Kamis, 29 September 2016

# event # keterampilan sosial

Lengkapi Nutrisinya Agar Anak Menjadi Supel dan Dunia Sahabatnya

Setiap anak harus mendapatkan asupan yang sehat dan bergizi. Setiap asupan yang masuk dalam tubuhnya akan menjadi cadangan energi untuk melakukan segala aktivitas anak. Pastinya asupan yang masuk harus memiliki nutrisi yang lengkap dan seimbang. Karena nutrisi sangat penting untuk tumbuh kembang seorang anak agar bisa optimal dalam segala aspek, terutama keterampilan sosial.

 


Bicara kelengkapan nutrisi dalam tumbuh kembang anak dan keterampilan sosial, saya mendapatkan segala informasi yang akurat dari para pakar ahli gizi dan psikologi dalam peluncuran SGM Eksplor "Lengkapi Nutrisinya, Jadikan Dunia Sahabatnya" di Hotel Crowne, Jakarta (27/09). Kampanye terbaru SGM Eksplor ini untuk mendukung anak Indonesia menjadi anak yang supel dengan terpenuhi nutrisinya. Peran nutrisi sangat penting , jika ada gangguan maka berdampak pada jangka pendek ( perkembangan otak, fisik dan organ metobolisme tidak optimal ) dan jangka panjang ( menurunnya kemampuan kognitif dan pendidikan dan memimbulkan penyakit kronis seperti jantung, stroke atau hipertensi ).

Video peluncuran kampanye terbaru SGM Eksplor 
"Lengkapi Nutrisinya, Jadikan Dunia Sahabatnya"


Ada lima hal yang penting dan selaras untuk diperhatikan orang tua, yaitu aspek fisik, kemampuan kognitif, kemampuan bahasa, emosi dan keterampilan sosial. Nah, aspek keterampilan sosial menjadi sangat penting bagi anak-anak Indonesia karena anak mampu bekerjasama dengan orang lain di masa tumbuh kembangnya dan memiliki rasa percaya diri sehinnga mampu menempatkan dirinya pada lingkungan yang tepat. 

Menurut dr. Dian Permatasari M.Gizi,SpGK "Nutrisi merupakan salah satu faktor terpenting yang mempengaruhi timbuh kembang anak. Dengan terpenuhinya nutrisi yang tepat dan lengkap, anak akan menjadi sehat. Salah satu ciri anak sehat adalah mudah beradaptasi dengan lingkungannya, yang merupakan salah satu wujud dari keterampilan sosial yang dimiliki anak tersebut".

Nutrisi berhubungan dengan pertumbuhan anak. Pertumbuhan itu meliputi berat badan, tinggi badan dan lingkar kepala. Bagi anak balita bisa dipantau dengan KMS (Kartu Menuju Sehat). Hubungan antara status nutrisi dan tumbuh kembang bisa melebar ke perkembangan fisik, aktivitas fisik, kesehatan, perkembangan fungsi otak, interaksi dengan orang tua dan lingkungan. Dari hubungan tersebut maka anak harus terpenuhi nutrisi yang seimbang. Karbohidrat, protein, lemak dan mineral sangat dibutuhkan dalam pertumbuhan anak, susu hanya sebagai pelengkap nutrisi.

Nutrisi seimbang
Foto : dok.Aku Anak SGM

Nutrisi yang baik akan mempengaruhi 5 aspek yang saya sebutkan diatas, terutama pada keterampilan sosial. Psikolog Anna Surti Ariani menyatakan "Menjadi anak yang sehat merupakan landasan utama seorang anak bisa memiliki keterampilan sosial yang baik. Dengan tubuh yang sehat akibat kecukupan nutrisi yang baik, ia menjadi anak yang lebih tahan menghadapi stres dan lebih mampu meregulasi emosinya, lebih leluasa mengeksplorasi lingkungan di sekitarnya dan menjadi anak yang supel di kemudian hari". 



Kira - kira apa saja ya keterampilan sosial yang perlu dikuasi seorang anak : 
  1. Berteman dan bekerja sama
  2. Peduli terhadap yang sakit / kekurangan
  3. Sabar menunggu ( mengantri )
  4. Ikut aturan 
  5. Marah tanpa ganggu orang lain
  6. Selesaikan atau damaikan pertengkaran

Lalu, mengapa anak perlu memiliki keterampilan sosial? Jawabannya adalah 


5 aspek yang harus diperhatikan oleh orang tua harus selaras. Pendekatan orang tua untuk tiap usia anak berbeda. Keterampilan sosial anak usia 1- 3 tahun berbeda, begitupun dengan usia 4 - 6 tahun. Hal ini juga berhubungan dengan stimulasinya. 

Kemampuan sosial & stimulasi usia 1- 3 tahun

Kemampuan sosial dan stimulasi usia 4 -6 tahun

Sebagai susu pertumbuhan yang selalu mendukung pemenuhan nutrisi anak Indonesia, maka SGM Eksplor meluncurkan kampanye terbarunya tersebut. Kampanye ini sebagai salah satu bentuk dukungan kami kepada para Bunda di Indonesia untuk bisa memberikan produk susu pertumbuhan yang bernutrisi baik sehingga membantu mendukung anak untuk tumbuh optimal dan mampu memiliki keterampilan sosial yang baik pula. 

Artis sekaligus ibu beranak 1 yaitu Zee Zee Shahab sangat memperhatikan nutrisi demi tumbuh kembang anaknya Alif (4 tahun). Dalam hal bersosialisasi Zee Zee membawa anaknya ke lokasi syuting dimana ia bekerja dan memperkenalkan crew yang ada di lokasi. Dari tempat tersebut Alif bisa bertemu banyak orang baru dan berinteraksi. 

Zee Zee Shahab

SGM Eksplor melalui kampanye ini juga mengajak seluruh bunda dan si Kecil untuk hadir dalam rangkaian acara "Dunia Sahabat Anak SGM Eksplor" di pusat perbelanjaan di 5 kota :

  1. Surabaya (30 September - 2 Oktober),
  2. Yogyakarta (4 - 6 November), 
  3. Medan (25 -27 November), 
  4. Jakarta (2 - 4 Desember) dan 
  5. Makassar (27 - 29  Januari 2017). 

Selain itu, mengajak para bunda untuk mengikuti kontes foto dengan cara mengunggah foto dan cerita bunda di wall facebook fanpage Aku Anak SGM dengan menyertakan produk SGM Eksplor 1+, 3+ atau 5+ dan menggunakan tagar #JadikanDuniaSahabatnya. Periode dimulai dari 1-28 Oktober 2016 akan terbagi menjadi 4 tema dan bunda bisa memenangkan hadiah menarik. Seru banget ya, makanya segera ikutan! Ayo sama - sama mendukung anak Indonesia menjadi anak yang supel dengan melengkapi nutrisinya dan jadikan dunia sahabatnya.



***

5 komentar:

  1. Memberi nutrisi seimbang itu butuh perjuangan. Ibu harus telaten karena anak kadang suka menolak makanan tertentu.
    Sayang di kota Solo gak ada acara ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget mba, apalagi di masa - masa golden age nutrisi seimbang sangat dibutuhkan. Mungkin bisa mampir ke kota terdekat, di Yogyakarta

      Hapus
  2. Nutrisi itu penting banget ya, dan emang kudu telaten juga ngasih makan anak dengan nutrisi seimbang.

    BalasHapus
  3. Nutrisi lengkap untuk menunjang pertumbuhan si kecil.

    BalasHapus
  4. Darell anak SGM loh tantee hehehe... Alhamdulillah pintar, sehat dan aktif

    BalasHapus