Senin, 31 Juli 2017

Ayo Dukung Orangtua Mempersiapkan Anak Generasi Maju



Setiap orangtua pasti ingin anaknya mendapatkan kesempatan masa depan yang lebih baik. Untuk mencapai itu, orangtua perlu menyiapkan segala sesuatu untuk mendukung masa depan anak. Orangtua berperan penting dalam pengembangan kemampuan anak sejak dini. Oleh karena itu, orangtua juga harus memiliki pengetahuan yang mumpuni agar terciptanya masa depan anak yang cerah. Pola asuh yang tepat juga sebagai bentuk persiapan orangtua untuk anak agar menjadi generasi maju. Pola asuh orangtua jaman dulu lain dengan jaman sekarang. Kalau jaman saya kecil (sekitar tahun 90an) belum mengenal dunia maya atau gawai (gadget), tapi jaman sekarang anak lebih hebat mengenal dunia digital, makanya orangtua mau tak mau juga harus "melek" digital. 

Tiap orangtua pasti memiliki harapan untuk anak. Ingin anaknya jadi dokter, insyinyur atau pengusaha. Semua itu pastinya harus ditempuh dengan pendidikan yang tinggi. Anak-anak kita hidup di generasi maju dimana semua akses serba instan. Untuk mewujudkan anak generasi maju orangtua perlu menyiapkan kebutuhannya sedini mungkin. Anak generasi maju memiliki karakter supel, kreatif dan mandiri. Dimana ketiga karakter tersebut perlu dukungan yang dimulai dari orangtua. Anak yang supel pasti bisa bersosialisasi dengan baik terhadap sekitarnya. Minimal dengan teman sebayanya. Agar anak bisa mengembangkan keterampilan sosialnya maka ia harus memiliki tubuh yang sehat dengan cara mencukupi nutrisinya, cerdas anak bisa berkonsentrasi dan berimajinasi dan emosi yang baik dapat menumbuhkan sikap mandiri. Jika semua itu tercukupi maka anak mampu bersosialisasi. 



Lalu, bagaimana caranya mengembangkan keterampilan sosial pada anak? Ada 2 tahap yang diperlukan yaitu Tahap Awal dan Tahap Lanjutan :
  1. Tahap Awal meliputi kedekatan dengan orangtua, rasa percaya  anak kepada orangtua dan mandiri. 
  2. Tahap Lanjutan meliputi mengenal emosi, menjaga diri sendiri, kemampuan komunikasi, berkonsentrasi/berimajinasi dan empati.

Lakukan hal-hal diatas yuk bunda..

Tantangannya sangat besar bagi orangtua jaman sekarang ya. Banyak perjuangan yang mesti dilakukan. Hal ini berlaku bagi saya yang memiliki 2 anak masih kecil dan harus mempersiapkan masa depannya dari sekarang. Orangtua butuh dukungan yang tepat untuk harapannya ke depan. Maka dari itu dukungan muncul dari SGM Eksplor untuk orangtua Indonesia dalam mempersiapkan si Kecil menjadi Anak Generasi Maju. Bentuk dukungannya berupa seminar parenting, edukasi on ground dan parenting video dan tips melalui digital. Beruntungnya saya bisa menghadiri seminar parenting yang diadakan pada Sabtu, 29 Juli 2017 lalu di Hotel Santika Premiere, Jakarta. Menghadirkan pembicara seminar seorang Psikolog Anak dan Keluarga Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., Psi. Seminar parenting kali ini mengangkat tema "Peran Orangtua dalam Mengembangkan Kemampuan si Kecil menjadi Anak Generasi Maju". 

Selain seminar parenting SGM Eksplor memberi dukungan memberikan edukasi dengan berkeliling ke berbagai daerah bersama Mobi Aku Anak SGM tujuannya agar para orangtua mengetahui nutrisi untuk anak dan memberikan stimulasi yang tepat. Selain itu ada juga aset digital SGM Eksplor yaitu Facebook Aku Anak SGM berupa layanan live chat dan website yang baru diluncurkan www.akuanaksgm.co.id. 

Website baru Aku Anak SGM

Menurut Marketing Manager SGM Eksplor, Astrid Prasetyo mengatakan bahwa SGM Eksplor memahami perjuangan orangtua untuk selalu memberika  yanng terbaik bagi masa depan anak. Maka komitmen dan dukungan kami berupa nutrisi terbaik dan berkualitas serta edukasi yang dapat mendampingi orangtua. Disampaikan juga oleh Naomi Jamarro, Connection Manager SGM Eksplor, menjelaskan bahwa untuk lebih memperluas jangkauan edukasi dan memperluas materi yang menyeluruh bisa melalui website baru Aku Anak SGM. Di mana orangtua bisa mendapatkan 3 pilar utama informasi tentang nutrisi, edukasi dan parenting dalam mendukung si Kecil menjadi anak generasi maju. Selain itu ada juga video cerita inspirasi tentang perjuangan orangtua dalam membesarkan anaknya. 


ki-ka : Cici Panda (MC), Naomi Jamarro, Astrid Prasetyo dan
 Psikolog Anna Surti Ariani

Siapkah para ayah dan bunda memberikan yang terbaik bagi si Kecil? Jawabannya harus siap. Mulai dari sekarang persiapkan segala yang terbaik utuk anak. Jaman terus berkembang tentunya orangtua tidak mau anaknya ketinggalan jaman kan. Sudah banyak wadah yang mendukung perjuangan orangtua dalam mempersiapkan anak generasi maju. Jadi tidak ada alasan ketinggalan informasi. Jika tidak bisa menghadiri seminar parenting, melalui smartphone bisa mengakses pengetahuan melalui website www.akuanaksgm.co.id. Disana para orangtua bisa mendapatkan ilmu dan tips terkait pola asuh dan nutrisi Anak Generasi Maju. 

***


7 komentar:

  1. Siyaaap! Emang tantangan banget ya, mendidik anak itu :)

    BalasHapus
  2. Setuju mbaa, tantangan jd ortu sekarang berat ya apalagi teknologi makin berkembang terus.. Mau gak mau kita harus melek teknologi banget.. Makin banyak info bagus, tapi tetap harus pinter memilah juga ya kita sebagai ortu.. :)

    BalasHapus
  3. Bapak dan Ibu meang harus siap untuk memberikan yang terbaik kepada anaknya. Bagi saya, orangtua tak hanya menyiapkan uang saja tapi yang paling utama juga kasih sayang :)

    BalasHapus
  4. Anak2ku minum SGM semua sejak kecil. Tapi gak cukup minum SGM ya. Stimulasi dari ortu jg penting.

    BalasHapus
  5. Sekarang enak ya kalau cari2 info parenting tinggal pakai aplikasi2 kyk gtu TFS

    BalasHapus
  6. Mendidik anak itu seperti melukis dikanvas. Ada seninya dan triknya. Skrg tidak bisa memaksakan semua kehendak kita keanak. Hrs siap menjadi org tua sekaligus tmn utk anak

    BalasHapus