Senin, 22 Januari 2018

# kitabisa # melawan dunia

Ayo Bantu #NICURangers Melawan Dunia

Hari Rabu (17 Januari 2018) cuaca mendung sekali. Namun tidak menghentikan langkah saya menuju Conclave di Jalan Wijaya 1, Jakarta. Selama dalam perjalanan di ojek online saya khawatir akan telat datang karena tiba-tiba hujan dan harus lama berteduh. Ternyata semesta mendukung, saya tiba belum dimulai acaranya.  Kali ini saya menghadiri press conference Bantu #NICURangers Melawan Dunia. Awas jangan gagal fokus dengan superhero power rangers ya, tapi #NICURangers. Unik ya namanya. 

Antusias saya datang ke acara ini karena ingin bertemu dengan kedua orang tua almarhum Adam Fabumi Kamaludin. Kalau yang follow akun instagramnya @adamfabumi pasti tahu bagaimana kondisi Adam semasa hidupnya. Adam yang memiliki kelainan trisomy 13 atau disebut juga Dandy Walker Syndrome atau sindrom patau. Trisomy 13 disebabkan oleh kelainan kromosom di dalam genetik tubuh. Saat pembentukan janin, seharusnya kromosom ada dua lalu terjadi penambahan kromosom sehingga menjadi tiga kromosom. Perbandingannya pun dialami 1 dari 16000 kelahiran. Kecil kemungkinannya, tapi patut diwaspadai. Menuju usianya 7 bulan kurang 2 hari, 22 November 2018 Adam meninggal dunia.


Adam Fabumi, Inspirasi RAN dan Yura Yunita Lakukan Penggalangan Dana Untuk Para #NICURangers

Saya sedih kalau membahas Adam terlalu panjang. Meskipun belum pernah bertemu langsung dengannya, hanya mengikuti kesehariannya di instagaram, saya bisa merasakan kehilangan Adam. Saya salut sama perjuangan mbak Ratih Megasari dan mas Kiagoos Herling Kamaludin (Ludi) sebagai orang tua Adam. Kekuatan kalian luar biasa 😂. Update tentang Adam di instagram menarik perhatian para netizen untuk mengetahui perkembangan Adam. 

Press conference ini turut hadir RAN, Yura Yunita dan kedua orang tua Adam Fabumi. Sebelum Adam kembali kepadaNya, RAN dan Yura Yunita sempat membuat lagu berjudul "Melawan Dunia" yang terinspirasi dari perjuangan orang-orang disekitarnya, khususnya bayi mungil yang sedang berjuang terhadap penyakitnya dan didedikasikan untuk para #NICURangers. Kalau nonton video clipnya benar-benar mengandung bawang deh. Baru sebentar aja langsung rembes air mata. Coba deh searching di youtube lagunya.

Ki-ka : RAN, Yura Yunita dan orang tua Adam

Meskipun Adam sudah tiada, tapi perjuangannya menginspirasi banyak orang dan membuka mata publik tentang #NICURangers. NICU kepanjangan dari Neonatal Intensive Care Unit merupakan ruang perawatan intensif untuk bayi (sampai usia 28 hari) dan anak-anak yang membutuhkan pengobatan dan perawatan khusus guna mencegah dan mengobati terjadinya kegagalan organ-organ vital (sumber : bunda.co.id), kata Rangers sendiri diartikan sebagai pejuang atau penjaga. Jadi #NICURangers bisa diartikan sebagai bayi atau anak-anak yang berjuang sembuh dari penyakitnya di dalam ruang NICU. Nah, Adam dinobatkan sebagai Ranger Merah lho. Adam berada di NICU kurang lebih selama 2,5 bulan. Adam mengalami beberapa kelainan seperti bocor jantung  dandy walker, laryngomalacia (kelainan pada saluran napas).

Terinspirasi dari perjuangan Adam Fabumi Kamaludin mendorong RAN dan Yura Yunita melakukan penggalangan dana untuk para #NICURangers, membantu bayi dan balita yang terlahir dengan kondisi special dan membutuhkan banyak dukungan.

@ranforyourlife menyatakan "Sekecil apapun langkah yang kita ambil bisa berdampak besar. Andai Adam Fabumi masih ada melihat begitu banyak orang terinspirasi sama kehadirannya, pasti dia akan tersenyum. Sekarang ini jadi tugas kita untuk menciptakan senyum #NICURangers lainnya yang masih berjuang dan membutuhkan ulur tangan kita. Maka itu kami bertiga dan Yura Yunita mengajak kalian untuk bantu #NICURangers #MelawanDunia"

Penggalanagan dana bisa diberikan melalui kitabisa.com/MelawanDunia yang telah dibuka sejak Januari mengajak masyarakat mengumpulkan donasi yang nantinya dana akan dikelola oleh Adam Fabumi Foundation (AFF) yang dikelola oleh orang tua Adam. Sampai sekarang AFF telah membantu para pejuang NICU seperti Shawqi dan Saika yang telah masuk tahap penyembuhan. Pastinya bantuan dana ini juga membantu para pejuang NICU di luar sana.


KITA.BISA.com Situs Online Penggalangan Dana 

Sebenarnya saya sudah tidak asing dengan situs kitabisa.com. Beberapa waktu lalu penyanyi Andien Aisyah membuka penggalangan dana dalam rangka ulang tahun Kawa yang pertama untuk anak-anak penderita kanker. Alhamdulillah saya ikut berpartisipasi dengan campaign tersebut. Donasi yang saya sumbangkan memang tidak banyak, tapi setidaknya saya bisa meringankan kebutuhan mereka. Melalui kitabisa.com sebuah situs dimana individu, komunitas atau lembaga dapat melakukan fundraising (penggalangan dana) secara online. Sudah banyak yang ikut galang dana melalui situs ini. Hal ini menjadi Tren Positif bagi para masyarakat dan juga publik figur. Sekitar 89 publik figur sudah membuat penggalangan dana.

Saat ini penggalangan dana yang sedang hits adalah Birthday Fundraising, tren baru merayakan ulang tahun dengan mengajak followers atau orang-orang terdekat memberikan kado berupa donasi untuk yang membutuhkan. Nggak jaman lagi ya yang ulang tahun di ceplokin telor dan terigu. Mendingan uangnya didonasikan saja, bermanfaat untuk orang dan pahala buat kita. Insyallah...

Alfatih Timur (baju hitam) CEO KITABISA.com

Publik figur yang pernah membuat birthday fundraising seperti Raisa, Chelsea Islan, Indro "Warkop", Youtubers, Najwa Shihab, Andien. Tren positif yang sudah berjalan dari tahun 2017 akan terus berlanjut di tahun 2018. Terbukti dengan adanya penggalangan dana yang dibuat oleh RAN dan Yura Yunita.

Berdasarkan kategori, kampanye donasi yang berjalan dibagi menjadi 4 yaitu kebutuhan medis (24,3%) kemanusiaan (16,7%), rumah ibadah (10,6%) dan kategori lain seperti pendidikan atau inovasi. Dana yang terkumpul juga tidak tanggung-tanggung jumlahnya sekitar 193 M (2014-2017). Jumlah yang fantastik.

Siapapun bisa menggalang dana melalui kitabisa.com. Caranya dengan buka situs kitabisa.com, klik tombol galang dana, isi formulir pembuatan halaman kampanye donasi online dan selesai, kampanye kamu akan segera disebarkan. Sebelum di approve, kitabisa.com akan menskrining terlebih dahulu data yang sudah dimasukkan. Ada tim yang akan survey langsung, ibaratnya wajib su'udzon dulu dengan data tersebut.

Bersama mba Ratih dan mas Ludi

Ayo bantu #NICURangers #MelawanDunia dengan mendonasikan sebagian rezeki kita. Sekecil atau sebesar apa pun jumlahnya akan bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan. Seperti yang dikatakan CEO KITABISA.com Alfatih Timur, saatnya menyebarkan berita positif dan tenggelamkan berita negatif. Buktikan kalau masih banyak orang baik di dunia ini.



***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar