Kamis, 14 Desember 2017

# Kesehatan # Klinik lansia

Prodia Senior Health Centre, Pusat Layanan Kesehatan Para Lanjut Usia

Lansia atau lanjut usia adalah para orang tua yang berumur 50 tahun keatas. Di fase usia tersebut para orang tua banyak mengalami keluhan penyakit. Mulai dari diabetes, gagal ginjal, stroke atau jantung. Saat ini penyakit tidak menular yang paling ditakutkan. Pernah dengar kan orang lagi olahraga tiba-tiba meninggal dunia di tempat. Setelah diperiksa ternyata terkena serangan jantung. Kalau tidak sampai meninggal dunia biasanya kena stroke. Semoga kita terhindar dari segala macam penyakit ya.

Belum banyak klinik atau rumah sakit yang menyediakan pelayanan khusus untuk para lansia. Yang saya tahu para lansia ditempatkan ke panti jompo. Sebenarnya mengasingkan mereka ke panti jompo bukan solusi yang tepat. Tapi tenang saja para lansia bisa nyaman dan aman untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang memadai. Sekarang ada Prodia Senior Health Centre. Wah, apa itu? Sini saya kasih tahu...

Tampak luar Prodia Senior Health Centre

Selasa 12 Desember 2017, saya menghadiri peresmian Prodia Senior Health Centre sebuah pusat layanan kesehatan geriatri yang dapat diandalkan (reliable) di Indonesia. Saat peresmian berlangsung dihadiri oleh bapak Andy Wijaya, Phd selaku Komisaris Utama PT Prodia Widyahusada, Tbk, ibu Dewi Muliaty Direktur Utama Prodia, ibu Nelly Sari Project Manager Prodia Senior Health Centre (PSHC), staff dan para undangan. Suasananya homey sekali karena rumah tinggal yang diubah menjadi sebuah klinik. Rumah 2 lantai di kawasan Pondok Indah itu disulap menjadi layanan kesehatan khusus lansia.

Klinik ini didirikan berdasarkan inisiatif Prodia dalam memberikan layanan kesehatan berkualitas bagi para pelanggan usia lanjut dengan tujuan meningkatkan kebugaran dan stamina di usia lanjut, sehingga terhindar dari penyakit degeneratif atau komplikasinya.

Penyakit degeneratif merupakan penyakit yang mengiringi proses penuaan seperti jantung, stroke, ostheoporosis, diabetes.

Berdasarkan Survey Sosial Ekonomi Nasional tahun 2014 lansia di Indonesia berjumlah sekitar 20 juta atau setara dengan 8.03% dari seluruh penduduk Indonesia. Bahkan bisa bertambah di tahun 2030 menjadi 40 juta jiwa. Mencengangkan sekali jumlahnya.

Ki-ka : Bpk. Andy Wijaya, ibu Dewi Mulyati, ibu Nelly Sari dan dr. Arya Govinda saat gunting pita peresmian

PSHC menyediakan program layanan kesehatan bagi para lansia yang meliputi penyuluhan kesehatan dan perilaku hidup sehat, deteksi dini dan pemantauan kesehatan, pengobatan ringan, layanan fisioterapi, akupuntur, vaksinasi, konsultasi dokter spesialis, dan rehabilitasi medik.

Ibu Nelly Sari menjelaskan sebagai awal dari pelayanan PSHC berfokus pada penyediaan paket pemeriksaan ProHealthy Brain sebagai upaya pencegahan Demensia Alzheimer (pikun). Penyakit degeneratif ini terjadi karena penurunan fungsi otak yang mempengaruhi emosi, daya ingat, pengambilan keputusan, perilaku dan fungsi otak lainnya yang mengganggu aktivitas sehari-hari. Adapun paketnya terdiri dari :
  1. Pemeriksaan fisik, assesment dan konsultasi dokter umum
  2. Pemeriksaan fungsi kognitif
  3. Pemeriksaan laboratorium meliputi hermatologi lengkap, Lemak lengkap, fungsi hati, radang sendi asam urat, fungsi ginjal, hormon tiroid, inflamasi dan gangguan pembuluh darah, alzheimer, nutrisi, pemeriksaan elektrolit, kesehatan tulang, penanda kesehatan umum lain
  4. Pemeriksaan non laboratorium : kesehatan tulang dan ostheoporosis, kesehatan jantung, kesehatan paru

Selain itu PSHC juga menyediakan layanan diagnosis lain seperti EKG, layanan radiologi (rontgen), dan Bone Mineral Density Scan. 

detik-detik gunting pita peresmian PSHC

Paket ProHealthy Brain dibagi menjadi 3 kategori yakni entry, middle dan deep. Pilihan ketegori tersebut berdasarkan pemeriksaan dokter sebelumnya (assesment). Setelah diketahui diagnosanya baru ditentukan paket mana yang bisa diambil oleh pasien. Tiap kategori memiliki harga yang berbeda. Informasi yang saya dapat dari bu Nelly Sari harganya berkisar Rp. 2-5 juta.

Ada juga pemeriksaan Telomere Analysis. Telomere merupakan struktur DNA-protein pada ujung kromosom yang terdiri dari susunan DNA berulang (tandem repeat). Setiap proses pembelahan sel dan selama replikasi DNA, telomere kehilangan sequence-nya, dikenal dengan end replication problem. Saat telomere sangat pendek kromosom mencapai "critical length" dan tidak dapat bereplikasi lagi hingga terjadi kematian sel. Telomere berperan sebagai tutup pada ujung kromosom yang berfungsi menjaga kromosom dari kerusakan dan perannya sangat signifikan pada proses penuaan.


Kolam renang salah satu fasilitas dari PSHC
bagi pasien lansia

Prodia Senior Health Centre didesain dengan sarana dan fasilitas yang ramah dan nyaman. Pantas saja klinik ini mengambil rumah tinggal bukan rukan atau gedung. Agar para pelanggan lansia merasakan seperti di rumah sendiri, bukan sedang melakukan pengobatan. Makanya PSHC menyediakan kolam renang sebagai salah satu fasilitas yang bisa digunakan. Selain itu PSHC juga dilengkapi layanan home care dan senior health activity seperti senam, games mengasah otak (catur) dan membuat kerajinan tangan. Untuk ke depannya PSHC berencana mengembangkan sarana dan fasilitas yang ramah bagi para demensia.

Kenyamanan PSHC juga dirasakan oleh bu Yuyun. Ayahnya yang mengalami demensia dan bu Yuyun mempercayakan PSHC untuk mengecek kesehatan ayahnya. Sejauh ini kesehatan ayahnya jauh membaik. Penderita demensia tidak meminum obat, terapinya dengan memberikan aktivitas agar fungsi otaknya terjaga.

Pak Andy Wijaya
masih terlihat sehat dan bugar

Saat pembukaan pak Andy Wijaya sempat memberikan kata sambutan. Beliau memberikan tips agar tetap sehat dan bugar. Beliau pernah mengalami stroke di usia 71 tahun dan setelah sembuh ia menerapkan 7 wellness yang membuatnya masih sehat di usia 81 tahun saat ini yaitu spiritual wellness, social wellness, occasional wellness, environtment wellness, intelectual wellness, emotional wellness dan physical wellness. Saya suka senyum pak Andi, tandanya ia sehat sekali. Secara perhitungan kesehatan biologis, kesehatan pak Andy berada di usia 71 tahun.

Untuk saat ini Prodia Senior Health Centre baru dibuka di Jakarta. Tidak menutup kemungkinan 5 tahun ke depan membuka klinik di Surabaya, Semarang, Medan dan Makassar. Menurut data Survey Sosial Ekonomi Nasional tahun 2014 Jawa Tengah dan Jawa Timur termasuk ke dalam daftar provinsi dengan proporsi usia lanjut terbesar masing-masing sekitar 11,11% dan 10,96%. Bisa jadi PSHC membuka cabangnya di dua provinsi tersebut. Hingga 2020 Prodia akan membangun sekitar 34 laboratorium klinik termasuk klinik khususnya Prodia Children's Health Centre (PCHC), Prodia Women's Health Centre (PWHC) dan Prodia Senior Health Centre (PSHC). Jadi lengkap ya klinik Prodia karena disesuaikan kebutuhan masayarakat.

Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi langsung pihak Prodia Senior Health Centre melalui telepon atau email. Bisa juga datang langsung ke kliniknya di kawasan Pondok Indah,  Jakarta. Alamat jelasnya seperti pada gambar di bawah ini. Mudah kok ditemui lokasinya. Saya jadi ingin mengajak ibu ke PSHC untuk memeriksakan kesehatannya. Semoga para orang tua lanjut usia sehat selalu. Amin.

Peta lokasi PSHC



***


Tidak ada komentar:

Posting Komentar