Minggu, 17 September 2017

Negeri Dongeng : Bukan Sekedar Naik Gunung, Tapi Cinta Dengan Indonesia

Sudah 5 tahun vakum dari kegiatan alam bebas. Tepatnya setelah menikah dan memiliki anak. Namun naluri untuk kembali berkegiatan di alam tidak bisa dikubur dalam-dalam. Keinginan menjelajahi gunung, sungai, dan hutan itu masih ada dalam benak saya. Apalagi kalau melihat orang-orang membawa tas carrier rasanya seperti memanggil " Yuk, naik gunung bareng". Hmm, bikin gemes aja deh. Pertanyaan dalam hati kapan bisa naik gunung lagi masih terus bergema. Ya, jika situasi dan kondisi mendukung. Sekarang kan enggak bisa pergi sendirian karena ada duo krucils. 

Menepis keinginan naik gunung lagi saya alihkan dengan menonton film Negeri Dongeng. Film ini belum resmi tayang di bioskop. Makanya saya sempatkan diri untuk menonton special screeningnya di XXI Botani Square, Bogor. Jauh banget ke Bogor? Beberapa waktu lalu saya enggak sempet nonton yang di Jakarta, makanya ikutan nobar di Bogor. Sekalian jalan-jalan dan beli kue lapis Bogor (modus). Naik comutterline dari Depok cuaca hujan, untungnya sampai Bogor sudah reda. Aman. 


Sampai di XXI Botani langsung registrasi dan dapat seat di row N7. Aduh bawah banget, nongak deh nontonnya. Saya terima nasib aja karena barisan di atas sudah penuh. Full house lho ! Berhasil nih screeningnya di Bogor. Film dimulai jam 18.20 WIB, sambil menunggu waktu saya hunting gambar dan nonton pertunjukkan fashio show depan XXI, hehe..Terdengar panggilan studio 1 sudah dibuka dan semua penonton teratur memasuki studio. This was 1st time I entered studio XXI Botani. 4 bintang lah dari 5. 

Tak lama kemudian film dimulai. Saya excited sekali menonton film ini. Karena isu mengenai film ini sudah terdengar dari 2 tahun lalu. Jadi saya mau tahu (banget) bagaimana hasilnya. Ok, here is my review...

Full seatnya

"Negeri Dongeng" merupakan film yang mengangkat tema tentang perjalanan melihat Indonesia, melihat sahabat dan rekan - rekan perjalanan dan juga melihat diri sendiri. Film ini menceritakan 7 sineas muda Indonesia yang mendaki 7 puncak gunung tertinggi di Indonesia dengan 7 kamera bersama-sama.

Perjalanan diawali dari pulau Sumatera, tepatnya Gunung Kerinci. Pada bagian scene ini menurut saya durasinya kurang. Wawancara dengan para petani kebun teh juga kurang lama, jadi infonya belum sampai. Tapi ada satu kalimat yang membuat saya menganggukkan kepala yaitu asal nama Kerinci dari bahasa Sunda kering = kering, cai = air  dan disingkat sama penduduk setempat menjadi Kerinci. Kisahnya ada kakak adik yang ingin menyebrang sungai dan menunggu airnya sampai kering. And then pendakian tim Aksa 7 berhasil sampai di ketinggian 3805 mdlpl.



Destinasi kedua menuju gunung Semeru. Pendakian ini mengajak pendaki cilik bernama Matthew Tandioputra. Hebat ya kecil-kecil sudah mendaki sampai Semeru, saya aja belum. Matthew ini memiliki kecenderungan ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) sebuah gannguan pada perlembangan otak yang menyebabkan penderitanya menjadi hiperaktif, impulsif, serta susah memusatkan perhatian. Pada scene ini sosok Matthew kurang diekspos, gambar yang diambil kebanyakan hanya lari-lari saja. Dialognya pun sedikit. Padahal saya mau tahu lebih banyak tentang ia menjalani terapi sekaligus mendaki. Matthew pun berhasil menginjak puncak para Dewa. 

Ekspedisi berikutnya menuju gunung Rinjani. Pada bagian ekspedisi ini mengajak Djukardi "Bongkeng" Adriana. Pendaki senior ini masih terlihat fit saat mendaki Rinjani. Usia tidak menghalangi menjelajahi alam. Pengalaman mendaki gunungnya sudah tidak diragukan lagi. Bagi saya perjalanan ke Rinjani biasa saja, namun momen merayakan hari Natal itu yang membuat saya terharu. Siapa tuh orang yang beruntung merayakan Natal di gunung Rinjani? Tonton aja nanti filmnya kalau sudah tayang di bioskop ya guys. Puncak Rinjani pun berhasil dipijak oleh tim. Pesan yang melekat buat saya dari kang Bongkeg "Naik gunung itu mendidik diri". Betul banget. 

Sampai di ekspedisi ke empat. Kali ini menyebrang ke Borneo. Gunung Bukit Raya Kalimantan menjadi tujuan tim ekspedisi. Scene yang diambil selama di kapal cukup banyak. Saya memang belum pernah naik kapal laut sampai Kalimantan, jadi bisa tahu keadaan kapal sebenarnya selama perjalanan. Satu scene yang membuat saya miris yaitu saat Anggi Frisca bilang jangan buang sampahnya di kapal. Lalu, scene berikutnya menampilkan adegan dari pernyataan Anggi tersebut. Ohh itu toh...Adegan apa si? Tonton aja nanti filmnya..Oh ya ekspedisi ini mengajak presenter acara petualangan di tv itu lho. Ayo tebak siapa. Saya ingat pesan si presenter yang menyatakan ibu itu seperti pohon hanya diem saja, tapi bisa menghidupi sekitarnya dan ekosistem. Beeuhh mantap. Bijak banget ibu presenter beranak 2 ini.

Suasana di depan studiio 1 XXI Botani

Destinasi pendakian berikutnya ke gunung Latimojong. Ibu dari salah satu anggota tim ada yang meninggal. Jadi harus turun kembali. Ekspedisi ini mengajak Alfira Naftaly Pangalila "Abex" yang mengalami cedera kaki saat turun. Doi tuh tomboy lho, tapi setomboy-tomboynya orang saat kaki di perban mewek juga kan. Jalur yang sulit membuat tim harus ekstra hati-hati mengevakuasi Abex. Disinilah kesolitan tim diuji.

Dari Sulawesi perjalanan dilanjutkan ke Ambon, Maluku. Cukup kaget juga pas lihat ada sosok pria gagah, ganteng dan keren bisa ikut ekspedisi 7 summits ini. Rasanya jadi pengen naik gunung sama doi, hahah...Biasanya ada di acara bola eh ikutan naik gunung juga. Mau tahu siapa dia? Cluenya dia juga membintangi iklan shampoo. Yap, Darius Sinathrya. Unfortunately, dia enggak sampai puncak gunung Binaiya. Salah satu keluarganya ada yang meninggal dunia. So, dia mengurungkan perjalanan menuju puncak Binaiya Siale. Padahal sudah menempuh 2 hari perjalanan.



And the last expedition to Papua. Banyak para pendaki mengidamkan bisa mendaki ke puncak Carstenz. Saya juga mau kalau diajak. Nadine Chandrawinata ikut dalam pendakian. Tentu momen ini membahagiakan Nadine karena bisa merayakan ulang tahunnya juga. Penduduk setempat ikut membantu menjadi porter membawakan barang-barang tim ekspedisi. Saya inget salah satu pesan salah satu anggota tim (lupa namanya) "Disini orang kota tidak berhak untuk mengeluh". Betul banget kakak ! Tidak hanya modal kaki dalam mendakoi gunung satu-satunya yang memiliki salju di puncaknya, tapi juga skill memanjat diuji. Keterampilan memasang dan memakai alat panjat sangat dibutuhkan.

Setelah menonton filmnya, penonton diajak untuk menyanyikan lagu wajib Indonesia Raya. Terharu banget di momen ini. Apalagi bisa memegang bendera merah putih tercinta. Semua penonton ikut merasakan keharuannya.



Selama hampir 2 jam film Negeri Dongeng diputar, saya hanya bisa kagum dengan perjuangan para tim. Bisa ngerasain bagaimana perjalanan dan persiapan mendaki gunung. Kebersamaan tim sangat diandalkan disini karena mendaki gunung bukan perjalanan individual. Suka, senang, sedih, capek dan puas tercampur semua. Negeri Dongeng mengajarkan kita untuk mengenal pribadi masing-masing dan alam Indonesia yang begitu indah.

