Senin, 03 Juli 2017

# Caladine Baby # kesehatan kulit

Perawatan Kulit Agar Tetap Bersih dan Sehat

Menjadi seorang ibu itu luar biasa. Banyak hal mengagumkan dan melelahkan yang dirasakan. Tapi semua itu terbayarkan dengan kondisi anak yang sehat. Seperti saya saat ini yang memiliki bayi mungil berusia satu setengah bulan. Saya selalu ingin memberikan yang terbaik untuk Sagara. Terutama saya ingin memberikan ASI eksklusif dan sampai dua tahun. Karena ASI adalah asupan terbaik untuk bayi. Selain itu kesehatan sangat saya perhatikan terutama pada kulitnya. 

Sekitar seminggu setelah Sagara lahir ke dunia, muncul bintik - bintik seperti biang keringat di area wajah, leher, punggung, kepala dan perut. Area lainnya seperti pangkal paha dan kaki tidak terlalu banyak. Ibuku bilang bintik - bintik seperti biang keringat ini disebut sarap atau nama medisnya dermatitis seboroik. Dermatitis seboroik yaitu penyakit kulit yang biasanya mengenai kulit kepala dan area tubuh yang berminyak, seperti punggung, wajah, dahi, ketiak, pangkal paha, serta dada bagian atas. Pada kulit kepala, penyakit ini menyebabkan kulit berwarna merah, berketombe, dan bersisik. Jika terjadi pada bayi disebut cradle cap. (http://www.alodokter.com/dermatitis-seboroik).


Dermatitis Seboroik  muncul di wajah
 saat usia 2 minggu

Dermatitis sereboik sering terjadi dengan bayi baru lahir. Nantinya juga akan hilang sendiri. Ada beberapa teman saya yang tidak mengetahuinya atau pernah dialami tapi tidak tahu kalau itu dermatitis seboroik. Mungkin yang terjadi pada anak saya kondisinya terlalu parah. Bahkan ada yang bilang penyebabnya karena keturunan. Bukan ! Dermatitis sereboik bukan penyakit turunan. Hal ini terjadi berkaitan dengan jamur malassezia yang terdapat pada pelepasan minyak di permukaan kulit. Sekarang kulit Sagara sudah  normal dan mulus.

Cuaca saat ini tidak menentu, kadang panas kadang hujan. Kalau cuaca sedang panas membuat kedua anakku Sagara dan Arkana cepat merasa gerah dan muncul biang keringat yang menjadikan kulitnya iritasi di bagian leher, punggung dan pangkal paha. Begitu juga bagian (maaf) pantat Sagara menjadi ruam. Saya harus memberikan produk khusus untuk mengatasi iritasi yang dialami oleh buah hati saya. Selama masih iritasi ringan saya tidak perlu ke dokter. Biasanya saya pakai rangkaian produk dari Caladine yang terdiri dari sabun cair, bedak dan lotion. Produk Caladine adalah produk keluarga. Jadi penggunaannya tidak hanya untuk anak-anak saja, orang dewasapun bisa. 


Sagara mandi dengan sabun caladine cair

Saya lebih menyukai varian liquid soap Caladine karena lebih ekonomis, sabunnya tidak tersentuh langsung dengan orang lain (seperti sabun batangan), warnanya bening dan wanginya harum. Sabun Caladine cair ada dua ukuran yaitu 100 ml dan 200 ml. Kalau habis sabunnya bisa membeli yang refil dan dimasukkan lagi ke dalam botolnya. Penggunaannya 2x saat mandi pagi dan sore hari. 


Dua varian sabun Caladine cair

Sabun Caladine cair dapat merawat dan membersihkan kulit bayi akibat iritasi ringan karena mengandung :


  1. Alpha Bisabol sebagai anti iritasi, merawat kulit yang kemerahan akibat iritasi ringan pada kulit bayi.
  2. Vitamin B5 yang melembabkan kulit bayi.
  3. Olive Oil yang melindungi kulit bayi dari kekeringan.

Caladine juga memiliki bedak tabur yang bervariasi. Untuk bedak hanya bisa digunakan pada anak diatas 3 tahun. Jadi Sagara belum boleh pakai ya. Ada 3 varian keharuman yang diberikan yaitu Original, Soft Comfort dan Active Fresh. 


Caladine Original dan Soft comfort

Bedak tabur caladine Original memberikan wangi khas dari caladine. Bedak ini berwarna hijau pada kemasannya. Berfungsi untuk pencegahan karena biang keringat dan gigitan serangga. Tersedia dalam ukuran 220 g, 100 g dan 60 g.

Kalau Soft Comfort memberikan wangi baru yang lembut untuk keluarga. Kemasan bedak ini berwarna biru muda. Fungsinya untuk pencegahan akibat biang keringat dan gigitan serangga. Tersedia dalam ukuran 220 g, 100 g dan 60 g.

Active fresh bagi yang menyukai keharuman menyegarkan. Kemasannya berwarna merah muda. Fungsinya untuk mengurangi gatal-gatal karena biang keringat dan gigitan serangga. Tersedia dalam ukuran 220 g, 100 g dan 60 g.


Caladine Active fresh

Ketiga bedak tabur caladine ini mengandung Talc, Calamine, Zinc oxide, Fragrance, Camphor, Menthol.

Produk Caladine lainnya yaitu lotion. Setelah mandi bisa oleskan lotion Caladine di area yang terkena iritasi. Selain itu bisa juga mengobati gatal karena gigitan serangga dan berfungsi sebagai anti-alergi, antiseptik dan penyejuk kulit. Lotion Caladine mengandung Calamine 5%, Oxide 10%, Diphenhydramine HC1 2%. Gunakan setelah mandi pagi dan sore hari.


Lotion Caladine

Nah, itu dia rangkaian produk perawatan kulit yang bisa digunakan seluruh keluarga. Caladine merupakan brand heritage, sudah lama dan turun menurun. Pasti keluarga Indonesia sudah mengetahui varian produk Caladine. Di produksi oleh PT Galenium Pharmasia Laboratories, berawal dari Apotik  Nitra  pada awal 1960-an, Joesoef B.S. dan putranya, dr. Eddy Joesoef, memutuskan untuk tidak hanya ambil bagian dalam bisnis Apotik , tetapi juga ikut dalam memproduksi obat-obatan. Sampai sekarang perusahaan ini terus berkembang. Produknya tidak hanya Caladine tapi ada juga Belsoap, Bioderm, Dermafoot, dll. Produk Caladine bisa dibeli di toko resmi galenium, apotik atau toko obat.

Pilihan produk perawatan kulit yang tepat akan memberikan dampak yang baik bagi kesehatan keluarga. Apalagi untuk anak-anak untuk mendukung tumbuh kembangnya secara sempurna. Caladine Baby bisa jadi rekomendasi untuk bayi ibu semuanya. Tapi jika ada indikasi berlanjut langsung konsultasikan ke dokter ya. 



Rangkaian produk Caladine



***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar