Selasa, 17 Oktober 2017

# Bisnis # bisnis online

Saatnya Wanita Mendapatkan Pengahasilan Tambahan

Berniaga atau berbisnis adalah proses jual beli yang dilakukan Rasulullah pada masa hidupnya. Beliau menjual barang dagangannya dengan menyinggahi dari kota ke kota. Pada jaman itu Rasulullah hanya memanfaatkan unta sebagai kendaraan. Pengalaman berdagangnya sangat bermanfaat bagi umatnya hingga sekarang. Hanya masanya saja yang jauh berbeda. Saat ini umat manusia hidup di jaman digital. Bahkan berdagang atau berbisnis sudah bisa diakses melalui secara online. 

Bicara tentang bisnis atau berniaga saya memang bukan ahlinya. Ilmu saya masih cetek banget soal ini. Ditambah kalau berurusan dengan Multi Level Marketing (MLM), hadeehh saya langsung say No deh. Karena saya sempat terjebak dengan janji manis ajakan teman saat itu. Kapok boo. Apalagi saya belum tahu benar bagaimana kualitas dan kehalalan produknya. Berfaedah nggak buat orang muslim seperti saya. Akhirnya saya tinggalkan bisnis MLM tersebut. Namun sebagai ibu rumah tangga biasa yang hanya mendapatkan penghasilan utuh dari suami dan kadang dapat fee dari job menulis, saya ingin juga mendapatkan penghasilan yang lebih. Ibaratnya buat tambahan dapur biar ngebul terus.

Gaya dulu sebelum dimulai acaranya


Dalam kesempatan yang bagus saya menghadiri seminar K-Link Solusi Hidupmu pada hari Rabu, 17 Oktober 2017 di Ballroom K-Link Tower lantai 5. Saya pikir seminar biasa yang dihadiri sekitar 20-30 orang, tapi ternyata setelah saya sampai di lokasi acara banyak sekali orang yang datang hampir memenuhi ballroom. Bahkan kursi yang disediakan tidak cukup menampung, sampai panitia juga menambah kursi. Luar biasa seminar ini menarik perhatian. Bagaimana tidak menarik perhatian, seminar malam itu menghadirkan para speakers yang luar biasa. Sebelumnya saya pernah mengikuti sharing session bersama para blogger, tapi kali ini saya takjub dengan seminar yang diadakan. Apalagi peserta yang hadir kebanyakan wanita. 

Baca : K-Link Indonesia Buka Peluang Bisnis Bagi Blogger

Era saat ini tidak bisa menghindari yang namanya digital. Semua kegiatan transaksi bahkan bisnis bisa melalui akses ini. Mau jualan produk bisa kok lewat jalur online. Apalagi sudah banyak platform e-commerce berseliweran. Tujuannya untuk memudahkan para pengguna e-commerce belanja kebutuhan. Seperti yang dikatakan Co-Founder & CFO Bukalapak.com, M. Fajrin Rasyid, e-commerce menjadi potensi luar biasa karena memiliki bisnis online yg tumbuh cepat. Ia sharing tentang K-Link Menuju Era Digital. Jadi, kalau mau berjualan dengan cara instan bisa menggunakan platform e-commerce. Hal ini dikarenakan adanya teori network effect, sebuah fenomena platform online yg memberikan pengaruh ke banyak orang. Nah, bukalapak memberikan tempat untuk orang-orang yang ingin berjualan online. Ada tips yang diberikan mas Fajrin menurut rangkuman saya :
  1. Perhatikan waktu saat orang berbelanja online. Karena menurut data yang diterima bukalapak, orang biasanya belanja online pada saat jam dan hari kerja. Alasannya karena pada jam sibuk begitu orang mager alias malas gerak buat belanja keluar. 
  2. Kreatif. Setiap orang pasti ingin bisnisnya lancar. Makanya kita harus pintar mencari ide jualan agara barang cepat laku dan pastinya berbeda dengan yang lain.
  3. Perhatikan trend yang lagi banyak dijual. 
  4. Ketahui bisnis apa yang mau dijalani, siapa partner bisnisnya, modal, dan eksekusi .
  5. Jangan latah kalau mau bisnis secara profesional. Pasang surut dalam bisnis itu biasa, asal mau konsisten jalaninnya. 

Bukalapak membuka peluang bagi masyarakat yang ingin menjual barang dagangannya. Bukalapak sudah memiliki ratusan komunitas yang telah bergabung di bukalapak.com. Saat ini bukalapak turut membantu para UKM yang menjual hasil produksinya. Ingat, jangan sampai menjual barang yang cuma ikut-ikutan saja, tapi lihat kira-kira trend apa yang akan booming sekitar 2-3 tahun mendatang. Maka usahapun tetap lancar. Jadi pengusaha atau pebisnis itu nggak mudah loh, penuh rintangan dan usaha ekstra.

M. Fajrin Rasyid 

Platform berniaga sudah ada, produknya juga ada, apa yang masih kurang? Kualitas yang masih dipertanyakan. Kualitas mencakup baik atau buruknya suatu produk. Bisa dikatakan produk tersebut sudah jelas atau belum kehalalannya. Kaum Hawa biasanya paling jeli soal kualitas produk. Bisa dikatakan punya indera ke enam menilai suatu barang bagus. Kebetulan sekali Ustad Yusuf Erik hadir dalam seminar ini membahas tentang materi Memahami & Mendalami MLM yang Berbasis Syariah. Beliau mengatakan tentang ayam itu halal atau haram? Banyak peserta yang bilang halal... Kata siapa? Emang tahu bagaimana proses ayam dipotong sampai sudah siap dimakan.? Ternyata belum tentu lho ayam itu halal kalau cara menyembelihnya tidak sesuai dengan syariat islam. Menyembelih hewan seperti ayam, kambing atau sapi ada caranya. Terutama menyebutkan nama Allah SWT. 

Ustad Yusuf Erik

Secara harfiah syariah itu diartikan sebagai sumber air atau sumber kehidupan. Syariah merupakan sumber  air yang mengalir tanpa hambatan dan bisa dijangkau oleh banyak orang dan sesuatu yang sudah ditetapkan oleh Allah SWT serta tuntunan yang didapat dari junjungan nabi besar Muhammad SW. Jadi, tidak diragukan lagi kualitasnya terutama bagi umat muslim. Suatu produk jika jelas kehalalannya maka tidak ada keraguan untuk mengkonsumsinya. Menyebarkan produk yg halal sama dengan membantu masyarakat mengonsumsi yang benar. Menebarkan kebaikan ganjarannya masuk surga (inshaallah). Bisnis MLM di K-Link berbasis syariah dan sudah tersertifikasi dari MUI.

Wanita yang sudah berumah tangga dan yang hanya mengurus rumah saja pasti ingin mendapatkan penambahan pemasukan selain dari suami. Hal ini pun saya rasakan setelah menikah dan memiliki 2 orang anak. Bukannya tidak mensyukuri hasil dari suami, tapi sebenarnya keinginan pribadi wanita itu banyak. Bukan sekedar urusan dapur saja. Wanita mau punya perhiasan, tas bagus, jam tangan keren, baju bermerek atau kosmetik mahal. Saya mau semua itu. Begitupun dengan wanita hebat yang menjadi pembicara dalam seminar ini yaitu ibu Annisa Permata Sari dan Triana Kurniati. Beliau berdua sudah berada di level crown ambassador K-Link. Mereka berdua sharing tentang cara wanita sukses dalam keluarga dan karir.


2 wanita sukses yang  berbisnis di K-Link


Ibu Annisa Permata Sari asli dari Taipe, Taiwan yang menikah dengan orang Indonesia. Beliau mulai berbisnis di K-Link sejak tahun 2003. Sebelumnya ia pernah bangkrut dalam usahanya. Sempat bingung mau usaha apa buat orang asing seperi dia yang memiliki kendala dengan bahasa. Kemudian ia bertemu dengan K-Link dan mecoba bisnis baru lagi karena modalnya kecil dan bisa membantu orang menjadi sehat. Menurutnya join di bisnis MLM bersama K-Link adalah solusi mendapatkan income tambahan. Wanita atau ibu rumah tangga seperti saya bisa memulai bisnis dengn modal kecil ini. Sebelumnya bu Annisa melihat orang belanja di mall bisa membeli barang harga jutaan rupiah. Maka ia menyebutnya "orang gila". Eh tapi setelah 14 tahun ia menjalani bisnis ini dia yang menjadi "orang gila" tersebut. Artinya ia bisa membeli barang mahal dari hasil usahanya.