Seperti yang dikatakan Anggi Frisca saat jumpa pers setelah nonton bareng, judul film Negeri Dongeng diambil dari cerita jaman sekolah dasar bahwa salju abadi itu ada di Carstenz, sebagai orang film ia ingin memberikan cerita dari film itu sendiri dan menjadi sejarah. Mumpung masih ada saljunya ia ingin mendokumentasikan dan bukan hanya jadi dongeng saja. Maka itu kita harus menjaga alam untuk anak cucu kita nanti. That's right !

Aduh jadi bawa perasaan deh habis nonton film ini. Semangat mendaki gunung lagi makin gencer aja deh. Kapan bisa angkat carriee lagi ya? Loh jadi curhat. Intinya film Negeri Dongeng memberikan gambaran semangat anak muda dalam mendokumentasikan indahnya alam Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Pendakian ekspedisi ini pasti butuh biaya yang enggak murah kan. Kalau kata pak produser si biayanya dari hasil jualan kaos. Yang jadi pertanyaan sudah berapa kaos ya yang terjual? Oh ya pesan mbak sutradara pak Jokowi harus nonton. Minimal lihat trailernya dulu ya pak...


Official trailer



***

Jumat, 15 September 2017

Transpulmin, Balsam Penghangat Keluarga Kami

Perubahan cuaca semakin ekstrim. Dari musim hujan ke musim panas yang tidak menentu waktunya. Seharusnya sudah memasuki musim hujan, tapi kemarau masih melanda. Hal ini membuat kondisi fisik menjadi tertantang. Kalau tidak menjaga kondisi fisik dengan baik pastinya mudah terserang penyakit. Menjaga pola makan yang baik dan minum multivitamin sangat perlu diperhatikan. Terutama pada anak-anak yang kadang tidak terkontrol makanannya. Seperti anak saya, Gie, suka banget minum minuman ringan yang ada di lemari freezer warung. Kalau saya tidak mengawasi apa yang dia makan, bisa kebablasan deh. 

Pernah suatu kali tanpa sepengetahuan saya, Gie membeli minuman ringan rasa kopi di warung. Setelah itu dia batuk dan pilek. Alhasil "jajan" ke dokter deh. Untungnya masih bisa berobat ke puskesmas yang terjangkau obatnya. Mulai dari situ saya aware banget dengan jajanannya. Tiap kali dia mau beli sesuatu saya tanya dulu mau beli apa, kalau beli minuman ringan sejenis langsung saya larang. Cuaca yang sedang panas begini memang maunya minum yang dingin-dingin. Malah disitulah sumbernya sakit flu dan batuk.

My emergency kit

Memang susah gampang mengontrol jajanan anak. Dilarang malah ngambek, bisa nangis ber jam- jam, apalagi dituruti nanti malah timbul penyakit. Jadi dilema kan. Kalau saya si punya jurus-jurus ampuh agar Gie enggak ngambek berlebihan kalau minta jajanan.

  • Jurus pertama, saya tidak akan memberi uang kalau dia mau jajan yang bisa bikin batuk dan flu. Misal minuman ringan dingin, chiki atau permen yang berbentuk kaki.
  • Jurus kedua, saya alihkan jajanan yang dia mau dengan membuatkan makanan yang dia suka. Kebetulan Gie suka makan ceplok telor. Gampang buatnya tinggal goreng. 
  • Jurua ketiga, kalau dia jalan sendiri ke warung saya memastikan bahwa yang dia beli makanan ringan seperti biskuit. 
  • Jurus ke empat, saya hanya memberikan jumlah uang kecil. Paling besar itu Rp.2000 buat Gie. Kalau ada kembaliannya dia kasih ke saya lagi. Katanya buat jajan lagi nanti. 

Bukan hanya anak kecil yang tidak terkontrol makanannya. Saya pun begitu. Saya tuh paling suka minum teh dalam kemasan. Apalagi yang dingin, diminum saat cuaca panas langsung nyess ditenggorokan dan seakan lupa dengan sakit asma saya. Yap, saya memang punya sakit asma. Kambuhnya itu kalau kecapean dan kebanyakan minum es. Saya sudah tahu pemicunya itu, tapi kadang bandel masih dituruti juga minum es nya. Awalnya dari flu dan batuk juga, karena lendirnya enggak keluar jadi asmanya muncul. Padahal saya pernah menjalani pengobatan selama 9 bulan. Namun asma itu enggak bisa hilang begitu saja. Kalau pemicunya dihindari, maka asmanya pun tidak muncul. 

Sekarang saya sedang mengalami asma. Belum berobat ke dokter si karena tingkat sesaknya belum sampai parah banget. Kalau sudah parah saya enggak bisa tidur sama sekali, rasanya mau dicabut nyawa, nafas sudah pendek tarikannya. Saya minum obat yang biasa saya minum untuk mengeluarkan lendirnya sehingga ringan tarikan nafas. Alhamdulillah agak lega nafasnya. Di saat yang bersamaan, bayiku juga ikut-ikutan pilek. Pasti ketularan saya. Di hidungnya ada bunyi grok-grok gitu. Rasanya enggak tega kalau anak yang sakit, apalagi masih usia 3 bulan. Saya coba tanya ke beberapa teman di sosmed obat yang cocok untuk bayi. Ada yang menyarankan gunakan Transpulmin BB Balsam. 

Pucuk di cinta ulam pun tiba. Siang itu pak kurir mengantarkan paket untuk saya, setelah dibuka isinya 2 produk Transpulmin dari Kumpulan Emak Blogger. Memang beberapa waktu lalu makminnya membuka formulir mendapatkan Transpulmin untuk dicoba. Nah, waktunya pas banget nih. Bisa dicoba oleh saya, si kecil dan keluarga. Masih ada yang belum tahu Transpulmin itu apa? Kemana aja bu kok bisa belum tahu...😊.

Transpulmin adalah balsam penghangat dalam kemasan tube. Penggunaannya dibagi menjadi 2 jenis yaitu Transpulmin BB Balsam untuk bayi umur 0-2 tahun dan Transpulmin Balsam keluarga untuk anak dan orang dewasa. Yuk, mari kenal lebih dekat dengan Transpulmin.



Transpulmin BB Balsam


Transpulmin BB Balsam merupakan balsam penghangat khusus bayi antara 0-2 tahun. Mengandung bahan alami dengan aroma yang menyegarkan.  Tekstur balsamnya seperti cream, tapi hangat. Berikut detailnya :

  • Bahan   : Eucalyptol Oil dan Ektrak Bunga Chamomile. 
  • Kemasan   :  Dus, tube 10 g & 20 g.
  • Manfaat : Meredakan nyeri punggung, meredakan sakit kepala, meredakan sakit perut, menghangatkan badan.
  • Cara kerja : Penguapan dari minyak atsiri pada kulit memberikan efek menyegarkan. Campurann obatnya juga bekerja sebagai penghangat tubuh.
  • Komposisi : Tiap 1 gr Transpulmin BB Balsam mengandung Eucalyptol 100,00 mg dan Chamomile concentrate 7,44 mg.
  • Indikasi      : Transpulmin BB Balsam digunakan sebagai obat gosok untuk mengatasi nyeri di punggung, sakit kepala, sakit perut dan menghangatkan bayi saat terserang influenza. 
  • Dosis dan cara pemakaian : Bayi dan anak-anak 2-4 kali sehari digosokkan pada punggung, dada dan leher. 
  • Kontra indikasi  : Transpulmin Balsam jangan diberikan pada bayi yang hipersensitif salah satu komponen dari obat ini. 

Menurutku menggunakan Transpulmin BB Balsam mengurangi minum obat terlalu banyak pada bayi. Kasihan kan usianya masih kecil. Selain itu mengurangi risiko alergi obat juga. Jangan lupa ya moms, berikan ASI yang banyak sebagai asupan nutrisinya dan pelukan hangat.

Tiap habis mandi Sagara pakai Transpulmin BB Balsam
Biar hangat tubuhnya




Transpulmin Balsam Keluarga



Transpulmin bukan hanya untuk bayi dan anak-anak. Tersedia juga Transpulmin Balsam Keluarga yang dapat digunakan pada anak usia 2 tahun ke atas dan bisa juga untuk seluruh keluarga. Tekstur balsam berbentuk cream, rasanya lebih panas dibandingkan Transpulmin BB Balsam. Si kuning mungil ini cocok dipakai untuk saya dan keluarga lainnya. Berikut detailnya :

  • Bahan  : Eucalyptol Oil, ekstrak bunga Chamomile, Menthol, Camphor, Sage Oil.
  • Kemasan    : Dus, tube 10 g dan 20 g.
  • Manfaat  : Meredakan nyeri punggung, sakit kepala, sakit perut, meringankan gejala batuk pilek, melegakan pernafasan, menghangatkan badan.
  • Cara kerja  :  Penguapan dari minyak atsiri pada kulit memberikan efek menyegarkan. Campurann obatnya juga bekerja sebagai penghangat tubuh.
  • Komposisi : Tiap 1 g mengandung Eucalyptol 10%, Menthol 5%, Camphor 2,5%, Sage Oil 2,5%, Chamomile concentratr 0,744%.
  • Indikasi       : Transpulmin Balsam keluarga digunakan sebagai obat gosok untuk mengatasi nyeri di punggung, sakit kepala, sakit perut dan menghangatka badan, melegakan pernafasan saat terserang influenza. 
  • Dosis dan cara pemakaian : Sesuaikan dengan umur, anak-anak dan orang dewasa 1-4 cm. 2-4 kali sehari digosokkan pada bagian punggung, dada dan leher. Badan yang telah digosok hendaknya ditutup dengan selimut. 
  • Kontra indikasi  : Transpulmin Balsam jangan diberikan pada anak-anak yang hipersensitif salah satu komponen dari obat ini. 

Cuaca yang sedang kurang baik membuat anak-anak mudah sakit. Selain bayi yang tertular flu dari saya, keponakan saya bernama Khanza, sakit batuk pilek juga. Sekolah dan mengajinya jadi terganggu. Hidungnya mampet, sulit bernafas. Katanya gatel tenggorokannya, jadi batuk terus. Saya coba mengolesi Transpulmin Balsam ke dadanya. "Panas te", katanya. Memang si balsam kuning lebih panas dibandingkan yang satunya lagi. Tapi kelamaan dadanya hangat dan nafasnya jadi lebih lega.


Pakai Transpulmin Balsam Keluarga ke Khanza


Transpulmin Balsam juga saya gunakan untuk hidung yang mampat. Caranya dengan mencampurkan air hangat dengan beberapa centimeter balsam, uap yang muncul bisa dihirup selama beberapa menit. Kalau agak kepanasan lebih baik tutup mata selama menghirup uapnya. Rasanya itu enak banget di hidung dan meresap ke paru-paru. Sesak nafas saya lebih lega.

Hirup uapnya, hidungpun lega

Memang perlu waktu untuk sembuh selama pemakaian balsam penghangat ini. Sejauh ini saya cocok dengan Transpulmin. Transpulmin menjadi emergency kit yang ada di dalam tas dan di rumah saya. Setidaknya sebagai pertolongan pertama saat saya dan si kecil mengalami hidung mampet atau perut kembung. Transpulmin mudah didapatkan di toko obat seperti watsons, guardian, kimia farma, roxy atau toko bayi terdekat rumah kalian. Kebetulan saya beli di apotik roxy dekat rumah. Harganya pun terjangkau sekitar Rp.50.000.

For your information, Transpulmin dan Kumpulan Emak Blogger sedang mengadakan kompetisi blog dengan tema Transpulmin Kehangatan Ibu. Ada banyak hadiah yang akan diberikan. Yang bikin saya ngiler itu hadiah-hadiahnya. Juara 1 hadiahnya Kamera Mirrorles Canon M10, Juara 2 Netbook Asus E202n untuk 1 pemenang, Juara 3 uang tunai Rp 750.000 untuk 3 pemenang. Wow menggiurkan hadiahnya. Saya mau salah satunya.  Info lengkapnya bisa baca poster di bawah ini. 




Info lengkap mengenai produk Transpulmin bisa cek langsung


Website
www.transpulmin.co.id


Facebook 
Transpulmin Kehangatan ibu



Instagram
@transpulmin.kehangatanibu



***


Rabu, 13 September 2017

Jadikan Momen Makan Pertama Si Kecil Menyenangkan di Milna 1st Bite Day

Memiliki anak yang sehat adalah idaman para orang tua. Jika anak sehat tumbuh kembangnya pun berjalan dengan normal. Semua fase pertumbuhan dan perkembangannya dilalui pada waktu yang tepat. Hal ini ditentukan bagaimana orang tua memberikan asupan dan stimulasi yang baik untuk anak. Hal ini berlaku bagi saya sebagai ibu yang memiliki anak usia 4 bulan. Sebisa mungkin saya memberikan yang terbaik untuk Sagara. ASI eksklusif menjadi asupan pokoknya saat ini. Karena ASI eksklusif diberikan pada bayi usia 0-6 bulan. Alhamdulillah dari awal menyusui sampai sekarang tidak ada kendala. Lancar-lancar saja. Sebentar lagi Sagara akan memasuki tahap dari ASI ke MP-ASI. Pengalaman baru akan segera dimulai. 


Meskipun saya memiliki dua anak, tapi pengetahuan saya tentang MP-ASI masih minim sekali. Saat anak pertama, saya tidak terlalu memperhatikan makanan pendamping si kecil. Saya juga enggak jago masak. Jadi saya hanya membeli bubur bayi yang dijual di pasar tiap pagi bilang aja enggak mau repot.  Tapi untuk anak kedua ini saya terus mencari informasi mengenai makanan yang cocok dikonsumsi bagi Sagara. Mumpung usianya masih 4 bulan, saya masih punya waktu banyak untuk persiapan MP-ASI nya nanti. Jadi enggak kaget lagi saat tiba waktunya Sagara MP-ASI. Informasi bisa saya dapatkan dari mana saja, salah satunya saya menghadiri acara Milna 1st Bite Day pada 9 September 2017 di The Hall Senayan City, Jakarta. Banyak sekali pengunjung yang datang ke acara ini. Saya pun bersemangat sekali datang bersama Sagara.



Milna 1st Bite Day 2017
Rayakan 30 Tahun Milna


Para ibu pasti sudah tahu tidak asing dengan produk bubur bayi satu ini. Anak pertama saya dulu makan bubur bayinya Milna. Suka banget sama biskuitnya. Nanti giliran Sagara juga mau coba MP-ASI dari Milna. Ternyata Milna sudah memasuki usia 30 tahun lho. Perjalanan panjang Milna secara konsisten menciptakan inovasi dan produk yang unggul untuk menjawab kebutuhan para ibu akan nutrisi terbaik untuk momen makan pertama si kecil. Di awal tahun 1987 Milna mengeluarkan rangkaian produk Milna Baby Biscuit.  Nah, selama 30 tahun itu Milna terus menghadirkan produk-produk terbaiknya. Sampai mendapatkan penghargaan Top Brand for Kids. 

Milna 1st Bite Day merupakan sebuah kampanye sebagai perayaan momen makan pertama si kecil. Makanan Pendukung ASI atau dikenal sebutan MP-ASI memiliki banyak manfaat bagi pertumbuhan si kecil (pertumbuhan fisik, otak, prilaku, motorik dan kecerdasan) dan Milna menjadi MP-ASI terbaik untuk momen pertama si kecil. Jangan takut bosan memberikan makanan pendamping karena produk Milna memiliki banyak varian rasa yang bisa merangsang rasa di lidah anak. Waktu momen makannya Gie, saya suka cobain buburnya, rasanya enak apalagi biskuitnya.

Kampanye ini tidak hanya ada di Jakara, tapi juga di 2 kota besar lainnya seperti Bandung dan Yogyakarta. Jadi siap-siap ya yang ada disana. Acara ini juga bermaksud mengedukasi para ibu akan pentingnya nutrisi pada 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK). Tidak tanggung-tanggung lho jumlahnya, ada 5000 ibu. Wah, banyak sekali. Karena para ibulah yang concern akan kebutuhan nutrisi si kecil. Ini juga menjadi pengalaman seru bagi saya. Pastinya mengikuti acara Milna 1st Bite Day 2017 mendapatkan manfaat pengetahuan seputar nutrisi MP-ASI yang tepat dan aman.


Yeayy welcome in Milna 1st Bite Day Jakarta

Saat pintu lift terbuka saya tercengang dengan keramaian area the hall. Ini baru di depannya lho, saya belum masuk ke dalam hall nya. Stelah itu saya langsung registrasi ke meja blogger dan media. Untuk pengunjung ada booth registrasi sendiri dengan membayar tiket sebesar 100 ribu rupiah. Awalnya saya pikir cukup kemahalan harga tiket segitu. Namun setelah saya dapat tiketnya banyak booth yang bisa dicoba orang tua untuk anak-anakya. Wah, fasikitasnya keren banget. Sebelum acara dimulai saya sempat berkeliling ke 6 booth yang ada. Tiap masuk booth tiketnya disobek sesuai booth yang didatangi. Ada booth apa aja si? Nah ini dia...

Tiket Baby Experiences


1. Baby Spa by Mom n Jo
Booth pertama yang pertama saya kunjungi karena menyedot perhatian saya. Bagaimana tidak menyedot perhatian, antraian panjangnya yang membuat saya penasaran. Sampai dijaga pintu masuknya dan dibatasi pengunjung yang ingin bayinya dipijat. Tahu kan kalau pijitan mom n jo bikin rileks bayi dan nyaman. Pasti orang tua antusias sekali mampir ke booth ini.

