Minggu, 11 November 2018

# Jakarta # MRT

Siap Menyambut MRT Jakarta Fase 2

Semenjak proyek Mass Rapid Transpot antara jarak Lebak Bulus - Bunderan HI hampir selesai, jalan protokol Sudirman terlihat rapih. Pelebaran jalan di sisi depan gedung-gedung membuat jalanan jadi lebih lega. Saya senang sekali melihat perubahan ini. Pelebaran jalan tersebut untuk membuat trotoar lebih luas dan juga sebagai pintu masuk ke jalur MRT. Rasanya sudah tidak sabaran menumpang MRT Jakarta tahun depan. Kabarnya akan beroperasi sekitar bulan Maret 2019. Semoga bisa merasakan saat peluncurannya nanti. Belum juga berjalan MRT Jakarta fase pertama, bulan Desember 2018 proyek MRT Jakarta fase kedua segera dilaksanakan.

Foto slide dari MRT Jakarta

6 November 2018 lalu telah dilaksanakan acara peluncuran proyek MRT Jakarta fase dua bertema "Market Forum The Commencement of Jakarta Phase 2" di Thamrin Nine Ballroom, Jakarta. Baru kali ini saya hadir di acara semi resmi pemerintah yang dihadiri oleh dua negara yaitu Indonesia dan Jepang. Karena proyek MRT Jakarta memang bekerjasama dengan negeri Sakura itu. Tahu sendiri kan kalau Jepang teknologi dan transportasinya sudah canggih. 

Acara ini dihadiri oleh Heru Nugroho selaku Presiden Direktur MRT Jakarta. "Saat ini pengerjaan MRT Jakarta fase pertama sudah berjalan 97%. Tinggal tunggu pengoperasian bulan Maret 2019" jelas beliau. MRT Jakarta fase pertama dibangun sepanjang kurang lebih 15,7 Km dari Lebak Bulus sampai Bundaran HI. Sedangkan MRT Jakarta fase dua akan dibangun dari Bundaran HI sampai Kampung Bandan sepanjang kurang lebih 7,8 Km. Jadi, total MRT Jakarta sepanjang 23 Km, jalur ini dinamakan south-north line. Ada sekitar 7 lokasi stasiun yang akan dibangun yaitu Sarinah, Monas, Harmoni, Sawah Besar, Mangga Besar, Glodok dan Kota.

Bapak Heru Nugroho

Tentunya pengerjaan proyek MRT fase 2 ini ada kendala yang dihadapi. Melihat jalur kawasan Harmoni, Hayam Wuruk, Kota merupakan jalur yang ramai kendaraan. Namun semua sudah diperhitungkan secara baik oleh JICA ( Japan Internasional Cooperation Agency). Outline track sudah dibuat secara rinci dan dijelaskan secara singkat oleh pihak JICA. JICA adalah sebuah lembaga yang didirikan pemerintah Jepang untuk membantu membangun negara-negara berkembang. Saat dijelaskan outline track-nya di layar, saya kagum sekali dengan perencanaan proyek ini. Peta tiap stasiun yang akan dibangun sudah diperhitungkan jaraknya. Bahkan sudah dipersiapkan sinyal dan komunikasi sistemnya.

sumber gambar slide MRT Jakarta

Oh ya , di waktu yang bersamaan Presiden Joko Widodo mencoba kereta MRT Jakarta dari Stasiun Bundaran Hotel Indonesia ke Stasiun dan Depo Lebak Bulus. Didampingi oleh Menteri Perhubungan RI Bapak Budi Karya Sumadi, Gubernur Provinsi DKI Jakarta Bapak Anies Baswedan serta Direksi PT MRT Jakarta. Pak Jokowi berharap tahap dua segera dikerjakan sehingga transportasi bisa terintegrasi dengan moda lainnya seperti LRT, bus Transjakarta, kereta bandara dan transportasi lainnya supaya mengurangi kemacetan.

Kini ada 9 rangkaian kereta yang telah tiba di Depo Lebak Bulus dan menjalani serangkaian tes. Target bulan Desember 2018, seluruh 16 rangkaian kereta tiba di Depo Lebak Bulus. Hadirnya MRT tidak hanya sebagai solusi bagi kota Jakarta agar mengurangi kemacetan dan polusi udara, tapi juga mengembalikan kesadaran masyarakat untuk menggunakan transportasi masal. Perubahan perilaku masyarakat masa kini yang menggunakan kendaraan pribadi. Sekarang kita doakan saja supaya proyek MRT fase dua ini berjalan lancar mulai bulan depan dan segera bisa kita nikmati tahun 2025.



***

26 komentar:

  1. Semoga jabodetabek kedepannya makin lancar jaya dengan transportasi umumnya ya :)

    BalasHapus
  2. Semoga dengan adanya MRT dapat mengurangi kemacetan dan yg menggunakan motor hahaha jadi rame2 naik MRT

    BalasHapus
  3. Wahh asik lah kalo MRT beres d jkt
    Ntar aku mau coba juga kalo pas main k sana
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  4. Jadi pengen cepet cepet nyobain naik MRT, biar ke event jadi lancar jaya

    BalasHapus
  5. Kemarin pas cfd-an takjub lih sy liat halte2 untuk MRT sdh pd jadi disekitaran jalan Sudirman, jd gak sabar pgn nyobain naik MRT di Jakarta. Dulu pernah nyoba naik di Singapura

    BalasHapus
  6. Aamiin. Semoga lancar.

    BTW saya penasaran, dress code hadir di acara ini adakah, Mbak? Soalnya di atas disebutkan semi resmi dan dihadiri dua negara ��

    #pertanyaaananeh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga ada dress code yang disebutkan sih. Cuma hampir semua pakai batik.

      Hapus
  7. saya makin semangat nih jadi orang Jakarta.. kota ini berkembang pesat sekali dari segi infrastruktur dan teknologi.. semoga pemerintahannya pun bisa berjalan dengan baik..

    BalasHapus
  8. klo liat progressnya dah berharap cepat cepat selesai jadi bisa ngerasain dan yang terpenting bisa mengurangi kemacetan

    BalasHapus
  9. Aduh aku jadi pengen juga nyobain MRT Jakarta, jadi seperti apa ya nantinya pasti keren banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo kalau ke Jakarta harus nyobain naik MRT ya bulan Maret 2019

      Hapus
  10. Jadi gak sabar ya kemana2 jd makin gampang

    BalasHapus
  11. Waah... makin keren aja nih Jakarta... yang di Pekanbaru kapan ya bikin kayak gini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga ekspansi proyek MRT bisa merata ke wilayah seluruh Indonesia

      Hapus
  12. Gak sabar pengen menjajal MRT. Jakarta makin bagus tentunya yaaaa. Moga makin bisa bikin lalu lintas lancar. Tapi moga2 juga dibarengin dengan kebijakan pemerintah membatasi kendaraan bermotor :D

    BalasHapus