Cara Mengobati Nyeri Sendi

4 komentar
Saat seseorang alami nyeri sendi, umumnya aktivitas mereka pun akan terganggu, sehingga apabila dibiarkan, nyeri sendi akan berbahaya bagi si penderita. Mulai dari merasakan nyeri hingga terjadinya komplikasi. Hampir semua orang pernah mengalami nyeri sendi. Bersyukurnya saya belum pernah mengalami. Apakah Anda  pernah mengalaminya?. Ya, nyeri sendi adalah nyeri pada tubuh yang menghubungkan tulang dengan tulang. Penyebab nyeri sendi biasanya disebabkan oleh cedera pada bursa, ligamen, tulang rawan, tendon dan tulang-tulang sekitar sendi. Sendi adalah di mana dua tulang saling terhubung.


Have Fun and Learning in BloggerDay 2018 at Ashley Hotel Jakarta

5 komentar
Belum pernah saya hadir di sebuah acara blogger dengan jumlah peserta lebih dari 100. Belum pernah saya menikmati acara blogger seharian tanpa lelah dan mengantuk. Baru tahu juga ternyata banyak blogger yang memiliki usaha sampingan. Belum pernah saya menghadiri acara blogger dengan ruangan yang cantik bercahaya keemasan. Saya seperti orang norak saat berada di dalam ruangan itu. Tapi saya tidak merasa asing berada di tengah-tengah para orang inspiratif. Itu yang saya rasakan saat membuka pintu meeting room Downing 10. Sepanjang jalan menuju ruangan  tersebut  tercium wangi sereh yang menenangkan. Nyaman dan tenang.

Selamat ulang tahun BCC ke 3
dari Blogger Depok City


RAHASIA KEHARUMAN PARFUM UNTUK RAMBUT INDAHMU

36 komentar
Wanita mana yang tidak suka dengan momen keindahan. Momen keindahan bisa diperoleh dari kencan dengan pasangan atau bepergian ke tempat romantis. Nah, supaya momen keindahan tersebut terlihat sempurna, wanita akan memilih sesuatu yang spesial salah satunya parfum. Kenapa? Karena wangi parfum bisa membangkitkan suasana menjadi lebih indah dan memesona. Saya juga pakai parfum dan semprot bagian tertentu saat bepergian, seperti bagian ketiak, pergelangan tangan atau leher. Tujuannya agar aroma tubuh wangi sepanjang hari dan orang-orang yang dekat sekitar kita merasa nyaman. Ternyata parfum tidak hanya dipakai buat tubuh saja, bisa dipakai di rambut juga. Hah, maksudnya disemprotinya di rambut gitu? Bukan ! Ada cara mudah bagi wanita agar rambutnya harum sewangi parfum yaitu keramas. 

Rangkaian baru dari Rejoice Perfume Shampoo

Keramas menjadi momen me time buat saya di kamar mandi. Selain bisa membersihkan rambut, saya bisa menikmati wangi shampo yang menenangkan. Kalau parfum dipakai di tubuh sudah biasa ya, sekarang wangi parfum bisa digunakan di rambut dengan keramas. Kadang wangi shampo cepat hilang saat dibilas. Inginnya setelah keramas wanginya itu bisa bertahan lebih lama. Biar saat suami pulang kerja, dia bisa mencium wangi rambutku juga, cie.....😃. Demi menjawab keinginan para wanita Indonesia, maka P&G mempersembahkan shampo parfum pertama dari Rejoice Indonesia, Rejoice Perfume Shampoo. Shampo yang memiliki wangi parfum dari bunga peony membuat rambut wangi bertahan selama seharian.  Seperti yang dikatakan Pamela Camargo, Communication Manager P&G Asia Pacific, pada umumnya wanita senang menjaga keharuman tubuhnya dengan parfum, akan tetapi keharuman rambut juga penting. Sekarang tidak perlu khawatir lagi karena ada Rejoice Perfume Shampoo yang buat rambut wangi seharum parfum.

Narasumber on the stage
                                           
Seorang scientist P&G dari Paris yaitu Marie – Emilie Lascaux mengatakan wangi parfum pada shampo Rejoice diperoleh dari bunga peony asal Perancis. Bunga berwarna merah muda. Bunga yang memiliki nama latin Paeonia Suffruticosa merupakan genus tunggal untuk tanaman hias yang tergolong keluarga Paeoniacede. Termasuk tanaman rempah yang tergolong tumbuhan tahunan, biasanya di akhir musim semi sampai awal musim panas (sumber wikipedia). Keharuman lembut parfum pada shampo Rejoice membuat kita nyaman di antara orang banyak. Marie-Emilie Lascaux juga mengatakan layaknya parfum mewah, keharuman yang terdapat pada shampo parfum Rejoice dibagi menjadi 3 note yaitu note atas atau pada saat kita membuka botol shampo mencium aroma pir Inggris, beri merah dan muguet. Note tengah atau menggunakan shampo saat keramas maka tercium aroma bunga peony, gardenia Perancis dan freecia. Pada saat rambut kering maka akan tercium aroma apricot Asia, musk dan amber yang merupakan note bawah Rejoice Perfume Shampoo. Ooo..jadi ini rahasia keharuman shampo Rejoice yang awet wanginya sampai seharian. Semua wanita pasti suka banget dong rambut indahnya wangi sepanjang hari. Cocok buat saya yang sering beraktivitas di luar rumah.

Pada kesempatan yang sama, Rejoice Perfume Shampoo memperkenalkan new brand ambassador yaitu Michelle Ziudith. Artis muda berusia 23 tahun yang membintangi film sequel London Love Story ini mengaku sangat bahagia menemukan keharuman parfum pada shampo Rejoice. Dia merasa langsung jatuh cinta dengan rambutnya berkat shampo Rejoice. Kesibukannya sebagai artis dengan aktivitas yang padat membuatnya tidak sempat merawat rambutnya yang sering dicatok, diwarnai atau terkena sinar matahari saat syuting. Rejoice Perfume Shampoo menyempurnakan aktivitasnya dengan wangi parfum seharian. Michelle merasakan nostalgia kembali saat di Paris dulu kalau mencium aroma bunga peony. Kalau saya setelah keramas dengan Rejoice Perfume Shampoo malah berkhayal berada di Perancis dengan pasangan di menara Eiffel. Kayak Tita dan Adit di film Eiffel I’m in Love. Berpelukan mesra  di ketinggian menara Eiffel dan pasanganku membelai rambutku yang harum wangi bunga peony. Ahh...sayang cuma khayalan.

Michelle Ziudith
New brand ambassador Rejoice

Rejoice Perfume Shampoo memiliki 3 varian ukuran yang berbeda. Mulai dari ukuran 170 ml, 340 ml dan 600 ml dengan kisaran harga dari Rp.20.000 – Rp.60.000. Selain ukuran botol terdapat juga kemasan sachet yang dijual dengan harga Rp.1000 saja. Wow, bisa nyetok banyak nih di rumah. Biar rambut indahmu tetap wangi dan terawat pakai juga conditionernya ya. Perawatan a la salon bisa kamu dapatkan dengan 2 langkah mudah. Keramas dan melembabkan rambut. Dijamin deh aktivitas seharian tetap semangat karena keharuman wangi bunga peony. Rejoice Perfume Shampoo bisa dipakai berbagai jenis rambut. Rambut yang kusut, kusam, kering, lepek bahkan rusak sekalipun. Asal pemakaiannya teratur rambut kembali sehat. Bisa digunakan bagi yang berhijab nggak? Bisa dong ! Keharumannya tidak akan hilang meski rambut ditutupi oleh hijab seharian. Jangan lupa dikeringkan dahulu rambutnya sebelum pakai hijab ya. Finally, wanita Indonesia bisa merasakan sensasi berbeda saat keramas dengan Rejoice Perfume Shampoo. Bisa mencium aroma bunga peony yang memikat bagaikan Kiss of an angel. Rasakan keharumannya sepanjang hari pada rambut indahmu. Saya sudah mencobanya lho, terbukti rambut wangi selayaknya parfum mewah. I love this shampoo. Kekurangan dari shampo ini warna hijau pada kemasan terlihat gelap. Jadi kurang fresh gitu. Saya suka kemasan hijau yang lama. Tapi kekurangan itu tertutupi dengan keharuman parfum dari bunga peony.  Saya sudah mencoba, sekarang giliran kamu.


***



Hari Air Sedunia 2018 "Nature for Water" Solusi Pelestarian Air Di Alam

35 komentar
Bulan Maret segera berlalu. Pertanda siklus musim 6 bulanan berganti, dari musim hujan beralih ke musim kemarau. Namun beberapa tahun belakangan ini saya merasakan siklus rutin tersebut tidak tepat pada waktunya. Harusnya bulan September masuk musim penghujan, malah kemarau masih melanda. Padahal beberapa daerah di Indonesia sudah mengalami kekeringan air. Bahkan sampai harus berjalan berkilo-kilo meter mengambil air dari sumbernya. Mengambilnya pun tak banyak, hanya 2 ember air dibawa pulang. Mencuci dan mandi dilakukan di sumber air secara bergantian. Air begitu berharga saat musim kering tiba. 

Seperti makan buah simalakama. Musim kemarau kering air, musim hujan sering banjir. Serba salah rasanya manusia di bumi ini diberikan kenikmatanNya. Berlimpah air di planet ini, tapi masih saja ada yang kekurangan. Sebagai peringatan untuk kita akan pentingnya air sebagai sumber kehidupan, maka tiap tanggal 22 Maret diperingati Hari Air Sedunia. Tahun ini tepat peringatan ke 25. Tiap tahun United Nations Water (UN Water) mengusung tema yang berbeda. Tahun ini dengan tema "Air untuk Alam" atau "Nature for Water" yang berfokus pada Solusi Berbasis Alam (SBA) untuk menghadapi tantangan dalam pelestarian air di abad 21.  Kampanye "The Answer is in Nature" atau "Jawabannya Ada Di Alam" bertujuan agar menambah wawasan kita bahwa alam memiliki solusi dalam mengurangi krisis air seperti banjir, kekeringan dan polusi air. Saya mendapatkan kesempatan emas dari Danone - Aqua berkunjung langsung ke pabrik dan daerah sekitar yang sudah melakukan pemanfaatan air dari alam.

Rombongan blogger saat di Kubang
Dok. Karyanto Wibowo

Masih pagi buta saya menuju gedung Cyber 2, Jakarta. Sampai disana sudah hadir teman-teman blogger dan wartawan lainnya. Sekitar 2 jam perjalanan menuju Cicurug, Sukabumi, pabrik Aqua berada. Meskipun mata mengajak untuk dipejamkan, tapi pemandangan gunung Salak terlalu indah dilewatkan. Dimana air jernih mengalir dari dalam tanah kawasan pegunungan. Sambutan hangat dari staff Danone - Aqua dalam ruangan Learning Center PT Tirta Investama Babakan Pari, Sukabumi. Ditambah coffee break menjadi booster saya mengikuti kegiatan ini seharian. 

Acara "Bincang Air" diawali dengan sambutan dari bapak Arif Mujahidin (Communications Director Danone Indonesia). Kalimat beliau yang saya masih ingat yaitu "Air bisa menjadi anugerah dan bencana bagi manusia jika tidak bisa mengelolanya". Tinggal kita mau pilih yang mana agar tetap hidup sepanjang masa. Takjubnya saya terhadap fakta-fakta air yang dipresentasikan bapak Karyanto Wibowo  (Sustainable Development Director Danone Indonesia). Fakta-fakta yang diinformasikan agak panjang nih. Simak baik-baik ya.



Fakta pertama, bumi terdiri dari 70% air. Dimana 1% air berada di permukaan, 97% air laut, 3% air tawar dan 20% air serapan. Dari bumi terbentuk jumlah air tidak pernah berubah. Dalam sehari manusia bisa mengkonsumsi air sebanyak 190 liter. Tak terbayang sudah berapa juta-juta liter air yang dikonsumsi manusia sejak berada di bumi, namun masih ada sampai sekarang. Kedua, 2/3 dari hutan di dunia sudah terjadi degraded (alih fungsi hutan) menjadi lahan pertanian. Perubahan tersebut mengakibatkan banjir, badai, sekitar 4 Miliar orang terkena dampaknya dan kerugian mencapai $1 Triliun. Ke tiga2,1 M manusia secara global masih krisis air dan sekitar 844 juta tidak memiliki layanan air bersih. Ke empat40 Miliar ton air tanah / topsoil hilang. Ke lima80% air limbah masuk ke sungai tanpa dikelola. Contohnya sungai citarum yang sudah tercemar airnya dari pabrik sekitar. Ke enam2,1 juta org di dunia tdk mendapatkan akses air minum yg layak. Kebutuhan air akan naik 50% pada tahun 2030 nanti.

Fakta yang begitu mencengangkan bagi saya terhadap satu anugerah Tuhan ini. Masih mau kita mensia-siakan air? 

Aqua berada di bawah naungan DANONE bukan hanya peduli pada bisnis saja, tapi juga terhadap lingkungan air. Karena pengelolaan sumber daya air merangkul masyarakat yang berada di lingkungan serapan air. Seperti komitmen pendiri Aqua
Golden Missisipi, Tirto Utomo, perusahaan bisnis harus berkontribusi dengan pelestarian lingkungan sekitar harus terjaga. Selain itu ada #OnePlanetOneHealth adalah komitmen perusahaan yaitu tangkapan air, kelola air pada lahan pertanian, karyawan pabrik yg dibatasi pemakaian air, memberikan akses air kepada masyarakat.

Dok @aqualestari

Sebagai wujud nyata pelestarian air, Danone-Aqua melakukan upaya konservasi air dengan memanfaatkan solusi ilmiah yang digabung dengan grey infrastructure (alamiah bercampur buatan manusia) seperti yang sudah dilakukan Danone - Aqua di daerah Sukabumi. Rombongan blogger dan media dibawa ke sebuah tempat dimana sumber air yang mengalir sampai ke pabrik. Rumah Pompa yang berada di Taman Kehati Mekarsari , sumber air yang muncul dan dialirkan ke dalam pabrik. Di area ini pengunjung dilarang foto dan sangat steril. Sebelum masuk ruangan peserta mencuci tangan dan membuka alas kaki. Dijaga ketat oleh security dan alarm yang menandakan waktu maksimal dalam ruangan tersebut. Kami pun melihat langsung air yang menyembur ke atas dalam sebuah tabung besar. Atas kuasaNya air itu menggolak-golak bagaikan air mendidih dari kedalaman 60 meter. Bening dan bersih airnya. 

Setelah melihat sumber mata air dari pabrik, kami berangkat menuju lokasi berikutnya. Jalanan berliku dan berbatu  dengan medan yang ditempuh mobil kijang yang kami kendarai. Dengan lihai pak supir melewati tanjakan dan turunan terjal. Perjalanan menjadi tak membosankan karena candaan kami di dalam mobil. Di saung sederhana sambil menikmati makan siang seiring turunnya hujan, Dr. Ir. Nana Mulyana Arifjaya, Msi (Dosen dan Peneliti Fakultas Kehutanan IPB) menjelaskan tentang pemodelan SWAT (Soil Water Assessment Tool) dan kegiatan konservasi air. Bekerjasama dengan IPB Bogor, pemodelan SWAT sudah dilakukan di beberapa daerah yang salah satunya mata air pabrik Mekarsari Danone - Aqua 201.

Pak Nana Mulyana (tengah baju putih) 

Konservasi air yang dilakukan yaitu penanaman 580.000 pohon di 8 desa seperti desa Pasawahan, Tenjolaya, Cisaat, Kuyajaya, Jayabakti, Tangkil, Girijaya, dan Cidahu. Para warga sekitar dipekerjakan untuk merawat pohon-pohon tersebut. Bukan hanya sekedar menanam saja, tapi juga merawatnya.

Hujan berhenti cuaca pun kembali terang. Pihak panitia membagikan kelompok agar tidak bentrok saat dijelaskan jenis konversi air berbasis alam yang dimaksud. Bersama pak Irawan (Direktur Lapangan Aqua-Danone) mengenalkan Pemanen Air Hujan (PAH). Bentuknya seperti toren, namun pengisian airnya berbeda. PAH merupakan proses mengalirkan air hujan yang jatuh ke atap lalu masuk ke dalam tangki penampungan. Sedangkan air limpasan dari tangki penampungan disalurkan ke sumur resapan. Dengan cara ini masyarakat dapat memanfaatkan air hujan untuk keperluan sehari-hari sekaligus membantu menjaga keberadaan air tanah dan mengurangi limpasan ke permukaan. PAH menjadi sumber air alternatif di lokasi yang menggunakan aliran sungai sebagai sumber air utama karena saat hujan pipa saluran masuk sering tersumbat oleh sampah atau lumpur yang terbawa. 

PAH bisa menampung air sebanyak 1000 L dengan pengukuran luas area tangkapan (atap) dikali jumlah hujan. Air yang masuk ke dalam tangki akan disaring dengan kampas filter. Kampas yang sama buat aquarium ikan. Tiap 3 bulan sekali filternya diganti. Biaya pembuatan PAH ini menghabiskan dana Rp 4,5 juta. PAH sudah terpasang di mesjid, musollah dan sekolah. Salah satunya ada di musollah desa Pesawahan ini. 

Pak Irawan disamping PAH 

Airnya bisa buat wudhu

Upaya konservasi air lainnya yaitu kolam waterpond. Saya baru dengar istilah ini. Waterpond adalah salah satu teknik konservasi tanah dan air yang beirfungsi untuk meningkatkan resapan air ke dalam tanah. Caranya dengan mengalirkan air mengarahkan aliran air yang kontinyu kemudian menampunya pada kolam resapan. Air yang ditampung akan diresapkan melalui lubang biopori yang di bor dengan diameter 12,7 cm dan kedalaman 4-8 meter. Tujuannya untuk meresapkan air ke dalam tanah yang kemudian meningkatkan kelembaban tanah dan meringankan kekeringan, mengisi ulang sumur dan mata air dangkal. Untuk mengukur kapasitas dan laju infiltrasi air pada lubang resapan dengan menggunakan Autimatic Water Level Recorder (AWLR). Waterpond bisa diisi dengan ikan air tawar lho. 

Waterpond

Lubang biopori

Mengejar hari yang semakin senja, rombongan pun pindah lokasi ke desa Cisaat. Dimana sumur resapan inovatif dibuat. Tepat berada di halaman rumah pak RT Ishak. Sumur resapan inovatif sebuah teknik konservasi tanah dan air yang berfungsi untuk menampung limpasan air di permukaan tanah lalu meresapkannya secara perlahan ke dalam tanah yang ada di sekitarnya. Teknik ini diperlukan mengingat sering terjadinya banjir dan kekeringan. Teknik ini sangat baik dalam mengendalikan dan mengurangi limpasan permukaan sehingga menurunkan banjir dan kekeringan. Bagi rumah warga yang memiliki sumur timba, airnya bisa diperoleh dari sumur resapan inovatif ini.

Bentuknya berupa galian tanah sedalam 2,5 meter dan lebar 1 meter, kemudian pada bagian atas dinding sumur dipasang buis beton sebagai penahan atau penguat dinding tanah. Buis beton berbentuk persegi dengan lubang di tengah-tengahnya sebagai media resapan air ke samping sumur resapan atau resapan horizontal. Pada bagian bawah sumur resapan diisi batu dan ijuk yang berfungsi untukbair yang diresapkan. Mampu menampung air hujan per hari sebanyak 3-10 m kubik. Cisaat, Pasawahan dan Tenjolaya adalah 3 desa yang memiliki sekitar 40 sumur resapan inovatif. Biaya pembuatan sumur ini sekitar Rp 3,5 juta.

Antusias rombongan melihat sumur resapan inovatif

Sumur resapan inovatif yang ada di halaman pak RT

Kunjungan ke rumah pak RT ini menjadi tempat perpisahan rombongan menuju Jakarta. Saya pun kembali ke mobil dan pulang membawa berita bagus di hari air sedunia. Tentang alam dan air yang tak bisa dipisah. Dalam agenda acara harusnya bisa melihat DAM. Karena faktor cuaca tidak mendukung, jadi dibatalkan.

Bulan Maret hanya tinggal hitungan hari. Mumpung hujan masih turun ke bumi, mari manfaatkan upaya konservasi ini. Sehingga tidak ada lagi kekeringan di beberapa deaerah yang membuat masyarakat resah takut haus dahaga. Kembalikan hakikat air yang berada di dalam tanah. Dengan menjaga ekosistem yang baik bisa membuka lapangan kerja seperti rekreasi, pemancingan, arung jeram. Pastinya  dapat menambah sumber income masyarakat. Asal manusianya tahu apa kendala air maka akan ditemukan solusinya. Jawabannya ada di alam. Mari #BersamaMerawatAir.


Sumber video : worldwaterday.org



***

Trisomy, Kelainan Kromosom Penyebab Kelainan Pada Janin

14 komentar
Adam Fabumi Kamaludin dan Abhi Satya Irawan adalah dua bayi mungil yang kini sudah berada di taman surga. Mereka belum sempat merasakan keindahan alam semesta. Kepergian mereka meninggalkan kesedihan mendalam sekaligus menjadi penyemangat orangtua untuk tetap tegar menjalani kenyataan hidup. Memang tidak mudah, namun bagi yang masih bernyawa perjuangan belum berakhir.


Onggy Hianata, Anak Kampung yang Sukses Terbang di Perantauan

10 komentar
Jangan menyebutnya kegagalan, 
Sebut itu sebuah proses menuju kesuksesan

Seketika saya tertegun dengan quote penyemangat itu pada sebuah flyer. Kegagalan seperti partner untuk orang - orang yang ingin berhasil. Memang tidak semudah membalikkan tangan mencapai kesuksesan, ada ratusan tetesan keringat dan putaran jam dikorbankan. Mulai dari tangan hampa sampai memiliki banyak harta. Begitupun yang dialami oleh seorang anak kampung dari daerah Tarakan, Kalimantan Timur. Ia berjuang di daerah perantauan dengan usaha apapun asal halal.



Onggy Hianata Chunnardy. Nama yang asing sekali di telinga saya, bahkan mbah google pun nyaris tak mengenalinya. Siapakah beliau?  Saya sungguh tak mengenalnya. "Itu dia pak Onggynya", ucap Andiyani Achmad, salah satu teman menunjukkan seorang pria yang menggunakan batik biru elektrik sedang bicara dengan kerabatnya searah jam 9 dari posisi saya berdiri. Saya pun langsung melihat dengan seksama. "Oh itu pak Onggynya Ai", balas saya. Meskipun saya melihat tidak terlalu jelas, tapi saya sudah mengenali outfitnya hari itu, saat Bloggers Gathering with inspirator Bapak Onggy Hianata di D'Lab Hive (14032018). Ia seorang inspirator yang sudah melanglang buana ke mencanegara, namun namanya di negeri sendiri masih mengawang di atas awan belum sampai ke bumi Indonesia. 

Pria kelahiran tahun 1962 ini berasal dari keluarga miskin yang tinggal di kampung Bugis, Tarakan, Kalimantan Timur. Saking miskinnya ia tidak mengalami sekolah taman kanak-kanak seperti anak lainnya. Ia pun bisa bersekolah langsung masuk kelas 3 SD, bukan karena pandai, ia melompat kelas karena usianya sudah tidak pantas lagi ada di kelas 1 SD. Celana merah sobek menjadi teman sekolahnya kala itu, menjadi saksi kegigihannya menempuh pendidikan. 

Bercocok tanam, menyangkul, memberikan makan ayam dan bebek, serta memetik sayur di ladang menjadi kebiasaannya di dalam keluarga. Hidup bersama orang tua berketurunan Tionghoa yang selalu menjunjung nilai-nilai kebersamaan dan kejujuran. Sosok ayahlah menjadi teladan Onggy Hianata di kemudian hari. Nasihat-nasihat sang ayah selalu diingatnya.

Bersama pak Onggy. Semoga Sagara ketularan sukses ya nak...

Di masa muda ia mengalami banyak kegagalan dalam usaha untuk bertahan hidup. Tetapi ia mencoba berdiri dan bangkit membuka peluang usaha lainnya. Hingga ia bisa meraih impiannya menjadi orang sukses dan ingin menularkan kunci kesuksesannya kepada banyak orang. Sebagai salah satu wujud terimakasih atas kesuksesannya ia merasa terpanggil untuk memberikan semangat untuk banyak orang dengan mendirikan Edunet Global, sebagai wadah untuk menyentuh lebih banyak kehidupan orang lain melalui pembinaan mental utama yaitu "Value Your Life -A Life Changing Bootcamp". Bertujuan untuk menggali potensi dan mengembangkan karakter individu. 

Sejak tahun 2003 sampai saat ini (2018) , Bootcamp sudah merekrut banyak peserta lebih dari 75 negara di 5 benua. Dahsyatnya lagi semua berkumpul di Indonesia, Tanah Air beta. Berbagai macam problema, warna kulit, bentuk manusia, menjadi satu dalam ruangan besar. Beberapa orang yang telah mengikuti Bootcamp memberikan testimoni positif. 

Mantan peserta Boothcamp seperti Dra. Ary Hellya Kurniati, Apt dan Ir. Sudarmono Djoko Nugroho, Dr.Erry Gautama dan Dr.dr.Anggraini Dwi S.,Sp Rad(K) dan Yulianto SE yang sempat bunuh diri. Mereka semua memiliki latar belakang masalah yang berbeda. Setelah mengikuti bootcamp seperti bayi yang baru lahir ke dunia. Lepas, bebas tanpa beban. Membawa dampak positif ke dalam kehidupan seterusnya.

Sagara mau juga Terbang nih...

Sutradara handal Fajar Nugros menggambarkan kisah hidup Onggy Hianata melalui sebuah film berjudul "Terbang Menembus Langit". Mewakili perjalanan serta perjuangannya menuju kesuksesan. Dibintangi oleh Dion Wiyoko, Laura Basuki, Dinda Hau, Alin Tumbuan, Baim Wong, Marcel Darwin, dan bintang lainnya. Film produksi Demi Istri ini memberikan suasana yang beda pada cinematografinya. Setting pantai dan kapal yang mengangkut dan mengantarkan barang ke Surabaya menjadi inspirasi anak kampung itu untuk merantau. Dengan modal nekat ia menyebrangi lautan Jawa hingga sampai di kota pahlawan. Berbagai kegagalan ia alami tak membuatnya menyerah begitu saja. Selengkapnya bisa ditonton filmnya tanggal 19 April 2018.

Anak kampung dari Tarakan ini menjelma menjadi orang sukses. Memberikan inspirasi banyak orang di dunia dan menjadikan Indonesia rumah ke dua bagi mereka. Menganggap suatu berkat, Onggy Hianata ingin terus menularkan semangatnya ke banyak orang. Belajar dari kekurangan dan kegagalan menjadikan ia pribadi yang kebal. Pada hakikatnya kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda, maka terus wujudkan agar menjadi nyata.




***


Trik Foto Jitu Dengan Modal Smartphone

5 komentar
Lihat foto-foto keren berseliweran di timeline instagram bikin saya iri. Hasil jepretannya itu lho memanjakan mata. Banyak dugaan yang terlintas dalam pikiran. Pasti kameranya mahal, pasti yang moto seorang photographer atau belajar photography di luar negeri. Tambah bikin mundur cantik ya kalau semua dugaan itu benar. Bagaimana nggak minder coba,  saya pakai smartphone kalau foto sedangkan foto-foto kece itu pakai kamera DSLR yang lensanya bulet gede-gede. Perbandingannya bagai bumi dan langit. Jauh bro..

Pixabay.com
Kegiatan photography memang sedang digandrungi banyak orang. Mengambil gambar dengan kamera dan mengunggah di sosial media sudah menjadi makanan sehari hari. Memotret makanan atau minuman sebelum makan menjadi habit baru dilakukan. Kalau yang ini jangan di contoh ya. Saya pun tertarik untuk belajar photography yang sesuai dengan tools yang saya punya yaitu smartphone. Karena modalnya cuma punya ini. Bersama @kompakersdepok komunitas penggemar photography di Depok, saya ikut workshop "Foto Keren Dengan Modal Smartphone" di Gedung Felfest IFC UI Depok Sabtu lalu (10032018). Memang bisa moto pakai hape doang? Bisa dong.

Dibalik foto yang bagus ada trik yang digunakan oleh si pemoto. Saya pikir pasti menggunakan kamera canggih selayaknya photographer. Ternyata cuma menggunakan smartphone yang kita punya bisa menghasilkan foto sekeren kamera profesional. Titus O.Mainassy sebagai narasumber acara workshop ini memberikan kelas fotografi ponsel. Pemuda tinggi ini memiliki pengalaman mengisi acara workshop Smartphone Photography Class di British Council pada September 2017. Ia mengatakan ada beberapa trik foto menggunakan smartphone :

Rule of third, salah satu prinsip komposisi photography yang paling dikenal dan populer bagi mayoritas penggemar potret memotret. Menjadi pondasi bagi keseimbangan elemen foto sehingga secara keseluruhan foto jadi lebih enak dilihat.

Cahaya. Lebih baik memotret pada pada waktu tertentu (golden time) jam 8-10 pagi dan jam 3-5 sore. Pada waktu tersebut cahaya alami dari matahari terlihat lebih putih. Kalau siang hari warnanya agak kekuningan.

Peka. Pemoto harus lebih peka terhadap objek yang ingin dipoto. Sebisa mungkin objeknya punya makna dibaliknya.

Titus O. Mainassy

Moment
. Paling ditunggu oleh pata photographer. Karena adegan yang diinginkan atau ditunggu-tunggu tidak bisa diulang lagi. Penting banget kepekaan diperhatikan. Misalnya gerhana bulan atau munculnya pelangi.

Timing. Pemotret harus menentukan waktu pada objek yang mau diambil momennya. Memperhitungkan waktu adegan apa yang ingin dipoto. Harus tahu waktu yang tepat momen yang diinginkan muncul.

Aplikasi. Sekarang sudah banyak ya aplikasi editan foto yang langsung diunduh di smartphone. Aplikasi yang harus ada di smartphone kamu yaitu Snapseed, Adobe Lightroom Mobile dan Picsay Pro.

Kemunculan banyaknya smartphone membuat masyarakat kesulitan memilih. Maunya kan sesuai kebutuhan  dan canggih ya. Tapi tiap ponsel kan beda-beda keunggulannya. Ada yang ingin kameranya bagus, baterenya tahan lama atau awet pulsanya. Untuk mewakili kecanggihan smartphone lainnya, sebagai produk lokal Advan mengenalkan produk andalannya. Seri Advan G2 bisa jadi pilihan kamu memiliki smatphone rasa flagship  (semua kebutuhan konsumen akan kecanggihan smartphine) dengan harga lebih baik.

Advan G2
Do Great, Make Better


Spesifikasi Advan G2
✔Display 5,5"(1980x1080) Full HD LTPS
✔iDOS 7.2 based on android 7.0 Nougat Octa core 1.5 GHz GPU MALI T860
✔RAM 3GB
✔ROM 32 GB
✔Micro SD up to 128 GB
✔Bluetooth USB OTG
✔Dual camera
( Depan 16 MP + Belakang 13 Mp)
✔Wi-fi 802.11 b/g/n
✔Battery 35000 mAh

Ada 6 bukti pada Advan G2 paling jitu di kelasnya. Kamera bagus dengan harga yang bersahabat sesuai dengan slogannya selfie in detail bisa melihat bulu mata dengan jelas, warna cerah dan garis rambut terlihat jelas. Batere yang tahan lama bisa mengurangi beban membawa power bank. Kalau punya, kalau nggak punya ribet juga kan cari colokan. Desain yang keren bisa menunjang pemakainya. Tidak kelihatan kan kalau handphone merek lokal rasa internasional. Advan G2 dilengkapi dengan keamanan yang dinamakan Advan Secure terdiri dari Fitur anti theft yang bisa melacak handphone jika terselip, Face Id bisa membuka handphone dengan deteksi wajah dan Privacy System bisa menyimpan file rahasia, dijamin aman. Hebatnya lagi 

Advan G2 ada finger print sebuah sistem keamanan yang bisa menghemat waktu 22 jam. Jadi tidak perlu lagi mengunci dan membuka handphone dengan password atau pola.

Mba Eska mempraktekan trik foto yang diberikan
 oleh Titus
Selain Titus memberikan materi foto jitu dengan modal smartphone. Satu narasumber yang tak kalah kerennya yaitu Rika Ekawati, seorang halal food influencer yang tergabung dalam komunitas upload kompakan. Food photography yang menjadi concernnya. Food photography merupakan salah satu bidang fotografi yang spesialisasi memotret makanan. Produk yang biasa digunakan dalam iklan, majalah, paketan, buku menu atau resep masakan. Bekerja dengan kolaborasi antara pengarah seni, fotografer, food stylist, prop stylist dan asisten-asistennya. 

Seorang food photography harus memahami dasar-dasar fotografi digital, peralatan untuk food photography, lighting, props and styling, framing & komposisi dan editing. Trik-triknya hampir sama dengan smartphone, tapi photography digital lebih dalam dan detail lagi. Apalagi mba Rika Ekawati menggunakan kamera profesional seperti DSLR. 

Rika Ekawati

Seru banget belajar fotografi itu. Saya jadi nggak minder lagi kalau foto dengan smartphone karena sudah tahu trik jitu dari narasumbernya langsung. Tinggal ikuti saja langkah-langkahnya sebelum dan sesudah foto. Hasil yang diunggah jadi bagus kan. Para follower jadi betah lihat feed instagram kita. Disangka punya kamera pro padahal modal smartphone doang. Nah, keunggulan Advan G2 tadi bisa jadi pilihan. Saya juga mau punya ahhh. 

Nanti kalau ada worshop photography saya mau ikutan lagi. Semoga sudah punya kamera profesional dan mempraktekan trik-trik yang diberikan mbak Rika Ekawati. Foto makanan yang bikin semua oranng pada ngiler. Saat workshop berlangsung kemarin banyak sekali aneka kue yang dijadikan objek foto. Ada Gigieat Cake kuenya Nagita Slavina, roti Bebelly yang lucu punya Laudya C. Bella dan Prilly Latuconsina dan kue-kue dari para usaha komunitas kompakers Depok. Saya sudah cobain semua kuenya dan rasanya enak banget. Terima kasih untuk @ummifikri yang sudah mengajak saya ikutan workshop mengenyangkan ini. Let's take a picture !

Peserta workshop dari blogger


***

Zoya Cosmetics Lip Paint Deep Claret Cocok Untuk Kulit Terang

3 komentar
Tiap ada acara saya inginnya tampil maksimal. Bukan berarti dandan yang cetar membahana kayak Syahrini. Minimal outfitnya rapih dan nyaman atau pakai dress code sesuai tema acara. Soal dandanan saya juga nggak suka terlalu menor, make up minimalis aja kayak Putri Marino. Paling penting  si warna lipstik ya. Karena bisa menyempurnakan paripurna wajah saya. Saya suka banget pakai lipstik warna merah, yang benar-benar merah. Awalnya si malu, tapi sering pakai jadi andalan deh lipstik merah.

Supaya nggak monoton dengan warna yang itu itu aja, saya coba warna lipstik lain dari merek Zoya Cosmetics. Ehh bukannya  Zoya merek kerudung ya? Aduh kemana aja si bu. Zoya juga punya rangkaian produk kosmetiknya. Mungkin belum familiar aja ya sama kosmetiknya. Makanya sekarang saya mau sedikit review tentang Zoya Cosmetics Lacquer Lipstick Velvet Matte Lip Paint seri Deep Claret ZCLT11. Asyiknya bisa eksperimen poles bibir pakai lipstik baru.

Zoya Lip Paint Deep Claret

Zoya Lip Paint memiliki 10 varian warna. Cuma kali ini saya coba warna Deep Claret. Kemasan lipstik Zoya sangat minimalis. Warna putih menyelimuti keseluruhan tube lipstik. Tulisan merek dan hurufnya yang shiny membuat mata saya langsung tertuju. Kemasannya mungil dan ringan. Pastinya bisa masuk ke dalam pouch kosmetik. Lipstik berukuran 5 ml ini bisa menjadi teman setia saya dengan segala kondisi. Terutama bisa poles bibir lagi setelah berjam-jam di acara.

Saat dibuka tutup tubenya, Zoya Lip Paint memiliki aplikator yang sama dengan lipstik matte yang saya punya. Dan warnanya tidak sesuai ekspetasi. Saya pikit warnanya merah merona ternyata warna merah agak kecoklat-coklatan. Setelah dipoles ke bibir saya warnanya jadi tidak hidup. Mungkin karena warna bibir saya yang gelap dan kulit wajah warna kecoklatan. But, it's ok saya tetap suka warnanya. Walaupun nggak bikin merona bibir saya.




Zoya Cosmetics Lip Paint memiliki keunggulan No Transfer Color Technology memberikan warna matte yang lebih tahan lama, transferproof, tahan lama selama 12 jam, mengandung Shea Butter sebagai natural moisturizer, cepat kering dan merata, tidak cracky dan hasil akhir velvetty matte, wanginya tidak menyengat, free paraben dan pastinya HALAL. Masih ragu mau nyoba lipstik ini? Sini kalau mau coba.

Aplikatornya gampang dioles dan meratakan warna pada bibir. Cukup 1-2 kali usapan bibir tertutupi dengan sempurna. Saya pakai di siang hari warnanya masih kelihatan. Mungkin kalau malam hari misalnya saat hadir di acara pesta pernikahan warnanya kurang hidup. Jadi hindari pemakaian warna Deep Claret pada malam hari. Kalau nggak punya warna lipstik lagi ya sudah pakai aja. Gitu aja repot. Secara keseluruhan saya suka dengan Zoya Cosmetics Lip Paint Deep Claret. 

Bgi yang memiliki warna kulit yang gelap seperti saya hindari warna yang gelap juga. Supaya pancaran warna lipstiknya bisa membuat aura wajahmu makin terlihat. Makanya saya mau coba warna lipstik Zoya yang lain juga biar lebih banyak bereksperimen. Dengan harga Rp.60.000an  bisa beli di outlet kosmetik yang ada di mall besar, hypermart, e-commerce, toko kosmetik di pasar tradisional atau di zoyacosmetics.comKamu sudah coba warna lipstik Zoya yang mana?


Pakai Zoya Lip Paint Deep Claret saat siang hari


***

Ada Harapan Besar Dari Menulis Dengan Cinta

45 komentar
Saat kamu disudutkan oleh pilihan antara menulis dan membaca, mana yang kamu pilih? Kalau saya pilih menulis. Untuk anak balita, menulis dapat menstimulasi motorik kasarnya. Berlatih memegang alat tulis dan menggerakkan tangan sesuai huruf atau tanda baca di secarik kertas. Saya  juga perhatikan di bimbingan belajar (Bimba) anak saya lebih mengutamakan menulis, kemudian membaca. Namun menulis bukan hanya sekedar mencoret-coretkan kertas dengan kata-kata tak bermakna, ada cara, teknik dan rasa saat menuangkan isi hati serta kepala. Supaya yang membaca bisa memahami maksud tulisan tersebut.


Saya sudah mengecap diri sebagai blogger sejak Agustus 2016. Sebenarnya mempunyai alamat blog gratisan dari sejak kuliah, berkat dorongan dari seorang teman yang duluan menjadi blogger, saya pun mencoba mengikuti jejaknya. Sampai saya putuskan mengganti alamat blog dengan domain berbayar. Berharap peluang mengumpulkan pundi-pundi lebih terbuka lebar berkat memiliki blog yang aktif. Alhamdulillah saya bisa mencukupi kebutuhan anak-anak dari menulis di blog.

Sekedar menulis saja siapa pun juga bisa, tapi apakah semua orang bisa menulis dengan rasa dan cinta yang tulus dari hati terdalam? Kebanyakan orang bilangnya curhat, kayak alamat blog saya curhatlarasati.com, tapi kebanyakan tulisan sponsor. Pengakuan dosa. Ternyata menulis itu ada kaidah-kaidah yang mesti kita ketahui. Terutama menulis yang isinya ada rasa cinta. Saya beruntung sekali bisa mengikuti workshop bersama Komunitas ISB (Indonesian Social Blogpreneur) dan Dini Fitria pada hari Selasa lalu (06032108) di kantor Blibli.com.
Menulis atau menggambar melatih gerakan motorik kasar anak

Awalnya saya tidak begitu familiar dengan nama Dini Fitria. Tapi setelah ia memperkenalkan diri dengan latar belakangnya sebagai mantan reporter acara Dunia Binatang dan produser acara Jazirah Islam di Trans 7, alis saya langsung meninggi. Wanita berkacamata ini membagikan jurus-jurus ampuh menulis dengan cinta. Karena peserta yang hadir mayoritas blogger, maka yang ditulis pada blog adalah sebuah pengalaman atau opini pribadi yang disebut features. Apa itu features? Mari kita cari tahu.

Secara harfiah features adalah cerita tentang fakta, bukan fiksi. Ada emosi dan rasa dalam tulisan. Tulisan seorang blogger masuk dalam kategori ini.  Ciri-cirinya yaitu bertutur, deskriptif, informatif, gaya penulisan, tidak harus 5W 1H dan human interest. Jenisnya pun bisa diambil dari biografi, profil, perjalanan, sejarah, tren, human interest, happiness, inspiring, accident. Features dapat berupa hard or soft news. Tergantung kita merangkai kata-kata untuk menyampaikan kepada pembaca.

Dini Fitria
Penulis buku Trilogi Cinta

Lalu, bagaimana cara membuat features yang baik? Tenang, mbak Dini Fitria membocorkan cara-caranya. Pertama dengan storytelling, maksudnya adalah mengajak pembaca untuk berimajinasi karena membuat yang membaca dan mendengar merasa jadi bagian dari cerita tersebut dan lebih mudah menyentuh hati. Selain itu harus ada goals yang jelas, relevan dengan kehidupan sehari-hari, bikin penasaran dan tentunya penghayatan. Jika cara ini sudah dilakukan dengan baik, maka tulisanmu mudah tersampaikan ke hati pembaca.

Features juga ada tekniknya lho. Bukan hanya Dilan saja punya teknik menggombali Milea, tapi juga blogger atau penulis harus tahu teknik menulis features. Lead in angle, upayakan saat awal menulis dengan kalimat yang bisa mencuri perhatian pembaca. Point of view, tiap orang mempunyai sudut pandang yang beda, karena tulisan blogger itu biasanya subjektif. Memiliki daya pikat melalui karakter dalam menulis. Misalnya gaya menulismu saat di awal kalimat dengan pantun. Bahasa rapi dan terjaga, pastinya gunakan bahasa yang dikuasai ya. Kalau bisa bahasa Rusia boleh saja, asal grammarnya benar. Lihai bermain kata, memperbanyak kosakata dengan membaca banyak buku. Dini Fitria saja dari kecil bacaannya buku-buku filsafat, makanya lihai merangkai kata-kata yang indah. Selain itu perbanyak diksi, full of value dan pakai hati serta jiwa.

Ibarat orang yang sedang diet, features itu memiliki aturan yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Lakukan features itu dengan teknik why, what dan how, ada benang merahnya (premis), korelasikan dengan apa yang sedang up to date agar pembaca merasa senasib, provokatif tapi tidak agresif, memadukan pengalaman  diri dengan isu yang kita tulis, perbendaharaan kata. Selanjutnya jangan kebanyakan basa basi, kata-kata yang melompat dari tema, typo, terlalu banyak ide dan pembaca tidak butuh dinasehati. Memang tidak mudah juga membuat features yang bagus, penulis harus peka, mempunyai jam terbang yang memadai, identitas dan konsisten. Itulah informasi lengkap dari penulis buku Trilogi Cinta.

Seperti yang saya bilang di awal, menulis bukan hanya sekedar menaruh kata-kata di atas kertas tapi juga harus memiliki rasa. Menulis merupakan cara termudah, termurah dan teraman untuk menuangkan rasa. Kenapa rasa begitu penting dalam tulisan? Ibarat sayur tanpa garam pasti hambar atau minum teh manis tanpa gula. Begitu pun dengan tulisan, kalau datar-datar saja mana bisa menyentuh hati pembaca. Biasanya tulisan curhat itu bisa buat orang termehek-mehek. Apalagi pengalaman diputusin pacar kemudian diundang ke pernikahannya. Rasanya makjleb banget kan. Saya pernah mengalaminya. Loh, jadi curhat.

Ternyata doi suka Sheila on 7 juga

Menulis pun ada tekniknya. Coba tentukan dulu tema, premis, alur, keinginan dan kebutuhan, value, dan goal. Premis adalah rumus menulis yang terstruktur atau satu kalimat yang mampu menjelaskan keseluruhan tulisan. Sebagai contoh,  “saya punya impian besar ingin mempunyai laptop agar bisa menulis blog dengan leluasa yang saya beli dari uang hasil menulis artikel di blog”. Pasti belum banyak yang bisa membuat premis kan? Tenang, wanita berlesung pipi ini membagikan caranya. Pertama-tama tuliskan ceritamu dengan satu kalimat, fokus, believable, masukkan karakter, 5W 1H, continuity, hubungan sebab akibat dan kesimpulan. Saya sering mendengar kata premis dari acara stand up comedy dan  ternyata seorang komika sebelum tampil menuliskan materi lawakannya dengan susunan premis.

Makin cantik dari Zoya
Oh ya menyinggung soal harapan, saya juga punya. Harapan besar saya tahun ini ingin memiliki laptop sendiri. Kalimat premis yang saya buat di atas bukan sekedar kata-kata lho, tapi juga doa di tiap 5 waktu wajib saya. Mungkin sebagian orang menganggap laptop barang biasa. Namun sebagai ibu rumah tangga, kalau belinya dari hasil keringat sendiri tanpa minta uang sepeser pun dari suami itu luar biasa buat saya. Menyisihkan uang sedikit demi sedikit dari invoice artikel. Memang lama waktu ngumpulinnya, tapi ada rasa kepuasan tersendiri. Kalau punya laptop saya bisa memaksimalkan ngeblog saya dengan sebaik-baiknya. Selama ini saya menulis blog melalui handphone. Semoga saja tahun ini impian besar saya terwujud. Jadi menulis artikel blog tidak terdistract dengan notifikasi-notifikasi. Bersamaan dengan harapan saya, market place terbesar di Indonesia, #BlibliSekarang sedang mengadakan program My Big Wish dengan hadiah – hadiah yang menarik. Semoga harapan besar saya berjodoh dengan hadiah dari Blibli.com. 

Workshop kali ini sangat berbobot sekali bersama Dini Fitria. Paparan penggemar Sheila on 7 ini membuat saya termotivasi untuk menulis blog lebih baik lagi. Saya jadi punya panduan menulis dengan benar dan ada rasa cinta. Saya akui tulisan saya masih banyak kurangnya. Semoga tulisan berikutnya makin bagus lagi. Baik yang sponsor atau pun organik. Tulisan teman-teman juga ya. Terima kasih banyak kepada Ani Berta selaku founder Komunitas ISB yang sudah memberikan kesempatan emas ini kepada saya.Di luar sana workshop seperti ini harus bayar mahal, tapi saya diberikan secara cuma – cuma. Terima kasih atas buah tangan dari ZOYA Cosmetics yang isinya membuat saya makin percaya diri. Workshop Menulis Dengan Cinta membuat pikiran saya berbunga-bunga.

Semua senaaaangg

Sebagai penutup ada beberapa kutipan yang menginspirasi saya.


Dini Fitria 
"Menulis itu soal rasa, temukan rasamu dan jagalah". 


 Mira Sahid 
Founder Kumpulan Emak Blogger 
"Tetap menulis, maka kamu akan tau siapa dirimu". 


Pidi Baiq
Penulis novel Dilan 1990
"Menulis itu seperti berhubungan sex, terserah gayamu mau seperti apa". 


***




Sekala Niskala ( The Seen and Unseen) Tentang Keseimbangan Dalam Hidup

10 komentar
Sudah 3 bulan berjalan di tahun ini. Sajian film Indonesia pun makin beragam. Salah satunya film yang saya tonton untuk pertama kalinya diputar saat gala premiere di XXI Plaza Indonesia (27022018), Sekala Niskala (The Seen and Unseen). Awalnya saya melihat selintas di timeline instagram tentang promo film ini. Saya tertarik dengan judulnya yang tidak seperti judul film biasanya. Setelah saya cari tahu di akun instagramnya, saya semakin tertarik untuk menontonnya. Beruntungnya saya bisa hadir di pemutaran perdana sama si kecil Sagara. Pintarlah dia selama film berlangsung sekitar 1 jam lebih tertidur pulas. Jadi saya bisa khusuk menikmati alur cerita film. 

Sinopsisnya begini, suatu hari di kamar rumah sakit, Tantri (10 tahun) menyadari bahwa ia tidak memiliki banyak waktu dengan saudara kembarnya, Tantra. Kondisi Tantra melemah dan mulai kehilangan inderanya satu per satu. Tantra menghabiskan waktu terbaring di rumah sakit saat Tantri harus menerima kenyataan bahwa ia harus menjalani hidup sendirian. Tantri terus terbangun tengah malam dari mimpinya menemui Tantra. Malam hari menjadi tempat bermain mereka. Di bawah bulan purnama Tantri menari; menari tentang rumah, alam dan perasaannya. Seperti bulan meredup dan digantikan matahari. Begitu pula dengan Tantra dan Tantri. Bersama, Tantra dan Tantri mengalami perjalanan magis dan relasi emosional melaluo ekspresi tubuh ; antara kenyataan dan imajinasi, kehilangan dan harapan.

Official poster
Saat baca sinopsisnya saya belum mengerti menceritakan tentang apa film ini, selebihnya saya menonton filmnya. Adegan sunyi dan bahasa yang tak biasa saya dengar karena menggunakan bahasa daerah Bali. Subtitle bahasa Inggrisnya pun sedikit yang saya pahami. Alurnya yang lambat membuat saya menebak-nebak adegan demi adegan. Saya dibuat berpikir menelaah tiap adegan yang ditampilkan. Sekala - Niskala berhasil membuat pekerjaan rumah buat saya setelah sampai di rumah. 

Proses pembuatan film Sekala-Niskala memakan waktu selama 6 tahun. Film yang disutradarai Kamila Andini begitu gelap dan misteri. Putri dari Garin Nugroho ini sungguh bisa memanjakan mata penonton yang tak biasanya. Begitupun dengan tema kebudayaan yang diangkat dari Bali. Begitu banyak filosofi yang tertanam dalam tiap simbol yang diperlihatkan. Seperti telur yang ada di tiap sesajen. Saya sampai bertanya ke salah satu teman yang berasal dari Bali, namanya Putu Sukartini @galeriarni (aku promoin nih mba). Obrolan kami lakukan melalui chat whatsApp. Jawabannya seperti screenshoot di bawah ini.


Sekala artinya alam nyata, sedangkan Niskala artinya alam ghaib. Tak bisa dipungkiri, keduanya memang ada dalam kehidupan manusia. Sekarang kita hidup di alam nyata dan setelahnya pasti kita berada di alam ghaib. Tanpa kita sadari sebenarnya kita hidup berdampingan, bergesekan dengan alam ghaib. Hanya saja sebagai orang awam tidak bisa melihat secara jelas apa yang tidak terlihat. Hanya orang-orang tertentu yang memiliki bakat untuk melihat yang ghaib. Sebagai umat muslim saya percaya akan hal itu. 

Sebelum tayang di Indonesia pada 8 Maret 2018, Sekala Niskala (The Seen and Unseen) sudah memenangkan beberapa penghargaan bergengsi dunia seperti Gran Prix Winner sebagai film terbaik pilihan juri internasional dalam program Generation Kplus di Berlinale, Jerman, Best Youth Feature Film Asia Pacific Screen Awards di Australia, Grand Prix Tokyo Filmex dan The Golden Hanoman Award di Jogja-NETPAC Asian Film Fest. Ini artinya film berbalut budaya Indonesia sangat diterima oleh penikmat film.

Uniknya film ini menampilkan adegan tarian ayam dan monyet yang diperagakan oleh 2 pemain cilik yaitu Thaly Titi Kasih dan Gus Sena. Mereka sangat apik menggerakan tubuh dalam tarian. Saya sempat bertanya tentang makna tarian ayam pada akun instagram @theseenandunseen. Sang koreografer Dayu Arya Dayu Ani menjawab bahwa terinspirasi dari sabung ayam di Bali. Ada cerita rakyat di Bali tentang Dang Manik Angkeran ( tentang Besakih, pura terbesar di Bali) sekitar 7 tahun lalu ia menggarap cerita tersebut dalam sebuah koreografi, sang sutradara pun jatuh hati. Kemudian koreografi tersebut menjadi embrio koreografi dalam film ini. Dayu sangat berterima kasih pada Kamila Andini karena mengabadikan koreo tersebut.

Tarian monyet dipilih oleh Dayu karena ia akrab dengan monyet sedari kecil. Maka ia tahu bagaimana ekspresi monyet ketika marah dan memahami emosinya. Kamila Andini meminta gambaran emosi marah, lepas dan ikhlas tersebut dalam tarian. Tentunya ini suatu tantangan juga bagi Thaly Kasih. Sampai sedetail itu ya pilihan jalan ceritanya.

Bersama Kamila Andini
Sang sutradara

Suasana gelap hampir menyelimuti isi film ini. Sinematografi yang bagus dilakukam oleh Anggi Frisca. Bahkan ketika muncul adegan anak-anak yang hanya memakai kaus kutang dan celana pendek di pertengahan sawah dan kamar Tantra pun membuat saya sedikit bergidik. Ini bukan film horor yang dikaget-kagetkan dengan suara dan sosok hantu. Tapi suasana mistis terasa dari menit ke menit. Adegan yang mewakili makna Niskala menjadi terasa beda. Kehadiran Ayu Laksmi mengingatkan saya dengan sosok Ibu dalam film Pengabdi Setan. Perannya tidak menakutkan, tapi image tersebut seperti terpatri dalam otak saya.

Sekala Niskala (The Seen and Unseen) memberikan gambaran tentang budaya, kejadian alam nyata dan ghaib, tradisi dan hubungan erat antar anak kembar buncing. Suguhan genre film terbaru buat saya. Keseimbangan menjadi penyelaras kehidupan. Supaya tidak ada saling tumpang tindih. Semoga penonton lainnya bisa menikmati film ini juga yang rilis 8 Maret 2018. Film mistis nan indah yang bercerita melalui tarian.


Official trailer



SEKALA NISKALA
(Unseen and The Unseen)

Produksi
Treewater Produvtions, Fourcolours Films

Produser 
Gita Farah, Ifa Isfansyah


Sutradara dan Penulis
Kamila Andini


Pemain
Thaly Kasih Titi Kasih
Gus Sena
Ayu Laksmi
Happy Salma
I Ketut Rina


***

Enjoy the movie


Kemasan dan Logo Baru So Good Lebih Baik dan Segar

14 komentar
Siapa yang suka makan nugget? Pasti banyak yang suka ya. Nugget menjadi andalan makanan dari olahan daging ayam untuk keluarga saya. Anak pertamaku doyan banget makan nugget. Biasanya dicocol dengan mayonaise dan nasi hangat bikin nafsu makannya banyak. Kalau begini saya senang sekali melihatnya. Jadi tiap minggu saya stok nugget di kulkas. Saya biasa beli nugget dari So Good. Selain enak rasanya, belinya juga mudah didapatkan. Ada di supermarket dan pasar tradisional. Beberapa kali beli So Good sepertinya ada yang baru deh. Kalian merasa nggak si? Tampilannya jadi lebih fresh dan natural Rasa dan bentuknya masih sama kok. 

Ternyata oh ternyata, So Good mengganti logo dan kemasannya. Jawaban ini pun saya peroleh dari acara peluncuran LOGO, KEMASAN BARU & LOMBA PIRING GIZI SEIMBANG SO GOOD di The Hook Resto & Bar, Jakarta (27022018). Saya bangga sekali bisa hadir di acara ini bersama teman-teman blogger juga media. Acara bernuansa hijau menghiasi sudut-sudut restoran. Beberapa bungkus So Good juga dipajang dan para tamu bisa foto-foto dengan logo barunya. Sebelum acara dimulai oleh MC cantik mbak Lia Atmaja, para tamu disuguhkan cemilan nugget dan sosis dari So Good. Semuanya enak-enak dan memanjakan lidah. Berharap bisa bawa pulang ke rumah. Mau banget dong. 
Saya dan logo baru So Good

PT So Good Food meluncurkan kemasan baru untuk lebih memperkuat brand image bahwa So Good adalah merek untuk produk yang berkualitas. So Good sudah ada sejak tahun 1999 dan terus ingin memberikan produk berkualitas untuk keluarga Indonesia. Bapak Soegiono selaku Head of Marketing & New Business Development turut hadir dalam acara ini. Beliau mengatakan bahwa logo dan kemasan baru dengan desain yang lebih fresh yang dipersembahkan untuk para pelanggan setia yaitu keluarga Indonesia. Masih ingat nggak logo lamanya So Good? Itu lho yang berbentuk kotak ada warna sentuhan biru tua dan hijau. Namun warna itu tetap dipertahankan karena sudah lama diterima oleh konsumen yang artinya kualitasnya sangat baik, hanya saja logo lama lebih dipertajam dengan diberikan lingkaran berwarna emas. Warna emas ini memiliki makna trust atau kepercayaan. Jadi makna keseluruhan lingkaran emas adalah So Good selalu ingin menjaga kualitas dan terpercaya. 

Diantara lingkaran emas dan logo kotak So Good terdapat background warna hijau yang memiliki arti fresh dan natural. Makna warna hijau adalah So Good ingin memberikan pembaharuan yang segar dan dinamis untuk setiap inovasi yang  So Good ciptakan. Selain itu terdapat simbol-simbol dalam lingkaran warna hijau dalam logo baru So Good. Simbol-simbol tersebut maksudnya ingin memperlihatkan ahli-ahli dan hal-hal yang menginspirasi So Good dalam menciptakan produk-produk berprotei  baik dan berkualitas. Simbolnya dibagi 3 bagian, yaitu : 

1. Simbol sumber protein seperti ayam, daging, ikan, udang, telur. Simbol tersebut sangat dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan gizi seimbang.
2. Simbol ahli yang menginspirasi dari topi chef dan alat masak, ini artinya So Good memang ahlinya dalam memberikan pengalaman gizi kuliner protein hewani yang seimbang.
3. Simbol senyum dan jempol yang menandakan rasa puas, senang, dan bahagia dari pelanggan karena berhasil menghadirkan produk berprotein berkualitas yang lezat. 

Logo baru So Good ada di sudut kiri atas kemasan

Setiap produk So Good terdapat product story atau cerita produk yang menjelaskan manfaat produk bagi keluarga Indonesia. Selain itu, slogan So Good juga diubah yang tadinya So Good is Very Good menjadi Lebih Baik So Good. Bahasa yang mudah dipahami dalam bahasa Indonesia dan bermakna kini So Good memiliki kualitas lebih baik melalui kebaikan dan kelezatan protein hewani. Tentunya ini sudah menjadi komitmen So Good. 

So Good bermitra erat dengan Japfa Foundation. Mereka memiliki visi dan misi yang sama dalam mensosialisasikan himbauan hidup sehat dan gizi seimbang. Japfa Foundation yang bernaung dalam Japfa  Group yang mendukung kegiatan-kegiatan sosialisasi dan edukasi. Pada kesempatan acara ini bapak Andi Prasetyo selaku Head of Japfa Foundation menjelaskan tentang Yayasan Japfa dan program-programnya. Japfa Foundation berdiri sejak tahun 2015 yang memiliki visi untuk memaksimalkan potensi generasi muda melalui pengembangan pendidikan, nutrisi dan olahrga. Fokusnya lebih ke arah mengangkat pentingnya nutrisi bangsa dengam menjalankan program-program peningkatan gizi dan kesehatan dasar. 2 faktor tersebut penting karena sebagai landasan untuk memberi kesempatan bagi anak-anak Indonesia untuk tumbuh sebagai anak yang memiliki tubuh dan pikiran sehat. 

Japfa Foundation memiliki Duta Gizi yaitu Maria Harfanti, alumni Miss Indonesia tahun 2015 ini dinobatkan menjadi Duta Gizi Japfa Foundation sejak tahun 2016. Tugas utama Maria Harfanti adalah mensosialisasikan gaya hidup sehat, terutama perihal gizi seimbang dsn disampaikan ke masyarakat luas di Indonesia khususnya untuk generasi muda untuk menjalani hidup sehat dengan mengonsumsi makanan gizi seimbang tiap hari. Maria sempat berkunjung ke pabrik So Good yang berada di daerah Cikupa, Tangerang, Banten. Melihat langsung pemrosesan pengolahan chicken nugget . So Good chicken nugget dan produk lainnya telah melalui tahap pemasakan dengan suhu 170°C, selama kurang lebih 3 menit dan langsung dibekukan menggunakan IQF (Individual Quick Frozen) sebuah teknologi yang menjamin kesegaran, kelezatan, nutrisi. So Good lebih baik disimpan pada suhu -18°C. 

Ki-ka : Bpk Soegiono, Bpk. Andi Prasetyo, Maria Harfanti, Prof. Hardinsyah

Menyinggung masalah gizi seimbang dan protein hewani yang berkualitas, turut hadir pula Ketua Umum PERGIZI Pangan Indonesia, Prof. Hardinsyah Ms Phd. Beliau menjelaskan tentang pentingnya protein hewani untuk tubuh karena memiliki banyak manfaat seperti pembentuk sel  termasuk otot, otak dan butir darah merah, pemeliharaan sel dan jaringan tubuh, pembentuk antibodi-pertahanan tubuh, pembentuk hormon dan menjaga keseimbangan hormon, pembentuk enzim yang penting dalam berbagai reaksi biologis dalam tubuh. Protein hewani terdapat pada daging ayam, daging sapi dan telur. Pada daging ayam memiliki keunggulan gizi seperti protein, lemak, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B12, B5, A, D, E dan K, rendah kolesterol dan hati ayam kaya gizi. Kebutuhan protein hewani tiap hari sebanyak 7-15 g/hari atau 1-2 porsi, untuk anak 1-18 tahun dianjurkan lebih banyak mengonsumsinya daripada orang dewasa. 

Menurut pak Hardinsyah produk So Good sudah memenuhi standar utama yaitu produk diolah dari daging segar, kemasan baik dan utuh, disimpan pada suhu sesuai petunjuk (-18°C), ada nomor BPOM RI MD (Merek Dalam Negeri) atau ML (Merek Luar Negeri), jaminan halal dari MUI dan tidak kadaluarsa. Penting nih buat kita saat membeli produk So Good. Kalaupun ditemui produk So Good yang tidak sesuai dengan standar tersebut, lebih baik tidak perlu dibeli.

Ayo tebak produk So Good ada berapa macam? Kalau benar aku kasih So Good satu biji 😆. So Good punya 2 kategori yaitu So Good Siap Olah ( Ayam Potong) dan So Good Siap Masak (Nugget, Stick nugget, shapped nugget, bone in, whole muscle chicken, instan bakso, seafood, premium). Variannya banyak ya, tinggal pilih mana yang lebih disukai.

Info lomba blog Menu Piring Gizi Seimbang

Nah, ada info menarik nih buat para blogger yang mau ikutan lomba dengan mengkreasikan makanan dari produk So Good. Kalau menang hadiahnya lumayan banget lho. Bisa beli So Good satu freezer daging 😊. Cara mengikuti lomba blog ini selengkapnya bisa dilihat disini ya. Waktunya cuma sebulan aja lho.

Wah, jadi laper ya ngebahas tentang produk So Good. Memang lezat banget semua variannya. Menyajikan produk So Good untuk menu sehari-hari menjadi alternatif saya buat anak - anak yang picky eater. Dengan pergantian logo dan kemasan baru ini semoga So Good semakin menjadi produk terpercaya masyarakat Indonesia.

Saya mau goreng So Good shapped nugget nih. Kalian mau goreng So Good apa?


***