Booth Baby Spa

2. Baby Cafe
Booth ini bukan untuk hang out para bayi ya. Tapi booth baby cafe menyediakan sample bubur bayi dari varian rasa bubur Milna. Karena Sagara belum boleh makan, jadi saya saja yang cobain. Kebetulan bubur yang saya makan rasa pisang. Manis dan rasa buahnya pas. Kalau boleh nambah lagi, saya mau tuh 😄. Enak si.

Booth Baby Cafe

3. Baby Consultation by KlikDokter
Disini para pengunjung bisa bertanya sekaligus berkonsultasi dengan para dokter yang pakar di bidangnya seputar tumbuh kembang bayi, asupan MP-ASI yang tepat sebagai momen makan pertama si kecil. Lumayan kan bisa konsultasi gratis dengan dokter dari klikdokter. 

Baby Consultation

4. Baby Playland
Ini dia booth yang paling ramai dikunjungi anak-anak. Disini anak-anak bebas bermain permainan yang disediakan oleh Fisher Price. Wah, keren kan. Tadinya saya mau coba The Newborn to Toddler Portable Rocker, tapi ada orang yang pakai lama banget. Saya jadi beralih ke booth yang lain deh.

Booth Baby Playland

5. Baby School by Little Jack
Booth satu ini juga ramai dikunjungi anak-anak dan orang tua yang mendampigi. Anak-anak bisa sambil bermain dan bernyanyi. Ada dua orang kakak yang memimpin anak-anak. Penuh tawa ceria dari mereka. Tapi sayang Sagara tidak bisa masuk ke area ini.

Booth Baby School

6. Baby Photo
Rasanya kurang ya kalau datang ke event tapi tidak ada kenang-kenangannya. Demi itu pula saya rela mengantri panjang untuk foto Sagara. Hanya membeli 2 bubur Milna Organik si kecil bisa foto. Ternyata tidak mudah ya memotret anak kecil, butuh angle yang cepat dan tepat saat memotret. Apalagi anak-anak itu enggak bisa diem lama. Jadi butuh ekstra perhatian. Saat Sagara giliran di foto ekspresinya datar, wajar saja abis bangun tidur Selesai foto nunggu hasil printnya lama juga. Karena fotonya perlu diedit dan dicocokkan ke bingkai kardus Milnanya. Unik juga si konsepnya. Seakan-akan Sagara jadi model bubur bayi Milna. 

Wah, Sagara bisa nih jadi model

Terdengar suara MC memanggil para pengunjung untuk masuk ke dalam ruangan seminar. Saya mencari tempat duduk paling depan agar informasi yang diberikan narasumber bisa diterima dengan baik. Kalau duduk di belakang suaranya tidak begitu jelas karena kalah dengan suara anak-anak yang ramai. Masih wajar kok, namanya juga anak-anak. Acara pun di buka oleh MC cantik yang menyambut para pengunjung yang datang, kemudian bapak Andi selaku perwakilan dari Milna memberikan kata sambutan. Talkshow kali ini menghadirkan para narasumber yaitu Dr.dr Conny Tanjung, Sp.A(K), Hindah Muaris ( Ahli Gizi Kuliner Bayi dan Anak) dan Brand Ambassador Milna 2017 Tya Ariestya bersama anaknya Kanaka Ratinggang. Saya makin excited mengikuti keseluruhan acara dari awal sampai akhir. Pasti akan ada ilmu baru bermanfaat yang bisa dipraktikan nanti.

Dr.dr. Conny Tanjung Sp.A(K)

Setiap saya hadir di acara parenting pasti narasumbernya selalu mengingatkan pentingnya 1000 Hari Pertama Kehidupan. Begitupun dengan dr. Conny Tanjung, Sp.A (K). 1000 HPK dimulai dari masa konsepsi sampai usia anak 2 tahun. Kenapa penting? Karena di masa emas itulah dimana otak, otot, dan tulang rangka mengalami perkembangan yang sangat cepat. Dimulai dari masa awal konsepsi sampai anak usia 2 tahun. Masa konsepsi itu adalah awal pembentukan janin. Nah, tidak sedikit para wanita mengetahui bahwa dirinya sedang hamil. Setelah di cek ke dokter kandungan ternyata usia kehamilan sudah memasuki 1 atau 2 bulan. Bahkan sampai ada yang baru tahu sudah hamil 5 bulan. Wow. Maka itu penting juga bagi wanita yang ingin segera memiliki momongan untuk menjaga pola makan dan gaya hidup. Adapun

Momen makan pertama si kecil itu sangat penting dan memberikan efek jangka pendek serta jangka panjang. Maka itu penting juga menjadi pedoman untuk para ibu. Efek tersebut yaitu

Memori Rasa

  • Jangka pendek        : anak mengenal rasa melalui cairan ketuban dan anak suka.
  • Jangka panjang  : anak tidak menjadi sulit makan.
Hipoalergi 
  • Jangka pendek   : tidak menimbulkan manifestasi alergi.
  • Jangka panjang  : adaptasi terhadap makanan baru atau bertahap toleransi terhadap makanan baru.

Menurut data riset kesehatan dasar tahun 2013 dampak jangka panjang jika anak kekurangan gizi pada 1000 hari pertama kehidupan menunjukkan tingginya angka perawakan pendek atau stunting pada balita sebesar 37,2%. Hal ini membuktikan bahwa masih banyak anak yang tidak diberi makan sesuai standar makanan yang direkomendasikan WHO yaitu ASI eksklusif pada 6 bulan pertama dan diteruskan sampai usia 2 tahun serta makanan pendamping ASI yang sesuai dan bergizi. Kekurangan gizi pada anak memiliki dampak pada jangka pendek dan jangka panjang.

  • Dampak efek jangka pendek bisa meningkatkan angka kesakitan dan kematian, mengganggu tumbuh dan kembang anak.
  • Dampak efek jangka panjangnya stunting, penurunan performa kerja, IQ masalah kesehatan reproduksi dan kesehatan secara umum.


Para ibu saya mau tanya, sudah tahu belum nutrisi apa saja yang dibutuhkan si kecil? Jangan sampai tidak sesuai lho karena bisa mengganggu masa pertumbuhannya. Nutrisi yang diberikan harus beragam. MPASI pertama si kecil itu bisa berupa cereal, pure buah atau sayur. Kandungan gizinya juga harus lengkap. Untuk momen pertama makan si kecil nutrisinya bisa dari beragam sayuran, misalnya

  • Brokoli memiliki nutrisi besi, klorofil, serat, potasium, kalsium.
  • Wortel memiliki nutrisi serat, karoten, kalsium.
  • Labu memiliki nutrisi Vitamin  A dan C, serat.
  • Bayam memiliki nutrisi magnesium, klorofil, serat dan besi.
  • Kacang hijau memiliki nutrisi klorofil, besi, serat, kalsium.
  • Buncis memiliki nutrisi serat dan magnesium.

Lalu, kapan si kecil boleh mulai makan?

Duh, ibu-ibu sudah enggak sabar kasih makan si kecil ya. Sabar ya bu karena ada tahapannya memberikan makan pada si kecil. Jangan sampai momen makan pertamanya menjadi menyeramkan sehingga anak ada rasa trauma saat makan. Sebisa mungkin saat menyuapi makan anak wajah atau ekspresi ibu yang manis ya. Tunjukkan wajah bahagia dan memberikan kata-kata positif. Kalau momen pertamanya saja menakutkan, bagaimana momen makan selanjutnya? Pastinya anak bisa membuat aksi GTM (Gerakan Tutup Mulut). Si kecil bisa dikasih makan pada saat usianya 6 bulan karena ia membutuhkan energi yang banyak. Secara bertahap pemberian makannya terus bertambah.  Saran dari dokter berikan makanan yang halus dulu, kemudian berikan makanan padat. Nah, kenali dulu yuk tanda-tanda anak siap mengonsumsi MPASI: 
  1. Si kecil sudah bisa duduk dan kepalanya sudah tegak. 
  2. Perhatikan posisi tubuh saat si kecil makan. Posisinya bisa di taruh di feeding chair atau dipangku dengan menyangga kepala bayi dengan nyaman.
  3. Koordinasi tangan, mata dan mulutnya berkembang dengan baik. Jika di usia anak 4-5 bulan suka memasukkan jarinya ke dalam mulut biarkan saja karena ia sedang memasuki masa itu. Asal kebersihan tangan si kecil harus terjaga. 
  4. Sudah bisa mengunyah makanan yang diberikan dan mengeluarkannya dengan lidah.

