Rabu, 12 April 2017

# berani berbagi # Lembaga sosial

Kegiatan Menyambut Ramadhan Bersama Sekolah Relawan

Tidak terasa beberapa minggu lagi bulan Ramadhan tiba. Suasana bulan suci sudah mulai terasa. Apalagi kalau memasuki minimarket sudah berjejer kaleng-kaleng biskuit dan sirup, semakin kental suasana Ramadhan. Aduh, kenapa jadi omongin makanana ya. Beralih ke yang lain. Ada salah satu organisasi non profit yang sudah memiliki rencana untuk menyambut bulan Ramadhan. Nah, ini dia yang bisa memeriahkan bulan puasa dengan kegiatan yang positif. 

Kamis, 6 Februari 2017 lalu saya menghadiri Launching Program Ramadhan Berani Berbagi yang diusung oleh Sekolah Relawan di kafe Coffee Toffee, Depok. Sekolah Relawan adalah lembaga sosial kemanusiaan yang fokus pada edukasi kerelawanan serta pemberdayaan masyarakat sebagai wujud aksi nyata kerelawanan. Berawal dari bencana Tsunami Aceh 2004 menjadi titik balik dunia kerelawanan. Banyak korban yang Banyaknya minat masyarakat untuk bergerak dalam misi kemanusiaan dan muncul berbagai komunitas relawan. Pengalaman selama lebih dari 20 tahun membuat para relawan berani terjun langsung ke tempat bencana dan masyarakat dengan modal semangat. Maka tepat 13 Januari 2013 Sekolah Relawan berdiri. Diinisiasi oleh Bayu Gawtama yang sudah berpengalaman dalam dunia relawan dan dibantu oleh Dony Aryanto dan Roel Mustafa.

Bersama para crew Sekolah Relawan

Tahun ini Sekolah Relawan memiliki beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan selama H-7 sebelum Ramadhan sampai H+7 setelah Hari Raya Idul Fitri. Program Ramadhan Berani Berbagi ini memiliki 8 kegiatan seperti yang dikatakan ketua panitia yaitu Ade Nurpalah. Kegiatan-kegiatanya sebagai berikut. 

1. Kado Sambut Ramadhan yaitu program berbagi kebutuhan pangan dalam menyambut bulan Ramadhan untuk keluarga dhuafa dengan target 7200 orang.

2. FoodBOX yaitu program penyiapan makanan dan minuman siap santap dalam showcase yang tersedia di tempat umum seperti mesjid dan rumah sakit. Target penerima sebanyak 7200 orang.j

3. Free Food Car yaitu program pelayanan makan gratis bagi fakir, miskin, yatim, dhuafa yang tersedia dalam mobil. Target penerima sebanyak 3000 orang. 

4. Kampung Dugdug yaitu program mendatangi kmapung dhuafa untuk mengajak masyarakatnya menyiapkan hidangan berbuka dan dilanjutkan dengan acara buka puasa bersama. Target 30 kampung dhuafa.

5. Naik Pangkat yaitu program meningkatkan derajat dan taraf hidup keluarga dhuafa dengan memberi bantuan modal dagang / usaha kecil.

6. Sumur Ustman yaitu program membuat instalasi dan penampungan air untuk mengalirkan air langsung di pemukiman yang akan dikelola dan dimanfaatkan oleh warga. Sebanyak 10 kampung pelosok penerima manfaat.

7. Belanja Bareng Yatim dan Dhuafa yaitu program membelanjakan yatim dan shuafa barang-barang yang mereka butuhkan dan inginkan di pusat pembelanjaan untuk menyambut lebaran. Budget yang diberikan sekitar Rp.300.000 dan hanya boleh dibelanjakan kebutuhan sekolah atau lebaran, tidak boleh gadget. Targetnya 1000 anak yatim.

8. Kado Lebaran yaitu program berbagi kebutuhan sandang dalam mentambut Hari Raya Idul Fitri ke keluarga yatim, fakir, miskin dan dhuafa. 

Ki-ka : Selly dan Ade Nurpalah
Foto dok.Sekolah Relawan

Roel Mustafa, pendiri Sekolah Relawan

Sekolah Relawan memiliki fokus program juga seperti Edukasi kerelawanan, sosial kemanusiaan, pemberdayaan masyarakat dan advokasi. Program ini memiliki kegaitan - kegiatan yang sangat bermanfaat bagi relawan yang akan terjun langsung ke tempat bencana. Jejaring Sekolah Relawan juga tersebar hampir di seluruh Indonesia tepatnya 27 kota seperti di Aceh, Padang, Bogor, Jakarta, Depok, Surabaya, Banjarmasin, Samarinda, Makassar, Bali, NTT. Khusus di Depok sendiri adalah kantor utama Sekolah Relawan. Dekat sekali dengan daerah rumahku 😊. Sekolah Relawan juga bekerjasama dengan komunitas-komunitas relawan di daerah setempat. Jadi tidak bergerak sendiri melakukan kegiatan. Komunitas relawan yang ada digerakkan dan sekolah relawan tinggal mendukung kegiatan tersebut. Terjalin kolaborasi antar komunitas relawan. 

Berikut tabel target dan harga perpaket Ramadhan bila ingin bepartisipasi.

Sumber tabel sekolah relawan.com

Dana yang didapat Sekolah Relawan sejauh ini bukan hasil dari suatu perusahaan, tapi hasil dari donasi. Kamu juga bisa ikutan berdonasi langsung ke nomor rekening Bank Mandiri 1730000193731 a.n Sekolah Relawan. Mau lihat langsung officenya juga bisa kok, mampir saja ke Jln. Sulawesi No.3 Perumnas Depok Utara, Beji,Depok, atau hubungi ke 021-7751975. Siapa yang ingin menjadi relawan? Karena relawan adalah pemimpi  bangsa. Semoga program Ramadhan Berani Berbagi bermanfaat untuk penerima manfaatnya dan para relawannya. 





***



5 komentar:

  1. Semoga program Ramadhan dari Sekolah Relawan berkah dan bermanfaat ya mbak. :)

    BalasHapus
  2. Wah, sayang kemarin aku ga ikut cz acaranya malam. Mba Nurul, nanya dong. Itu yg di tabel, harga per paket program maksudnya gmn ya? Makasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mkasudnya tiap orang/KK dapat jatah senilai nominal itu. Misal belanja bareng anak yatim sebesar 300 ribu/anak.

      Hapus
  3. Contoh kegiatan yang inspiratif banget

    BalasHapus