Kamis, 22 November 2018

# Belanja # member card

Belanja Nggak Rugi Di Watsons Karena #JadiMemberPastiUntung

Siang itu, usai dari acara peluncuran asuransi saya bertemu dengan mba Windu. Kami pun jalan bareng keluar dari gedung sambil ngobrol.

"Langsung pulang, Rul?" tanya Windu.
"Nggak, masih ada event lagi nanti jam 2" jawab saya.
"Gue mau beli obat nih buat nyokap. Tapi, dimana ya?" tanya Windu.
"Obat apa? Resep dokter?" tanya saya.
"Bukan, vitamin biasa. Ada toko obat nggak ya di Grand Indonesia?" tanya Windu.
"Toko obat sih nggak ada. Tapi kalau mau beli vitamin ada Watsons di GI" jelas saya.
"Wah, boleh tuh. Mungkin aja vitaminnya ada.  Temenin yuk? " ucap Windu.
"Ayo deh, mumpung Nurul masih ada waktu" jawab saya.

Depan Watsons Grand Indonesia


Itulah percakapan singkat saya dengan mba Windu sambil menuju Grand Indonesia. Saya sempat lupa letak tokonya ada di mana. Setelah tanya sama pak security, kami pun menuju lower ground (LG) East Mall. Letaknya berdekatan dengan Ranch Market.

Mba Windu sibuk mencari vitamin untuk ibunya, sedangkan saya tertarik dengan produk diskonan. Apalagi kalau melihat buy 1 get 1. Langsung melotot deh. Mba Windu tidak hanya beli vitamin, tapi juga beli bedak refill Wardah dan produk lainnya (saya nggak terlalu perhatiin dia beli apa saja). Terus, kamu beli apa Rul? Saya cuma beli tissue basah merek Watsons varian ocean scented dan bonusnya green tes scented karena promo harga Rp 19.900 dapat 2. Alasan saya cuma beli tissue basah saja karena pelayanan kasir yang kurang ramah.

Memang awalnya saya dan mba Windu sempat foto-foto di area toko, kemudian ditegur oleh kasirnya. Kami pun minta maaf dan menghentikan foto-foto. Salah kami juga sih belum izin sama petugasnya. Saat bayar di kasir wajah karyawannya nggak enakin gitu. Saya nanya-nanya tentang keuntungan member card Watsons, kayak jawab seadanya. Mungkin dia masih kesel sama kelakuan kita tadi. Makanya saya jadi agak malas mau belanja produk lebih banyak. Soal uang sih, masih bisa bayar pake debit. Cuma saya sudah nggak sreg sama pelayanan kasirnya. Karena bagi saya pelanggan akan royal belanja produk suatu toko kalau pelayanannya baik dan memuaskan. Usai transaksi pembayaran, saya dan mba Windu berpisah menuju ojek online masing-masing.

Watsons ada produk bayinya juga 

By the way, ada yang tahu Watsons itu apa? Sedikit saya jelaskan ya. Watsons pertama kali berdiri di Hongkong pada tahun 1841. A.S Watsons Group merupakan penjual produk kesehatan dan kecantikan terbesar di dunia dengan lebih dari 14.400 toko di 24 pasar. Saat ini di Asia ada 6.800 toko dan lebih dari 1500 farmasi di 12 pasar Asia dan Eropa. Di Indonesia Watsons memiliki 77 toko (per Desember 2017) yang berlokasi di Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Bali. Kayanya jumlah tokonya bertambah lagi karena di Depok saja ada 1 toko baru di CiPlaz Depok (ex Plaza Depok).

Pengalaman Belanja di Watsons Margo City Depok


Tengah bulan gini biasanya kebutuhan kamar mandi hampir habis. Kebetulan sabun tangan cair, odol dan shampo sudah habis. Hari Sabtu, 17 November 2018 sepulang dari acara di kawasan Menteng, saya berinisiatif turun kereta di Pondok Cina dan mau mampir ke Watsons Margo City, Depok. Sampai segitunya saya rela turun kereta sebelum stasiun tujuan. Karena saya masih belum puas belanja di Watsons dan ingin nikmati manfaat #JadiMemberPastiUntung dari Watsons. Keuntungannya apa saja nanti di bawah saya jelaskan ya.

Borong yuk di Watsons

Kebetulan saya bareng Nona Melinda yang juga turun di stasiun Pondok Cina. Sekalian saja saya ajak ke Watsons Margo City, mungkin saja ada yang mau dia beli. Sampai di sana, saya langsung menuju kasir karena ada yang mau saya tanyakan. Kebetulan kasirnya cowok. 

"Mas, saya mau belanja menggunakan member card Watsons. Tapi, mau top up dulu sebelum bayar. Bisa nggak?" tanya saya.

"Oh bisa Bu, bayar dan top up disini" jawab kasir.

Saya pun lanjut keliling toko mencari barang yang ingin dibeli. Sore itu toko Watsons Margo City ramai pengunjung. Kebanyakan kaum hawa yang mampir kesini. Namanya belanja di toko yang serba ada gini, nggak enak kan kalau cuma beli 3 produk aja ya. Akhirnya beberapa barang masuk ke dalam keranjang belanjaan. Hasilnya jumlah belanjaan saya jadi banyak begini kayak foto ini. Untuk minyak kayu putihnya diambil sama Nona Melinda.

Hasil belanjaan dari Watsons

Barang yang saya beli sebagai berikut :
  • Vidoran Gummy  : Rp 18.500
  • Laurier panty liner : Rp 6.900
  • Pepsodent  White : Rp 13.900
  • H&S Shampoo Lemon : Rp 30.500 (disc.25%)
  • Holisticare 2 buah @ Rp 7.000 : Rp 14.000
  • Watsons Fruity Mask : Rp 19.900
  • Watsons Cream Hand Strawberry:Rp 19.900
  • Watsons Gel Hand Lavender : Rp 19.900 (free) 
  • Caplang Minyak Kayu Putih : Rp 63.900 (disc.50%)
Total   : Rp 207. 400

Itu total jumlah belanjaan saya, tapi belum dipotong dari harga diskon dan barang buy 1 get 1. Setelah dipotong jumlah belanjaan saya menjadi Rp 147.500. Jadi, saya dapat potongan harga sebesar Rp 59.900. Wow...lumayan banget ini hematnya. Benar-benar banyak untungnya jadi member Watsons.

Saya pikir harga produk yang ada di Watsons itu relatif murah. Misal harga Micellar water, Nona Melinda bilang harganya lebih murah dibandingkan ia beli di minimarket atau toko kecantikan lainnya. Kalau di toko lain cuma bisa beli 1 barang, sedangkan harga 1 barang di toko itu bisa beli 2 di Watsons. 

Kejadian lucu terjadi saat saya bayar belanjaan. Niat awal saya kan mau bayar pakai member card Watsons yang sudah gabung dengan Flazz BCA. Tapi, kartu saya belum ada saldo, makanya saya mau isi dulu sebelum bayar. Ternyata ada salah persepsi antara saya dan kasirnya. 

Struk belanjaan

"Totalnya semua Rp 147.500 ya Bu, sudah sama potongan harga", jelas si kasir.

Kemudian dia gesek kartu debit dan saya pencetkan nomor pin. Setelah sukses pembayaran, saya omong dalam hati...

Loh, gue kan mau bayarnya pakai flazz member card Watsons. Kok, udah lunas aja. 

"Ibu mau top up berapa?" tanya kasir

"Kayaknya mas salah paham deh. Saya kan bayarnya mau pakai kartu Flazz member Watsons ini. Makanya tadi saya nanya, apa bisa isi saldo dulu sebelum belanja?" jawab saya

"Oh maksud ibu begitu. Maaf ya Bu, saya salah paham. Saya kira ibu mau top up setelah belanja. Ibu masih berminat top up, minimal 20 ribu aja", kata kasir.

Mau bagaimana lagi, sudah terlanjur dibayar semua. Akhirnya saya top up 20 ribu saja. Bisa digunakan untuk naik comutterline, Transjakarta atau bayar tol nanti. Kali ini kasirnya cukup ramah. Wajar saja kalau dia salah paham dengan pertanyaan saya, mungkin pikiran dia tidak terlalu mencerna pertanyaan saya karena banyaknya pengunjung yang antri bayar. Alhamdulillah saya mendapatkan poin sebanyak 8 untuk pertama kali belanja dengan menggunakan member card Watsons.

Keuntungan Jadi Member Watsons

Sekarang saya mau jelaskan beberapa manfaat yang didapatkan jadi member Watsons. Dijamin deh bikin kalian mupeng (muka pengen) mau buat member card juga. Sebelumnya saya mau tunjukkin penampakan member card yang saya terima. Selain dapat kartunya, banyak voucher dari berbagai brand yang ada di Watsons. Wih...lumayan nih buat jajan berikutnya.


Isi 1 pack member card Watsons


Welcome Voucher 
Voucher sebesar Rp 250.000 bagi pemegang Watsons Regular Member Card yang bisa dibeli dengan harga Rp 25.000 dan bagi pemilik Watsons Flazz Member Card mendapatkan voucher nilai Rp 500.000, harga kartu membernya Rp 35.000.

Welcome Voucher yang saya terima sebanyak 20 dan senilai 525K dari berbagai brand product yang ada di Watsons. 

Basic Point
Tiap belanja minimal Rp 20.000 akan mendapatkan 1 poin. Poin berlaku sampai 31 Desember di tahun ke dua. Cek poinnya bisa di toko, aplikasi, website atau hubungi customer service di 021-30022833. Reedem poin bisa digunakan belanja di toko atau websiteu, tunjukkan kartu member atau scan QR code. Pastikan membermu aktif ya. 

Save Money
Bisa gunakan poin untuk membayar belanjaan atau reedem poin yang dihargai sebesar Rp 100. 

Special Price 
Harga spesial buat barang pilihan. Semoga saja barang yang lagi dicari harganya lagi murah ya.

Bayar dulu dong..

Birthday Treat
Saat ulang tahun bisa dapat voucher lho dari Watsons. Bisa dikirim lewat email atau SMS, tergantung komunikasi yang kamu pilih. Cukup sekali saja treat ini dimanfaatkan. Saya belum dapet sih, semoga Februari tahun depan dapat privilage ini.

Special Point
Poin spesial buat barang tertentu saja. Misalnya beli masker harga Rp 19.900, bisa dapat dua cuma bayar pakai 1 poin saja.

2x Poin
Kalau beli produk merek Watsons, maka bisa mendapatkan poin 2x.


Selain manfaat diatas memiliki member card Watsons, manfaat lainnya kartu ini bisa digunakan untuk naik Transjakarta, bayar tol dan comutterline. Tiap bulan juga ada promo menarik yang diberikan. Seperti bulan November ini, ada diskon 50% dengan menukar tensi lamamu dengan merek FAMILY DR tipe AB701f di toko Watsons tertentu. Bisa juga kumpulin 4 stempel tiap belanja produk merek Watsons minimal Rp 100.000 di toko dan di website sebesar Rp 500.000, bisa dapat travel hair dryer seharga Rp 25.000. Kalau nggak pakai member kumpulin 5 stempel.

Watsons juga bekerjasama dengan aplikasi Halodoc. Tiap belanja Rp 100.000 di official Watsons Store pada aplikasi Halodoc akan mendapatkan diskon 25% dengan kode WATSONS100. Bisa juga cek kesehatan di klinik Prodia dapat diskon 20%. Ada juga Purchase With Purchase (PWP) yang jugajuga  digunakan jika belanja minimal Rp 50.000.


Happy belanja banyak untung di Watsons

Kalau sedang malas keluar rumah bisa juga belanja secara online melalui https://www.watsons.co.id. Hanya saja belanja online dibatasi sebanyak 12 produk saja. Metode pembayaran pun beragam sesuai keinginan pelanggan. Bisa bayar pakai kartu kredit Visa atau Master, transfer bank (BCA, Mandiri dan Permata), atau Cash on Delivery (COD). Pengiriman barang dilakukan oleh jasa kurir JNE. Oh ya, kalau belanja secara online dapat voucher sebesar Rp 25.000 dengan minimal belanja Rp 150.000. Keuntungan belanja secara online yaitu Gratis ongkir untuk wilayah Jawa, Bali, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dengan belanja minimal Rp 50.000. Selain bisa belanja langsung di outlet dan online, bisa juga melalui aplikasi  Watsons ID yang bisa diunduh di Google Play dan App Store.

Tampilan website toko online Watsons


Segera unduh aplikasi Watsons di smartphonemu

Inilah pengalaman belanja saya di Watsons. Mengunjungi dua toko berbeda dengan pengalaman yang berbeda pula. Kalau boleh saran pelayanannya lebih baik lagi bagi karyawan Watsons. Saat ini saya lebih merasa nyaman belanja di Watsons Margo City. Bukan karena tidak dilarang ambil gambar saat di toko, tapi karyawannya cukup tanggap melayani pengunjungnya. Meskipun sempat salah paham kasirnya. Saya maklumi hal itu. Oh ya, saya sudah coba pakai kartunya untuk naik comutterline, tapi sayangnya belum bisa dipakai di stasiun Depok Baru. Padahal sudah saya aktifkan di mesin khusus kartu bank. Kata petugasnya, kartu bank yang baru memang belum bisa digunakan. Bukan hanya kartu flazz BCA saja, kartu bank lainnya juga. Kalau transjakarta dan bayar tol belum dicoba.

#WatsonsBlog

Info lebih lanjut bisa pantengin terus sosial media Watsons. Bakal ada promo dan diskon menarik buat para membernya. Pasti nggak mau ketinggalan kan. Rasakan banyak keuntungan dengan menjadi member Watsons. Mengaktifkan member bisa di toko langsung, melalui website atau aplikasi. Kalau kartu member hilang silahkan hubungi customer service. Watsons tidak mengganti apapun yang hilang, rusak atau dicuri. Poin akan ditahan selama ada kartu baru dan akan dipindahkan. Bisa juga laporan kartu hilang ke website. Sekarang saya mau manfaatkan welcome vouchernya ah. Happy shopping all!


Follow juga sosial media
Fanpage : Watsons Indonesia
Instagram : @watsonsindonesia
Twitter : @watsonsindo
YouTube : Watsons Indonesia



***

3 komentar:

  1. Hihi, di Surabaya kasir maupun SPGnya ramah-ramah mba, pokoknya seneng deh belanja di Watsons, apalagi udah punya member card nya.
    Saya dari dulu paling suka promo buy 1 free 1 nya Watsons, terutama sabun mandi.
    Kesukaan satu keluarga soalnya.

    Udah gitu, ada poinnya pula :D

    BalasHapus
  2. Aku ketagihan belanja di Watsons wkwk, soalnya lagi banyak yg murah-murah, emak kudu hemat, cantik dan sehat gak perlu mahal kalo belanja di sini 😉

    BalasHapus
  3. Mak makasih banget info nya bener detaiel bener. Hebat bener deh lo mak

    BalasHapus