Cara Menjaga Kebersihan Miss V Saat Menstruasi

2 komentar
Menstruasi. Tiba-tiba saja saya jadi kangen momen bulanan perempuan ini. Terakhir mengalami menstruasi itu bulan April 2020, seterusnya tidak menstruasi karena dinyatakan hamil.  Sampai si bayi berusia 4 bulan saat ini, darah kotor itu belum juga datang. Memang saya masih menyusui yang katanya memberikan ASI sebuah KB alami. Pengalaman 2 anak sebelumnya, rentang menstruasi kembali pasca melahirkan cukup lama, sekitar 6 bulanan. Bisa jadi kali ini juga begitu. Tinggal tunggu saja.

Merawat kebersihan vagina saat menstruasi

Tabu nggak sih omongin menstruasi? Please dong, ini zaman digital di mana informasi serba diviralkan, apa aja bisa jadi konten asal mengedukasi. Jadi, pembahasan menstruasi bukan lagi menjadi sesuatu yang dianggap "jorok" untuk diomongin. Terlebih buat para orang tua yang mempunyai anak perempuan. Namun tidak menutupi untuk dibahas juga dengan anak laki-laki. Keduanya punya peran penting dalam posisi masing-masing.

Kalau curhat soal menstruasi, saya pertama kali mengalaminya ketika usia 12 tahunan. Masih sekolah dasar kelas 6.  Orang pertama yang saya kasih tahu tentunya ibu. Namun, seingat saya ibu tidak memberikan nasihat atau ngomongin semua yang bersangkutan sama menstruasi. Jadi, saya nggak punya obrolan menarik tentang ini.

Pada waktu itu juga informasi seputar menstruasi sulit ditemukan. Saya jadi 'buta' pengetahuan soal haid ini. Namun yang saya tahu kalau perempuan sudah datang bulan berarti nantinya bisa hamil

Hari Kebersihan Menstruasi
Narasumber yang hadir *

Saya baru tahu lho bahwa 28 Mei (bulan 5) itu diperingati sebagai Hari Kebersihan Menstruasi. Tanggal tersebut memiliki arti yaitu 28 hari siklus menstruasi dan 5 hari lamanya menstruasi pada perempuan. Itu menurut perhitungan wajarnya, nyatanya di lapangan banyak perempuan yang memiliki siklus dan lama menstruasi yang berbeda.

Nah, satu hal yang harus diperhatikan saat menstruasi adalah menjaga kebersihan vagina. Saya beruntung sekali mendapatkan informasi seputar momen bulanan perempuan ini dari para ahlinya. Kamis, 27 Mei 2021, Kementerian Kesehatan RI dan Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) menggelar event Webinar “Sehat dan Bersih Saat Menstruasi”. Acara ini didukung oleh Mundipharma Indonesia bertujuan meningkatkan pemahaman perempuan Indonesia akan manajemen kebersihan menstruasi. Para narasumber yang hadir yaitu : 

  • Prof.Dr.dr.Dwiana Ocviyanti, Sp.OG (K), MPH - Pengurus Besar Perkumpulan Obstetri&Ginekologi Indonesia (POGI).
  • Anna Surti Ariani S.Psi., - Ketua Ikatan Psikolog Klinis Indonesia Jakarta.
  • Mada Shinta Dewi - Country Manager Mundipharma Indonesia.
  • dr. Dwi Oktavia, TLH, M.Epid - Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Prov. DKI Jakarta
  • Adi Prabowo - Perwakilan BETADINE® Feminine Care.
Bicara menstruasi

Apa itu Menstruasi? 

Bersama dr.Dwiana Ocviyanti, membahas tentang sehat dan bersih saat menstruasi. Ada yang tahu nggak sih pengertian sebenarnya? 

Haid atau Menstruasi adalah darah yang keluar dari vagina akibat dari  gugurnya sel telur. Darah yang dikeluarkan sebetulnya merupakan lapisan dalam rongga rahim yang dipersiapkan sebagai tempat menempelnya sel telur yang sudah dibuahi, yang selanjutnya akan berkembang menjadi janin. Ini suatu kondisi yang normal pada perempuan. Keluarnya darah selama beberapa hari (3-7 hari) dari organ intimnya, satu periode setiap bulannya (setiap 28, atau 21 –35 hari). 

Selama haid atau menstruasi berlangsung, kebersihan area kewanitaan tersebut haruslah bersih. Nggak mau kan kalau sampai terkena masalah kesehatan pada Miss V? Amit-amit deh, semoga nggak mengalami infeksi saluran reproduksi, infeksi saluran kemih, infeksi jamur dan peningkatan risiko kanker serviks. Oleh karena itu, manajemen kebersihan menstruasi (MKM) sangat perlu diketahui oleh perempuan. 

Menurut data tentang kesadaran perempuan Indonesia akan pentingnya manajemen kebersihan menstruasi (MKM) masih minim sekali. Salah satunya yaitu 1 dari 2 anak perempuan tidak tahu apa yang harus dilakukan saat mengalami menstruasi untuk pertama kalinya. Sayang sekali masih banyak yang belum tahu serba serbi menstruasi. 

Merawat area kewanitaan
Ketahui MKM *

Cara Menjaga Kebersihan Miss V  Saat Menstruasi

Menjaga kebersihan miss V saat menstruasi sangat penting. Karena apabila teledor bisa menimbulkan berbagai penyakit atau vaginal invection  seperti Vaginosis bakterialis, Kandidosis vulvovaginalis, dan Infeksi saluran kemih. Makanya perlu tahu cara menjaga kebersihan miss v saat menstruasi : 
  1. Cuci bersih pembalut yang sudah dipakai dan masukan ke dalam kantong plastik.
  2. Buanglah pembalut yang sudah dipakai ke tempat sampah.
  3. Apabila menggunakan pembalut cuci ulang, cuci pembalut tersebut setelah digunakan.
  4. Pembalut sebaiknya diganti setiap 4 – 5 jam sekali.
  5. Mandi 2 kali sehari untuk menjaga kebersihan dan kesegaran tubuh.
  6. Selalu cuci tangan pakai sabun sebelum dan sesudah mengganti pembalut.

Oh ya, menstruasi itu nggak ada hubungannya dengan kanker serviks ya. Kanker serviks bisa dicegah dengan vaksin HPV, IVA dan Pap Smir.


Peran Ibu Bicara Menstruasi Pada Anak Perempuan


Dari sisi psikologis klinis, Anna Surti Ariani S.Psi memberikan beberapa data bahwa anak perempuan sulit membicarakan menstruasi kepada ibunya.  Ternyata 1 dari 4 anak tidak pernah menerima informasi tentang menstruasi sebelum menarke. Nah, disinilah ibu mempunyai peran untuk bicarakan menstruasi pada anak perempuan, bahkan anak laki-laki juga. 

Mengapa sulit? Karena membicarakan menstruasi sebelum waktunya dianggap tabu, bingung memulai ceritanya, kurang pengetahuan, remaja ragu terhadap ibunya. Ada beberapa sumber informasi yang bisa diharapkan remaja tentang menstruasi, dari ibu, teman, guru di sekolah, petugas kesehatan, buku, film, video, artikel, internet, dsb. Tapi, 90% anak perempuan percaya kepada orangtua (khususnya ibu) dan guru sebagai sumber informasi. 

Menstruasi pada perempuan
Menstruasi harus dibicarakan, jika tidak akan ada efeknya*


7 Tips Bicara Menstruasi

Obrolan antara anak perempuan dan ibunya tentang menstruasi pasti akan timbul banyak pertanyaan. Oleh karena itu, ada startegi bicara tentang menstruasi. Mbak Anna Surti Ariani memberikan 7 tips bicara menstruasi, antara lain : 
  • Ingat, ibu = paling diharapkan. Jadi, Ibu perlu membekali diri dengan pemahaman yang tepat tentang menstruasi.
  • Bicara menstruasi tidak tabu. Karena demi kesehatan reproduksi generasi penerus bangsa.
  • Lakukan berulang kali. Topik ‘menstruasi’ dapat dibicarakan sejak ada tanda-tanda awal pubertas, atau sebelumnya.
  • Bersikap positif.
  • Banyak bertanya & berdiskusi. Ibu bisa berbagi pengalaman pribadi secara positif.
  • Jelaskan secara kongkrit. Misalnya tunjukkan pembalut dan ajari cara menggunakannya.
  • Jelaskan juga kepada anak laki-laki. Tujuannya agar anak laki-laki dapat lebih menghargai dan memahami perempuan. Anak laki-laki diharapkan tidak mengejek atau mempermalukan anak perempuan yang sedang menstruasi, namun dapat membantu.

Sengaja saya tebalin bagian tips terakhir sebagai pengingat saya terhadap 3 anak laki-laki di rumah. 

Dukungan Pemerintah Dalam Manajemen Kebersihan Menstruasi

Menstruasi bukan hanya urusan perempuan saja, tapi juga pemerintah. Di sini pemerintah memberikan dukungan melalui program kesehatan yang dibuat. dr. Dwi Oktavia menjelaskan tentang Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM) adalah pengelolaan kebersihan dan kesehatan pada saat perempuan mengalami menstruasi : 

✅ Perempuan harus dapat menggunakan pembalut yang bersih, dapat diganti sesering mungkin selama periode menstruasi. 

✅ Perempuan memiliki akses untuk pembuangannya, serta dapat mengakses toilet, sabun, dan air untuk membersihkan diri dalam kondisi nyaman dengan privasi yang terjaga.

Menstruasi pada perempuan

Program yang mendukung kesehatan reproduksi remaja yaitu  kegiatan di UKS, Aku Bangga Aku Tahu, Posyandu remaja, Vaksinasi HPV. Reproduksi perempuan ada dalam Peraturan Pemerintah NO. 61 Tahun 2014  tentang Kesehatan Reproduksi.

Produk Pembersih Area Kewanitaan 

Kalau bersihin area kewanitaan saat menstruasi biasanya pakai apa? Ternyata memakai sabun biasa itu nggak bagus buat kesehatan sekaligus kondisi miss v lho. Bisa mengakibatkan gatal vagina. Saya pernah sih pakai sabun mandi biasa, eh malah jadi bikin gatel area itu. Untuk area khusus kewanitaan, pakai pembersihnya yang khusus juga dong.

Melalui acara webinar ini, Mundhiparma Indonesia melalui BETADINE® Feminine Care melakukan kampanye edukatif #YangIdeal untuk mengajak perempuan Indonesia mengetahui dan mengerti cara yang ideal dan tepat menjaga kebersihan dan kesehatan organ intim kewanitaan, salah satunya dengan menggunakan pembersih khusus area kewanitaan yang ideal dan sesuai dengan kebutuhan sehari–hari, saat menstruasi, dan saat terjadi infeksi di organ kewanitaan.

produk kebersihan vagina
Rangkaian BETADINE® Feminine Care *

BETADINE® Feminine Care mempunyai rangkaian lengkap untuk menjaga kebersihan vagina saat menstruasi atau sehari-hari. Dalam hal ini BETADINE® Feminine Care menyediakan rangkaian produk area kewanitaan yang lengkap dan berkualitas tinggi, mulai dari pembersih kewanitaan sehari–hari dengan prebiotik; pembersih kewanitaan dengan kandungan daun sirih dan prebiotik; pembersih antiseptik kewanitaan khusus untuk mengatasi infeksi area kewanitaan dan antiseptik kewanitaan yang dilengkapi dengan aplikator; hingga tisu basah pembersih kewanitaan dengan prebiotik yang 100% biodegradable atau flushable

Kesimpulannya adalah menstruasi merupakan hal yang wajar dialami setiap perempuan dan memiliki siklus yang berbeda. Baiknya menstruasi dibicarakan saat anak perempuan belum mengalaminya dan ibu bisa menjelaskan secara detail. Pemerintah juga harus mendukung manajemen kebersihan menstruasi. Pakai produk pembersih khusus area kewanitaan untuk menjaga kebersihan miss v saat menstruasi. Pakai BETADINE® Feminine Care yang bisa didapatkan di Shopee


***

*Beberapa foto diambil dari potongan slide materi webinar.

2 komentar

  1. Aku termasuk yg dulu ga dijelasin ttg menstruasi Ama mama. Mungkin Krn ortu dulu masih anggab itu tabu yaa.

    Tapi aku ga mau begitu ke anak2. Jadi aku pasti bakal jelasin ke si Kaka, apalagi bntr lagi udh mau 9 tahun.

    Naah produk2 Betadine ini memang baguuuus mba. Aku pale dari dulu, mulai dari yg Betadine khusus mestruasi. Rasanya yaaa, segala bau dan gatel, hilang kalo udh pake Betadine yg khusus haid itu

    Selesai haid, baru pakai yg daily use. Sampe skr aku pakenya Betadine aja.

    Kalo tisu kewanitaannya aku stok kalo ada plan mau traveling. Trutama kalo ke negara2 yg ga terbiasa pakai air buat cebok, cuma pake tisu kering, tisu kewanitaan Betadine ini berguna deh. Aku kan jijik ya kalo cebok cm pake tisu kering..makanya selalu bawa si tisu kewanitaan ini. Biar tetep bersih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, mba Fanny pengguna semua produk Betadine nih. Cakeplah jaga kebersihan Miss V nya.

      Hapus