Pemberian MPASI yang tepat

Lalu kenali juga tanda-tanda si kecil lapar atau sudah kenyang. Agar orang tua bisa mengetahui pentingnya responsive feeding.


Ada problema lainnya yang dihadapi kebanyakan orang tua tentang MPASI. Terutama para ibu yang bingung dengan menu yang akan dibuat. Mau pilih MPASI rumahan atau pabrikan? Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Masakan rumahan memang agak merepotkan ya karena ibu harus mengolah sendiri makanannya, sedangkan yang pabrikan takutnya banyak mengandung MSG. Aduh bingung deh. Hei moms, jangan diambil pusing santai saja. Menurut dr.Muliaman.M Head of Medical Marketing perbedaan antara MPASI rumahan dan pabrikan yaitu

MPASI Rumahan
- Murah, repot, rasa alamiah, perkiraan zat gizi susah, mudah tercemar dalam penyediañnya.


MPASI Pabrikan
- sesuai standart WHO: tekstur dan rasa.
- sesuai standart BPOM, halal
-pengawet kimia (drying process dan pasteurisasi)
-solusi buat yang berpergian dan kesibukan
-variasi si kecil
-aman

Semua dikembalikan lagi pada ibu mau pilih MPASI yang mana. Kalau saya fleksibel saja. Kalau sedang dirumah ya bikin makanan sendiri dan kalau sedang berpergian bisa pakai yang praktis. Jangan khawatir moms, ada bubur bayi Milna yang menjadi solusinya. Milna turut mendukung program WHO bahwa anak usia 6 bulan harus diberikan safe and appropriate breastfeeding, meskipun lambung anak itu kecil, tapi membutuhkan banyak nutrisi.

Di tengah - tengah acara ada segmen demo masak makanan bayi yang menggunakan bubur bayi Miln bersama ibu Hindah Muaris ( Ahli Gizi Kuliner Bayi dan Anak), tapi sayangnya saya tidak sempat mencatat resep yang diberikan karena Sagara cranky dan saya sempat keluar dari the hall.

Nah, agar ibu tidak merasa ketakutan dengan kandungan MPASI terutama pabrikan. Milna sebagai ahlinya makanan bayi memiliki varian bubur bayi organik pertama di Indonesia.

Bubur bayi organik, apaan tuh? 

Yang dimaksud organik berarti berasal dari alam dan diproses secara alami. Sistem pertanian organik tidak menggunakan bahan-bahan kimia sintetis seperti pestisida, pupuk kimia, hormon. Pengolahannya di pabrik juga diproses secara higienis dan alami tanpa menggunakan bahan pengawet. Milna bubur bayi organik yang mengandung 95 % bahan organik berkualitas yang telah tersertifikasi dan sesuai dengan persyaratan BPOM. Jadi beras putihnya organik, susu sapinya organik, beras merahnya organik, pisangnya organik dan kacang hijaunya organik.

Varian Milna bubur bayi organik

Ada manfaatnya enggak makanan organik ? Pasti ada dong. Semua yang baik pasti memiliki manfaat. Makanan organik memiliki manfaat :

  • Mengurangi resiko kesehatan karena makanan organik bebas dari bahan kimia yang cenderung berbahaya.
  • Bebas dari Genetically Modified Organisms (GMO) dan Bovine Spongiform Encephalopathy (BSE) atau penyakit sapi gila.
  • Mengurangi risiko infeksi pathogenic seperti E. coli dan mycotoxins.
  • Mepertahankan dan meningkatkan risiko keseimbangan ekologi.
  • Sel-sel tubuh, meningkatkan sistim regenerasi tubuh dan menyeimbangkan sisitim hormon dan meningkatkan fungsi organ.
Tya Ariestya memberikan bubur bayi organik beras merah sebagai momen makan pertama Kanaka. Sebagai orang tua Tya senang sekali bisa memberikan makanan padat pertama anaknya. 

Dalam rangka 30 tahum perjalanannya dan momen makan pertama si kecil, Milna mengeluarkan produk barunya nih yaitu Milna Bubur Bayi Organik Varian Pisang. Kebanyakan ibu pasti memberikan pisang saat makan pertama kalinya si kecil kan? Ayo ngaku deh. Enggak masalah kok memberikan pisang sebagai makanan padat pertama si kecil karena memiliki banyak kandungan yang bermanfaat :
  1. Kalsium berguna untuk otot, jantung dan membantu menormalkan elektrolit bayi sehabis diare.
  2. Kaya Vitamin A, E, C, B2, B6, B3, B5, B9.
  3. Kaya protein untuk mencegah sembelit.
  4. Mengandung kalium, serat, magnesium, fosfor, selenium, zat besi. 
  5. Kandungan karbohidrat dalam pisang berupa sukrosa, fruktosa dan glukosa yang diubah menjadi energi. 

Rasa pisang varian baru dari Milna

Momen makan pertama menjadi pengalaman baru bagi si kecil sekaligus tantangan ibu agar selalu memberikan nutrisi yang baik. APA, KAPAN dan DIMANA anak harus makan semua TERGANTUNG ORANG TUA, sedangkan KEMAUAN MAKAN dan SEBANYAK APA yang harus dimakan adalah TERGANTUNG ANAK. Suapan pertama si kecil atau 1st bite day merupakan suatu pengalaman yang menyenangkan bagi si kecil karena suapan pertama mempengaruhi tumbuh kembangnya dan ingat jaga tumbuh kembang si kecil sejak 1000 hari pertama kehidupan. 2 bulan lagi Sagara siap MPASI dan saya tidak khawatir mempersiapkan makan pertamanya. Ada bubur bayi Milna yang menyediakan asupan nutrisi terbaik untuk Sagara.

Jangan lupa follow sosial media Milna. Karena akan banyak informasi seputar parenting, nutrisi dan tips menarik.


Facebook
Milna

Twitter
@bundamilna

Instagram
@milnaID

Suscribe youtube
MilnaID



Happy 1st Bite Day

***


Selasa, 12 September 2017

Manfaat Berwakaf Lebih Baik Dengan Asuransi Syariah Sun Life Indonesia

Banyak asuransi yang menawarkan produknya kepada calon nasabah. Baik asuransi syariah dan non syariah. Tergantung orangnya mau memilih yang mana. Kalau saya pastinya memilih yang bermanfaat bagi saya dan orang lain. Manfaatnya bagi saya bisa menyisihkan penghasilan demi masa depan, saling berbagi dan manfaatnya bagi orang lain bisa terbantu dengan adanya program asuransi tersebut. Saya baru tahu nih ternyata ada lho asuransi yang mengutamakan kedua manfaat tersebut. Awalnya saya pikir bakal sama saja seperti produk asuransi lain. Tapi kali ini berbeda.


Saya menghadiri Blogger Gathering bersama Sun Life Indonesia yang diadakan di The Hook Restaurant and Bar Jakarta, 9 September 2017. Kali ini Sun Life mengenalkan manfaat wakaf produk asuransi jiwa syariah. Loh kok wakaf bisa ada dalam asuransi? Saya baru tahu lho. Saya pikir wakaf hanya berfokus pada pemberian lahan untuk dimanfaatkan masyarakat sekitar atau pembangunan tempat ibadah. Wakaf disini maksudnya nasabah bisa menggunakan manfaat asuransi dan manfaat investasi yang dimiliki. Jadi, bukan hanya tanah saja bisa diwakafkan, asuransi pun bisa. 

Sun Life meluncurkan fitur ini tidak hanya sekedar memenuhi kebutuhan proteksi keuangan nasabah, tapi juga memenuhi kebutuhan nasabah dalam beribadah. Peluncuran manfaat wakaf dari Sun Life Indonesia dihadiri oleh Srikandi Utami, Head of Syariah Unit Sun Life Financial Indonesia, Achmad Emir Farabie, Senior Manger Digital and Social Media Marketing Sun Life Financial Indonesia dan H.M. Nadratuzzaman Hosen, Vice Chairman Badan Wakaf Indonesia.

Ibu Srikandi Utami dan pak H.M Nadratuzzaman Hosen




Wakaf adalah...


Pengertian wakaf sendiri yaitu sebagai pertahanan  hak milik atas materi benda untuk tujuan menyedekahkan manfaat atau faedahnya. Orang yang berwakaf disebut waqif. Biasanya yang diwakafkan itu harta benda. Harta benda wakaf yaitu harta benda yang dimiliki daya tahan lama  dan atau manfaat jangka panjang serta mempunyai nilai ekonomi menurut syariah yang diwakafkan terdiri dari :

A. Benda Tidak Bergerak 

  • Hak atas tanah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku baik yang sudah maupun yang belum terdaftar. 
  • Bangunan atau bagian bagunan yang berdiri di atas tanah sebagaimana dimaksud pada keterangan di atas
  • tanaman dan benda lain yang berkaitan dengan tanah
  • Benda tidak bergerak lain sesuai dengan ketentuan syariah dan peraturan perundang-undangan yang berlaku

B. Benda Bergerak
  • Uang
  • Logam mulia
  • Surat berharga
  • Kendaraan 
  • Hak sewa
  • Hak atas kekayaan intelektual

Wakaf juga memiliki rukun dan syarat-syaratnya : 

Rukun Wakaf 
  • Orang yang berwakaf
  • Benda yang diwakafkan
  • Orang yang menerima manfaat wakaf
  • Lafadz atau ikrar wakaf

Syarat-syarat wakaf 
  • Orang yang berwakaf ini mestilah memiliki secara penuh harta itu, artinya ia merdeka untuk mewakafkan harta itu kepada sesiapa yang dikehendaki
  • Orang yang berakal, orang bodoh, orang gila, atau orang yang sedang mabuk
  • Baligh
  • Orang yang mampu bertindak secara hukum (rasyid)






Manfaat Berwakaf Dengan Asuransi
Sun Life Indonesia


Membeli polis asuransi di Sun Life mendapatkan 2 manfaat yaitu investasi di dunia dan di akhirat. Nah, kapan lagi nabung pahala dari sekarang kita masih hidup. Investasi tidak selalu berbentuk uang dan emas, tapi amal jariyah yang tidak pernah putus akan selalu mengalirka  pahala bagi pemiliknya. Saya juga mau lah kalau begitu. Apalagi umur siapa yang tahu kan. Wakaf melalui asuransi syariah Sun Life Indonesia memiliki manfaat sebagai berikut: 
  • Dari manfaat asuransi, santunan asuransi meninggal dunia maksimal 45% dan manfaat investasinya maksimal 30% = Wakaf
  • Ketika peserta hidup dapat mewakafkan dana investasi
  • Ketika peserta meninggal dunia peserta dapat mewakafkan manfaat asuransi dan atau manfaat inveatasi

Jadi, bagaimana menurutmu guys? Bermanfaat sekali bukan untuk duni dan akhirat. Mulai sekarang tentukanlah asuransi yang kalian inginkan. Pilih produk yang tepat dan berguna bagi orang lain juga. Berasuransi di Sun Life Indonesia bisa jadi pilihan tepat. Saya jadi tertarik dengan tawaran ini. Kapan lagi bisa menabung untuk masa depan di dunia maupun di akhirat. Berwakaf lebih baik dengan asuransi syariah Sun Life Indonesia. 


***


Jumat, 08 September 2017

Rawat Kulitnya, Karena Bayi Anda Begitu Berharga

Keluarga mana yang tidak bahagia jika memiliki buah hati yang baru lahir. Pasti disambut dengan sukacita dan penuh doa. Bayi baru lahir itu memang menggemaskan. Wajahnya yang mungil, kulitnya yang putih kemerahan dan matanya yang menutup seakan tidur dengan lelap. Rasanya semua orang ingin mencium dan menggendongnya. Bahkan ingin mengajaknya bicara dengan tatapan mata. Namun bayi baru lahir itu tidak semua orang bisa mendekati. Apalagi jika bayi tersebut memiliki riwayat kelahiran prematur. Butuh ekstra penanganan perawatan. Tiap bayi baru lahir memiliki kesensitifan, terutama bagian kulitnya.


Kondisi kulit bayi baru lahir itu berbeda dengan orang dewasa. Saat baru lahir kondisi kulit bayi belum berkembang dan berfungsi secara sempurna. Namun kulit bayi akan mengalami perubahan adaptif alamiah secara perlahan. Kulit bayi baru lahir itu rentan, terutama bagi bayi prematur. Kulit bayi itu memiliki komposisi sebagai berikut :
  • Ukuran sel kulit lebih kecil
  • Lapisan kulit epidermis dan dermis lebih tipis
  • Kadar lipid dan faktor pelembab alamiah kulit lebih sedikit 
  • Melanin lebih sedikit.

2 minggu setelah Sagara lahir timbul bintil-bintil di area wajah, kepala, telinga dan leher. Kalau orang tua bilang namanya sarap dan istilah medis yaitu dermatitis seboroik. Bayiku mengalami hal ini hampir 3 minggu. Tapi saya tidak panik menanganinya karena hampir tiap bayi baru lahir pasti mengalami timbulnya seboroik ini, namun beda timbulnya.  Ada yang keluar banyak dan ada yang sedikit. 



Seboroik yang timbul di wajah Sagara

Sebenarnya kulit bayi itu memiliki beberapa fungsi seperti fungsi sawar (pertahanan) kulit belum berfungsi dengan baik, trans epidermal water loss (TEWL) kulit lebih tinggi, turn over rate (pergantian sel) lebih cepat. Kulit bayi itu memang sensitif, tidak boleh sembarangan memakai produk bayi. Tentunya untuk menghindari infeksi pada kulit. Kasihan kan bayi mungil itu menderita karena kesalahan pemakaian produk. 

Kulit sensitif/atopik skin pada bayi sering terjadi. Hal ini dikarenakan keadaan khusus pada kulit yang menunjukkan adanya tanda-tanda gangguan pertahanan kulit dan sistem imun hiperreaktif terhadap pada bahan-bahan iritatif dan alergenik. Gejalanya bisa terjadi adanya alergi pada bayi dan keluarga dengan tanda-tanda sebagai berikut : 
  • Kulit kering
  • Sering gatal saat berkeringat atau terkena bahan tertentu
  • Bercak putih sisik
  • Sering infeksi kulit
  • Bentuk berat seperti eksim
Perbedaan kulit bayi dan orang dewasa
Taken photo : velvetjunior.com

Saya saja kalau tidak memakai body lotion rasanya kulit kering sekali. Bagaimana dengan bayi yang kulitnya masih tipis & sensistif? Andai bayi itu bisa bicara, pasti juga akan bilang kesakitan. Memang perbedaan antara kulit bayi dan orang dewasa itu berbeda. Kulit bayi 5 kali lebih tipis dari kulit orang dewasa. Makanya rentan sekali dengan bahan-bahan tertentu. Perhatikan juga Potential Hydrogen (pH) yang menunjukkan seberapa asam atau basa suatu zat. pH yang lebih rendah menunjukkan bahwa zat tersebut bersifat asam dan pH yang lebih tinggi bersifat basa. pH untuk bayi sekitar 5,5 dari skala PH antara 0-14 dengan asam rendah dan basa tinggi. Jadi, orang tua harus memilih produk yang tepat untuk perawatan kulit bayi yang aman dan nyaman. 

Produk perawatan kulit apa si yang aman dan nyaman bagi bayi? 

Nah, saya ingin merekomendasikan skincare untuk bayi baru lahir (newborn). Sagara juga pakai lho dan hasilnya tidak mengecewakan. Pastinya produk perawatan kulit yang benar-benar bisa digunakan sejak bayi baru lahir dan teruji secara klinis. 




Yap, Mustela. Belum banyak yang tahu ya skincare bayi yang satu ini. Sini yuk saya kasih tahu 😊. Awalnya saya juga tidak terlalu akrab dengan nama brand ini. Karena saya sering update sosial media dan melihat postingan beberapa teman yang memakai produk Mustela, saya jadi mengetahui tentang produk skincare bayi ini. Palingan sama kayak produk yang lain, pikir saya. Ups, pikiran saya salah. Skincare yang satu ini berbeda karena Mustela Bebe yang mengandung bahan aktif alami Avocado Perseose untuk memperkuat kulit bayi sehingga lebih tahan terhadap iritasi atau kemerahan dan menjaga kekayaan stem cell yang berperan dalam menjaga kualitas kulit, sekarang dan nanti. 

Avocado Perseose adalah bahan alami generasi baru yang dipatenkan Mustela dan telah digunakan semua varian Mustela Bebe. Memiliki sifat biomimetic atau dapat bekerja secara harmonis dengan kulit bayi dengan menggabungkan toleransi tinggi dan efikasi terjamin. Berasal dari jenia Avocado Persea Gratissima dari Peru dan Afrika Selatan.


Skincare yang dipilih pastinya tidak mengandung bahan-bahan kimia berbahaya bagi kulit bayi. Dengan formulasi hypoallergenic dan teruji secara klinis, Mustela Bebe menggunakan bahan alami dan tidak mengandung bahan - bahan berbahaya seperti alcohol dan paraben sehingga Mustela Bebe aman dipakai dari bayi baru dilahirkan (newborn). Tenang kan memakainya dan tidak diragukan lagi. 



Mau tahu kan apa saja rangkaian produk Mustela yang saya pakai untuk si kecil? Nih saya kasih tahu. Eh tapi sebelumnya saya mau kasih tahu alasan mengapa memilih Mustela Bebe sebagai perawatan kulit Sagara. Mustela adalah brand skincare baby no.1 di Eropa yang dijual di lebih dari 90 negara. Sejak tahun 2016, varian Mustela Bebe lengkap didistribusikan di Indonesia oleh PT Interbat, salah satu perusahaan farmasi yang dikenal sebagai salah satu produsen farmasi 5 besar nasional. Berdiri sejak tahun 1948 sebagai distributor tunggal Indonesia untuk beberapa perusahaan farmasi besar dari Eropa. Berada di Sidorajo, Jawa Timur fasilitas produksi Interbat dilengkapi 16 sertifikat GMP yang berstandar internasional. 


Alasan saya memilih Mustela Bebe karena 5 keunggulan yang dimiliki : 
  1. Efikasi yang terbukti secara klinis. Teruji klinis dibawah pengawasan dokter pada 845 bayi dan anak.
  2. Keamanan yang terjamin. Formula Mustela menggunakan bahan-bahan alami, sudah teruji hypo-allergenic dan aman dipakai sejak baru lahir.
  3. Ramah lingkungan. Mustela Bebe merupakan member dari organisasi internasional UEBT (Union for Ethical Bio Trade) yang menjamin produksi dan pemakaian bahan alami yang aman, terpercaya dan ramah lingkungan. Botol Mustela yang digunakan bisa didaur ulang 100%.
  4. Kenyamanan khas Mustela. Kenyamanan pemakaian khas Mustela ikut merangsang panca indera bayi dengan tekstur yang lembut dan melembabkan dengan wangi yang menyegarkan.
  5. Rangkaian Lengkap. Mustela Bebe memiliki rangkaian produk lengkap yang memenuhi semua kebutuhan perawatan kulit bayi : 
  • Cleansing
  • Bath Time 
  • Diaper Change
  • Daily Skin Care
  • Well-being 

Kalau Sagara memakai rangkaian perawatan untuk bath time, diaper change, daily skincare dan well-being. 


Bath Time
Memandikan si kecil adalah momen favorit saya. Sambil mengguyurkan air hangat ke seluruh badan Sagara, saya juga mengajak bicara. Hentakan kecil kakinya di air dan senyum manisnya seakan dia mengerti apa yang saya sedang bicarakan. Wajahnya selalu senang kalau sudah masuk bak mandi. Selain membersihkan tubuh si kecil, mandi menjadi momen kedekatan yang berharga. Saya menggunakan Mustela Bebe Dermo-Cleansing. Terbuat dari bahan alami sehingga tidak perih di mata dan mengurangi efek kering. 

Mustela Bebe Dermo-Cleansing

Komposisinya terdiri dari Avocado Perseose yang berguna memperkuat lapisan pelindung kulit dan mempertahankan kesehatan sel punca (stem cell). Mengandung vitamin B5 yang menenangkan dan melembabkan. Gentle surfactants sebagai bahan pelindung permukaan kulit yang lembut, membersihkan tanpa menghilangkan minyak alami di kulit. Cara pemakaiannya tuang cairan ke telapak tangan, gosok ke seluruh tubuh sampai berbusah lembut dan bilas hingga bersih. 

Dermo-Cleansing bertekstur cair.  Ada juga nih yang berbentuk batangan yaitu Mustela Bebe Gentle Soap Nutriprotective. Kegunaannya sama dengan Dermo-Cleansing untuk membersihkan kulit bayi. Cuma sabun ini bisa digunakan di area kepala dan badan. Komposisinya mengandung Avocado Perseose, Natural Cold Cream yang menenangkan dan melembabkan dan Ceramide yang menggantikan cairan lipid yang hilang.  Cara pemakaiannya hanya gosokkan pada seluruh tubuh dan kepala lalu bilas hingga bersih.

Mustela Bebe Gentle Soap Nutriprotective


Diaper Change 
Kegiatan favorit lainnya yaitu saat menggantikan popok si kecil. Sesering mungkin saya mengecek keadaan diapernya. Apa sudah penuh atau buang air besar. Sebelum memakaikan diapernya, saya menggunakan krim khusus ruam popok. Pastinya juga saya memilih diaper yang premium agar terjaga kualitas kulitnya. Ruam popok itu menjadi suatu masalah bagi tiap ibu terhadap bayinya. Ruam popok terjadi akibat kebanyakan basah di diaper atau kurang cocok dengan diapernya sehingga menimbulkan kemerahan pada kulit. Mustela Bebe Barrier Cream bisa mencegah dan meredakan ruam popok. Mengandung Avocado Perseose yang melindungi sel inti dan lapisan kukit terluar. Alcacea Oxeoline yang mengurangi peradangan pada kulit. Sunflower Oleodistilate memperbaiki pelindung kulit dan meningkatkan perlindungan lipid kulit bagian luar, ditambah Zinc Oxide sebagai pelindung kulit ekstra dari infeksi. Barier Cream ini sudah teruji klinis pada 120 bayi selama 4 minggu. Formulanya hypoallergenic dan tidak mengandung parfum. Jadi, aman kan.  Kurang lebih saya mengganti diaper Sagara 3 kali dalam sehari dan gunakan Barrier Cream ini setiap ganti diaper di area popok yang sudah dibersihkan.

Mustela Bebe Barrier Cream



Daily Skin Care
Kulit bayi itu rapuh, tipis dan terus berkembang, maka itu harus dilindungi serta dikuatkan dengan daily skincare. Setelah mandi dan dikeringkan dengan handuk saya balurkan Mustela Bebe Hydra Bebe Body Lotion ke seluruh tubuh Sagara. Kenapa langsung diberikan setelah mandi? Karena kondisi kulit masih lemab dan body lotion mudah menyerap. Saya suka banget wanginya, enggak bikin enek dan tahan lama. Kadang saya berulang kali olesin body lotionnya ke tubuh si kecil. Komposisinya terdiri dari Avocado Perseose, Jojoba Oil yang berguna menjaga lemak dalam kulit dan mempertahankan kelembaban kulit, Vitamin E dan F msemulihkan dan menjaga keseimbangan air di kulit dan Shea Butter. Teksturnya ringan, tidak berminyak, dan cepat serap di kulit. Gunakan 2 kali sehari setelah mandi pagi dan sore hari.

Mustela Bebe Hydra Bebe Body Lotion


Daily skincare lain yang saya gunakan untuk si kecil yaitu Hydra Bebe Facial Cream. Digunakan pada bagian wajah bayi agar lebih lembab, halus dan kenyal. Sagara pernah timbul bintik kecil-kecil di wajahnya, entah bekas ASI yang menempel atau biang keringat. Saya olesi tipis-tipis tiap setelah mandi pagi dan sore hari, beberapa hari kemudian memudar bintik merahnya. Kadang saat dia sudah tertidur pulas saya olesi tipis juga. Hydra Bebe Facial Cream mengandung Avocado Perseose, Jojoba Oil, Vitamin E dan F dan Shea Butter. Kandungannya sama dengan Mustela Hydra Bebe Body Lotion.

Mustela Hydra Bebe Facial Cream 


Well-Being 
Ini juga produk Mustela favorit karena momen kedekatanku dengan si kecil makin erat. Memijat tubuh Sagara menjadi precious momenf. Saya menggunakan Mustela Bebe Massage Oil. untuk memijat tubuhnya. Teksturnya ringan, tidak lengket dan wangi. Pantas saja Sagara anteng banget kalau aku pijat. Apalagi bagian dada belakang, sambil tengkurap saya pijiti. Kadang dia sampai tertidur. Apa yah yang bikin Sagara jadi nyaman begitu? Ternyata Massage Oil ini mengandung minyak yang berasal dari 100% ekstrak tanaman sehingga membuat nyaman dan rileks bayi saat dipijat. Selain itu mengandung Pomegranate Seed Oil yang menenangkan, memperbaiki dan menutrisi kulit, Sunflower Oilnya merestruktur, memperbaharuhi dan melembabkan kulit (kaya akan Omega 6 dan 9 yang sama dengan minyak almond berguna sebagai pelumas dan tidak menimbulkan alergi. Biasanya saya pakai Massage Oil ini sebelum mandi sore, digosokkan pada tubuh dan kepala. 


Mustela Bebe Massage Oil

Nah, itu lho perawatan kulit Sagara. Memang kalau dilihat dari segi harga lumayan mahal, tapi demi menjaga kesehatan kulitnya di masa depan maka harus dirawat dari sekarang. Bertepatan juga dengan kampanye Mustela Bebe #MustelaTodayForTomorrow yang mengajak para orang tua untuk menjaga dan merawat kulit bayi baru lahir dengan produk yang tepat. Jangan sampai memberikan produk yang salah karena bisa berakibat fatal. Pastikan produk yang digunakan sudah teruji secara klinis dan mengandung bahan-bahan alami. Saya sudah melakukan hal yang tepat bagi kulit si kecil. 

Cara dapetinnya dimana saja si? Pasti adanya di toko khusus ya? Tenang saja, Mustela mudah kok ditemukan di drugstore yang ada di mall. Sambil jalan-jalan di mall langsung deh beli Mustelanya, dijamin bagus. Biar kalian enggak penasaran bisa cari tahu info produk Mustela melalui:

Website
www.mustela.co.id

Facebook
mustelaindonesia

Instagram
@mustelaindonesia


Sagara seneng banget dengan produk skincarenya

Memenuhi kebutuhan si kecil adalah kewajiban saya. Terutama dalam memenuhi kebutuhan demi kesehatannya. Menjaga dan merawat kulitnya sedini mungkin menjadi investasi di masa depan. Kulit adalah bagian organ tubuh terluar. Jika kulitnya sehat maka tumbuh kembangnya pun berjalan normal dan kelak membuat percaya dirinya tinggi. Sebisa mungkin saya memberikan yang terbaik bagi si kecil. Kesehatan kulitnya jauh lebih berharga dari apapun. Mustela Bebe melindungi kulit anak saya hari ini untuk hari esok. Berikut video dari Mustela sebagai inspirasi para ibu. Have a nice try parents! 





***

Selasa, 05 September 2017

Perubahan yang Diinginkan Dalam Berasuransi

Saya pernah melamar pekerjaan di salah satu perusahaan melalui online. Perusahaan yang saya kirim lamarannya itu adalah perusahaan asuransi. Beberapa lama kemudian saya dipanggil untuk hadir ke kantornya. Saat itu saya masih fresh graduate dari kuliah. Jadi, saya coba semua setiap lowongan pekerjaan termasuk yang satu itu. Ketika datang ke kantornya di bilangan jalan Sudirman Jakarta, saya bertemu langsung dengan seorang pria. Awalnya saya tidak tahu dia siapa, tapi setelah tahu pria itu seorang agent asuransi. Saya diberikan penjelasan panjang lebar tentang produk asuransi. Mulai dari pengenalan sampai cara mendapatkan target. Ngantuk? Pastilah. Teoritis sekali penjelasannya. Kira-kira sampai 2 jam. Jujur, tidak ada yang menyangkut di otak saya. Hasilnya saya tidak menerima pekerjaan itu. Bukannya sombong tapi belum sreg aja. 

Seiring waktu berjalan dan saya juga sering mengikuti acara yang diselenggarakan asuransi, perlahan saya membuka mata dan hati untuk mengetahui lebih dalam tentang asuransi. Terutama tentang asuransi jiwa dan pendidikan. Mengapa 2 asuransi tersebut? Asuransi jiwa diperuntukkan bagi pemegang polis untuk berjaga-jaga jika meninggal dunia. Asuransi pendidikan berguna bagi pemegang polis yang memiliki anak untuk biaya sekolah di masa depan. Kebetulan di keluarga saya, ibu dan kakak sudah memiliki asuransi hari tua dan pendidikan. Saya doang yang belum punya 😣. 

Nah, kebetulan sekali saya menghadiri lagi acara yang diselenggarakan asuransi di daerah Sudirman Jakarta. Tapi bukan tempat yang waktu saya melamar lho. Kantor asuransi yang terletak di lantai 20 gedung Sahid Sudirman Center adalah PT Equity Life Indonesia. Kamu pernah dengar? Pasti, saya pun pernah dengar nama asuransi jiwa ini, namun tidak terlalu tahu. Saya hadir dalam rangka merayakan 30 tahun Equity Life Indonesia. Yap, PT Equity Life Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri asuransi jiwa individu dan kumpulan dari tahun 1987. Equity Life Indonesia memiliki produk yang lengkap melingkupi asuransi jiwa, kesehatan sampai dana pensiun.




PT Equity Life Indonesia sudah berusia 30 tahun, tapi belum banyak orang yang tahu keberadaanya. Tepatnya 16 September 2017 perusahaan asuransi ini berdiri. Selama itu pula Equity Life Indonesia telah meraih 9 penghargaan pada ajang Top Agent Awards yang diselenggarakan oleh Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) di Palembang. Di usianya yang sudah matang ini, Equity Life Indonesia yakin dan siap untuk menjangkau lebih banyak masyarakat Indonesia dari seluruh lapisan ekonomi dan sosial agar dapat memiliki perlindungan jiwa dan kesehatan dengan jalur mudah melalui jalur distribusi yang dimiliki yaitu Agency, Group Business, Bancassurance, Retail Insurance, dan Cimmunities Market. Pastinya juga didukung dengan mengembangkan rangkaian teknologi terbaru.

Para agent dan presiden direktur Equity Life Indonesia

Kali ini di ulang tahunnya ke 30, Equity Life mengangkat tema #UntukmuIndonesia. Hal ini bertujuan menghadirkan beberapa rangkaian kegiatan untuk meningkatkan rasa kecintaan terhadap bangsa dan mengajak masyarakat Indonesia untuk berkontribusi menjaga serta melestarikan nilai-nilai dan budaya Indonesia. Pantas saja pas saya masuk ke dalam ruangan acara tata panggungnya berhiaskan candi, wayang, aneka buah-buahan. Didominasi dengan warna hijau membuat suasana menjadi teduh dan nyaman. Serasa ada di hutan tropis berada di ruangan itu. Equity Life Indonesia juga meluncurkan microsite www.equity.co.id/equity30. Dari microsite tersebut menghadirkan kompetisi foto dan blog dengan hadiah perlindungan diri gratis senilai Rp 30.000.000 selama 30 hari kepada 30.000 masyarakat Indonesia. Hanya perlu mendaftar dan melengkapi data diri di microsite.

Blogger gathering bersama Equity Life Indonesia

Jujur saya masih ragu untuk memiliki asuransi. Beberapa asuransi yang saya ketahui memasang tarif premi yang cukup besar. Maklum saja di keluarga saya hanya suami yang mencari nafkah dengan gaji yang relatif kecil. Jadi masih dipertimbangkan untuk mengambil asuransi. Hal ini berkaitan dengan layanan yang diberikan nasabah. Seharusnya asuransi bisa memberikan  kelonggaran pembayaran premi. Misalnya gajinya sekian, premi asuransi bisa di negosiasikan. Bisa disesuaikan dengan kemampuan nasabah. Saya mengerti jika perusahaan asuransi telah menghitung premi dan hasil yang akan didapatkan oleh nasabah. Mayoritas masyarakat Indonesia berada di kelas menengah ke bawah. Jika ingin menyadarkan masyarakat akan pentingnya berasuransi, berikan premi yang sesuai dengan kemampuan nasabah. Saya yakin banyak yang berminat. Revolusi dalam berasuransi juga terlihat.

Pada jaman milenial ini semua kebutuhan terhubung dengan internet. Teknologi digital pun juga harus lebih maju. Tentunya perusahaan asuransi termotivasi untuk meningkatkan kinerja perusahaan. Majunya teknologi digital juga sebagai wujud dari revolusi asuransi. Memberikan kemudahan bagi nasabah untuk mendapatkan informasi lengkap tentang asuransi yang dipilih. Produk asuransi yang paling sering dibahas adalah asuransi jiwa. Menurut saya produk ini selaras dengan kondisi kebanyakan orang saat ini, terutama bagi masyarakat urban. Keselamatan seseorang sangat penting nilainya. Memiliki asuransi bukan berarti "menyumpahkan" diri segera meninggalkan dunia ini, tapi untuk berjaga diri jika terjadi sesuatu dengan diri kita, ada yang menanggungnya.

Semoga dengan adanya perubahan masyarakat Indonesia bisa lebih sadar akan berasuransi. Anggap saja seperti menabung di bank, tapi tidak memiliki kartu ATM dan nomor rekening. Jadi tidak bisa diambil sesuka hati karena ada ketentuan waktu untuk pengambilan uangnya. Saya harap bisa memiliki asuransi yang sesuai dengan kemampuan ekonomi dan bisa menyelamatkan keadaan nanti.



***


Negeri Dongeng : Bukan Sekedar Naik Gunung, Tapi Cinta Dengan Indonesia

Sudah 5 tahun vakum dari kegiatan alam bebas. Tepatnya setelah menikah dan memiliki anak. Namun naluri untuk kembali berkegiatan di alam ti...