Rabu, 04 Mei 2016

Jadi Blogger Itu, Seru!

Menjadi seorang blogger itu awalnya tidak terpikirkan oleh saya. Mendatangi suatu event, mengetahui berita secara langsung dan mengambil gambar memang saya suka melakukannya. Tapi untuk menulisnya belum ada niat. Seiring berjalannya waktu, saya sering bertemu dengan orang-orang yang memiliki kegemaran menulis di media online yang dinamakan blog di tiap acara yang saya datangi, mengupdate info melalui sosial media, saya menjadi tergugah untuk mulai menulis pengalaman saya. Sebenarnya sudah lama saya punya alamat blog tapi belum paham kegunaannya. 

Lambang Asli KOPI

Seperti ketemu jodoh ketika saya memfollow akun twitter @KopiKabarindo. Masih ingat saya waktu itu mau ikutan mini conference film Waalaikimussalam Paris, dari situ saya mulai bergabung dalam grup, bertemu dengan para member KOPI dan mengikuti kegiatan-kegiatannya. By the way, masih banyak yang belum tahu apa itu KOPI? KOPI kepanjangan dari Koalisi Online Pesona Indonesia yang berdiri sejak 26 November 2015 di Jakarta. Suatu koalisi para blogger dan jurnalis media online yang mengusung tema tentang pariwisata, perfilman, budaya, musik, fashion dan kuliner Indonesia.

KOPI digagas oleh Ir. Fachrul Muchsen atau biasa dipanggil kak Al sekaligus pemimpin redaksi www.kabarindo.com (Kabarindo Utama). Saat peresmian KOPI sekaligus pendeklarasian di hotel Oria Jakarta, dihadiri oleh Kepala Biro Hukum dan Komunikasi Publik, Dr. H.M. Iqbal Alamsjah MA, Ketua ASITA (Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies) pak Asnawi dan pemilik El John Group, Johnnie Sugiarto. Selain itu ada 15 blogger dan jurnalis media online yang ikut menandatangani deklarasi KOPI. Isi deklarasi KOPI sebagai berikut :

Kami, jurnalis dan blogger dibawah naungan AJOIN ( Aliansi Jurnalis Online Indonesia) dan Kabarindo Utama - tanpa syarat dan ikatan apapun-berkoalisi untuk :
  1. Peduli Merah Putih dengan turut serta berperan aktif menginformasikan dunia pariwisata, perfilman, budaya, musik, fashion, dan kuliner Indonesia yang berbasis good news.
  2. Mengedepankan informasi positif mengenai pesona Indonesia untuk dunia.
  3. Berupaya jadi saksi pertama kreativitas anak negeri dan akan mengapresiasinya dalam bentuk tulisan persembahan untuk bangsa dan dunia.

Media Pers

Saya bergabung dengan KOPI hampir sekitar dua bulan. Selama itu juga saya sudah menjalani beberapa kegiatan yang diadakan grup ini. Dari mini conference dan screening movie. Mini conference itu pertemuan antara orang - orang dibalik layar sebuah film yang berbagi cerita proses pembuatan film dengan para member KOPI. Jadi lebih tahu sedikit isi "dapur" produksi film. Kalau screening movie, mengahadiri peluncuran film sebelum tayang resmi di bioskop. Mini conference film yang pernah saya hadiri yaitu Waalaikumussalam Paris, Super Didi, MARS (Mimpi Ananda Raih Semesta). Untuk screening movienya yaitu Waalaikumussalam Paris, Raksasa Dari Jogja, Get Up Stand Up, Surat Cinta Untuk Kartini, Super Didi, MARS. Pastinya turut serta mendukung perfilman Indonesia. Dalam dua bulan ini saya sudah mendapatkan fasilitas berupa media pers seperti gambar diatas, suatu kebanggaan untuk saya tentunya. 

Keseruan saat screening film

Rencananya KOPI akan mengadakan pesta bertema Pesta Kopi Sapa Dunia! yang akan dilaksanakan pada 25-27 November 2016 mendatang. Tujuan kegiatan ini yaitu mempertemukan seluruh blogger  KOPI yang tersebar di seluruh Indonesia dan memperingati 1 tahun berdirinya KOPI. Pasti acara ini akan seru dan ramai karena semua blogger KOPI hadir disini. Apa saja kegiatannya? tunggu aja info - info selanjutnya ya.




Semenjak bergabung di KOPI, saya jadi tambah excited menulis di blog. Karena kegiatannya positif maka saya harus menyebarkan good news kepada banyak orang. Saya juga banyak belajar disini, saling bersinergi. Seperti tagline KOPI yaitu 3S, Senyum Sapa Sinergi. Berada dalam Koalisi Online Pesona Indonesia membuat saya bangga menjadi blogger yang mengedepankan informasi positif tentang Indonesia ke mata dunia. Jadi blogger itu seru, apalagi bergabung di KOPI. 


More informations
Twitter.          : @KOPIKABARINDO
IG.                   : @Koalisikopi



7 komentar: