Mengatasi Permasalahan Saluran Cerna Dengan Interlac

Tidak ada komentar
Kesehatan adalah anugerah dari Yang Maha Kuasa paling berharga. Menjaga kesehatan sangat penting karena banyak faktor yang bisa memicu timbulnya suatu penyakit. Salah satunya dari makanan yang tiap hari kita konsumsi. Kebetulan saya tinggal di daerah Depok. Kalau melewati jalan raya Margonda, hampir sepanjang pinggir jalan terlihat tempat makan atau restoran. Mulai dari restoran fast food sampai makanan tradisional. Enaknya si kulineran malam-malam, makin banyak lagi tempat makan yang buka di pinggir-pinggir jalan (kompor). Bagi yang hobby kulineran pasti nggak mau kelewatan mencobanya. Tapi ingat, apa yang kita makan akan mempengaruhi kesehatan. Khususnya pada saluran cerna. Semua makanan yang masuk dalam tubuh diproses dalam saluran cerna.

Bicara tentang kesehatan saluran cerna, saya berkesempatan hadir di acara bloggers gathering bersama Interlac pada Sabtu, 30 September 2017 di The Playground Restaurant, Street Gallery, Pondok Indah Mall 1, Jakarta. Tema yang diangkat adalah Healthy Tummy, Happy Baby. Pencernaan Sehat Bayi Bahagia, kira - kira begitu terjemahannya. Saya selalu antusias kalau mengikuti acara seputar anak atau parenting, apalagi tentang kesehatan anak. Kesehatan sangat penting diperhatikan terutama pada anak-anak karena efek jangka panjangnya sangat krusial pada tumbuh kembangnya. Acara ini menghadirkan dr. Intan Diana Sari, Head of Medical PT. Interbat dan Mohamad Nurhadi selaku Brand Manager Interlac sebagai narasumber. Jadi bisa interaksi langsung dengan para pakarnya.

Sakit diare itu nggak enak, jendral !

Tumbuh kembang yang baik pada anak ditentukan oleh pencernaan yang sehat. Bayi yang baru lahir hanya mengonsumsi Air Susu Ibu sampai usia 6 bulan dan dilanjutkan Makanan Pendamping ASI + ASI sampai usia 2 tahun. Karena ASI adalah makanan terbaik sekaligus memberikan zat imun yang kuat pada tubuh anak. Imun diperlukan pada tubuh untuk mencegah penyakit. Selain itu lingkungan yang sehat dan makanan bergizi menjadi faktor pendukung lainnya. Sekitar 80% sistem imun terdapat pada saluran cerna. Kesehatan saluran cerna mencerminkan kesehatan tubuh secara umum. 

Saluran cerna harus dalam keadaan sehat. Makanya usahakan tiap hari bisa satu kali buang air besar. Kalau berhari-hari tidak dibuang bisa jadi sampah dalam perut. Bagaimana saluran cerna yang sehat? Pastinya yang memiliki kandungan bakteri baik, biasa disebut probiotik. Namun dengan kondisi lingkungan yang tidak bisa diprediksi kehigienisannya, maka bakteri jahat bisa tercampur dalam makanan yang dikonsumsi. Ngeri ya. Biasanya saluran cerna bisa terganggu karena bakteri jahat dan bisa menimbulkan gangguan saluran cerna.

Suasana talkshow bersama blogger

Masalah pencernaan yang sering ditemui yaitu DIARE. Tahu kan rasanya kalau sedang diare gimana? Perut mules tapi yang keluar sedikit, badan lemes, keringetan pula. Tidak bisa ditahan deh rasanya. Bisa dikatakan diare jika buang air besar dengan konsistensi cair dengan frekuensi lebih dari 3 kali/hari dengan atau tanpa lendir dan darah. Penyebab utama diare berasal dari virus Rotavirus. Virus yang bisa menginfeksi usus. Selain itu bisa dari alergi susu formula, keracunan makanan atau flu. Diare sering terjadi pada bayi dan anak. Berdasarkan riset nasional sebanyak 31,4% terjadi kematian bayi dan 25,2% kematian balita disebabkan oleh diare.

Diare dapat membunuh bayi dan balita jika mengalami dehidrasi tingkat tinggi dan telat penanganannya. Pertolongan pertama saya saat diare biasanya minum oralit dari air dan garam. Setidaknya tidak kekurangan cairan. Penting banget kan kesehatan saluran cerna pada anak. Oleh karena itu, sesuai rekomendasi dari ahli kesehatan mengkonsumsi suplemen probiotik. Apa si probiotik itu? Yuk, kenalan dulu..



MENGENAL PROBIOTIK YANG TEPAT
UNTUK PENCERNAAN 

Sebelumnya saya pernah dengar istilah probiotik ini pada susu formula yang anak saya minum. Hanya saja saya belum mengetahui manfaatnya. Setelah saya mengikuti event ini saya jadi tahu banyak tentang probiotik dan manfaatnya. Pembahasan ini dijelaskan oleh dr.Intan Diana Sari.

dr.Intan Diana Sari

Probiotik diambil dari bahasa Yunani "pro" artinya "untuk" dan "bios" artinya "kehidupan". Maka itu bisa diartikan probitik itu untuk kehidupan. Menurut WHO tahun 2002, Probiotik adalah suatu mikroorganisme hidup dimana bila diberikan pada jumlah yang adekuat akan memberikan manfaat kesehatan. Bakteri yang memenuhi syarat probiotik yaitu Lactobacillus dan Bifidobacterium. Probiotik juga terdapat dalam minuman olahan susu seperti yoghurt, namun probiotiknya tidak disarankan dari WHO. Ada ketentuan atau syarat probiotik yang baik menurut WHO :
  1. Bakterinya berasal dari manusia (kalau yoghurt probiotiknya dari fermentasi susu sapi).
  2. Bakteri harus hidup
  3. Jumlahnya harus cukup 10 pangkat 7 - 10 pangkat 12.
  4. Tahan terhadap asam lambung 
  5. Menguntungkan bagi kesehatan tubuh
  6. Stabil pada saat proses produksi
  7. Tidak berubah menjadi patogen (bakteri jahat)
  8. Telah dibuktikan melalui uji klinik 
  9. Idealnya levelnya sampai strain (spesifik)
  10. Beda jenis probiotik beda pula dosis sehinggamemerlukan penelitian agar tahu manfaatnya
  11. Dapat bertahan hidup di saluran cerna
  12. Menghasilkan zat asam antimikroba

Bermacam probiotik

Probiotik bisa dikatakan dapat memberikan manfaat kesehatan apabila terdokumentasi secara strain (bukan hanya species). Maksudnya begini, probiotik itu berbeda-beda dan diklasifikasikan melalui uji klinik. Penting untuk diuji agar terlihat bukti sampai tingkat strain. Lactobacillus Reuteri Protcetis salah satu probiotik yang banyak diteliti manfaat dan keamanannya dan dipatenkan oleh BioGaia, perusahaan bioteknologi Swedia yang dikenal sebagai World Leader in Probiotics. Direkomendasikan dokter di lebih dari 90 negara.

Pernah dengar Prebiotik dan Sinbiotik? Prebiotik adalah berbagai jenis nutrisi yang diperlukan oleh bakteri baik di dalam tubuh untuk kehidupannya. Contohnya FOS/GOS (Frukto/Galakto Oligosakarida) yaitu Bifidobacteria dan Lactulose yaitu Lactobacilli, sedangkan Sinbiotik adalah campuran dari probiotik dan prebiotik. Peneliti potensi Lactobacillus 125 tahun yang lalu adalah Louis Pasteur, dan konsepnya oleh Metchnikoff Elie.

Grafiik mikroflora pada bayi ASI dan susu formula

Dalam diri manusia terdapat mikroflora. Pada saluran cerna mikroflora sangat dibutuhkan dan adanya perkembangan dalam saluran cerna. Mulai dari di dalam perut ibu usus janin atau bayi baru lahir masih steril, beberapa jam kemudian kemasukan makanan atau minuman lalu segera tumbuh koloni (mikroflora) yang isinya bakteri baik (probiotik), patogen atau jamur sekitar 400-500 species. Pada proses bayi lahir normal dan operasi memiliki koloni bakteri yang berbeda.

Dikutip dari artikel idai.or.id bahwa "Saluran cerna bayi pada saat baru lahir adalah steril. Segera setelah lahir pervaginam, bayi akan dikelilingi oleh bakteri yang berasal dari ibu dan lingkungannya. Sampai pada hari ke 3-4, kolonisasi mikroflora pada semua bayi hampir sama. Perkembangan mikroflora baru terjadi pada minggu kedua dan ketiga kelahiran"Probiotik bisa diindikasikan pada diare, kolik pada bayi baru lahir dan pertolongan pada bayi NEC (Necrotizing Enteroxolitis) atau prematur. 







INTERLAC
Teman Baik Ususmu


Sudah jelaskan mengenai probiotik? Kalau masih penasaran, ada produk suplemen probiotik di Indonesia. Tentunya melalui kerjasama antara BioGaia dengan PT Interbat. Pada sesi penjelasan selanjutnya pak Mohamad Nurhadi menjelaskan mengenai tentang Interlac, bagaimana keamanan dan manfaat, serta variannya. Tapi kalau kalian ke Singapura, merek probiotik ini bernama BioGaia.

