Jumat, 08 September 2017

Rawat Kulitnya, Karena Bayi Anda Begitu Berharga

Keluarga mana yang tidak bahagia jika memiliki buah hati yang baru lahir. Pasti disambut dengan sukacita dan penuh doa. Bayi baru lahir itu memang menggemaskan. Wajahnya yang mungil, kulitnya yang putih kemerahan dan matanya yang menutup seakan tidur dengan lelap. Rasanya semua orang ingin mencium dan menggendongnya. Bahkan ingin mengajaknya bicara dengan tatapan mata. Namun bayi baru lahir itu tidak semua orang bisa mendekati. Apalagi jika bayi tersebut memiliki riwayat kelahiran prematur. Butuh ekstra penanganan perawatan. Tiap bayi baru lahir memiliki kesensitifan, terutama bagian kulitnya.


Kondisi kulit bayi baru lahir itu berbeda dengan orang dewasa. Saat baru lahir kondisi kulit bayi belum berkembang dan berfungsi secara sempurna. Namun kulit bayi akan mengalami perubahan adaptif alamiah secara perlahan. Kulit bayi baru lahir itu rentan, terutama bagi bayi prematur. Kulit bayi itu memiliki komposisi sebagai berikut :
  • Ukuran sel kulit lebih kecil
  • Lapisan kulit epidermis dan dermis lebih tipis
  • Kadar lipid dan faktor pelembab alamiah kulit lebih sedikit 
  • Melanin lebih sedikit.

2 minggu setelah Sagara lahir timbul bintil-bintil di area wajah, kepala, telinga dan leher. Kalau orang tua bilang namanya sarap dan istilah medis yaitu dermatitis seboroik. Bayiku mengalami hal ini hampir 3 minggu. Tapi saya tidak panik menanganinya karena hampir tiap bayi baru lahir pasti mengalami timbulnya seboroik ini, namun beda timbulnya.  Ada yang keluar banyak dan ada yang sedikit. 



Seboroik yang timbul di wajah Sagara

Sebenarnya kulit bayi itu memiliki beberapa fungsi seperti fungsi sawar (pertahanan) kulit belum berfungsi dengan baik, trans epidermal water loss (TEWL) kulit lebih tinggi, turn over rate (pergantian sel) lebih cepat. Kulit bayi itu memang sensitif, tidak boleh sembarangan memakai produk bayi. Tentunya untuk menghindari infeksi pada kulit. Kasihan kan bayi mungil itu menderita karena kesalahan pemakaian produk. 

Kulit sensitif/atopik skin pada bayi sering terjadi. Hal ini dikarenakan keadaan khusus pada kulit yang menunjukkan adanya tanda-tanda gangguan pertahanan kulit dan sistem imun hiperreaktif terhadap pada bahan-bahan iritatif dan alergenik. Gejalanya bisa terjadi adanya alergi pada bayi dan keluarga dengan tanda-tanda sebagai berikut : 
  • Kulit kering
  • Sering gatal saat berkeringat atau terkena bahan tertentu
  • Bercak putih sisik
  • Sering infeksi kulit
  • Bentuk berat seperti eksim
Perbedaan kulit bayi dan orang dewasa
Taken photo : velvetjunior.com

Saya saja kalau tidak memakai body lotion rasanya kulit kering sekali. Bagaimana dengan bayi yang kulitnya masih tipis & sensistif? Andai bayi itu bisa bicara, pasti juga akan bilang kesakitan. Memang perbedaan antara kulit bayi dan orang dewasa itu berbeda. Kulit bayi 5 kali lebih tipis dari kulit orang dewasa. Makanya rentan sekali dengan bahan-bahan tertentu. Perhatikan juga Potential Hydrogen (pH) yang menunjukkan seberapa asam atau basa suatu zat. pH yang lebih rendah menunjukkan bahwa zat tersebut bersifat asam dan pH yang lebih tinggi bersifat basa. pH untuk bayi sekitar 5,5 dari skala PH antara 0-14 dengan asam rendah dan basa tinggi. Jadi, orang tua harus memilih produk yang tepat untuk perawatan kulit bayi yang aman dan nyaman. 

Produk perawatan kulit apa si yang aman dan nyaman bagi bayi? 

Nah, saya ingin merekomendasikan skincare untuk bayi baru lahir (newborn). Sagara juga pakai lho dan hasilnya tidak mengecewakan. Pastinya produk perawatan kulit yang benar-benar bisa digunakan sejak bayi baru lahir dan teruji secara klinis. 




Yap, Mustela. Belum banyak yang tahu ya skincare bayi yang satu ini. Sini yuk saya kasih tahu 😊. Awalnya saya juga tidak terlalu akrab dengan nama brand ini. Karena saya sering update sosial media dan melihat postingan beberapa teman yang memakai produk Mustela, saya jadi mengetahui tentang produk skincare bayi ini. Palingan sama kayak produk yang lain, pikir saya. Ups, pikiran saya salah. Skincare yang satu ini berbeda karena Mustela Bebe yang mengandung bahan aktif alami Avocado Perseose untuk memperkuat kulit bayi sehingga lebih tahan terhadap iritasi atau kemerahan dan menjaga kekayaan stem cell yang berperan dalam menjaga kualitas kulit, sekarang dan nanti. 

Avocado Perseose adalah bahan alami generasi baru yang dipatenkan Mustela dan telah digunakan semua varian Mustela Bebe. Memiliki sifat biomimetic atau dapat bekerja secara harmonis dengan kulit bayi dengan menggabungkan toleransi tinggi dan efikasi terjamin. Berasal dari jenia Avocado Persea Gratissima dari Peru dan Afrika Selatan.


Skincare yang dipilih pastinya tidak mengandung bahan-bahan kimia berbahaya bagi kulit bayi. Dengan formulasi hypoallergenic dan teruji secara klinis, Mustela Bebe menggunakan bahan alami dan tidak mengandung bahan - bahan berbahaya seperti alcohol dan paraben sehingga Mustela Bebe aman dipakai dari bayi baru dilahirkan (newborn). Tenang kan memakainya dan tidak diragukan lagi. 



Mau tahu kan apa saja rangkaian produk Mustela yang saya pakai untuk si kecil? Nih saya kasih tahu. Eh tapi sebelumnya saya mau kasih tahu alasan mengapa memilih Mustela Bebe sebagai perawatan kulit Sagara. Mustela adalah brand skincare baby no.1 di Eropa yang dijual di lebih dari 90 negara. Sejak tahun 2016, varian Mustela Bebe lengkap didistribusikan di Indonesia oleh PT Interbat, salah satu perusahaan farmasi yang dikenal sebagai salah satu produsen farmasi 5 besar nasional. Berdiri sejak tahun 1948 sebagai distributor tunggal Indonesia untuk beberapa perusahaan farmasi besar dari Eropa. Berada di Sidorajo, Jawa Timur fasilitas produksi Interbat dilengkapi 16 sertifikat GMP yang berstandar internasional. 


Alasan saya memilih Mustela Bebe karena 5 keunggulan yang dimiliki : 
  1. Efikasi yang terbukti secara klinis. Teruji klinis dibawah pengawasan dokter pada 845 bayi dan anak.
  2. Keamanan yang terjamin. Formula Mustela menggunakan bahan-bahan alami, sudah teruji hypo-allergenic dan aman dipakai sejak baru lahir.
  3. Ramah lingkungan. Mustela Bebe merupakan member dari organisasi internasional UEBT (Union for Ethical Bio Trade) yang menjamin produksi dan pemakaian bahan alami yang aman, terpercaya dan ramah lingkungan. Botol Mustela yang digunakan bisa didaur ulang 100%.
  4. Kenyamanan khas Mustela. Kenyamanan pemakaian khas Mustela ikut merangsang panca indera bayi dengan tekstur yang lembut dan melembabkan dengan wangi yang menyegarkan.
  5. Rangkaian Lengkap. Mustela Bebe memiliki rangkaian produk lengkap yang memenuhi semua kebutuhan perawatan kulit bayi : 
  • Cleansing
  • Bath Time 
  • Diaper Change
  • Daily Skin Care
  • Well-being 

Kalau Sagara memakai rangkaian perawatan untuk bath time, diaper change, daily skincare dan well-being. 


Bath Time
Memandikan si kecil adalah momen favorit saya. Sambil mengguyurkan air hangat ke seluruh badan Sagara, saya juga mengajak bicara. Hentakan kecil kakinya di air dan senyum manisnya seakan dia mengerti apa yang saya sedang bicarakan. Wajahnya selalu senang kalau sudah masuk bak mandi. Selain membersihkan tubuh si kecil, mandi menjadi momen kedekatan yang berharga. Saya menggunakan Mustela Bebe Dermo-Cleansing. Terbuat dari bahan alami sehingga tidak perih di mata dan mengurangi efek kering. 

Mustela Bebe Dermo-Cleansing

Komposisinya terdiri dari Avocado Perseose yang berguna memperkuat lapisan pelindung kulit dan mempertahankan kesehatan sel punca (stem cell). Mengandung vitamin B5 yang menenangkan dan melembabkan. Gentle surfactants sebagai bahan pelindung permukaan kulit yang lembut, membersihkan tanpa menghilangkan minyak alami di kulit. Cara pemakaiannya tuang cairan ke telapak tangan, gosok ke seluruh tubuh sampai berbusah lembut dan bilas hingga bersih. 

Dermo-Cleansing bertekstur cair.  Ada juga nih yang berbentuk batangan yaitu Mustela Bebe Gentle Soap Nutriprotective. Kegunaannya sama dengan Dermo-Cleansing untuk membersihkan kulit bayi. Cuma sabun ini bisa digunakan di area kepala dan badan. Komposisinya mengandung Avocado Perseose, Natural Cold Cream yang menenangkan dan melembabkan dan Ceramide yang menggantikan cairan lipid yang hilang.  Cara pemakaiannya hanya gosokkan pada seluruh tubuh dan kepala lalu bilas hingga bersih.

Mustela Bebe Gentle Soap Nutriprotective


Diaper Change 
Kegiatan favorit lainnya yaitu saat menggantikan popok si kecil. Sesering mungkin saya mengecek keadaan diapernya. Apa sudah penuh atau buang air besar. Sebelum memakaikan diapernya, saya menggunakan krim khusus ruam popok. Pastinya juga saya memilih diaper yang premium agar terjaga kualitas kulitnya. Ruam popok itu menjadi suatu masalah bagi tiap ibu terhadap bayinya. Ruam popok terjadi akibat kebanyakan basah di diaper atau kurang cocok dengan diapernya sehingga menimbulkan kemerahan pada kulit. Mustela Bebe Barrier Cream bisa mencegah dan meredakan ruam popok. Mengandung Avocado Perseose yang melindungi sel inti dan lapisan kukit terluar. Alcacea Oxeoline yang mengurangi peradangan pada kulit. Sunflower Oleodistilate memperbaiki pelindung kulit dan meningkatkan perlindungan lipid kulit bagian luar, ditambah Zinc Oxide sebagai pelindung kulit ekstra dari infeksi. Barier Cream ini sudah teruji klinis pada 120 bayi selama 4 minggu. Formulanya hypoallergenic dan tidak mengandung parfum. Jadi, aman kan.  Kurang lebih saya mengganti diaper Sagara 3 kali dalam sehari dan gunakan Barrier Cream ini setiap ganti diaper di area popok yang sudah dibersihkan.

Mustela Bebe Barrier Cream



Daily Skin Care
Kulit bayi itu rapuh, tipis dan terus berkembang, maka itu harus dilindungi serta dikuatkan dengan daily skincare. Setelah mandi dan dikeringkan dengan handuk saya balurkan Mustela Bebe Hydra Bebe Body Lotion ke seluruh tubuh Sagara. Kenapa langsung diberikan setelah mandi? Karena kondisi kulit masih lemab dan body lotion mudah menyerap. Saya suka banget wanginya, enggak bikin enek dan tahan lama. Kadang saya berulang kali olesin body lotionnya ke tubuh si kecil. Komposisinya terdiri dari Avocado Perseose, Jojoba Oil yang berguna menjaga lemak dalam kulit dan mempertahankan kelembaban kulit, Vitamin E dan F msemulihkan dan menjaga keseimbangan air di kulit dan Shea Butter. Teksturnya ringan, tidak berminyak, dan cepat serap di kulit. Gunakan 2 kali sehari setelah mandi pagi dan sore hari.

Mustela Bebe Hydra Bebe Body Lotion


Daily skincare lain yang saya gunakan untuk si kecil yaitu Hydra Bebe Facial Cream. Digunakan pada bagian wajah bayi agar lebih lembab, halus dan kenyal. Sagara pernah timbul bintik kecil-kecil di wajahnya, entah bekas ASI yang menempel atau biang keringat. Saya olesi tipis-tipis tiap setelah mandi pagi dan sore hari, beberapa hari kemudian memudar bintik merahnya. Kadang saat dia sudah tertidur pulas saya olesi tipis juga. Hydra Bebe Facial Cream mengandung Avocado Perseose, Jojoba Oil, Vitamin E dan F dan Shea Butter. Kandungannya sama dengan Mustela Hydra Bebe Body Lotion.

Mustela Hydra Bebe Facial Cream 


Well-Being 
Ini juga produk Mustela favorit karena momen kedekatanku dengan si kecil makin erat. Memijat tubuh Sagara menjadi precious momenf. Saya menggunakan Mustela Bebe Massage Oil. untuk memijat tubuhnya. Teksturnya ringan, tidak lengket dan wangi. Pantas saja Sagara anteng banget kalau aku pijat. Apalagi bagian dada belakang, sambil tengkurap saya pijiti. Kadang dia sampai tertidur. Apa yah yang bikin Sagara jadi nyaman begitu? Ternyata Massage Oil ini mengandung minyak yang berasal dari 100% ekstrak tanaman sehingga membuat nyaman dan rileks bayi saat dipijat. Selain itu mengandung Pomegranate Seed Oil yang menenangkan, memperbaiki dan menutrisi kulit, Sunflower Oilnya merestruktur, memperbaharuhi dan melembabkan kulit (kaya akan Omega 6 dan 9 yang sama dengan minyak almond berguna sebagai pelumas dan tidak menimbulkan alergi. Biasanya saya pakai Massage Oil ini sebelum mandi sore, digosokkan pada tubuh dan kepala. 


Mustela Bebe Massage Oil

Nah, itu lho perawatan kulit Sagara. Memang kalau dilihat dari segi harga lumayan mahal, tapi demi menjaga kesehatan kulitnya di masa depan maka harus dirawat dari sekarang. Bertepatan juga dengan kampanye Mustela Bebe #MustelaTodayForTomorrow yang mengajak para orang tua untuk menjaga dan merawat kulit bayi baru lahir dengan produk yang tepat. Jangan sampai memberikan produk yang salah karena bisa berakibat fatal. Pastikan produk yang digunakan sudah teruji secara klinis dan mengandung bahan-bahan alami. Saya sudah melakukan hal yang tepat bagi kulit si kecil. 

Cara dapetinnya dimana saja si? Pasti adanya di toko khusus ya? Tenang saja, Mustela mudah kok ditemukan di drugstore yang ada di mall. Sambil jalan-jalan di mall langsung deh beli Mustelanya, dijamin bagus. Biar kalian enggak penasaran bisa cari tahu info produk Mustela melalui:

Website
www.mustela.co.id

Facebook
mustelaindonesia

Instagram
@mustelaindonesia


Sagara seneng banget dengan produk skincarenya

Memenuhi kebutuhan si kecil adalah kewajiban saya. Terutama dalam memenuhi kebutuhan demi kesehatannya. Menjaga dan merawat kulitnya sedini mungkin menjadi investasi di masa depan. Kulit adalah bagian organ tubuh terluar. Jika kulitnya sehat maka tumbuh kembangnya pun berjalan normal dan kelak membuat percaya dirinya tinggi. Sebisa mungkin saya memberikan yang terbaik bagi si kecil. Kesehatan kulitnya jauh lebih berharga dari apapun. Mustela Bebe melindungi kulit anak saya hari ini untuk hari esok. Berikut video dari Mustela sebagai inspirasi para ibu. Have a nice try parents! 





***

Cordlife AWESOME : Merayakan World Cord Blood Day Pertama Karena Pentingnya Menyimpan Darah Tali Pusat

Memiliki buah hati adalah dambaan setiap pasangan suami istri. Hadirnya si kecil menjadi pelengkap sebuah keluarga. Ada yang langsung diber...