Kamis, 04 Agustus 2016

# Ibu Hamil # Kesehatan

Gawat! Jika Bayi Stress Dalam Kandungan


Tiap ibu hamil pasti mengalami kendala dalam masa kehamilan. Ada saja yang menjadi hal tak disukai. Misalnya aroma yang tak mengenakkan, rasa makanan atau pikiran yang mendalam. Hal tersebut bisa mempengaruhi keadaan bayi dalam kandungan. Jangan disangka bayi yang masih dalam perut si ibu tidak bisa merasakan atau mendengar keadaan sekitarnya. Di usia kandungan 3 bulan bayi sudah bisa mendengar suara-suara, seperti aliran darah di tali pusar atau detak jantung si ibu. Maka dari itu, diupayakan ibu hamil terhindar dari keadaan yang membuat stress karena akan berpengaruh dengan kondisi janin. Hal yang paling berpengaruh adalah kecerdasan.  

Minggu 31 Juli 2016, saya mengahadiri talkshow yang diadakan oleh majalah Mother&Baby dan Sweetygold di Igor's Pastry and Cafe. Tema yang diangkat kali ini mengenai "Kenali Stress Bayi Dalam Kandungan". Cocok sekali bagi para ibu yang sedang mengalami masa kehamilan. Dipandu oleh MC cantik yang tak asing lagi yaitu Amy Zein dan tiga narasumber yang hadir melengkapi acara ini yaitu artis satu anak yaitu Titi Kamal, dr. Taufik Jamaan, SpOG dan mba Stella perwakilan dari Sweety.

Para narasumber 

Stress bisa dialami oleh siapa saja, apalagi dengan ibu hamil yang memiliki banyak persoalan selama kehamilan karena bisa berpengaruh terhadap janin. Namun bisa diketahui ciri-ciri dan bagaimana mendeteksi janin stress. Trimester pertama ciri-ciri janin sulit diketahui, sedangkan di trimester 2-3 dapat diketahui dengan :

  1. USG ( Ultrasonography )
  2. CTG ( Cardiotocography)
  3. Kurva Pertumbuhan bayi

Adapun faktor-faktor yang meyebabkan janin dalam kandungan stress seperti ibu terkena anemia, demam, air ketuban kurang, oksigen berkurang, ibu sakit, terlilit tali pusar, dll.

"Ibu Stress = Janin Stress"

Penyebab ibu hamil stress itu dari 2 faktor yaitu internal dan eksternal. Para ibu pada umumnya mengalami stress karena adanya perubahan-perubahan yang cukup signifikan baik fisik maupun mental. Namun kebanyakan para wanita hanya mempersiapkan perubahan fisiknya tanpa menyadari bahwa emosi juga berubah.

Koneksi tersebut membuat bayi dalam kandungan bisa ikut merasakan keresahan ibunya,maka si janin menjadi stress. Inilah faktor internal. Faktor eksternal juga bisa membuat ibu hamil tambah stress seperti mengejar deadline pekerjaan, terjebak macet di jalan, persiapan keperluan bayi yang dirasa tidak cukup. 

Efek dari stress ibu terhadap janin bisa mengakibatkan denyut jantung dan frekuensi gerak bayi berkurang cepat, kelahiran premature, kerusakan pada organ bayi pada saat lahir.

Lalu bagaimana mengatasinya? 
Tenang saja bumil, ada solusinya kok. Cara mengatasi stress ibu hamil : 
  1. Selalu berpikir positif dan bergembira selama kehamilan.
  2. Memastikan asupan yang baik dan bergizi untuk janin.
  3. Mengatur pola makan  dan olahraga agar seimbang.
  4. Sering berkomunikasi dengan suami dan keluarga.
  5. Dukungan dari suami dan lingkungan terdekat sehingga memicu hormon yang baik.
  6. Relaksasi dan melakukan hal yang membuat ibu senang.


Nah, ibu hamil paling suka dipijit badannya agar tidak terlalu lelah dan santai. Mba Wulan dari Mom &Jo Spa memberikan contoh gerakan pijat yang bisa dilakukan ibu hamil sendiri. It is easy. Massage atau pijit salah satu cara untuk mengurangi stress bagi bumil.

Bagi artis cantik Titi Kamal untuk menghilangkan stress biasanya dia melakukan hal-hal yang disukai seperti mendengarkan musik atau makan buah.

Titi Kamal

Setelah melahirkan pasti stress akan datang bertubi-tubi. Terjaga sepanjang malam untuk ibu menyusui adalah pekerjaan rutin tiap malam. Apalagi harus mengganti popok tiap kali si kecil pipis atau pup. Harus segera dibersihkan, jika tidak akan cepat iritasi. Dalam talkshow ini, Sweetygold memperkenalkan produk Sweetygold Luxurious Touch. Sweetygold ada yang tipe perekat dan pantz / celana.

Juna, anak dari Titi Kaml juga memakai produk Sweety Pantz Gold. Titi Kamal memilih Sweety Gold karena lembut, cepat dan nyaman dipakai. Ia pun tidak mau memilih sembarangan produk diaper untuk Juna. Wah, Juna sama nih sama anak cowokku,Gie, juga pakai Sweety Pantz Gold.

Sweety Pantz Gold

Sweety Gold memiliki beberapa keunggulan:
  • Memiliki Diamond Layer Technology, yang mendistribusikan cairan dan ekstra cepat. Cegah lembab sehingga kulit bayi tetap kering.
  • Overnight Pantz, anti bocor dan nyaman dipakai semalaman, menjaga buah hati tetap tidur nyenyak.
  • 360° Leak Guard Protection, mengurangi resiko kebocoran akibat gerakan aktif bayi dalam posisi apapun.
  • Disposable Tape, perekat untuk menggulung dan merapihkan popok bekas pakai.
  • Natural Aloe Vera Moisturizer, melindungi kulit bayi dari kekeringan dan mencegah iritasi.
  • 360° Extra Strechable and Soft Waistband, karet pinggang ekstra elastis dan lembut, tidak berbekas dipinggang.

1. Tampak depan diaper Sweety Pantz Gold
2. Penampakan Diamond Layer Technology


Jadi, kesimpulannya stress itu dilarang untuk ibu hamil. Semua yang mempengaruhi ibu akan berdampak pada si bayi. Pastinya para ibu tidak ingin melahirkan anak yang cacat secara fisik dan memiliki kecerdasan yang kurang. Mari kita ciptakan generasi muda yang cerdas, sehat dan sempurna. Dengan tidak stress dan memakai produk luxurious touch dari Sweety Gold. Keceriaan acara ini ditutup dengan pengumuman para pemenang live tweet, kontes foto instagram dan doorprize. Congratulation all !


Wefie bersama para mommies blogger




9 komentar:

  1. Makasih infonya mbak. Nggak lagi hamil sih. Hanya baca saja. :)

    BalasHapus
  2. nanti kalo aku hamil lagi jgn mpe stress ah

    BalasHapus
  3. nanti kalo aku hamil lagi jgn mpe stress ah

    BalasHapus
  4. kmarin kejadian sma tmenku yg lg hamil mbk.. krna sering stress akhirnya bayi meninggal dlm kandungan. pdahal udah 7 bulan....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Innalillahi...
      Memang stress harus dihindari ya bu

      Hapus
  5. Kalau aku tau acara ini, aku dateng deh.. Hehehe.. Hhmmm sweety gold ini bisa di coba nanti deh kalau pampers nya sudah habis terpakai.. Semoga bumil tidak ada yang stress lagi ya mba. Amin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin, semoga tidak ada ibu hamil yang mengalami stress lagi karena efeknya sangat tidak baik

      Hapus