadi orang-orang sekitar (khususnya orangtua) perlu mendengarkan keinginan mereka yang segudang. Kenapa segudang? Karena keinginan mereka memang banyak, tapi nggak pernah direspon sama orang disekitar. Nantinya biar nggak salah jalan pastinya. Mau tahu apa saja keinginan mereka? Makanya nonton film My Generation tanggal 9 November 2017 di bioskop kesayangan. Yuk ajak orang terdekat kalian and the ganks guys... Sekarang nonton trailernya aja dulu ya...


Official trailer



***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar