Jumat, 16 Desember 2016

# acara # makanan

Tumpeng Mini, Rasakan Potonganmu Sendiri

Indonesia memiliki beragam kuliner di tiap daerah. Kuliner tersebut sebagai ciri khas daerahnya. Bahkan dalam suatu perayaan atau selebrasi ada makanan khusus yang masih disajikan oleh masyarakat Indonesia. Meskipun berada di era modern, sajian khusus ini harus ada. Apalagi bagi mayoritas masyarakat Jawa. Tumpeng, pasti tahu dong olahan nasi ini. Makanan tradisional khas Indonesia yang disajikan dalam acara khsusus sebagai bentuk ucap syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Dikutip dari wikipedia, sejarah adanya tumpeng adalah ketika masyarakat Jawa, Bali dan Madura membuat tumpeng untuk kenduri atau merayakan suatu peristiwa penting. Menurut falsafah tumpeng terkait dengan kondisi geografis Indonesia, khususnya pulau Jawa yang memiliki banyak gunung berapi. Pada jaman purba dulu masyarakat Indonesia memuja gunung sebagai tempat bersemayam para hyang (arwah leluhur atau nenek moyang). Bahkan bagi penganut agama Hindu nasi yang berbentuk kerucut ini seperti gunung Mahameru dimana tempatnya dewa dewi bersemayam.


Sekilas sejarah tentang tumpeng bagi masyarakat Indonesia. Begitu bermaknanya olahan nasi ini dalam kebudayaan di tiap perayaan. Biasanya saya melihat tumpeng dalam ukuran besar dalam wadah tampah yang berisikan banyak lauk-pauk. Tapi dalam kesempatan peluncuran  treatment gadget holic di training center Mom n Jo, saya melihat tumpeng ukuran kecil. Awalnya saya pikir hanya pajangan saja, ternyata bisa dimakan karena memang nasi tumpeng sungguhan yang disebut tumpeng mini. Jujur, saya baru tahu dan lihat bentuknya. Hanya ukurannya saja yang beda.



Tumpeng mini sama seperti tumpeng biasanya, hanya ukurannya saja berbeda. Nasi berbentuk kerucut dan ada lauk pauknya. Tumpeng mini hadir dengan harapan tiap orang bisa merasakan sensasi memotong tumpengnya sendiri. Bahkan bisa dimakan sampai habis. Uniknya tumpeng mini ini bisa dipilih dari menu, bentuk dan warna. Ini dia keunikannya.


Menu Tumpeng
Menunya bervariasi. Bisa disesuaikan 
    antara  nasi dengan lauk pauknya. 
    Misalnya pesan nasi uduk dengan lauk         pauknya ada telor, perkedel dan tempe            orek.



Bentuk Tumpeng
Ini dia uniknya tumpeng mini. Bentuknya tidak harus kerucut, ada pilihan bentuk lainnya. Ada candi, kelinci, lumba-lumba hati, bintang. Kalau bentuknya lucu begini jadi sayang dimakan ya, 😊



Warna Tumpeng
Mata jadi lebih segar kalau lihat warna-warna cerah kan. Nah, tumpeng mini punya variasi warna yaitu ungu, putih, kuning, hijau. Jadi enggak monoton kan warnanya. 



Jangan khawatir dengan kehalalan tumpeng mini karena 100% HALAL dan sudah mendapatkan sertifikasi dari MUI. Bahan - bahan makanannya seimbang, mengandung gizi tinggi, tidak terkandung zat kimia atau zat pewarna, makanan dinilai masih segar atau tidak basi. Proses produksi tumpeng mini mempunyai standar kualifikasi kebersihan diri sebelum turun ke area proses produksi, area yang disebut Good Manufacturing Practice (GMP).  Sebelum masuk area produksi menggunakan masker, hairnet dan covershoes. Kebersihan meja dapurnya juga terjaga. 

Tumpeng mini dikemas dengan wadah plastik berasal dari Malaysia yang sudah terjamin kualitasnya, jadi 100% foodgrade. Bahan yang aman untuk mengemas suatu makanan. Kemasannya juga aman untuk anak-anak karena terbuat dari bahan-bahan yang berkualitas, kuat, namun mudah di daur ulang sehingga mendapatkan sertifikat LPS/LPN/OPS dari Japanese Food Reasearch Laboratories. 

Wah, gimana mulai kelaperan kan? Gampang, tinggal pesan aja kok tumpeng mininya dengan syarat pemesanan minimal H-7, minimal pemesanan 30 pax, free custom design, free ongkos kirim untuk wilayah Jakarta, Bandung, Surabaya. Pastikan momenmu berkesan dengan tumpeng mini. Tumpeng mini memang teman kecil setiap acara! 😙😙

Jakarta
Metro Permata 1 Blok F1 No.31
Karang Tengah, Tangerang 15157
0895 2412 6451


Bandung
Jl.Gatot Subroto no.27
Bandung


Surabaya
Jln. Tambak Sawah
Komp.Perdagangan Jl.Permata Jabon 2
Blok C no.6 Waru Sidoarjo


Facebook dan Instagram
Tumpengmini


mail.contact@tumpengmini.com


***

2 komentar: