Senin, 20 Februari 2017

# Aplikasi kesehatan # Kesehatan

Launching Medi-Call Jakarta - Tinggal Klik, Dokter Anda Datang !

"Gigi Udah sakit, nomor antrian masih lama, ditambah dokternya telat datang. Aduh bukan sakit gigi yang dirasain, tapi jadi nambah sakit kepala dan sakit hati"

Pernah kan kalian mengalami hal seperti ini? Layanan kesehatan yang masih belum ada perubahan. Apalagi kalau kita berobat ke puskesmas atau rumah sakit yang pasiennya bisa sampai ratusan. Baru ambil nomor antriannya saja sudah pengen pulang rasanya. Mau berobat ke dokter umum atau specialis harus buat janji dulu. Aduh, bisa-bisa tambah sekarat penyakitnya. 

Masih banyak masyarakat yang mengeluhkan tentang pelayanan kesehatan. "Maaf pak, bu selesaikan dahulu biaya administrasinya baru bisa dapat kamar". Alasan klasik seperti ini sering saya dengar. Rasanya rumah sakit atau lembaga kesehatan takut sekali dengan urusan biaya. 

Sebagai solusi dalam pelayanan kesehatan, PT.Medika Nusantara Gumilang mengembangkan aplikasi on demand layanan kesehatan bernama Medi-Call. Didirikan di Bali oleh para dokter lulusan Universitas Udayana yaitu dr. M.Candra Wijanadi, dr.Stephanie Patricia, dr. Budhi Riyanta dan alumnus Universitas Gajah Mada, Yogyakarta, dr.Gideon Hartono. dr. Semuel Abrijani Pangerapan, B.Sc (Direktur Jenderal Aplikasi Informatika) mengatakan
"Kosep layanan saat ini sudah berbeda. Ibaratnya yang punya toko mendatangi pembelinya" .

Medi-Call, aplikasi layanan kesehatan berbasis smartphone


Medi-Call, Aplikasi Layanan Kesehatan 

Baru saja diluncurkan aplikasi layanan kesehatan terbaru di Jakarta pada 18 Februari 2017 di Hotel Puri Denpasar, Kuningan, Jakarta. Medi-Call merupakan aplikasi pemesanan layanan kesehatan berbasis smartphone yang telah sukses beroperasi di Bali dan digunakan oleh warga lokal dan turis asing. Di Bali sendiri sudah beroperasi dari bulan Desember 2016. Harapan dr. M. Candra Wijanadi S.Ked.,C.H. (CEO Medi-Call) Medi-Call menjadi layanan kesehatan terdepan bagi masyarakat.

Peluncuran Medi-Call dihadiri dari pihak Kemenkes, Kominfo, Ketua IDI, PERSI, BPOM dan berbagai instansi kesehatan lainnya

Aplikasi kesehatan terlengkap di Indonesia ini memiliki perbedaan dengan aplikasi kesehatan lainnya. Kalau aplikasi lain hanya menawarkan konsultasi online, sedangkan Medi-Call mempercepat hubungan antara pasien dengan dokter. Dokter langsung mengunjungi rumah pasien dan memeriksanya. Obat yang akan diberikan juga langsung dipesan oleh dokter melalui k24klik.com dan diantarkan ke rumah pasien. 

Halaman Utama Medi-Call

Di dunia kedokteran Medi-Call menjadi aplikasi pertama di Indonesia yang menyediakan layanan home visit dengan tarif kompetitif. Selama ini pasien yang mendatangi dokter ke ruang praktik pada jam yang ditentukan. Sedangkan rasa sakit bisa saja datang tiba-tiba. Ini menjadi kendala yang dihadapi pasien. Oleh karena itu, dibutuhkan layanan dokter  dalam waktu 24 jam.

Lalu, Bagaimana cara memanggil dokter? 

Mudah kok.  Setelah download aplikasinya di playstore atau IOS dan mengisi data lengkap, pasien cukup login lalu memilih menu kesehatan yang diinginkan. Pasien menuliskan keluhannya. Lalu pasien akan mendapatkan biaya panggilan yang ditentukan secara otomatis. berdasarkan jarak dan parameter lainnya. Untuk mengetahui lokasi pasien, aplikasi ini menggunakan fitur GPS. Dokter terdekat yang mengaktifkan layanan akan mendapatkan permintaan dari pasien. Karena aplikasi ini khusus untuk area Jakarta, jadi di daerah  Depok tempat tinggal saya belum bisa dijangkau. Aplikasi ini memiliki batas jarak tertentu. Di Bali saja batas jarak yang tentukan sekitar 5 - 10 Km. Medi-Call juga bisa mendatangi kantor ataupun hotel.

Layanan yang disediakan Medi-Call dalam aplikasi

Dokter yang tergabung dalam Medi-Call adalah tenaga media yang profesional yang memiliki STR ( Surat Tanda Registrasi) dan SIP (Surat Ijin Praktik yang direkrut melalui proses pelatihan dan prosedur standar pelayanan yang sesuai. Untuk saat ini hanya ada dokter umum saja, seiring progress aplikasi nantinya akan ada dokter specialis.

Pasti mahal tarif dokternya 🙁

Tenang aja tarifnya transparan kok. Kesuksesan Medi-Call di Bali dengan layanan home visit memang sudah terbukti. Sistem home visit yang konvensioanl memiliki kelemahan dalam segi tarif. Masyarakat berpikir layanan ini hanya bisa dinikmati oleh kalangan atas dan relatif mahal. Namun adanya Medi-Call harga layanan dipatok standar dari empat komponen utama yaitu biaya konsultasi, tindakan, obat dan lab. Medi-Call tidak hanya membantu pengobatan saja, tapi juga menangani medical check-up  dan vaksinasi. Hal ini bisa menangani pasien dengan keterbatasan mobilitas dalam layanan home care, rehabilitasi dan terapi.

Beberapa office Medi-Call di 3 kota besar

Makin mudah kan pelayanan kesehatan saat ini. Apalagi didukung dengan kecanggihan teknologi smartphone. Tidak hanya memesan ojek secara online, tapi berobat pun bisa dengan mudah dan cepat dijangkau. Kekurangan pasti ada, untuk menyempurnakan pelayanan Medi-Call akan terus memperbaikinya. Segera download aplikasinya dan rasakan manfaatnya. Tinggal klik, dokter anda datang 😉.


***


10 komentar:

  1. Seneng banget ya aplikasi ini banyak membantu kita. Semakin mudah dan ada solusi kalau kita sakit, gak perlu antri panjang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastinya mba sangat membantu warga jakarta yang mobilitasnya cukup tinggi.

      Hapus
  2. Pas banget ini kalau tiba -tiba sakit perut di tengah malam, tinggal klik di hp minta jemput ambulance.

    BalasHapus
  3. Aku blm coba nih,,,. Mau ah,, sewaktu 2 nyoba aplikasi ini,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo coba mba Mutie download aplikasinya. Pasti bermanfaat deh...

      Hapus
  4. wah asik banget ya, memudahkan yg lagi sakit namun gabisa datang ke tempt beroba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mba sangat membantu. apalagi untuk warga Jakarta yang mobilitasnya tinggi.

      Hapus
  5. Iya kadangsuka takut kalo manggil dokter ke rumah itu mahal tapi aplikasi ini di kasih tahu dulu ya... wah macem pesen ojek online dong hahah

    BalasHapus
  6. Aplikasinya membantu banget ya..manfaatnya juga lumayan banyak.

    BalasHapus