Minggu, 21 Oktober 2018

# 3 Dara 2 # Film indonesia

Film 3 Dara 2, Menyuarakan Emansipasi Pria

Seorang istri jadi ibu rumah tangga dan melakukan tugas keseharian di rumah itu lumrah. Mencuci baju, memasak dan mengurus anak menjadi rutinitas yang biasa saja. Bagaimana jika suami yang berubah posisi menjadi bapak rumah tangga dan melakukan semua tugas tersebut? Oh no...no...no...way.  Malah yang ada nanti nggak beres semua. Di dunia nyata mungkin masih jarang ada pria atau suami yang mau menggantikan posisi istri di rumah, tapi di film 3 Dara 2 kita bisa lihat aksi Tora Sudiro, Tanta Ginting dan Adipati Dolken menjadi bapak rumah tangga.
film komedi 3 dara 2
Sudah mirip jadi cameo film 3 Dara 2?

Setelah menunggu selama 3 tahun, akhirnya sekuel film 3 Dara 2 siap dirilis 25 Oktober 2018 di seluruh bioskop. Kisah trio Afandi (Tora Sudiro), Jay (Adipati Dolken) dan Richard (Tanta Ginting) berlanjut dengan cerita benang merah yang sama dan tetap menjadi pasien ajaib dokter Windy (Rianti Cartwright). 3 pria yang merasa memiliki keanehan dalam dirinya menjadi seorang perempuan.  Oh ya, kalian sudah nonton episode film 3 Dara yang pertama belum? Kalau yang sudah menonton pasti ingat sosok Ayushita yang lucu suaranya dan disangka menjadi penyebab 3 pria itu berubah menjadi wanita. Kebetulan saya sudah nonton filmnya saat peluncuran poster dan trailer film 3 Dara 2 beberapa  waktu lalu. Sepanjang film ini saya ketawa terus. Maksudnya pada adegan yang bikin ketawa lho.

Coba intip nih berita peluncuran poster dan trailer film 3 Dara 2

Cerita film 3 Dara 2 berawal dari Afandi yang mencoba peruntungan di bidang agro bisnis. 2 sahabatnya pun diajak untuk menaruh investasi. Jumlahnya nggak nanggung-nanggung lho, miliyaran. Bertemu dengan Pak Bowo ( Dwi Sasono) dan langsung menyetujui kesepakatan bisnis mereka. Bagai tersambar petir di siang bolong, keuntungan yang dijanjikan ternyata zonk. Padahal mereka sudah menggadaikan semua aset. Mereka bangkrut.

Demi membayar semua hutang, para istri mereka yaitu Aniek (Fanny Febriana), Kasih (Rania Puriasari) dan Grace (Ovi Dian) menggantikan posisi suami untuk bekerja. Sedangkan para suami mengerjakan tugas yang biasa dilakukan istri di rumah. Karena semua harta habis, mereka terpaksa tinggal di rumah Eyang Putri (Cut Mini). By the way, saya suka banget sama peran Eyang Putri lho. Tapi, mereka nggak bisa seenaknya tinggal di rumah Eyang Putri. Ada asisten kepercayaanya yang menyebalkan, si Jentu (Soleh Solihun). Petualangan 3 bapak rumah tangga ini

film 3 dara 2
Para pemain dan kru film 3 Dara 2
saat press conference

Film 3 Dara 2 Menyuarakan Emansipasi Pria


Zaman sekarang lihat Chef pria masak di dapur, lihat designer menjahit pola pakaian dan mendandani calon pengantin wanita sudah biasa. Kegiatan yang didominasi oleh wanita itu, bisa juga dilakukan oleh pria. Contohnya saja Ivan Gunawan sukses menciptakan pola baju dan membuat baju yang sangat indah, Gusnaldi seorang make up artist bisa mempercantik wajah wanita dan Chef Eddrian Tjhia yang pintar menyajikan makanan enak. Ternyata profesi tersebut tidak mustahil dimiliki oleh kaum Adam.

Ibu Kartini menciptakan gebrakan emansipasi perempuan. Dulu perempuanitu nggak boleh sekolah, nggak boleh bergaul, cukup melayani suami saja di rumah. Berkat ibu Kartini kaum haawa mendapa jalan terang menuju kesuksesan. Ibu Kartini menjadi pelopor emansipasi wanita. Wanita bisa juga cari nafkah buat keluarga. Bahkan penghasilan istri ada yang melebihi suami.

Rania Puriasari pernah main dalam film  Surat Cinta Untuk Kartini .

film komedi 3 dara 2
Contoh emansipasi pria

Nggak cuma wanita saja yang bisa emansipasi, pria juga. Film 3 Dara 2 menyuarakan emansipasi pria. Cerita tentang emansipasi memang sudah disuarakan sejak pertengahan tahun 2018. Sejumlah event pun telah dilaksanakan supaya lebih dekat dengan masyarakat menyambut film produksi MNC Pictures ini. Mulai dari rilis poster dan trailer, meet and great, diskusi, sampai mengadakan konvoi. Dari kegiatan konvoi menciptakan rekor MURI untuk kategori konvoi pemain film 3 Dara 2 bersama pengemudi motor sebanyak 1000 perempuan.  Promosi film yang luar biasa.

Isu yang menarik kisah emansipasi untuk pria dijadikan sebuah film. Film 3 Dara mengemasnya dengan unsur komedi. Sehingga pesan yang disampaikan tidak terkesan menggurui. Sutradara Monty Tiwa pintar mengatur adegan demi adegan yang dibawakan oleh 3 aktor kenamaan itu. Saya suka peran Jentu dan Eyang Putri meskipun mereka peran baru dalam film ini.

Emansipasi yang digambarkan dalam film ini menunjukkan bahwa pria bisa juga melakukan pekerjaan rumah. Cuma belum terbiasa saja. Apalagi Afandi, Jay dan Richard menjadi bapak rumah tangga itu secepat kilat. Wajar saja kalau mereka banyak mengeluh. Sepatutnya kehidupan rumah tangga itu dijalani bersama-sama. Saling membantu tugas peran masing-masing. Eh, istri itu suka lho kalau dibuatin masakan sama suaminya. Kayak saya, dibuatin mie goreng pakai telor rebus saja rasanya seneng banget.

film drama komedi
Bisa lihat kuda unicorn ini nonton film 3 Dara 2


Kehidupan rumah tangga itu bagai gotong royong menjalani tugas. Film 3 Dara 2 memberikan tontonan yang baik untuk menjalin kerjasama antara peran istri dan suami. Satu hal yang jangan sampai dilupakan. Meminta restu pada pasangan suatu hal yang memudahkan urusan. Minta izin dulu kalau mau pergi, pakai kartu kredit atau traveling sendirian. Poin terakhir impianku banget.

Secara keseluruhan saya suka film 3 Dara 2, nilainya 7,5 dari 10. Komedinya lebih ngakak di film 3 Dara pertama sih. Sosok Bambang tak memberi kesan berbeda di film ini. 3 Dara 2 rilis di bioskop 25 Oktober 2018. 



***

9 komentar:

  1. Filmnya menghibur, agak2 kaget awal liat traillernya karena banyak yg berubah pemerannya. Tapi berkesempatan dan mendapat info saat presscon. Ohh..mulai ngerti akhirnya

    BalasHapus
  2. Waaaa, nih pilem menarik bgt yak. Maju terus film Indonesia!!
    Kindly visit my blog: bukanbocahbiasa(dot)com

    BalasHapus
  3. aku juga liat iklannya lucu, sayang nggak ada temen yang mau nonton. lucu banget ya, laki2 tinggal di rumah, dan ngurus rumah. ini filmnya unik, jarang2 ada yang mau ngangkat tema ini.

    BalasHapus
  4. Wah seru banget ya bisa kopdar dan nobar ya jadi pengen juga nonton bareng temen-temen

    BalasHapus
  5. wahaha Nurul udah macem Cut Mini aja. Kalian cocok bikin parodi film 3 Dara.

    BalasHapus
  6. Aku termotivasi banget buat nonton ini mba, udah lama nggak nonton film kocak yang seru

    BalasHapus
  7. Foto2nya lucu sekocak filmnya.
    Aq suka aktingnya cut mini, gak bs bayangin klo pnya ibu mertua macam itu��

    BalasHapus
  8. Aku udah nonton ngakak banget liat film ini apalagi akting cut mini hahaha kayak nenek lampir wkwkkw

    BalasHapus
  9. Saya lihat trailer-nya di televisi saja ngakak .... akting Eyang Putri keren banget. Yang lainnya juga

    BalasHapus