Selasa, 19 Juli 2016

# Bangkit # Film indonesia

BANGKIT ! Tentang Menyerah atau Bertahan

Original Poster Bangkit!
Vino as Addri

Film Indonesia kembali menghiasi jajaran jadwal show di bioskop-bioskop. Kali ini film yang disuguhkan berbeda genre dengan sebelumnya. Liburan lebaran lalu film Indonesia bergenre istilah baper dan lucu sudah rilis dan mendapatkan perhatian luar biasa dari penontonnya. Sekarang saatnya kita akan menyaksikan film Indonesia yang diproses dengan pendekatan computer-generated imagery (CGI) dan menyuguhkan karya kreatif yang berbeda. 

BANGKIT! perdana telah diputarkan di Surabaya pada 16 Juli 2016. Namun beruntungnya saya bisa menghadiri gala premierenya di Jakarta 18 Juli 2016 dan akan menyusul jadwal premiere berikutnya di beberapa kota lainnya. Film persembahan Oreima Films dan Kaninga Pictures yang memakan waktu kurang lebih 2,5 tahun  mulai dari riset, penyusunan skrip, pra-produksi, produksi dan pasca produksi. Proses pembuatan film yang panjang, tapi memuaskan hasilnya. 

Saat press conference di Jakarta dengan media

Bagaimana jika Jakarta mengalami dampak bencana terparah? Curah hujan tinggi, banjir bandang, gempa bumi yang melumpuhkan seluruh wilayah Jakarta. Namun bagi seorang anggota Tim SAR Nasional, Addri (Vino G.Bastian) terus berjuang menyelamatkan korban bencana. Ia sangat berkomitmen dan mendedikasikan dirinya pada pekerjaaannya. Memiliki seorang istri (Putri Ayudya) yang sangat memahami pekerjaan suaminya. Mereka adalah keluarga yang harmonis dan memiliki putra Dwi (Adriyan Bima) dan puteri Eka (Yasamin Jasem). Di lokasi terpisah pemuda bernama Arifin (Deva Mahenra) sedang berupaya untuk menikahi kekasihnya, Denanda (Acha Septriasa) tapi gagal karena terkena bencana. 

Banjir besar diprediksi Arifin yang seorang ahli BMKG akan menyapu Jakarta dalam waktu singkat. Namun pernyataannya itu selalu dibantah oleh atasannya, Hadi (Ferry Salim) yang menyebut Arifin mengada-ada. Hingga berita bencana ini terdengar sampai ke gubernur Jakarta (Donny Damara). Kemudian mereka mencari jalan keluar untuk mengantisipasi penanggulangan bencana. 

Beberapa tips keselamatan bencana

BANGKIT! memiliki makna yang luas. Bisa digambarkan sosok dari tokoh pahlawan, seorang yang mengalami keterpurukan atau kesigapan masyarakat jika menghadapi suatu bencana. Seperti dalam film ini yang memberikan gambaran wilayah Jakarta yang mengalami musibah banjir yang berbeda dari sebelumnya. Bagaimana warga Jakarta tetap bertahan dalam kondisi yang mengerikan itu? Banyak warga yang masih bisa bertahan tapi banyak juga yang tak terselamatkan. 

Musibah banjir yang dialami Jakarta terlihat "normal" bagi warga yang sering mengalami, tapi jika didiamkan akan membawa bencana yang lebih besar. Belum lagi jika bencana lainnya datang. Sebenarnya bencana bisa terjadi dimana saja (bukan Jakarta saja), Rako Prijanto selaku sutradara seperti memberikan contoh untuk wilayah lainnya di Indonesia. Bagaimana jika musibah seperti ini terjadi di wilayah kalian? Apa kalian menyerah atau bertahan? Pasti pilihannya adalah bertahan.

Saya kagum dengan film bergenre action-disaster pertama Indonesia dengan setting ibukota ini. Menyuguhkan tampilan yang berbeda. Walaupun bagi saya secara visual teknik CGI masih belum sempurna, tapi peran para pemainnya berhasil memBANGKITkan tontonan yang beda. Salut dengan Vino G. Bastian yang terus total dalam memerankan perannya.

Photobooth 3D BANGKIT!

Film Bangkit! bisa menjadi acuan bagi penikmat film dan sineas Indonesia sedikit keluar dari zona nyaman dan berani bereksperimen dengan jenis film yang belum tereksplorasi. Mencampurkan dengan teknologi-teknologi film yang menciptakan karya berbeda. 28 Juli 2016 BANGKIT! Karena Menyerah Bukan Pilihan siap rilis di seluruh bioskop Indonesia, bisa dinikmati dari usia 13+. OST yang dinyanyikan oleh grup NIDJI "Bangkit dan Menang" memberikan atmosfer semangat bagi yang mendengarnya. Bagi yang berdomisili Makassar, Medan dan Palembang siap-siap menghadiri gala premiere berikutnya.


Official Trailer BANGKIT!



7 komentar:

  1. Wiii bulan ini banyak bener film Indonesia di bioskop yaa. Bingung milihnya, mau nonton semua tapiii *lirik dompet*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seru kan film Indonesia akhir-akhir ini. Ayo dong dukung filmnya dengan nonton di bioskop. Abis gajian juga boleh,heheh...

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  2. Meski ada beberapa yang kurang sreg, tapi jempol buat film Bangkit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang mana kurang sregnya?
      Aku salut sama out of the box film ini

      Hapus
  3. aku suka bagian ini >> Film Bangkit! bisa menjadi acuan bagi penikmat film dan sineas Indonesia sedikit keluar dari zona nyaman dan berani bereksperimen dengan jenis film yang belum tereksplorasi.
    setuju! jangan terpaku sama genre yang "laku" krn lama2 ngebosenin jg dan bikin penonton ogah nonton film Indonesia.

    BalasHapus