Sabtu, 04 Maret 2017

# belanja jadi mudah # museum tekstil jakarta

Piknik Sambil Belanja, Why Not?

Siapa si yang enggak suka piknik? Pasti semua orang suka banget piknik. Entah itu piknik ke taman, pantai, tempat rekreasi atau museum. Yang penting bisa cari udara segar dari rutinitas kegiatan. Biasanya piknik dilakukan pas saat akhir pekan kan. Jadi bisa ajak keluarga, kerabat atau pacar. Enggak usah jauh-jauh juga kalau mau piknik, di Jakarta saja banyak tempat yang seru buat refreshing. 

Saya termasuk orang yang suka jalan-jalan. Apalagi mengunjungi suatu tempat yang belum pernah didatangi menjadi petualangan seru bagi saya. Minggu 26 Februari 2017 lalu, saya mendapatkan kesempatan piknik bersama teman-teman blogger ke Museum Tekstil Jakarta. Saya belum pernah ke tempat ini, makanya saya excited sekali datang ke acara piknik ini. Selain piknik, peserta diajak belanja dengan salah satu layanan belanja online dan ada demo masak dari salah satu blogger. Asyik kan...😊

Poster event

Acara dimulai dengan kata sambutan dari founder Kriya Indonesia Astri Damayanti, perwakilan dari museum tekstil Jakarta ibu Ari dan Fanny volunteer asing yang mengajak berkeliling museum tekstil. By the way, sudah banyak yang tahu belum si sejarah museum tekstil ini? Kalau belum tahu (termasuk saya) sejarah museum ini cukup panjang. 

Awalnya gedung ini dibangun sekitar akhir abad 19 sebagai tempat tinggal warga berkebangsaan Perancis. Kemudian dibeli oleh konsul Turki bernama Abdul Aziz Al Mussawi Al Katiri. Tahun 1942 dibeli oleh warga Belanda, DR.Karel Christian Cruq. Tahun 1945 pernah menjadi digunakan sebagai Markas Pemuda Barisan Pelopor dan Barisan Keamanan Rakyat (BKR). Pada tahun 1947 dibeli oleh warga Cina Lie Sion Pin kemudian dibeli oleh Departemen Sosial RI pada tahun 1952, dan pada tahun 1976 diserahkan kepada Pemda DKI sebagai Museum Tekstil Jakarta yang diresmikan pada tanggal 28 Juni 1976 oleh Ibu Tien Soeharto. Saat ini museum tekstil Jakarta dikelola oleh UP.

Ki-ka : Astri Damayanti, ibu Ari dan Fanny

Museum tekstil memiliki 2 gedung pameran utama yaitu gedung pameran tetap dan gedung pameran kontemporer. Pameran tetap menempati ruang galeri batik, dimana berbagai macam koleksi batik terpajang disini. Ada dari Sumatera, Yogyakarta, Jawa Tengah,  Jawa Timur. Selain motif batik, terdapat Tengah, Yogyakarta dan Jawa Timur. Selain berbagai koleksi kain batik, terdapat bahan perwana batik alami, motif-motif cap batik, tata cara proses membatik dan berbagai macam interior-interior yang bermotif batik seperti tempat tidur, furniture, topeng dan wayang golek.

Motif batik dan peralatan membatik (canting & kompor)

Setelah berkeliling museum, peserta menuju area belakang museum untuk menyaksikan demo masak dari blogger chef Jun Joewinanto. Semua alat dan bahan-bahan makanan sudah disiapkan.Kali ini bang Jun, saya biasanya manggil beliau begitu, memasak Ayam Rica - Rica dan Pudding Sari Kaya Gula Merah. Dua menu makanan ini membuat para blogger laper di tengah cuaca panas. Tapi tenang, semua yang hadir bisa mencicipi hasil masakan dari pemilik akun instagram @resepdapurayah, difollow yaaa...

Saat demo masak berlangsung

Diawal saya membahas tentang belanja kan. Nah, Kriya Indonesia bekerjasama dengan aplikasi belanja online bernama Honestbee. Sebelumnya saya pernah dengar tentang Honestbee, namun belum pernah menggunakan aplikasinya untuk berbelanja. Honestbee merupakan layanan belanja dan pengiriman on demand kebutuhan sehari - hari berbasis online terkemuka asal Singapura. Di Indonesia Honestbee resmi diluncurkan pada 25 Januari 2017. Sejak 2015 mulai beroperasi di kota - kota besar negara Asia seperti Singapura, Hongkong, Taiwan, Jepang, Malaysia, Thailand dan Indonesia.


Honestbee akan menerima orderan dari konsumen dan berbelanja di 17 Transmart Carrefour. Apabila lokasi rumah dekat, maka pengiriman bisa sampai hanya 1 jam. Estimasi pengiriman pesanan hingga tujuh hari kemudian. Assisten belanja di Honestbee sudah terlatih bersama staf Transmart Carrefour untuk memilih bahan makanan yang berkualitas. Metode pembayaran juga fleksibel bisa COD (Cash On Delivery ) atau Credit Card. Saat ini Honestbee bekerjasama dengan Transmart Carrefour tapi nantinya akan menyusul toko khusus lainnya di Jakarta untuk diakses secara online dengan situs dan aplikasi. Semua produk yang ada di Transmart Carrefour tersedia juga di Honestbee dengan harga yang sama.

Hasil belanja saya melalui Honestbee

Saat registrasi semua peserta mendapatkan kupon voucher belanja dari Honestbee. Total nominal Rp.150 ribu dibagi menjadi dua kode voucher, masing-masing Rp.75 ribu. Peserta diberi kesempatan mengorder balanjaan dengan memakai kode voucher pertama untuk berbelanja sampai jam 10 pagi ditambah free ongkos kirim. Jadi, barang yang diorder langsung diantarkan ke museum tekstil jakarta. Kode voucher lainnya bisa digunakan kapan saja selama masa periodenya berlaku.

Saya menggunakan kedua kode voucher tersebut saat sudah dirumah. Awalnya saya masih kaku menggunakan aplikasinya karena alamat yang muncul tidak ada di map. Takut juga kan kalau nyasar kurirnya nanti. Saya memberi keterangan alamat lengkap pada kolom add instruction for delivery bees. Waktu pengantaran juga fleksibel. Saya memesan barang tanggal 2 Maret 2017 dan mensetting pengantaran tanggal 3 Maret sekitar jam 1-2 siang. Sebelum dikirim sekitar 2 jam sebelumnya saya ditelpon dari pihak Honestbee untuk memastikan orderan yang saya buat. Tepat jam 2 siang ada driver dari ojek online mengantarkan dua goodiebag Honestbee, saya pun langsung menerima. Saya pikir akan diantarkan oleh kurir langsung dari Honesbee, ternyata memakai jasa driver ojek online juga. Mungkin ada kerjasama antara mereka.

Keseruan blogger ikut piknik sambil belanj

Refreshingnya dapat banget kan disini. Bisa menikmati piknik dengan tenang tanpa memikirkan kekurangan kebutuhan sehari-hari. Adanya aplikasi belanja online seperti Honestbee bisa jalan-jalan sambil berbelanja karena pengiriman pesanan bisa diantar langsung ke tempat piknik yang sedang dikunjungi seperti ke musemum tekstil jakarta ini. Kemanapun pikniknya, bisa memesan belanjaan dengan Honestbee. Belanja jadi mudah.



***




5 komentar:

  1. Seru kalau bisa mengikuti kegiatan Edukatif sambil bisa berbelanja kayak gini, heee di tempat istimewa lagi
    Honestbee saat ini udah mulai berkembang ia, banyak manfaat dan kemudahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi sangat memudahkan konsumen berbelanja ya meskipun sedang piknik

      Hapus
  2. Gak foto sama abang kurirnya? hehehe
    Dulu aku belanja bulanan pakai supermaret online jg tapi udah off perusahaannya. Skrng mau pakai Honestbee aja terus, soale wiken sering keuar kdng gk sempet ke kerfur :D

    BalasHapus
  3. Seru banget kegiatannya sepertinya Nurul, pingin ikutan tar kalau pas pulang :)

    BalasHapus
  4. I agree with you completely, do everything they your heart and body want to do!

    BalasHapus