Jumat, 17 Maret 2017

# Binatang peliharaan # Hobbi

Kehadiran Anggota Baru Di Rumah

3 Maret 2017, hari Jum'at yang cerah. Ketika suara alunan orang mengaji di mesjid dan bersiap untuk sholat Jum'at. Ada kelakuan yang berbeda dengan kucing saya bernama Dumpret. Memang kucingku ini sedang mengandung dan entah sudah ke berapa kalinya ia mengandung dan melahirkan anak-anak kucing yang lucu. Kelakuannya sedikit berbeda dari hari sebelumnya, ia terus mengeong dan mondar-mandir seperti mencari tempat. Masuk kamar, ke lemari, ke kolong kursi. 

3 anak kucingku usia 10 hari
                      
Ibu saya sudah mengetahui gerak-gerik binatang peliharaannya ini. Pasti si Dumpret mau melahirkan. Segera ibu saya mencari kardus bekas air mineral dilapisi baju bekas dan koran. Biasanya kucing itu melahirkan di tempat tersembunyi. Makanya kucingku ini masuk ke lemari pakaian. Pernah sebelumnya kucingku ini tidak terlihat disekitar rumah, kondisinya sedang hamil juga. Setelah beberapa hari dicari, kucingku keluar dari lemari pakaian ibu dan sudah ada 3 anak kucing. Ternyata ia menghilang karena melahirkan di lemari itu. 

Saya sudah menyaksikan beberapa kali kucing peliharaan melahirkan. Bahkan ada yang sampai ajalnya saya juga melihat. Di rumah ada 2 kucing putih peliharaan. Jenis kelaminnya jantan & betina. Namun yang jantan, Pussi, sudah mati duluan. Nah, tinggal satu ini yang masih bertahan dan beregenerasi. Saya terkejut dengan proses melahirkan seekor kucing. Terlihat mudah sepertinya, tapi pasti si kucing juga mengalami mules atau kesakitan seperti halnya manusia melahirkan secara normal. 

proses melahirkan kucing

Kalau untuk makanan saya tidak memberikan makanan khusus kucing. Tiap 2 hari sekali ibu membeli 2 keranjang ikan tongkol. Ikannya dicampur sama nasi. Ibarat manusia, porsi untuk kucing baru melahirkan lebih banyak. Karena kucing juga kan menyusui anak-anaknya. Kehadiran 3 anak kucing ini membuat saya senang karena seperti punya mainan baru. Sekarang usianya sudah 2 minggu dan mulai merangkak. Bagaimana dengan kalian, apa penyuka kucing juga? Share yuk.. 😊


***




4 komentar: