Rabu, 15 Maret 2017

Pengalaman Pertama Menjahit Dengan Mesin Jahit Brother GS 2500

Jaman dulu orang kalau mau punya baju baru buat sendiri. Apalagi kalau yang punya mesin jahit, pasti bisa buat beberapa model. Jadi teringat cerita ibu saya saat masih muda sekitar tahun 70an. Kebanyakan baju yang ia pakai saat itu jahitan dari ibunya (nenek saya). Modelnya memang tidak terlihat modern, namun pada jamannya baju-baju tersebut menjadi trend. Lain dengan jaman sekarang, tinggal jalan ke mall atau butik model baju apapun tersedia. Tapi tetep kan bahannya dijahit dengan mesin. 

Menjahit adalah pekerjaan yang penuh kesabaran dan ketelitian. Sebelum ke tahap menjahit, dibuat dulu gambarnya, pilih bahan, pengukuran lalu membuat pola. Perlu waktu banyak sampai tahap finishing. Dari tahap - tahap tersebut, saya jadi tertantang untuk mengikuti Quilt Workshop "Let's learn how to make Pillow Cover" bersama Kriya Indonesia dan Brother Indonesia pada Sabtu, 4 Maret 2017 di Museum Tekstil Indonesia Jln. Aipda KS Tubun No.2-4, Petamburan, Palmerah, Jakarta Barat. Sesuai dengan tema acara kita membuat sarung bantal, tepatnya bantal kursi.

Eksis di depan big banner acara

Sebelum acara dimulai, peserta dipersilahkan untuk menyantap makan siang yang sudah disiapkan yaitu nasi pecel. Lumayan kan isi perut sebelum memulai workshop 😊, biar konsentrasi menjahitnya. Setelah semua makan siang, tiap peserta diberikan kain yang sudah dipotong-potong dan siap dijahit. Awalnya saya bingung mau diapakan kainnya, tapi berkat bantuan mba Astri Damayanti, mba Waya Komala dan mba Diah Woro jadi terbantu saya. Thanks ya...

Sebelum menjahit sediakan alat-alat yang ingin digunakan seperti jarum pentul, gunting, pendedel, kain dan mesin jahit. Tahap awal membuat sarung bantal ini, semua potongan-potongan kain disusun dan dirapihkan karena pola yang ingin dibuat yaitu baling-baling. Kemudian dijahit sisi tengahnya. Mesin jahit yang digunakan yaitu Brother GS 2500. Saya grogi banget menggunakan mesin jahit ini. Ketahuan engga pernah pegang mesin jahit. Setelah dijahit rapih, lapisan berjaring disetrika bersama bahan yang sudah dijahit agar menempel.

Bahan sarung bantal

Menyetrika dengan suhu yang tingggi agar melekat

Setelah disetrika sampai menempel bahan jaringnya, kemudan satukan kedua potongan kain yang sudah dijahit pinggirannya. Digabungkan jahitannya membentuk segiempat dan jadilah sarung bantal a la saya 😊. Lumayan lah ya bisa menyelesaikan tugas ini dengan usaha sendiri. 

Sarung bantal kreasi sendiri

Seperti yang saya bilang diatas menjahitnya menggunakan mesin jahit Brother GS 2500. Jujur saja saya baru lihat mesin jahit ini. Biasanya yang saya lihat mesin jahit bermerek butterfly, kolot banget memang merek ini. Seiring perkembangan jaman mesin jahitpun berinovasi. Mulai dari bentuk dan keunggulannya. Beberapa keunggulan mesin jahit Brother GS 2500 yaitu 

  1. Ada  25 jenis jahitan untuk mempercantik tampilan baju atau kreasi yang dibuat. Jadi lebih bervariasi. 
  2. Sistem 4 lubang kancing yang memudahkan kita dalam menjahit. Bisa dipilih sesuai dengan baju yang akan dibuat.
  3. Kemudahan memasang sepatu dengan fungsi masing-masing yang berbeda. Ada sepatu standar untuk menjahit lurus dan variasi, ada sepatu untuk memasang resletin dan ada sepatu membuat lubang kancing. Untuk mengganti sepatu tinggal menekan bagian atas sepatu untuk melepas dan menempelkan sepatu yang akan digunakan. 
  4. Irit Listrik, mesin jahit Brother GS 2500 hanya memerlukan daya listrik 51 watr saja. Jadi enggak perlu khawatir bayar tagihan listrik kan.
  5. Pengaturan Jahitan, ada 6 baris gigi yang bisa diatur dengan tebal tipisnya bahan. Bisa juga mengatur panjang jahitan hingga 4,00 cm.
  6. Built in free arm, ketika menjahit kain yang lebarnya kecil kain bisa berjalan tetap pada jahitan lurus tanpa dipegang oleh tangan.
  7. Pisau pemotong benang yang bisa ditemukan disamping kiri mesin. Sebuah benda mirip pengait menghadap ke atas. Jadi kalau jahitan sudah selesai tinggal memasukkan benang ke dalam pemotong kemudian ditarik. Enggak repot cari gunting.

(ceritanya) Lagi serius menjahit

Pengalaman menjahit pertama yang menyenangkan bagi saya menggunakan mesin jahit Brother GS 2500. Mesin jahit Brother dibandrol dengan harga Rp. 1,9 juta. Bisa diantar kerumah dan diajarkan langsung dari pihak Brother. Bagi yang ingin buka usaha jahit baju, bisa nih jadi rekomendasi. Selain mesin jahit yang bagus, kain untuk membuat sarung bantal juga berkualitas. Tenang saja kainnya bisa dibeli secara online kok di Textile.

Textilezy adalah toko kain online di Jakarta. ZY Textile merupakan situs ecommerse textile pertama yang memudahkan pembelian secara online dan menjadi pioner online pertama di Indonesia, berbasis teknologi modern, bersistem dan berintegritas. Beli kain bisa kapan saja  dan dimana saja tanpa harus berdesakan dengan harga yang berkompetitif. Berbagai jenis kain yang dijual antara lain.

Titanium Sateen
foto dok.textilezy



Golden Rami
foto dok.textilezy



Cotton Japan
foto dok.teztilezy

Tentunya masih banyak jenis kain yang dijual di textilezy. Ada 18 kategori kain yang tersedia. Tinggal sesuaikan pilihan kain yang ingin dibuat. Harganya juga terjangkau mulai dari Rp.19.000 - Rp.35.000. Saya senang sekali dengan pengalaman pertama menjahit bersama Kriya Indonesia dan Brother Indonesia. Kegiatan yang bermanfaat yang bisa dihabiskan di akhir pekan. Semoga diadakan terus kegiatan seperti ini lagi kedepannya.

Foto bersama setelah workshop
foto dok. Kriya Indonesia



***




2 komentar:

  1. Kereeeen.. Ayo mba semangat jahit.. :D Mamaku jg penjahit, buka usaha di rumah tp aku malah gak bisa jahit. Pingin juga belajar.. :D

    BalasHapus
  2. Memang kita sebagai perempuan harus multitalent ya, bisa segala kerjaan, kalau bisa jahit enak tu.

    BalasHapus