Senin, 27 Januari 2020

# Film # Film indonesia

Alasan Sutradara Memilih Kata Temen Pada Judul Film "Temen Kondangan"

Setelah menonton film Temen Kondangan di press screening beberapa hari lalu, ada yang mengganjal perasaan saya. Timbul pertanyaan dari kata Temen pada judulnya. Saya pun mengejar jawaban dari keresahan itu dari sang sutradara.
Film Temen Kondangan
Gaya Gading Marten di poster yang ngegemsin 

Sejak menjadi seorang blogger, saya jadi banyak belajar soal memilih kata-kata yang pantas yang sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar atau Ejaan Yang Disempurnakan. Bacaannya jadi kaku dong? Ya enggak juga.  Kata-katanya tetap luwes asal masih mudah dimengerti oleh pembaca. Setelah saya belajar menulis feature dalam program nulis gunung, saya jadi lebih memahami teknik menulis.

Jiwa ketelitian saya tergugah saat melihat judul film "Temen Kondangan" hari Jumat (24 Januari 2020) lalu. Kayaknya ada yang salah deh sama judulnya, tapi apa ya? Dalam hati saya berkata begitu sambil menatap ke poster yang ada di layar bioskop. Namun film segera dimulai dan saya harus menonton dulu film yang berdurasi 90 menitan ini.

Oh ya, di penghujung bulan Januari 2020 MNC Pictures menelurkan produksi filmnya berjudul "Temen Kondangan". Film bergenre komedi yang dimainkan banyak artis kenamaan mulai dari Prisia Nasution, Samuel Rizal, Olivia Jensen, Febby Fabiola, Diah Permatasari, Reza Nangin, Imelda Therin, Izzur Muchtar, Kevin Julio, dan masih banyak lagi.

Film komedi Indonesia
Para pemain saat press conference

Film Temen Kondangan menceritakan tentang Putri, seorang selebgram yang diundang ke pernikahan mantannya, Dheni. Demi gengsi dan embel-embel status sudah move on, Putri nekat datang dan mencari pasangan untuk datang ke kondangan mantannya. Bertemulah Putri dengan Yusuf, Juna dan Galih di acara pernikahan tersebut dan kejadian-kejadian rusuh mulai terjadi satu per satu. Nah, bagaimana mereka bisa bertemu di satu tempat yang sama? Kalian bisa nonton filmnya di bioskop mulai 30 Januari 2020. Saya enggak mau spoiler ya 😄. 

Setelah menonton filmnya, diadakan press conference yang dihadiri beberapa pemain dan crew. Durasi syuting film Teman Kondangan selama 12 hari di satu tempat saja yaitu di gedung pernikahan. Itu menjadi sebuah kesulitan sekaligus tantangan bagi para pemain dan crew. Bagi sutradara syuting selama itu di satu tempat harus punya keputusan yang tepat dan cepat bagi pemain inti dan pemain ekstrak (cameo).

Kalau bagi pemain syuting selama itu di satu tempat harus menjaga mood tetap baik supaya karakter yang dimainkan sesuai skenario. Bagi Reza Nangin dan Olivia Jensen makananlah yang membuat mood menjadi sangat baik. "Karena kita tiap hari bergantian bawa potluck (makanan bawa sendiri)", jelas Reza Nangin saat press conference.


Film Temen Kondangan 2020
Putri yang bingung cari temen buat kondangan mantannya.
Dok.foto Twitter @MNCP_MOVIE

Keresahan saya belum terjawab karena belum mendapatkan kesempatan bertanya. Setelah presscon, saya pun mencari sang sutradara, Iip Sariful Hanan. Sering nonton Dunia Terbalik  dan Tukang Ojek Pengkolan?  Nah, beliaulah juga yang menyutradarai sinetron tersebut. Ini merupakan film pertama yang kang Iip garap.

Di kala yang lain menyerbu para pemainnya, saya menghampiri kang Iip Sariful Hanan yang sedang duduk santai sambil ngobrol dengan crew-nya.

"Permisi kang, boleh tanya-tanya sebentar soal film ini?, tanya saya.

"Oh boleh, silahkan," jawab kang Iip.

"Saya tergoda dengan judul filmnya, Temen Kondangan. Kenapa judulnya hari Temen Kondangan bukan Teman Kondangan? Karena saya cek di KBBI kata yang benar itu "teman". Apa ada alasan dibalik itu?, tanya saya.

"Pastinya ada dong. Kan gini, apa namanya, ejaan juga memperlihatkan kasta sosial dan sebagainya gitu kan. Kenapa kita memilih kata Temen Kondangan bukan Teman Kondangan? Karena memang kita ini fi menceritakan hal-hal yang non formal yang terjadi di masyarakatnya. Jadi, kalau Teman Kondangan jadi kesannya formal banget. Dari awal memang konsepnya sudah Temen Kondangan, bahasanya bahasa keseharian. Memang disengaja didesain seperti itu. Makanya saya bisa menjelaskan kenapa Teman Kondangan bukan Teman Kondangan," jelas kang Iip.

Jadi, rasa penasaran saya terungkap sudah dari penjelasan sang sutradara. Film Temen Kondangan memang sengaja ingin menyajikan tontonan yang ringan bagi penontonnya di tengah semua permasalahan yang ada. Berharapnya saat keluar studio, penonton bisa mendapatkan sedikit kelegaan.





***

2 komentar:

  1. Memang banyak yang salah nulis bahkan saat ngetweet. Temen lebih akrab dan enak di denger daripada teman

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itulah alasan Sutradara memakai kata temen, bukan teman.

      Hapus