Sabtu, 02 April 2016

# Nutrisi # Parenting

Jadikan Pintarnya Si Kecil Bersinar Dengan Stimulasi Berkualitas

"Kita punya waktu seumur hidup untuk bekerja, namun anak-anak hanya memiliki masa kecil sekali"
( Franklin P.Jones)

Menjadi orang tua adalah amanah untuk anak. Sebagai panutan untuk mereka ke depannya. Perjalanan menjadi orang tua tidaklah mudah. Diibaratkan seperti berlibur. Pasti kita akan mempersiapkan segala sesuatunya. Mulai dari persiapan perbekalan, tempat wisata atau tujuannya. Begitupun dengan orang tua terhadap anak. Saat masih dalam kandungan kita mempersiapkan nutrsi yang tepat. Ketika lahir, orang tua ingin anak menjadi sesuatu misalnya orang hebat dan sukses. Setiap anak yang dilahirkan itu jenius, memiliki kepintaran tersendiri. Namun ada beberapa faktor yang  bisa membentuk kepintaran anak tersebut.



Pintar berhubungan dengan otak, karena sebagai pusat segala perintah ada di otak. Saat lahir bayi memiliki berat otak sebesar 350 gram, seiring berjalan waktu,anak semakin besar maka ukurannya bisa mencapai 70% dari otak orang dewasa sekitar 1200 gram. Lalu bagaimana otak bisa terus berkembang? Adalah Plastisitas Otak dimana otak bersifat fleksibel dan mudah dibentuk. Pembentukannya itu melalui stimulasi rutin yang bisa menghubungkan neuron - neuron dalam otak. Pengalaman stimulasi dan nutrisi membentuk struktur otak dengan menghasilkan banyak koneksi. Semakin distimulasi maka neuron semakin terbentuk bahkan bisa mencapai miliyran. Jika stimulasi tidak terpakai maka akan terjadi pemangkasan neuron, tapi ini sebuah bagian normal dan sehat dari perkembangan otak.

Plastisitas otak bersifat kompetitif. Karena sel saraf otak masih terus bertumbuh, fungsi dan struktur otak berubah sesuai apa yang dialami anak, melalui latihan sambungan sel saraf makin efisien dan cepat. Ada 3 faktor neuron yang mempengaruhi kepintaran anak yaitu faktor genetik, nutrisi, stimulus, dengan berkualitas tinggi. Nah, sekarang kita akan membahas tentang faktor stimulasi berkualitas tinggi. Maksudnya stimulasi -stimulasi yang bisa mendukung kepintaran anak. Ada 8 kepintaran yang dimiliki seorang anak, biasa disebut kepintaran majemuk yaitu : 
  1. Word Smart, meliputi kepintaran berbahasa, baik lisan maupun tulisan. Cara menstimulasinya dengan membacakan dongeng,corat-coret, berinteraksi setiap hari. Dengan membaca 15 menit sehari,berarti bertemu dengan LEBIH DARI 1 Juta kata per tahun. Manfaat membaca banyak sekali, bisa membantu mengemukakan pikiran, meningkatkan konsentrasi dan memori, meningkatkan kemampuan menulis. Biasanya terdapat pada profesi presenter, novelis, jurnalis, editor.
  2. Number Smart, merupakan kepintaran memahami angka, simbol, pola, berpikir logis dan sistematis. Cara stimulasinya dengan bermain balok, bereksperimen, berburu pola, memecahkan masalah. Terdapat pada profesi akuntan, ahli teknologi, ilmuwan, bankers.
  3. Picture Smart, yaitu kepintaran membayangkan dan menggambarkan berbagai bentuk. Menstimulasinya dengan cara bermain dengan bentuk, warna, role play, bermain puzzle,origami. Profesinya pelaut, pilot, pelukis, arsitek, perancang.
  4. Music Smart, merupakan kepintaran kepekaan menciptakan dan mengekspresikan irama,pola titi nada dan apresiasi musik. Cara stimulasinya dengan menyanyi, mendengarkan berbagai macam musik, bergoyang ikuti irama. Terdapat pada profesi komposer, penyanyi, pencipta lagu, pemain musik. Efek musik bisa meningkatkan kemampuan bahasa, kreativitas, kebahagiaan, optimisme, koordianasi otak kanan-kiri. 
  5. Body Smart adalah kepintaran untuk menjaga keseimbangan tubuh dan koordinasi antara otak dan tubuh. Menstimulasinya dengan bermain play dough, gerak dan lagu, olahraga. Terdapat pada profesi atlet, penari, aktor, pematung. Olahraga bisa meningkatkan memori, mood, kecerdasan, prestasi akademis, perilaku positif.
  6. Nature Smart, kepintaran mengenali lingkungan hidup, memahami fenomena alam termasuk flora dan fauna. Cara stimulasinya dengan mengumpulkan dedaunan/batu, mengamati bagian tumbuhan dan hewan, mendengarkan suara burung. Profesinya terdapat pada ahli biologi, petani, peternak.
  7. Self Smart, kepintaran memahami dan mengelola diri sendiri. Bisa juga membantu dalam masalah trauma pada anak. Stimulasinya dengan cara mengenalkan berbagai jenis emosi, membantu anak belajar mandiri, memberikan pilihan, bermain kartu emosi. Terdapat pada profesi psikolog, konselor, rohaniawan.
  8. People Smart, kepintaran dalam memahami orang lain dan menggunakannya untuk membangun hubungan sosial. Cara stimulasinya dengan membantu anak mengenali emosi orang lain, berbagi, antri. Terdapat pada profesi pemimpin, pekerja sosial, diplomat, public relations. 

Beda Anak Beda Pintar

Kepintaran majemuk berkaitan dengan IQ (word, number, picture), PQ ( body), EQ (self,people,music), SQ ( spiritual, nature). Semua itu menjadi satu kesatuan dalam membentuk kepintaran anak. Pada dasarnya jika ingin membangun sebuah bangunan tinggi maka harus membuat fondasi yang kokoh, kuat dan dalam. Sama halnya dengan anak, harus distimulasi seperti prinsip plastisitas otak, terus mengulang. Maka anak akan pintar sesuai perkembangannnya. Stimulasi itu dilakukan bisa dari luar dan dalam. Dari dalam kita bisa memberikan nutrisi dari asupan yang sesuai dan tepat. Nutrisi yang tepat dan sesuai terdapat pada gizi seimbang, misalnya susu. Susu mengandung kalsium dan banyak vitamin. 

New S-26 Procal Gold Rasa Madu 

S-26 Procal Gold rasa madu dengan improved formula MULTIEXCEL mendukung kemampuan anak pada seeing & thinking, physical growth, healthy, body immunity. Mengandung 52 bahan yang terdiri dari Makro Nutrient ( karbohidrat, lemak dan protein) dan Mikro Nutrient ( 12 vitamin dan 8 mineral). S-26 Procal Hold adalah susu pertumbuhan anak usia 1-3 tahun.


Untuk mendukung dan mendampingi ibu dalam perjalanan tumbuh kembang si kecil Pro Gold memiliki wadah edukasi dan berbagai informasi tentang tumbuh kembang dan nutrisi anak antar sesama ibu yang didukung oleh tim ahli berpengalaman yaitu ProGOLD Parenting Club. Dokter anak, psikolog, ahli gizi siap membantu dengan konsultasi profesional agar si kecil dapat tumbuh pintar,aktif,dan kuat. Untuk lebih lanjut bisa klik www.progoldparentingclub.co.id dan follow sosial medianya.


Twitter : @ProGOLDParent
FB.         : ProGOLD Parenting Club
WA        : 08588 - 1150 - 526




3 komentar: