Rabu, 22 Maret 2017

# Awal kehidupan # Buku Kesehatan

Jurnal Program Nutritalk Sebagai Dukungan Para Bunda Ciptakan Pemimpin Andal

Kesehatan merupakan investasi kehidupan yang tak ternilai harganya. Memang berbagai macam pengobatan dan obat sudah banyak tersedia, tapi apa mau bergantung dengan obat terus? Pastinya tidak mau kan. Maka itu, sangat penting menjaga kesehatan diri kita sendiri. Terlebih bagi para wanita, menjaga pola hidup yang sehat akan memberikan investasi regenerasi yang andal. Kenapa wanita? Karena dari rahim seorang wanita akan muncul calon-calon pemimpin yang hebat. 

Perayaan International Women's Day yang jatuh pada tanggal 8 Maret 2017 sebagai pengingat betapa istimewanya wanita di dunia ini dari berbagai macam latar belakangnya. Bersamaan pula diluncurkan buku perdana berjudul Jurnal Program Nutritalk : Tumbuh Kembang Optimal Ciptakan Pemimpin Andal. Nutritalk adalah talkshow yang diinisiasi oleh Sarihusada sejak 2010 yang membahas gizi dan kesehatan dari berbagai sudut oandang bersama para pakar. Program ini berlangsung dari 2010-2015. 

Talkshow bersama para pakar

Peluncuran Jurnal Program Nutritalk ini dihadiri oleh Bapak Arif Mujahidin (Communications Director Danone Indonesia), Ir. Doddy Izwardy, MA (Direktur Gizi Masyarakat, Ditjen Kesehatan Masyarakat, Kementrian Kesehatan RI), Prof. Dr. Hardinsyah,MS (Guru Besar Ilmu Gizi FEMA IPB), selebriti sekaligus ibu dari 3 anak Kamidia Radisti, Ade Anggita Devi (Anggota K2JPK). Mereka membahas lebih dalam tentang isi dari buku Nutritalk ini. 

Buku yang dipelopori oleh Kelompok Kerja Jurnalis Penulis Kesehatan (K2JPK) yang konsisten selama 10 tahun lebih meliput dan menulis berita-berita kesehatan di Indonesia. Seiring perkembangan era digital dan online, maka para jurnalis kesehatan berinisiatif untuk menuliskannya di media masing-masing seperti blog atau note di facebook. Forum ini tidak beranggotakan jurnalistik kesehatan saja, tapi juga ada blogger, penulis buku, penulis cerita anak. 

Peresmian peluncuran buku Nutritalk

Jurnal Program Nutritalk ini diulas secara lengkap seputar gizi awal kehidupan mulai dari persiapan kehamilan, masa kehamilan dan menyusui,sampai gizi dan stimulasi untuk si kecil. Buku ini juga dikemas dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh orang awam (non medis), runut, lugas, kredibilitas data yang diberikan tetap terjaga karena isinya sudah divalidasi oleh para pakar. Jadi, tidak perlu diragukan lagi kehebatan buku ini.

Buku ini terdiri dari 5 bab dengan pembahasan yang berbeda dan lengkap. Saya tertarik dengan Bab 1 dan Bab 3. Bukan berarti bab-bab lainnya tidak penting lho. Semua bab penting banget. Mulai dari bab 1 membahas tentang Berawal Dari Remaja Putri. Di usia remajalah kesehatan perlu diperhatikan. Pada wanita ada beberapa kondisi khusus yang dialami seperti masa haid, hamil, menyusui sampai menopause. Yang perlu diperhatikan saat remaja adalah gizi, stimulasi berkesinambungan, kesehatan reproduksi, aktivitas fisik, pola makan, dll. Lengkap sekali pembahasannya.

Salah satu pembahasan dalm Bab 1

Kemudian Bab 3 tentang Kehamilan Sehat. Saya tertarik pembahasan ini karena sesuai kondisi saya yang sedang hamil trimester ketiga saat ini. Menjaga kesehatan kehamilan dimulai sejak bunda dinyatakan posotif hamil. Banyak perubahan secara fisik dan psikologis terjadi pada tubuh. Sebagai tanda ada "kehidupan lain" dalam diri bunda. Perjalanan kehamilan dari trimester pertama sampai ketiga dibahas lengkap, mitos dan fakta, pola makan, keluhan saat hamil lengkap dibahas disini. Bab ini menjadi kiblat untuk mengetahui kondisi kehamilan saya. 

Salah satu pembahasan dalam Bab 3

Bagi selebriti dan ibu dari 3 orang anak, Kamidia Radisti, pemimpin yang andal lahir dari kecukupan gizi. Fondasi utama yang diberikan adalah asupan gizinya. Buku Nutritalk memberikan gambaran yang lengkap betapa pentingnya perkembangan perempuan dari anak, remaja hingga dewasa. Dalam buku Nutritalk lengkap membahas kecukupan gizi di tiap tahapnya. Konten yang aplikatif diakui Kamidia menjadi panduan bagi bunda dan para calon bunda agar sukses melahirkan generasi terbaik bangsa. 

Kamidia Radisti

Hal ini tidak luput dari perjuangan dan kerja keras K2JPK yang selama setahun pengerjaan buku dan mengkonsultasikan kepada para ahli di bidang terkait. Ade Anggita Devi, salah satu anggota K2JPK menyatakan bahwa proses pengerjaan buku Nutritalk tidak instan. Dikerjakan dari berbagai macam profesi. Jurnal Program Nutritalk diprodukai terbatas, hanya kalangan wartawan dan blogger yang tergabung dalam grup facebook K2JPK. Jadi, jika kamu ingin mendapatkan bukunya join dulu di grupnya nanti akan diberikan arahannya. Ayo buruan join dan dapatkan buku yang sangat bermanfaat ini. 


***





8 komentar:

  1. Oh ini bukunya yang kemarin diceritan pas di angkot itu ya mbak? Jadi penasaran isi bukunya deh, kayaknya banyak informasi yang bermanfaat ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya betul, lengkap informasi yang diberikan dan mudah dipahami bacanya.

      Hapus
  2. kalo beragam latar belakang yang buat buku ini jadi menarik banget ya, penasaran kaya gimana bacaannya ^_^, btw ini template model baru bawaan blogspot ya mba, soalnya unik ^_^

    www.leeviahan.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya jadi banyak masukan dalam buku Nutritalk.Join di grup K2JPK buat dapetin bukunya karena tidak dijual bebas. Lagi coba template baru blogspot 😄

      Hapus
  3. Keren jurnalnya lengkap banget, cocok dimiliki ibu hamil dan yg merencanakan kehamilan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lengkap banget mak april. Para wanita harus punya deh buku ini

      Hapus
  4. Alamat Facebooknya apa ya mba? Aku cari tapi tak ditemukan 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kelompok Kerja Jurnalis Penulis Kesehatan. Ini grup FB tertutup mba...

      Hapus