8 Cara Diet Berbahaya Menurut Ahli Gizi yang Wajib Dihindari

Selasa, Maret 31, 2020

Diet merupakan cara paling ampuh menurunkan berat badan. Namun harus tahu cara diet yang baik dan benar bagi kesehatan tubuh sendiri. Kalau sampai salah cara diet, bisa terganggu metabolisme  dalam tubuh. Enggak mau terkena stroke usia muda?  Biasanya diet itu untuk melangsingkan tubuh. Tubuh langsing dengan barat badan ideal memang sering dikaitkan dengan salah satu definisi cantik dan tampan. Maka wajar saja jika langsing dan ideal menjadi tolak ukur tingkat percaya diri seseorang, sehingga rela melakukan apa saja termasuk diet, demi memiliki tubuh yang didambakan.

cara diet makanan sehat
Makan makanan yang sehat saja ya

Sebenarnya boleh-boleh saja. Dengan catatan, diet yang diterapkan adalah diet yang tidak hanya mewujudkan mimpi Anda, tetapi juga tetap menjaga kesehatan tubuh Anda. Jadi, sebelum melakukan diet tertentu, pastikan cara menguruskan badan alami yang dilakukan memang aman. Jangan sampai Anda melakukan cara diet yang justru merusak tubuh, seperti 8 cara diet yang berbahaya di bawah ini:


1. Diet Keto 
Diet keto dilakukan dengan cara memperbanyak asupan lemak tanpa karbohidrat, dengan alih-alih tubuh akan membakar lemak untuk dijadikan energi. Nyatanya, cara ini justru memicu ketoaidois, dehidrasi, hingga sesak napas akibat nutrisi yang tidak seimbang dan energi yang kurang. Selain itu, cara ini juga tidak menjamin menurunkan berat badan dalam jangka panjang. Itu sebabnya, diet keto tidak dianjurkan apalagi bagi Anda yang bermasalah dengan ginjal  dan hati.


2. Diet Whole30
Diet berbahaya lainnya yang wajib Anda hindari adalah diet whole30, yakni cara diet yang diterapkan dengan tidak mengkonsumsi gula, biji-bijian, susu, serta alkohol selama 30 hari. Aturan lainnya dari diet ini adalah, jika melanggar satu hari saja dengan mengkonsumsi yang dilarang, maka Anda wajib memulai lagi dari nol. Diet ini bertujuan membatasi nafsu makan yang justru menyebabkan tubuh kekurangan nutrisi dan kalori.


3. Diet Asam Alkali 
Diet asam alkali adalah diet yang dilakukan dengan menyeimbangkan pH tubuh. Nyatanya, ahli gizi membuktikan diet ini tidak memiliki cakupan nutrisi yang seimbang dan tidak cukup data ataupun riset yang membuktikan bahwa diet ini dapat menurunkan berat badan dengan aman. Jadi, jangan ditiru ya.


4. Diet Mayo
Jika Anda ingin mencoba diet mayo, Anda akan dianjurkan selama 13 hari mengkonsumsi makanan yang rendah karbohidrat dan tidak mengkonsumsi garam. Namun, diet ini terbukti menyebabkan tubuh kehilangan cairan dan hanya menurunkan berat badan sementara. Bahkan parahnya, diet mayo juga dapat menurunkan kalori secara ekstrim loh.


5. Diet Makanan Bayi
Seperti namanya, diet makanan bayi dilakukan dengan mengikuti pola makan seperti bayi hingga hanya makan makanan bayi saja. Diet ini dianggap berbahaya karena terbukti membuat tubuh kekurangan nutrisi karena kebutuhan bayi dan orang dewasa jelas berbeda.


6. Diet Paleo 
Diet paleo biasanya diterapkan dengan hanya memakan makanan basa 70% dan asam 30%. Maka wajar saja diet ini menyebabkan nutrisi dalam tubuh berkurang dan tidak seimbang, sehingga tidak dianjurkan oleh ahli gizi.


gambar makanan diet keto
Contoh makanan diet keto
Foto Pixabay


7. Diet Militer 
Kebutuhan tubuh akan kalori adalah sekitar 2000 per hari untuk perempuan dan 2500-3000 untuk laki-laki. Tetapi, kebutuhan ini akan berkurang jika Anda menerapkan diet militer yang hanya boleh mengkonsumsi maksimal 1000 kalori berharinya. Nah, wajar bukan diet ini juga dianggap berbahaya?


8. Diet HCG 
Diet HCG dianggap diet ekstrim karena dilakukan dengan menyuntikan human chorionic gonadotropin, yakni hormon masa hamil ke dalam tubuh. Selain itu, Anda juga akan dituntut hanya boleh mengkonsumsi 800 kalori per hari bahkan dilarang memakan sayuran dan olah raga. Ngeri bukan? Itulah beberapa contoh diet yang tidak direkomendasikan karena bisa mengganggu kesehatan Anda. Oleh sebab itu, sebelum memutuskan jenis diet apa yang akan Anda pilih, pastikan dahulu diet terebut aman atau tidak karena kesehatan tubuh jelas tetap lebih penting. Ada banyak klinik kecantikan Jakarta yang bisa Anda kunjungi untuk konsultasi lebih lanjut ke dokter spesialias mengenai teknik slimming dan diet yang aman dan efektif.

Itulah cara-cara diet yang berbahaya menurut ahli gizi. Percaya kan? Kalau masih dilakukan juga, jangan protes jika terjadi apa-apa dengan kesehatan kalian. Dianjurkan konsultasi dulu dengan ahli gizi kalau mau diet, jangan sampai salah langkah. Hal ini juga bertujuan untuk menentukan serat harian. So, dietnya yang aman-aman aja ya.




***

You Might Also Like

0 Comments

Popular Posts