Begitupun dengan bu Triana Kurniati. Menurutnya ada 4 hal yang paling diinginkan oleh wanita yaitu ingin bahagia, ingin jalan-jalan, ingin belanja dan butuh penghargaan. Kita juga harus mengikuti trend yang sedang berjalan saat ini. Trend masa depan itu meliputi youth, women, netizen dan syariah. Wah, wanita sangat berpengaruh sekali ya. Wanita siap bersaing dalam perekonomian bisnis di masa depan nanti Jadi jangan minder duluan ya wanita-wanita yang katanya cuma bisanya di rumah aja. Ternyata bisa memulai bisnis juga.


Dato'DR. H. MD Radzi Saleh 

Pembicara terakhir dari Presiden Direktur K-Link Indonesia, bapak Radzi Saleh. Beliau meberikan penjelasan tentang kunci wanita sukses dalam karir dan keluarga. Wanita, istri atau ibu menjadi kendali dalam urusan rumah tangga. Coba deh suami atau orang rumah ditinggal sama istri atau ibunya, pasti urusan masak, mencuci baju atau beresin rumah jadi terbengkalai. Ternyata wanita bukan hanya bisa ngurusin tugas rumah tangga saja, tapi juga bisa memiliki peluang bisnis bersama K-Link.

Dato' Radzi Saleh mengatakan memiliki misi LSO (Ladies, Syariah, Online). Wanita yang ingin maju dengan bisnis berbasis syariah melalui cara online. Kebutuhan wanita adalah market terbesar di dunia, maka dibutuhkan platform untuk wanita. Begitupun dengan K-Link yang memiliki Rumah Cantik K-Link yang ada di Bandung untuk berkumpulnya wanita yang ingin bisnis di K-Link. Urusan keluarga tetap dijalani, bisnispun mengalir lancar. Kesuksesan wanita memperoleh kesenangannya maka akan berdampak baik terhadap keluarga.
K-Honey 5 in 1

Wah, saya semakin ingin memulai bisnis dengan K-Link nih. Apa salahnya dicoba kan? Saya juga mau dong punya penghasilan sendiri. Biar nggak perlu mikir lagi minta ke suami kalau mau beli ini dan itu. Tapi sukses saja tidak cukup kalau kita nggak sehat dan dinamis. Wanita yang sukses dalam berkarir di bisnis dan keluarga pasti melewati banyak tantangan yang menguras tenaga. Kalau badan lagi fit si masih ok ngerjain apa saja, tapi kalau lagi drop, aduhh hancur deh dunia. Solusinya bisa mengkonsumsi madu. Nah, kebetulan aku sedang mencoba madu K-Honey 5 in 1 dari K-Link Indonesia yang sudah teruji kualitas produknya dan bersertifikasi dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) sebagai MLM Syariah.

Manfaat K-Honey 5 in 1 diantaranya :

✔Sumber energi karena komposisinya 80% karbohidrat dari madu (fruktosa dan glukosa) plus ekstrak buah.
✔Pada kulit sebagai pelembab bibir atau masker.
✔Berkhasiat untuk penyembuhan luka baik luka luar  maupun dalam

Bisa langsung diminum atau dicampur dalam makanan atau minuman lainnya. Kalau kamu jadi member bisa mendapatkan diskon 20% pembelian disini.

K-Mu'min Toothpaste

Selain itu untuk menjaga kesehatan mulut aku menggunakan K-Mu'min Toothpaste yang mengandung ekstrak meswak, lemon dan cengkeh (clove). Keuntungan menggunakan pasta gigi ini :

✔Membantu menjaga kesehatan gusi
✔Membersihkan karang gigi
✔Mencegah gigi berlubang
✔Mengurangi bau nafas tak sedap


So, bukan jamannya lagi wanita hanya berdaster, no make up, bergelut dengan urusan ranjang dan dapur atau gaptek gadget. Buka mata kalian para wanita. Jangan cuma mengandalkan penghasilan dari suami, saatnya wanita bisa memiliki penghasilan sendiri. Salah satunya berbisnis dengan K-Link. Nikmati manfaat produknya, nikmati keuntungan bisnisnya. Tidak perlu ada keraguan kecemplung dalam bisnis ini karena sudah terbukti halal dan syariahnya.



***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar