Allianz Secret Agent & Building Climbing, Uji Nyali Keberanian Sekaligus Belajar Literasi Keuangan Untuk Anak

19 komentar
Bermain itu memang dunianya anak-anak. Tidak ada lelahnya meskipun sudah seharian bermain. Seperti Gie saat bermain di KidZania tanggal 18 Oktober 2018 lalu. Kebetulan saya mendapatkan tiket gratis dari Allianz Indonesia dan bisa mengajak duo krucils. Senang sekali mereka menikmati semua establishment di KidZania. Tidak hanya sekedar bermain saja, bertepatan dengan Hari Asuransi, Aliianz Indonesia juga merilis establishment Allianz Secret Agent & Building Climbing. Wah, makin seru saja nih wahana bermain anak-anak di sana. 

Cobain yuk..

Yuk, Cari Tahu Jadwal Bioskop CGV

12 komentar
Setiap orang butuh liburan setelah melakoni padatnya aktivitas. Tidak hanya bagi para pekerja kantoran, ibu rumah tangga seperti saya butuh liburan juga dong. Nggak perlu pergi jauh-jauh, cukup nonton film ke bioskop saja sudah bikin saya bahagia. Memang salah satu me time favorit saya yaitu nonton film. Soal di mana saya nonton sebenarnya nggak jadi masalah, asal film yang mau ditonton jadwalnya cocok. Karena saya harus mengatur waktu yang pas supaya nggak bentrok dengan urusan di rumah atau acara lainnya. Kurang seru kan kalau sedang asyiknya nonton, eh anak sakit di rumah. Kebetulan akhir pekan ini saya berencana nonton film yang genrenya horor gitu. Biar pas sama tema Halloween di bulan Oktober ini. 

Ayo nonton di CGV Depok

Smartphone ADVAN S50 4G UNLIMITED Bikin Sosmed Eksis Terus

Tidak ada komentar
Semenjak berkecimpung di dunia blogger, saya “dipaksa” untuk terus update di sosial media. Tiap blogpost yang saya sudah posting, saya sebarkan melalui Facebook, Instagram atau Twitter. Tujuannya supaya tulisan saya dibaca banyak orang dan menyelesaikan kewajiban. Mungkin saja ada yang butuh informasi yang kebetulan saya posting. Selama ini saya mengerjakan draft blog dari smartphone. Mulai dari menulis, edit foto dan bikin infografis semuanya lewat smartphone. Memang kurang maksimal kalau buat modifikasi blog, hanya saja saya sudah kebiasaan mengerjakan semuanya di smartphone. Sampai smartphone lama saya harus diganti setelah 2 tahun pemakaian karena sudah tidak mendukung segala aktivitas saya sebagai blogger. 

Popok Sekali Pakai Penyelamat Lingkungan

18 komentar
Wajar saja bagi ibu apabila mengalami banyak kendala saat melahirkan anak pertama, contohnya saya. Ketika mengurus Arkana Gie Pratama, masih banyak hal yang belum saya ketahui. Salah satunya memilih popok yang tepat untuknya. Waktu itu stok popok sekali pakainya habis, saya beli ke minimarket dan memilih merek popok yang sesuai dengan nama minimarketnya dengan harga jauh lebih murah dari merek popok lainnya. Demi menganut hemat pangkal kaya, saya membelinya. Malam itu saya pakaikan popok tersebut. 

Keesokan paginya saya terkejut dengan pengelupasan kulit di sekitar pangkal paha,  kelamin dan bokongnya. Sangat basah dan mengerikan. Bagai terkena luka bakar kulit si kecil. Kasihan sekali. Padahal saya baru pakaikan sekitar 6 jam. Saya bawa berobat ke dokter kulit dan dokter bilang Arkana mengalami ruam popok (diaper rash). Sejak saat itu saya tidak pakai popok tersebut dan lebih cermat lagi memilih popok demi kesehatan kulit si kecil.

popok sekali pakai
Sumber foto di sini

Pembelian 4 Produk Asuransi Dengan Satu Identitas

8 komentar
Asuransi bukan hal yang asing bagi masyarakat. Beberapa tahun belakangan ini masyarkat mulai aware dengan jaminan perlindungan diri sendiri atau keluarga. Tawaran asuransi juga bervariasi. Mulai dari perlindungan diri dan keluarga, pendidikan, perjalanan, kesehatan atau perjalanan. Kalau dibeli satu per satu rasanya merepotkan juga ya. Apalagi masyarakat saat ini lebih dinamis dan melakukan kegiatan melalui internet. Satu produk asuransi berbasis digital telah diluncurkan oleh Asuransi Astra. Memudahkan kaum millenial memiliki beberapa asuransi dengan satu identitas.

produk asuransi happyone.id
Para petinggi Asuransi Astra

Film 3 Dara 2, Menyuarakan Emansipasi Pria

9 komentar
Seorang istri jadi ibu rumah tangga dan melakukan tugas keseharian di rumah itu lumrah. Mencuci baju, memasak dan mengurus anak menjadi rutinitas yang biasa saja. Bagaimana jika suami yang berubah posisi menjadi bapak rumah tangga dan melakukan semua tugas tersebut? Oh no...no...no...way.  Malah yang ada nanti nggak beres semua. Di dunia nyata mungkin masih jarang ada pria atau suami yang mau menggantikan posisi istri di rumah, tapi di film 3 Dara 2 kita bisa lihat aksi Tora Sudiro, Tanta Ginting dan Adipati Dolken menjadi bapak rumah tangga.
film komedi 3 dara 2
Sudah mirip jadi cameo film 3 Dara 2?

3 Menu MPASI Praktis Buat Si Kecil

1 komentar
Tantangan setelah masa menyusui eksklusif adalah membuat makanan pendamping ASI (MPASI). Waktu punya anak pertama, saya belum paham cara membuat MPASI atau menu apa saja yang bisa diberikan. Saya hanya tahu bayi makannya bubur. Setelah ikut beberapa kali seminar tentang MPASI, saya jadi tahu tips dan trick memberikan makanan untuk si kecil. Nah, punya anak kedua bukan berarti saya sudah jago membuat MPASI, malah saya terus menggali ilmu supaya bisa punya refrensi MPASI buat si kecil. Bosen juga kan anak kalau cuma diberi bubur terus kalau makan. Padahal tumbuh kembangnya terus berjalan dan membutuhkan asupan sehat dan bergizi.

menu mpasi anak

Kesempatan mengetahui resep MPASI anak saya dapatkan kembali saat hadir di acara Orami Cooking Class "Resep MPASI Untuk Si Kecil" di Modena Experience Center Jln.Suryo No. 22, Senopati, Jakarta.  Acara kali ini diadakan oleh Orami dan Modena. Saya baru pertama kali datang kesini, kesan pertama yang saya dapat begitu mengesankan. Interior yang dirancang sangat bagus. Pastinya ditambah peralatan dapur impian para ibu rumah tangga. 

Acara kali ini menghadirkan 2 narasumber: 

  • dr. Juwalita Suraprasih, Sp.GK, M.Gizi dari RS.Pondok Indah, Jakarta.
  • Chef Odie Djamil.

kelas memasak mpasi
Kiri-kanan: MC, dr.Juwalita dan Chef Odie 

Setelah lewat masa menyusui eksklusif, anak harus diberikan segera MPASI .Jangan menunda-nunda llagi. Atas rekomendasi WHO pada usia 6 bulan anak mulai diberikan MPASI. Anak sudah memiliki ketertarikan untuk memasukkan benda ke dalam mulutnya. Saya pernah baca berita tentang anak bayi meninggal dunia saat usia 4 bulan karena pencernaannya rusak. Setelah diperiksa, lambungnya membengkak karena diisi oleh makanan berupa buah pisang. Ini lah kekeliruan yang masih dilakukan oleh masyarakat. Memberikan MPASI sebelum usia 6 bulan. Padahal bayi hanya perlu ASI dari usia 0-6 bulan .

Menurut dr. Juwalita MPASI diberikan anak saat usia 6 bulan karena hanya ASI saja sudah tidak mencukupi nutrisi anak. Padahal di usia tersebut anak butuh energi banyak dari asupannya. Kebutuhan bayi diperkirakan 700 kalori/hari, sedangkan ASI hanya mencukupi 500 kalori. Jadi, kekurangannya bisa didapatkan dari makanan yang diberikan. Kalau ada penolakan dari bayi saat pertama kali makan, wajar saja karena butuh adaptasi rasa. Makanya masaknya yang enak dan momen makan pertama anak jadi menyenangkan.

Baca juga : JADIKAN MOMEN MAKAN PERTAMA SI KECIL MENYENANGKAN DI MILNA 1ST BITE DAY


kelas memasak mpasi anak
Siap buat menu MPASI

Tidak perlu pilih-pilih makanan saat mengenalkan MPASI. Kalau dulu bayi hanya diberikan menu tunggal, biasanya yang pertama kali dikenalkan adalah buah pisang. Sekarang tidak usah ragu lagi memberikan menu 4 bintangi yang terdiri dari 4 unsur gizi yaitu karbohidrat, protein nabati, protein hewani dan sayuran.

Lalu, bagaimana ciri-ciri bayi siap diberitakan MPASI? Tenang moms, saya akan berikan jawabannya :

  1. Anak sudah berusia 6 bulan. Ada juga yang diberikan MPASI dini (sebelum 6 bulan), tapi dilihat dari masalahnya dulu.
  2. Bayi sudah bisa duduk sendiri atau duduk ditegakkan oleh ibu dan kepalanya tegak.
  3. Dapat duduk di high chair
  4. Mau membuka mulut lebar jika disodorkan sendok
  5. Bayi tertarik dengan makanan yang orang lain makan.
  6. Koordinasi antara tangan, mata dan mulut sudah berkembang dengan baik.

3 Menu MPASI Praktis 


Sesi cooking class MPASI ini dimentori oleh Chef Odie Djamil, pemilik restoran sarapan & brunch Maple & Oak di daerah Menteng, Jakarta Pusat. Ada 3 menu MPASI yang dibuat dengan bahan-bahan yang mudah dibeli. Chef Odie mengatakan, cara dan rasa membuat MPASI Peru diperhatikan karena bisa merangsang nafsu makan bayi. Kalau cara masaknya bagus dan rasanya enak, nutrisi yang didapatkan juga berguna bagi tumbuh kembangnya. Berikut 3 menu MPASI yang dibuat untuk bayi usia 9 bulan ke atas.

Apple Pie Chia Pudding

menu mpasi praktis


Bahan : 
  • 1 buah Apel Fuji
  • 1/2 cup susu kedelai (bisa diganti dengan ASI atau susu formula
  • 1 sendok makan chia sepeda
  • 2 cm batang kayumanis (optional)
Garnish :
  • Irisan apel
  • Canberra
  • Daun mint
Cara membuat : 
  1. Potong apel Fuji dengan potongan kotak-kotak
  2. Panaskan air, tunggu hingga mendidih kemudian tambahkan kayu manis dan potongan apel. Masak sampai apel matang kemudian tiriskan dan tunggu agak dingin.
  3. Siapkan blender, masukkan potongan apel yang sudah direbus dan tambahkan susu lalu blender hingga halus 
  4. Setelah halus tambahkan chia sepeda
  5. Pindahkan ke wadah kemudian simpan di dalam lemari pendingin

Nasi Putih Daging Sapi Edamame Labu Siam Saus Tomat dan Beetroot


mpasi anak enak


Bahan : 
  • 4 sendok makan beras putih organic
  • 1 potong daging sapi (seukuran telapak kaki tangan bayi) parut beku / cincang halus
  • 1 genggam edamame
  • 1/2 buah bit
  • 1 buah labu siam kecil 
  • 3 buah tomat Cherry
  • Kaldu sapi
  • 1/2 bawang Bombay
  • EVOO

Cara memasak :
  1. Cuci bersih semua bahan dan kupas
  2. Masak beras putih bersama kaldu sapi hingga menjadi nasi
  3. Parut bit dan labu Siam, belah tomat menjadi 2 
  4. Masukkan parutan daging, labu Siam, bit, bawang Bombay, dan tomat dalam wadah stenlis, kemudian kukus kurang lebih sekitar 20-25 menit sampai matang dan angkat tomat penyet-penyet disaring dan kawat 
  5. Rebus edamame sampai empuk keluarkan kulitnya lalu haluskan (bisa pakai blender atau penyet-penyet di saringan
  6. Masing--masing bagi 3 bagian kemudian yang 2 bagian biarkan uap panasnya hilang lalu masukkan ke dalam wadah tertutup dan simpan di kulkas untuk makan siang dan malam
  7. Masukkan sisa satu bagiannya ke dalam mangkok (bit aduk-aduk campur dengan labu Siam, nasi, edamame halus, tomat lalu daging)
  8. Tambahkan 1 sendok EVOO

Carrots & Cheese Crackers

MPASI anak usia 9 bulan

Bahan : 
  • 200 gr wortel parut
  • 70 gr keju cheddar parut
  • 2 butir telur
  • 4 sendok makan roller oats (haluskan oat hingga menjadi tepung)

Cara memasak :

  1. Panaskan oven 180°C
  2. Haluskan oat dengan blender hingga menjadi tepung
  3. Blanced parutan wortel selama kurang lebih 3 menit kemudian saring dan keringkan dengan kitchen napkin sampai benar-benar kering
  4. Siapkan wadah masukkan tepung oat, telur, keju dan wortel kemudian aduk rata
  5. Cetak adonan dengan ukuran kurang lebih 1/2 cm kemudian panggang hingga matang

Itulah 3 menu MPASI praktis buat si kecil yang bisa dipraktekkan di rumah. Semoga bermanfaat ya moms. Semoga si Kecil suka.



***

Electrolux Taste and Care Center, Sebuah Dapur Unik Bergaya Skandinavia

40 komentar
Sebagai ibu rumah tangga yang memiliki segudang pekerjaan rumah, saya ingin kemudahan dan peralatan rumah tangga yang mumpuni. Salah satu pekerjaan rumah yang paling rumit buat saya adalah memasak. Makanya sampai sekarang cuma bisa masak air dan telor dadar 😆. Bercanda deh, bisa juga kok buat makanan  lain yang mudah dimasak. Kebetulan saya tinggal di rumah kontrakan 3 petak yang di mana dapurnya itu kecil dan sempit, kira-kira luasnya 2 m x 1 m. Kebayang kan sempitnya. Untungnya peralatan dapur saya belum terlalu banyak. Boro-boro punya dapur unik dengan peralatan yang bagus, bersih, interiornya minimalis. Bisa masak nggak sampai hangus saja sudah beruntung.

dapur unik elektrolux
Gaya dulu di depan dapur unik

Keunggulan Lenovo K9 Pengobat Rindu Penggunanya

1 komentar
Hampir dipenghujung tahun 2018 Lenovo hadir dengan smartphone terbarunya. Pastinya ini ditunggu-tunggu oleh para fans Lenovo di Indonesia. Penasaran kan apa yang ingin ditampilkan smartphone Lenovo terbaru ini. Kemunculannya saat ini sebagai pengobat rindu bagi para penggunanya. Smartphone saja bikin rindu, apalagi kamu...😀.

Melalui jalur distribusi yang dimiliki oleh INONE INTERNATIONAL, Lenovo smartphone hadir kembali di Indonesia dan resmi dirilis 1 Oktober 2018 untuk mengobati kerinduan pengguna Lenovo smartphone. Kali ini mengunggulkan Lenovo K9 sebagai breakthrough product untuk kembali memasuki pangsa pasar smartphone saat ini. Semakin bersaing  saja nih smartphone di pasaran. Semoga pelanggan pintar memilih yang terbaik. 


Bentuk Dukungan Untuk Asian Para Games 2018

3 komentar
Setelah usai perhelatan akbar Asian Games yang berlangsung 2 bulan lalu, saatnya kobarkan semangat lagi untuk Asian  Para Games 2018. Asian Para Games adalah ajang pertandingan olahraga yang diadakan di Indonesia, tepatnya di Jakarta mulai tanggal 06 – 13 Oktober 2018. Asian Para Games dikhususkan untuk penyandang disabilitas. Menggelar 18 cabang olah raga, Asian Para Games 2018 diikuti oleh 43 negara, 2.832 atlet, dan lebih dari 1.900 official partner.

Dok.foto Twitter @apg2018

Hal pertama yang membuat kagum dengan adanya Asian Para Games 2018 adalah mulai  dari para atlet yang memiliki semangat juang tinggi. Biarpun mereka memiliki keterbatasan fisik, tapi nggak menjadikan mereka seseorang yang putus asa atau menyalahkan diri sendiri karena ketidaksempurnaan. Tetapi, kekurangan merekalah menjadi kelebihan yang belum tentu orang yang memiliki kesempurnaan fisik dapat melakukannya. Saya atau kakian juga belum mampu samapai level sehebat ini.

Mendambakan Momongan Lakukan Perencanaan Kehamilan Dengan Ovutest

40 komentar
Kehamilan merupakan suatu perjalanan istimewa bagi seorang wanita setelah menikah. Mengidamkan keturunan yang sehat, lucu dan rupawan mengisi rahim secepatnya. Rasanya bahagia sekali saya menceritakan perjalanan kehamilan. Karena kesempatan indah itu dua kali saya alami. Mungkin saya termasuk wanita beruntung dan sempurna karena dimudahkan memiliki anak dalam rentang waktu yang bisa dibilang cepat. Kehamilan pertama saya alami tahun 2012 dan kehamilan kedua tahun 2017. Dalam kurun waktu 5 tahun  saya memiliki 2 anak laki-laki yang lahir sehat dan sempurna. Saya berikan nama Arkana Gie Pratama dan Sagara Ali Sya'bana.  Wanita mana yang tidak bahagia diberikan anugerah sesempurna ini.

Siap uji masa subur?

Jujur saja, saya tidak pernah merencanakan kehamilan secara khusus. Saya menganggap kalau hamil berarti berhasil usaha saya dan suami, kalau tidak hamil berarti belum diberikan rezeki anak dan kepercayaan oleh Allah SWT. Tentunya saya dan suami harus lebih berusaha lagi. Ya, semudah itu pemikiran saya. Syukurnya saya diberikan kemudahan selama perjalanan kehamilan. Namun, kemudahan ini belum tentu didapatkan oleh beberapa teman wanita saya di luar sana. Masih ada yang terus berusaha merencanakan kehamilan dengan berbagai cara selama bertahun-tahun. Lalu, apa yang menyebabkan mereka belum hamil juga? Pastinya hal ini diluar kekuasaan Allah SWT. Manusia hanya bisa berencana, maka Allah lah yang memutuskan. Begitupun dengan rencana kehamilan. 

Jiwa Generasi Muda Itu Harus Sehat, Bahagia dan Tangguh Hadapi Perubahan Dunia

20 komentar
Masa remaja merupakan masa dalam rentang kehidupan yang dipenuhi dengan berbagai perubahan. Biasanya ditandai dengan perubahan fisik dan psikologis. Keduanya sangat mempengaruhi munculnya suasana hati (mood) dan perilaku. Seperti penggalan lirik lagu bang Haji Roma Irama, masa muda masa yang berapi-api, benar adanya. Setiap hal yang ingin dilakukan terlihat tergesa-gesa entah apa hasilnya nanti .

kesehatan jiwa pada remaja 1

Perubahan yang dialami secara natural tersebut berdampak pada remaja era millenial ini. Dimana dunia maya telah merenggut banyak waktu mereka. Tentunya hal ini rentan terhadap kejahatan yang sering diberitakan seperti cyber bullying atau game yang mengandung kekerasan. Apabila hal ini sudah terjadi, artinya generasi muda mengalami krisis kesehatan jiwa. Oleh karena itu, dibutuhkan upaya untuk menanganinya.