Sabtu, 19 Agustus 2017

Pentingnya Multi Mikronutrien Bagi Ibu Hamil dan Menyusui

Setelah menikah pasti tiap pasangan menginginkan hadirnya seorang anak. Begitupun dengan saya, momen kehamilan pertama masih sangat melekat dalam ingatan. Tepatnya tahun 2012. Pada saat hamil anak pertama saya masih belum mengerti apa-apa. Bisa dibilang kudet (kurang update). Jadi saya benar - benar buta pengetahuan tentang kehamilan. Saya hanya tahu periksa ke bidan, makan yang banyak, dan bisa lahiran normal. Itu saja. Alhamdulillah saya melahirkan anak pertama secara normal. Fase berikutnya yang harus saya lalui adalah menyusui. Masih sama, saya belum tahu apa-apa tentang menyusui yang benar, apa manfaatnya ASI, asupan apa saja yang bisa meningkatkan ASI. Yang saya tahu ASI itu asupan terbaik bagi bayi dibandingkan susu lain. Saya orangnya penasaran, mau tahu apa saja, terutama tentang parenting. Saya seperti siswa baru yang masuk sekolah dan mengikuti pelajaran. Ya itulah menjadi orangtua harus terus belajar dan menggali banyak informasi. Saya menyusui anak pertama selama 2 tahun 6 bulan. 

September 2016 saya dinyatakan hamil lagi. Saat itu juga saya mulai menyusun rencana-rencana masa kehamilan 9 bulan ke depan. Saya mau periksa dimana, dengan siapa saya lahiran nanti, sampai saya atur pola makan saya. Kehamilan ke dua ini benar-benar saya perhatikan. Karena saya sudah lebih banyak mengetahui tentang kehamilan dan menyusui. Saya juga rajin browsing artikel, mengikuti seminar atau senam hamil. Sekarang saya sedang menyusui anak ke dua yang berusia 3 bulan. Masa ASI eksklusif ini harus saya pertahankan. Maka itu saya menjaga makanan dan psikologis saya dengan baik. Waktu hamil saya hanya minum vitamin yang diberikan oleh bidan. Saya tidak berani minum suplemen yang lain selain dari  bidan. Takut juga terjadi apa-apa dengan kandungan.


Press Conference Blackmores

Memang masa hamil dan menyusui itu suatu masa yang penting bagi kualitas hidup manusia ke depannya. Pada tanggal 10 Agustus 2017 lalu, saya mendapatkan kesempatan hadir dalam Press Conference tentang "Pentingnya Asupan Mikro Nutrisi Untuk Ibu Hamil dan Menyusui" yang diadakan oleh Kalbe Blackmores Nutrition di Hotel Pullman Thamrin, Jakarta. Pada ibu hamil dan menyusui menjaga asupan nutrisi adalah sebuah perjuangan demi pembentukan, pertumbuhan dan perkembangan bayinya optimal dan mendapatkan berat badan bayi yang ideal saat dilahirkan yaitu 2500 gram. Tapi sayangnya di Indonesia terdapat 10,2 % bayi yang lahir dengan berat badan lahir rendah (BBLR). Oleh karena itu memperhatikan asupan nutrisi penting bagi ibu hamil dan menyusui. 


Nutrisi pada umumnya mengandung komponen makro-dan mikro-nutrien. Makronutrien terdiri dari karbohidrat, protein dan lemak, sedangkan mikronutrien terdiri dari vitamin dan mineral. Para ibu di Indonesia masih kurang mencukupi asupan multi-mironutrien pada saat hamil dan menyusui. Padahal kebutuhan nutrisi ini berdampak penting pada perkembangan anak dan kesehatan ibu. Di acara Press Conference itu menghadirkan Dr.med.dr.Damar Prasmusinto, SpOG (K)., Konsultan Fetomaternal, Departemen Obsteri dan Ginekologi, Fak.Kedokteran Universitas Indonesia, Prof. Lesley Braun, Direktur Blackmores Institute dan Dickson Susanto, Country Manager Kalbe Blackmores Nutrition (KBN).

Asupan mikronutrien adalah kunci utama yang bisa menurunkan angka kematian ibu dan bayi, meningkatkan performa anak di sekolah dan meningkatkan kualitas hidup manusia di Indonesia secara keseluruhan. Mikronutrien yang dianjurkan oleh dokter dan para ahli adalah

  • Asam Folat : untuk perkembangan otak dan mencegah neural tube defec (NTD), prematur dan berat bayi lahir rendah (BBLR).
  • Zat Besi    :  untuk kebutuhan memproduksi darah dan sirkulasi oksigen di berbagai organ dan jaringan serta percepatan pertumbuhan bayi. Di Indonesia sendiri 37,1% ibu hamil mengalami anemia dan 27,1% bayi berumur lebih dari 1 tahun mengalami anemia.
  • Yodium       : untuk fungsi kelenjar tiroid, perkembangan visual, motor skill, mendengarkan dan perkembangan kognitif anak. Di Indonesia sendiri, meskipun 77,1% rumah tangga memiliki garam beryodium hanya 36,9% ibu hamil yang memiliki asupan yodium yang cukup.
  • Kalsium  : untuk pertumbuhan tulang dan gigi bagi janin, mengurangi risiko pre-eclampsia selama kehamilan.
  • Omega-3, terutama DHA : untuk perkembangan neurodevelopment khususnya mata dan otak. 

Prof.Dr.Lesley Braun, PhD, Direktur Blackmores Institute mengatakan " Asupan nutrisi multi-mikronutrien bisa diperoleh dari sayuran dan buah-buahan segar juga dari berbagai sumber protein lainnya. Blacmores Institute melalui Program Edukasinya mengupayakan pemenuhan asupan nutrisi multi-mikronutrien dalam bentuk suplemen sebagai jembatan untuk memenuhi kebutuhan mikronutrien ibu hamil dan menyusui". Nah, dari tadi saya selalu menyebutkan suplemen ibu hamil dan menyusui. Ini dia penampakannya...

Gift Box Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold

Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold merupakan rangkaian nutrisi lengkap untuk kesehatan ibu dan perkembangan anak, mengandung tinggi DHA, kalsium, zat besi, asam folat, vitamin dan mineral yang diperlukan selama masa kehamilan dan menyusui. Cara minum multivitamin ini yaitu 1 hari 2 kali,  selama kehamilan dan menyusui. Diminum pagi dan sore hari setelah makan.

Detail Produk


Kampanye 12000 Pelukan 
Kerjasama Kalbe Blackmores Nutrition 
Dengan Yayasan Bumi Sehat


Dalam Press Conference tersebut untuk mendukung pemenuhan asupan multi-mikronutrien ibu hamil dan menyusui yang kurang mampu, maka Kalbe Blackmores Nutrition lewat gerakan program "12000 Pelukan Untuk Ibu dan Bayi" mengajak seluruh ibu di Indonesia dapat menyumbangkan foto pelukan kasih untuk para ibu dan bayi di Yayasan Bumi Sehat melalui website www.blackmores.co.id/12000pelukan. Tiap 1 foto yang terkumpul akan dikonversikan menjadi 1 botol Blackmores Pregnacy & Breast-Feeding  Gold yang akan disumbangkan ke Yayasan Bumi Sehat.



Kalbe Blackmores Nutrition (KBN) merupakan wadah untuk kebutuhan masyarakat akan produk suplemen premium di Indonesia yang ditandai dengam diluncurkannya Blackmores Indonesia. KBN berkomitmen dalam menyediakan produk kesehatan berbahan dasar alami serta layanan berkualitas tinggi. Dilengkapi oleh rangkaian Blackmores dengan layanan konsumen yang terpadu seperti customer care,home deliery, dan memastikan customer Blackmores bisa menjadi bagian dari Kalbe Family. KBN mempunyai visi dan misi yaitu memenuhi kebutuhan asupan nutrisi masyarakat di Indonesia melalui Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold, mendukung ibu hamil dan menyusui yang kurang mampu di Bali, Papua,dan Aceh. Oleh karena itu diwujudkan dengan penandatanganan kerjasama pada tanggal 8 Agustus 2017 degan donasi produk Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold kepada Yayasan Bumi Sehat.

For your information, Yayasan Bumi Sehat merupakan yayasan non profit yang didirikan pada tahun 1995 oleh ibu Robin Lim, seorang bidan berkewarganegaraan Amerika. Yayasan Bumi Sehat terletak di daerah Gianyar,  Bali dan memiliki misi untuk mengurangi angka kematian pada ibu dan bayi juga menyehatkan masyarakat.

Saya sudah upload lho..

Saya sudah ikutan berpartisipasi dalam program donasi "12000 Pelukan Untuk Ibu dan Bayi" ini. Saya tantang kalian juga untuk ikutan karena berharga banget foto yang kalian upload ke website dan fotonya dikonversikan menjadi 1 botol Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold. Mendukung ibu hamil dan menyusui dengan memberikan asupan nutrisi yang baik sama dengan menciptakan generasi bangsa yang sehat dan maju.


***

Cordlife AWESOME : Merayakan World Cord Blood Day Pertama Karena Pentingnya Menyimpan Darah Tali Pusat

Memiliki buah hati adalah dambaan setiap pasangan suami istri. Hadirnya si kecil menjadi pelengkap sebuah keluarga. Ada yang langsung diber...