 Mohamad Nurhadi
Brand Manager Interlac


Apa itu Interlac ?
INTERLAC merupakan produk impor dari BioGaia perusahaan di Swedia yang dikenal sebagai World Leader in Probiotics. Satu-satunya suplemen probiotik di Indonesia yang mengandung probiotik Lactobacillus reuteri Protectis. Lactobacillus reuteri Protectis merupakan salah satu probiotik yang banyak diteliti di dunia, dengan efikasi dan keamanan yang teruji klinis untuk segala usia. 



Keamanan dari Interlac
Sampai akhir tahun 2016, Interlac sudah teruji klinis pada lebih dari 12.754 pasien di 152 uji klinis. Terbukti aman tanpa efek samping untul segala usia termasuk bayi prematur, bayi baru lahir, bayi dan anak-anak, remaja, dewasa, lansia, ibu hamil, bahkan penderita HIV. Bukti keamanan probiotik Interlac mendapatkan predikat GRAS (Generally Recognized as Safe) dari US FDA yang merupakan sertifikasi keamanan tertinggi untuk suplemen makanan. 

Berbeda dengan probiotik lainnya, formulasi Interlac sama sekali tidak mengandung laktosa sehingga aman dikonsumsi untuk bayi sejak hari pertama kelahiran termasuk bayi yang lactose-intolerant. Makanya Interlac menjadi probiotik pilihan dokter di lebih 90 negara bahkan dipakai langsung di unit NICU rumah sakit.

Keefektivitasan Interlac terhadap usia


Apa Manfaat Interlac ? 
Banyak sekali manfaat Interlac bagi kesehatan saluran cerna antara lain : 
  • Menjaga kesehatan saluran cerna 
  • Terapi dan pencegahan diare, konstipasi, regurgitasi (gumoh), dan distensi abdomen (kembung)
  • Terapi dan pencegahan kolik infantil (tangisan berlebih pada bayi berusia dibawah 4 bulan yang disebabkan oleh gangguan pencernaan)
  • Terapi dan pencegahan NEC (Necrotizing Enterocolitis), penyebab kematian nomor satu pada bayi lahir prematur
  • Meningkatkan sistem imun, mencegah alergi dan meningkatkan daya tahan tubuh
  • Mendukung perkembangan neurologi (syaraf) yang optimal pada bayi
  • Terapi functional abdominal pain (sakit perut) pada anak-anak 
  • Mengurangi efek samping penggunaan antibiotik
  • Terapi pendamping antibiotik untuk infeksi Helicobacter pylori

INTERLAC Sebagai Terapi Diare
Seperti yang saya katakan di atas, bahwa diare penyebab terbesar kematian pada bayi dan balita. Mengapa Interlac menjadi pilihan para dokter untuk diare pada anak ? 
  1. Penyembuhan lebih cepat : Memberikan efek penyembuhan lebih cepat dibandingkan placebo. 74% bayi yang memakai Interlac sembuh dari diare di hari kedua, dibandingkan dengan grup placebo hanya 19%.
  2. Mengutangi frekuensi diare : penggunaan Intetlac pada bayi yang terserang diare mengurangi frekuensi diare per hari dibandingkan grup plasebo (1,9x di grup Intetlac vs 3,4x di grup placebo.
  3. Mengurangi risiko terkena diare : pada uji klinis selama 12 minggu pada 201 bayi, pemberian Interlac menurunkan angka kejadian diare sebesar 74,6% dibandingkan grup plasebo. Selain itu bermanfaat mengurangi angka kejadian demam sebesar 79,5% dibandingkan plasebo.

Setiap orang tua pasti menginginkan kesehatan anak selalu terjaga. Bersamaan dengan ini, Interlac mengadakan kampanye Interlac Probiotik - Healthy Tummy Happy Baby. Pak Nurhadi mengatakan bahwa Kesehatan anak itu paling utama. Salah satunya menjaga kesehatan saluran cernanya. Interlac secara uji klinis aman untuk bayi baru lahir dan terbukti efektif menjaga kesehatan saluran cerna untuk kualitas hidup yang lebih baik. 


Rangkaian Produk Interlac
Interlac memiliki 3 rangkaian produk yang lengkap dari bayi baru lahir,anak-anaka, dewasa dan lansia. Rangkaiannya yaitu Interlac Oral Drops, Interlac Sachet, Interlac Tablet Kunyah.


Interlac Oral Drops


Interlac Oral Drops

Komposisi : Tiap 5 tetes mengandung Lactobacillus reuteri Protectis 17938 atau 10 pangkat 8 CFU.

Kegunaan : Interlac Oral Drops merupakan satu-satunya probiotik dengan sediaan oral drops di Indonesia, yang cocok untuk bayi baru lahir sampai usia 1 tahun. Formulasinya tidak mengandung laktosa jadi aman untuk bayi bahkan yang intoleransi laktosa. 

Aturan pakai : 5 tetes, 1x sehari atau sesuai anjuran dokter.

Keterangan  : Kocok dengan baik sebelum digunakan, dianjurkan menggunakan sendok. Rasanya netral untuk bayi dan anak-anak usia 0-3 tahun. 1 botol = 125 tetes untuk penggunaan 25 hari. 

Rekomendasi Harga   : Rp.302.500 / botol



Interlac Sachet


Komposisi : Tiap sachet mengandung Lactobacillus reuteri Protectis 17938 atau 10 pangkat 8 CFU.

Kegunaan : Interlac sachet merupakan suplemen untuk membantu memelihara kesehatan pencernaan.  Formulasinya tidak mengandung laktosa jadi aman untuk bayi bahkan yang intoleransi laktosa. 

Aturan pakai : 1 sachet, 1x sehari atau sesuai anjuran dokter.

Keterangan : Larutkan dalam sedikit air, dianjurkan menggunakan sendok, rasa netral untuk bayi dan anak 1 - 5 tahun.

Rekomendasi Harga : Rp. 360.000/box
                                          Rp. 12.000/sachet



INTERLAC Tablet Kunyah Strawberry


Komposisi  :  Tiap tablet kunyah mengandung Lactobacillus reuteri Protectis 17938 atau 10 pangkat 8 CFU.

Kegunaan : Interlac sachet merupakan suplemen untuk membantu memelihara kesehatan pencernaan.  Formulasinya tidak mengandung laktosa jadi aman untuk bayi bahkan yang intoleransi laktosa.

Aturan pakai : 1 tablet kunyah, 1x sehari atau sesuai anjuran dokter.

Keterangan : Tablet kunyah strawberry cocok untuk anak usia 6-12 tahun.

Rekomendasi Harga : Rp. 330.000/box
                                          Rp.11.000/tablet 



INTERLAC Tablet Kunyah Lemon



Komposisi  :  Tiap tablet kunyah mengandung Lactobacillus reuteri Protectis 17938 atau 10 pangkat 8 CFU.

Kegunaan : Interlac sachet merupakan suplemen untuk membantu memelihara kesehatan pencernaan.  Formulasinya tidak mengandung laktosa jadi aman untuk bayi bahkan yang intoleransi laktosa.

Aturan pakai : 1 tablet kunyah, 1x sehari atau sesuai anjuran dokter.

Keterangan : Tablet kunyah lemon cocok untuk dewasa. 

Rekomendasi Harga : Rp. 330.000/box
                                          Rp.11.000/tablet 


Indikasi & rekomendasi pemakaian 
Dosis : 1x sehari

Durasi pemakaian
Diare          : 5 hari pemakaian
Konstipasi : 2 minggu pemakaian
Gumoh       : 4 minggu pemakaian
Kolik           : 3 minggu pemakaian


Keseruan Interlac blogger gathering

Menjaga kesehatan saluran cerna itu penting. Kesimpulan yang bisa saya dapat dari pemaparan dr. Intan Diana Sari dan pak Nurhadi :

✔ Gunakan probiotik jika ingin mendapatkan
      saluran cerna yang sehat dan imunitas yang
      baik.
✔ Probiotik dapat menjaga keseimbangan                 mikroflora saluran cerna agara sehat.
✔ Pemilihan probiotik harus sesuai kriteria
      WHO.
✔ Probiotik yang dipilih seharusnya memiliki
      strain.
✔ Probiotik juga harus terbukti bermanfaat dan      aman dari hasil uji klinik.

Bagaimana teman sudah mengerti kan pentingnya kesehatan saluran cerna dan pentingnya probiotik? Saluran cerna yang sehat sangat menentukan performa keseharian anak maupun orang dewasa. Sekarang nggak perlu bingung atau sulit mendapatkan produk Interlac karena mudah sekali mendapatkannya. Interlac bisa diperoleh di Guardian, Apotek terdekat, Halodoc, Go-Med App, Lazada.co.id. Info lengkap tentang Interlac bisa ikuti sosial medianya.


Website 
Www.interlac-probiotics.com


Instagram
@interlacprobiotics


Facebook
Interlacprobiotics



Keponakanku Khanza sudah nggak diare lagi berkat Interlac



***

Tidak ada komentar