Sabtu, 15 April 2017

# Edukasi kehamilan dan menyusui # PPEJ

Nikmati Perjalanan Kehamilan Ibu Bersama Prenagen dan Hallo Bumil

Kehamilan adalah momen yang paling ditunggu setiap pasangan yang sudah menikah. Memiliki keturunan yang sempurna, sehat dan pintar adalah keinginan yang wajar. Ada yang baru menikah beberapa bulan langsung dikaruniai buah hati atau ada yang harus menunggu bertahun - tahun untuk memiliki keturunan dengan berbagai macam cara dilakukan. Anak adalah rejeki dariNya. Sebagai manusia hanya bisa berusaha dan berdoa. 

Seperti saat ini, saya bersyukur sekali bisa diberi kesempatan olehNya untuk memiliki anak kedua. Perjalanan kehamilan ini saya sangat nikmati. Saya sempat sakit di bulan ke 6 karena asma kambuh. Namun semua itu sudah terlewati dengan rasa semangat dan tetap sehat selama kehamilan ini. Untuk memperdalam pengetahuan tentang kehamilan dan menyusui, saya sering mengikuti acara edukasi tentang kehamilan dan menyusui. Salah satunya yaitu acara PRENAGEN PREGNANCY EDUCATIONAL JOURNEY (PPEJ) - Siapkan Awal Kehidupan Terbaik Si Kecil dan peluncuran aplikasi pendamping kehamilan Hallo Bumil  yang diselenggarakan pada tanggal 8 April 2017 di Pullman Hotel, Central Park, Jakarta. 



PRENAGEN 
Pregnancy Educational Journey
Terbaik untuk yang Teristimewa


Saya baru kali ini mengikuti acara PRENAGEN Pregnancy Educational Journey (PPEJ).  Alasannya karena momennya pas sekali dengan kehamilan saya. Walaupun kehamilan anak kedua, saya masih butuh informasi yang up to date dan valid dari narasumber terpercaya. Acara PRENAGEN Pregnancy Educational Journey adalah event tahunan dan acara edukasi telengkap dari Prenagen yang diperuntukkan bagi calon orang tua di berbagai kota. Kota pertama adalah Jakarta dan akan menyusul kota-kota lainnya. Tema yang diangkat adalah Terbaik untuk yang Teristimewa. Kenapa? Karena para orang tua ingin anak-anak mendapatkan yang terbaik untuk kehidupannya kelak.

Kegiatan ini juga sebagai rangkaian kampanye “PRENAGEN Peduli, Ibu Sehat Indonesia Sehat ” di tahun 2017 & bentuk apresiasi kepada jutaan ibu hamil yang sudah memilih PRENAGEN. PRENAGEN sebagai Ahlinya Nutrisi Kehamilan dan Menyusui ingin selalu menjadi “sahabat terbaik“, menemani para calon orang tua dalam menjalankan perannya, dan memberikan edukasi secara berkelanjutan. Prenagen sudah 30 tahun menemani perjalanan kehamilan dan menyusui para ibu.

Pagi-pagi sekali saya berangkat menuju Pullman Hotel dengan dresscode berwarna ungu. Perjalanan pagi itu sangat mendukung alias tidak macet dan cuaca cerah. Sesampainya di ballroom sudah banyak peserta yang hadir dan mengantri di barisan registrasi. Untungnya saya dapat kemudahan akses registrasi. Jadi tidak perlu mengantri lama.

Antrian registrasi peserta PPEJ 

Antrian ini cukup memakan waktu begitu lama. Sambil menunggu pintu ballroom dibuka saya berkeliling ke booth-booth yang ada. Ada booth pembelian susu Prenagen, booth demo masak menu sehat ibu hamil oleh chef, booth foto, booth konsultasi kehamilan dll. Selama menunggu peserta juga bisa mencicipi susu dan juice Prenagen secara free yang ditawarkan oleh petugas. Saya puas banget nyobainnya 😊.


Pintu ballroom dibuka sekitar jam 9.30 WIB dan langsung diserbu oleh para peserta. Saya memilih urutan bangku paling depan agar lebih jelas melihat ke arah panggung. Seru sekali event akbar ini yang dihadiri oleh para calon ibu yang sedang merencanakan kehamilan, ibu hamil dan menyusui. Lebih bangganya lagi ada juga para suami ikut mendampingi istrinya selama mengikuti acara ini. Sayang suamiku tak bisa ikut karena masih masuk kerja 😟. Acara dibuka oleh sambutan hangat dari artis sekaligus ibu beranak 3 yaitu Mona Ratuliu sebagai moderator. Sambutan hangatnya meramaikan suasana seisi ballroom.

Diawal acara menghadirkan perwakilan dari PT Kalbe Nutritionals, pak Adi Wahyu. Beliau menyatakan Prenagen ingin selalu mendampingi para calon orang tua dalam mengisi perjalanan kehamilan para ibu. Oleh karena itu, acara PPEJ sebagai acara edukasi bagi para orang tua. Hadir pula ketua POGI (Perhimpunan Dokter Ahli Kandungan) dr. Budi. POGI memiliki program Merencanakan, Menyiapkan dan Menjaga kehamilan. Konsep 1000 HPK sangat penting bagi kehidupan janin kedepannya. Pada ibu hamil dianjurkan minum susu ibu hamil. Tapi ada beberapa ibu yang kurang suka dengan susu hamil karena beranggapan rasanya yang kurang enak. Boleh minum fresh milk, tapi kandungannya berbeda dengan susu hamil. PRENAGEN PRENAPRO, Formula terbaru PRENAGEN yang dirancang khusus untuk memberikan solusi nutrisi dalam membantu memenuhi kebutuhan & kekhawatiran ibu.

Ini lho bedanya kandungan susu hamil dan fresh milk

Sebagai susu ahlinya nutrisi kehamilan dan menyusui, Prenagen memiliki varian susu dan juice yang bisa dinikmati. Varian yang lengkap mulai dari persiapan kehamilan sampai menyusui. 9 dari 10 ibu hamil mengalami mual muntah diawal kehamilan. Maka itu perlu nutrisi yang bisa melengkapi asupan ibu hamil.

Varian susu Prenagen
Foto dok. Prenagen

Brand ambassador Prenagen Andien Aisyah, ibu muda beranak satu ini hadir di acara PPEJ. Didampingi oleh suami tercinta, biasa dipanggil Ippe, Andien menceritakan pengalamannya memiliki anak pertama, Kawa. Selama kehamilan Andien selalu melakukan olahraga, konsumsi makanan sehat dan bergizi dan minum susu hamil. Peran suami juga penting selama kehamilan. Mas Ippe selalu menemani Andien saat konsultasi ke dokter atau olahraga. Bahkan sempat nyicipin susu hamil juga. Wah, doyan juga ya mas...😊

Sharing session bersama Andien dan suami (Ippe)

Acara ini dihadiri oleh 2 narasumber dokter yang sudah ahli dibidangnya. Pertama ada dr. Boy Abidin, SpOG (K). Dokter kandungan favorit para ibu hamil. Ia membahas tentang Dampak Penting Kesehatan Plasenta Untuk Perjalanan Kehidupan Si Kecil. Apa itu plasenta? Masih banyak ibu hamil di ruangan itu belum mengetahui. Plasenta adalah organ spesifik kehamilan yang berfungsi dalam transportasi nutrisi dan oksigen dari ibu kepada janin yang dikandungnya. Jadi apa yang ibu konsumsi akan dialirkan kepada janin melalui plasenta. Ibu hamil harus mendapatkan nutrisi yang seimbang terdiri dari makro dan mikro nutrisi. Ibarat penghantar, nutrisi ibu hamil harus terpenuhi, maka mengonsumsi susu ibu hamil adalah kendaraan terbaik. Letak plasenta berada di tempat yang banyak makanannya.

dr.Boy Abidin, SpOG (K) hadir di panggung

Plasenta melekat pada fundus, ada 2 permukaan, beratnya 1/6 dari berat janin, ada 20 kotiledon dan tersambung dengan tali pusat. Plasenta memiliki peran penting bagi janin yaitu membawa zat nutrisi dan oksigen ke janin, membuang zat beracun, mekanisme imunologi, produksi hormon untuk perkembangan janin. Jika plasenta mengalami komplikasi serius bisa mengakibatkan preeklmasia, prematuritas, diabetes dalam kehamilan dan kematian janin.

Sirkulasi nutrisi dari ibu ke janin melalui plasenta

"Ibu hamil tidak boleh minum kopi, alkohol, merokok, apalagi stress. Karena bisa menghambat perkembangan janin. Kehamilan tanpa plasenta adalah semu" jelas dr.Boy Abidin.

Narasumber kedua yaitu dr. Herbowo AF Soetomenggolo, SpA (K) mengenai Pengaruh Nutrisi Terhadap Pembentukan Sistem Saraf & Redflag Si Kecil. Nutrisi sangat penting untuk perkembangan janin selama kehamilan dan menyusui. Masih ingat pentingnya 1000 hari pertama kehidupan. Dimana semua diawali ketika ibu mengetahui kehadiran jabang bayi dalam rahimnya sampai usia 3 tahun. Di masa - masa itulah bisa dibilang golden period.  Tumbuh kembang bayi baru lahir sangat ditentukan oleh pemberian nutrisi dimasa kehamilan  menyusui. Pemberian nutrisi seperti asam lemak, DHA, Omega 3, Omega 6 serta kolin selama masa kehamilan & menyusui akan membantu pembentukan sistem saraf pusat.

Sharing session bersama dr.Herbowo

ASI adalah nutrisi terbaik bagi bayi. Banyak zat bermanfaat pada ASI yang membantu proses pembentuk syaraf pusat. Terutama saat melakukan Inisiasi Menyusui Dini (IMD) susu pertama yang keluar yaitu kolostrum sangat bermanfaat untuk imunitas bayi. Mengandung tinggi kolesterol penunjang pembentukan mielin (selubung penghantar impuls syaraf). Syaraf selalu dibentuk selama proses pertumbuhan. Zat besi sangat penting untuk perkembangan otak, apabila kekurangan bisa mengakibatkan keterlambatan perkembangan. Ukuran lingkar kepala bisa menentukan besar atau kecilnya otak. Sebanyak 50% otak sudah terbentuk saat bayi dalam kandungan. Maka pengukuran lingkar kepala saat lahir justru berperan penting dalam pemantauan perkembangan syaraf.

Tiap kali cek ke dokter tanyakan mengenai tumbuh kembang bayi. Karena jika seorang anak tidak melalui tahap-tahap perkembangan sesuai usianya maka termasuk dalam Red Flag yaitu perkembangan yang harus sudah dilalui anak pada usia tertentu. Misal usia 6 bulan anak sudah bisa tersenyum dengan ayah ibunya, mengenali arah suara, berguling atau gapai mainan. Tumbuh kembang otak didasari oleh nutrisi dan stimulasi yang baik makin sedikit sinaps yang berkurang setelah usia 2 tahun. Jangan kelebihan juga memberikan stimulasi karena anak bisa kelelahan atau kurang istirahat.

"Jangan pernah membanding-bandingkan anak karena mereka memiliki potensi masing-masing" pesan dr. Herbowo.

Oleh karena itu, untuk membentuk anak yang cerdas dan sehat harus dimulai dari masa kehamilan dan menyusui. Berdasarkan penelitian prediksi IQ anak berasal dari ibu 40% dan 60 % dari nutrisi. Setelah mendapatkan ilmu dari kedua dokter hebat, saatnya Chef Eddrian Tjhia, Healthy Lifestyle Chef, demo masak khusus buat ibu hamil. Resep yang dikreasikan dari susu Prenagen Prenapro Mommy dan bahan bergizi lainnya. Menu yang dibuat adalah Chia Seeds Pudding dan Smoothie Bowl.

Andien dan Chef Eddrian
Foto dok.Prenagen

Selain nutrisi yang sehat dan bergizi, ibu hamil juga butuh olahraga. Dalam acara ini Prenagen memperkenalkan senam PRENAFit untuk ibu hamil dan ibu yang memiliki anak dimulai usia 4 bulan. Senam ini memiliki manfaat bagi ibu dan bayi. Senam dipandu oleh Adianti Reksoprodjo, instruktur pertama di Indonesia yang memiliki sertifikat untuk senam prenatal dan post-natal

Manfaat senam PRENAFit bagi ibu hamil :
  1. Membantu ibu lebih rileks
  2. Mencegah kenaikan berat badan yang berlebihan
  3. Meningkatkan stamina & kekuatan otot yang dibutuhkan saat menjalankan proses persalinan 
  4. Mengurangi risiko terjadinya diabetes gestasional & tekanan darah tinggi pada saat hamil 
  5. Mengurangi risiko bayi lahir dengan berat badan lebih dari rata – rata / fetal macrosamia. 


Manfaat senam PRENAFit bagi bayi : 
  1. Menurunkan resiko obesitas pada bayi dikemudian hari ,dikarenakan ketika lahir, kadar lemak tubuh bayi
  2. Bayi lebih tenang 
  3. Memiliki skor kecerdasan umum yang lebih tinggi & kemampuan bahasa lisan yang lebih baik sampai ke usia 5 (Clapp,1998)


Senam PRENAFit bersama Adianti Reksoprodjo


Hallo Bumil
Aplikasi Pendamping Kehamilan Ibu
Dari PT Cakra Radha Mustika


Di era yang serba digital ini semua aktifitas sehari-hari hampir menggunakan gadget. Menjadi suatu kebiasaan dengan gadget bisa mencari informasi. Saya mencari informasi seputar kehamilan di internet. Tinggal cari keywordnya, klik, langsung dapat info yang diinginkan. Menurut data internal facebook sebanyak 88 juta dari 253,6 juta jiwa atau sekitar 32% pengguna aktif facebook di Indonesia. Dari 88 juta pengguna, 94% nya mengakses facebook dari mobile gadget. Melihat kondisi seperti ini, PT Cakra Radha Mustika memberikan inovasi berupa aplikasi Hallo Bumil yang mendukung para calon ibu untuk mendapatkan panduan selama menjalani kehamilan.

Logo Hallo Bumil

Hallo Bumil sengaja diluncurkan pada acara Prenagen Pregnancy Educational Journey sebagai pendekatan kepada konsumen terutama ibu hamil dan menyusui. Hallo Bumil adalah aplikasi pendamping kehamilan pertama di Indonesia yang interaktif dan memberikan informasi kepada ibu yang sedang hamil tepat pada waktunya. Hallo Bumil dibuat oleh PT Cakra Radha Mustika dengan tim medis berpengalaman. Sebelumnya aplikasi Hallo Bumil ini bernama ILuvubaby. PRENAGEN Ahlinya Nutrisi Kehamilan dan Menyusui dan KALBE Nutritionals adalah sponsor utama dari aplikasi Hallo Bumil.


Aplikasi ini dibuat secara interaktif dengan gaya yang unik sehingga info yang diberikan mudah dipahami dan digunakan. Saya menggunakan aplikasi ini untuk memantau perkembangan janin. Bisa mengetahui pertumbuhan janin dari minggu ke minggu, dari awal terbentuknya janin sampai informasi mengenai nilai gizi dan nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil. Hallo Bumil bisa diunduh di https://play.google.com/store/apps/details?id=crm.iluvubaby&hl=en.

Tampilan Profil saya

Ada beberapa fitur yang terdapat di aplikasi ini. Gunanya bisa memonitor perkembangan janin. Ada fitur Kontrol Kehamilan yang penting membantu ibu dalam memonitor kehamilan lewat berat badan mingguan. Masukkan berat badan dan akan muncul kesimpulan apakah beratnya under, normal atau over. Ada artikel yang bisa dibaca untuk menyarankan agar tetap stabil berat badan ibu hamil.

Fitur Kontrol Kehamilan

Ada fitur Timeline Kehamilan dimana para calon ibu bisa memonitor perkembangan janin dari minggu ke minggu. Di fitur ini saya bisa melihat perubahan demi perubahan bentuk janin dari segumpal daging sampai sempurna anggota tubuhnya. Kebetulan minggu ini kehamilanku memasuki minggu ke 36. Saya bisa melihat bentuk sempurnanya bayi seperti apa, anjuran memeriksakan kandungan ke dokter untuk USG seminggu sekali dan artikel untuk persiapan persalinan normal.

