Kamis, 27 Juli 2017

Selamat Jalan Chester Bennington - Vokalis Band Rock Favorit

Masih enggak percaya sampai detik ini. Seperti mimpi atau hanya sekedar berita gosip belaka. Mendapatkan berita duka cita dari berbagai media online bahwa lead singer Linkin Park, Chester Bennington meninggal dunia pada Kamis 20 Juli 2017 akibat bunuh diri. Sebagai pengikut karir band rock asal California, Amerika sejak tahun 2000, saya merasakan kehilangan vokalis band rock favorit. Tahun 2000an saya sudah SMP. Mengenal band ini dari teman cowok yang membeli kaset Hybrid Theory. Dimana album tersebut sukses laku menembus angka 4 juta copy. Penjualan album yang luar biasa bagi pendatang baru.
Tiap single dalam album tersebut juga sukses menduduki tangga lagu dunia seperti Crawling dan One Step Closer. Teriakan vokal Chester tak tertandingi.

Sumber foto instagram pribadi Chester B

Namun siapa sangka bahwa ternyata sang vokalis ternama ini memiliki riwayat hidup yang menyedihkan pada masa remajanya. Terlahir dengan nama Chester Charles Bennington pada tanggal 20 Maret 1976 di Phoenix, Arizona, dari ibu seorang perawat dan ayah seorang detektif yang menangani pelecehan seksual pada anak. Saat usianya 11 tahun orangtuanya bercerai dan Chester ikut dengan ayahnya. Dari situ ia mulai menggunakan ganja, kokain dan alkohol. Bahkan saat usianya 17 tahun ia mengalami pelecehan seksual dan perundungan (bullying). Ia kerap diledeki oleh teman sekolahnya karena fisiknya yang kurus.   Chester Bennington memiliki 6 anak dari hasil 2 kali pernikahan.

Lagu What I've Done menjadi OST Transformers
terdapat di album ini


Rencananya akhir bulan Juli 2017 ini Linkin Park akan menggelar konser dengan BLINK 182. Namun dengan adanya kejadian ini konserpun ditunda dan uang pembelian tiket dikembalikan. Chester ditemukan tak bernyawa gantung diri oleh pengurus rumah tangga di rumahnya, di Palos Verdes Estates, California. Beberapa jam sebelum Chester meninggal, Linkin Park merilis single terbaru "Talking To Myself" dari album One More Light. Diketahui lirik dari lagu tersebut berisikan tentang rencana bunuh diri Chester. Who knows? 

Chester meninggal tepat di hari lahir sahabat dekatnya (20 Juli 2017), Chris Cornell vokalis band Audioslave. Saya juga tahu band rock ini yang terkenal dengan lagu "Like a Stone". Band yang booming juga pada tahun 2000an. Sang sahabat juga ditemukan meninggal bunuh diri di kamar mandi hotel setelah konser. Chester sangat kehilangan sahabatnya ini. Bahkan ia pun hadir di pemakaman dan mempersembahkan nyanyian terakhir untuk sahabatnya. Ternyata nyanyian tersebut juga yang terkahir untuk Chester Bennington.


Saya, yang hanya sebagai pengagum karya-karya Linkin Park dan warna suara sang vokalis sangat kehilangan. Apalagi bagi penggemar berat dan keluarga terdekatnya. Sudah banyak musisi hebat dunia yang meninggal akibat depresi, obat-obatan, alkohol di puncak karirnya. Masih ingat dengan Kurt Cobain vokalis band Nirvana? Ia juga meninggal bunuh diri dan terlibat dengan narkoba. Depresi dan narkoba sangat erat kaitannya. Obat-obatan dan alkohol seperti obat paling mujarab untuk menghilangkan depresi. Padahal itu cara yang salah. Masih banyak cara positif yang bisa dilakukan dengan cara cuhat ke teman dekat atau keluarga. Utarakan semua beban pikiran yang ada.


" Depression is
                            silent killer


Jangan menganggap remeh depresi. Siapa yang tahu dibalik senyum orang-orang terdekatmu ada depresi terpendam. Semakin lama terpendam akan semakin menumpuk rasa beban. Tidak ada obatnya depresi itu. Ketenangan jiwa dan pikiran yang bisa mengobati. Bagi yang muslim bisa dengan sholat atau mengaji, sesuaikan dengan keyakinan kalian. Tragedi Chester Bennington hanya 1 dari sekian banyak orang depresi yang muncul ke permukaan. Itu pun karena ia seorang public figure. Vokalis terkenal dari band rock dunia. Jadikan kepergian Chester sebagai pelajaran bagi kita yang masih sehat dan waras. Sehatkanlah pikiran dengan cara bahagia. Berikut adalah video klip Linkin Park "Talking To Myself" yang dirilis beberapa jam sebelum Chester meninggal. Selamat jalan Chester Bennington, terima kasih atas semua karya-karyamu yang menemani masa remajaku.







***



5 komentar:

  1. RIP Chester.... Semoga yang sedang mengalami masalah selalu bersabar dalam menemui jalan keluar....

    BalasHapus
  2. he is one of the best vocalist... salah satu group band fav gue juga nih dari jaman SD waktu tmn tmn gue dengerin Pop gue udah dengerin ginian..

    jangan lupa mampir juga ke postingan baru saya ya (klik di nickname)

    BalasHapus