Timeline KehamilankuFotur

Fitur berikutnya yaitu Artikel untuk memberikan informasi mengenai kebutuhan nutrisi ibu dan bayi selama usia kehamilan. Artikelnya sesuai usia kehamilan dan tampilannya unik karena si kecil seperti bercerita dengan ibu mengenai pertumbuhannya dari hari ke hari. Tiap minggunya ada beberapa artikel yang diberikan. Seperti minggu ke 36 ini ada 4 artikel yang bisa saya baca.

Fitur artikel kehamilanku

Momen kehamilan selama 9 bulan memang sulit dilupakan. Setiap momennya mempunya cerita tersendiri dan bisa diabadikan melalui foto. Di aplikasi Hallo Bumil saya bisa menyimpan foto-foto kehamilan dari minggu ke minggu di album foto. 

Album fotoku

Perkembangan jaman terus berjalan dan teknologi juga terus berkembang. Kebiasaan masyarakat pastinya ingin yang cepat dan praktis. Melihat kondisi yang seperti ini Prenagen sebagai Pemimpin Pasar untuk Nutrisi Kehamilan dan Menyusui terpercaya di Indonesia akan terus mendukung aplikasi Hallo Bumil sebagai panduan dan sumber informasi seputar kehamilan. Honestly, saya sangat terbantu dengan aplikasi ini. Saya bisa langsung mengetahui kondisi kehamilan dan disertai informasi lengkap. Seperti memiliki dokter kandungan pribadi dalam genggaman. Mengikuti acara PRENAGEN Pregnancy Educational Journey ini memberikan kesadaran penuh akan pentingnya nutrisi bagi ibu hamil dan menyusui. Acara ini akan diselenggarakan di beberapa kota lainnya seperti Yogyakarta, Surabaya, Medan dan Palembang. Jadi, jangan sampai ketinggalan para calon orang tua mengikuti acara bermanfaat dan seru ini.

Komitmen peserta dan narasumber
Foto dok.fanpage Prenagen

Sebelum acara usai, semua peserta yang hadir bersama para narasumber berkomitmen untuk menjaga nutrisi selama kehamilan dan menyusui dengan minum Prenagen untuk membuat generasi platinum "Ibu Sehat Ibu Indonesia".


Untuk info lebih lanjut hubungi

Twitter

Fanpage Facebook

Instagram
@prenagenworld



PRENAGEN
Ahlinya Nutrisi Kehamilan dan Menyusui


***

19 komentar:

  1. Ciee.. Bumil cocok banget nih pake aplikasi ini..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya bu, sangat membantu sekali aplikasi Hallo Bumil. Jadi berasa punya dokter kandungan pribadi

      Hapus
  2. Mantaff makkk sharenya sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  3. Komplit mak reportasenya, slmt menungu hari kelahiran ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Doain ya mamih Uli agar lancar persalinan nanti

      Hapus
  4. Mba Nurul pas banget datang ke acara ini. Sehat sehat ya bumil :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya betul mba Alida. Jadi tambah pinter saya ...

      Hapus
  5. Wuaaa si dedeknya mba nurul udah gede ya. Udah lengkap organnya. Semangat2 siap menunggu lahiran nih stelah ikut PPEJ. 😊

    BalasHapus
  6. Wah, mak nuruuul..cocok banget ini kamuh ikut acaranya.infonya sarat ilmu

    BalasHapus
    Balasan
    1. ilmunya pas banget mak sama kondisiku saat ini. jadi nambah pinter deh

      Hapus
  7. Mbaaaa ternyata dikau kelahiran tahun 88, beda setahun kita ternyata yak kwkwkw #gagalFokus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keliatan masih kayak anak SMA ya? hehehe...pasti kamu lebih tua dari aku

      Hapus
  8. Salut sama bumil satu ini aktif banget, sehat-sehat ya bumil, sampai Hari H. .

    BalasHapus
  9. Sehat sehat terus ya bumil .. Semoga lahirannya lancar, baby dan mommynya sehat

    BalasHapus