Minggu, 13 Agustus 2017

Kemudahan Bagi Orangtua Modern Dalam Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Anak Dengan Philips Avent

Bersyukur sekali saya menjadi seorang ibu dari dua anak laki-laki. Kenikmatan sekaligus anugerah yang Tuhan berikan ini tidak bisa digantikan dengan apapun. Perbedaan jarak usia anak-anakku termasuk standar. Menurutku beda usia 4 tahun tidak terlalu dekat atau jauh. Memang aku punya rencana seperti itu. Karena aku ingin fokus mengurus anak satu dulu. Setelah anak pertama sudah lepas minum ASI baru aku merencanakan memiliki momongan ke dua. Agar pemenuhan nutrisi dalam 1000 hari pertama kehidupan anak terpenuhi.


Pengalamanku memberikan ASI kepada ke dua anakku berbeda-beda. Anak sulungku lahir dengan berat 2600 gram. Berat badan yang masih ideal bagi bayi baru lahir. Karena pengetahuanku tentang ASI masih minim saat itu, aku tidak melakukan IMD (Inisiasi Menyusui Dini) dan bayiku sempat diberikan susu formula oleh asisten bidan. Akupun masih belum tahu apa yang harus dilakukan dengan bayi mungil itu. Setelah pulang ke rumah aku memberikan ASI langsung, tapi kadang masih campur susu formula. Namun setelah aku sering ikut seminar parenting dan membaca artikel tentang manfaat ASI bagi bayi, aku berhenti memberikan susu formula, hanya ASI di 6 bulan pertama. Alhamdulillah anak pertamaku minum ASI sampai usia 2 tahun 6 bulan. Sekarang aku sedang menyusui anak ke dua yang berusia 3 bulan. Belajar dari pengalaman menyusui sebelumnya, aku memberikan ASI sepenuhnya saat ini.


Setelah masa menyusui eksklusif 6 bulan terlewati, maka tantangan berikutnya adalah membuat Makanan Pendamping ASI (MP-ASI). Umumnya berlangsung dari bayi berusia 6 sampai 24 bulan. Pada masa transisi ini bayi butuh asupan nutrisi yang lebih, bukan sekedar ASI lagi. Jika makanan yang diberikan tidak sesuai maka pertumbuhannya akan terhambat. Waktu anak pertama aku masih bingung membuat MP-ASI yang sesuai takaran bayi. Makanan pertama yang aku kenalkan ke bayiku saat itu adalah pisang siem. Itu pun atas saran dari ibuku. Jadi makanan pertama yang anakku coba adalah buah-buahan seperti pisang, pepaya atau alpukat. Ternyata setelah aku mendapatkan informasi dari Dr. dr.Damayanti R Sjarif  Sp.A (K), dokter anaksub-spesialis nutrisi dan penyakit metabolik menjelaskan bahwa sebenarnya bayi sudah bisa diberi makanan seperti makanan orang dewasa karena bayi sudah bisa merasakan segala rasa makanan sejak dari dalam rahim ibu. Aku langsung mengangguk - angguk sendiri. Iya juga ya, aku pun juga tidak ada pantangan makanan apa-apa waktu hamil.



Beberapa waktu lalu aku menghadiri talkshow bertemakan "Solusi untuk Menjawab Tantangan Pemenuhan Kebutuhan Nutrisi Anak" dalam rangka Hari Anak Nasional. Menghadirkan Dr.dr.Damayanti Sp.A(K), Yongki Sentosa (Head Personal Health Philips Indonesia) dan Artasya Sudirman ( Announcer Radio & Mom).

Dalam talkshow kali ini dr.Damayanti menjelaskan pentingnya asupan nutrisi di 1000 Hari Pertama Kehidupan. Karena kualitas kesehatan manusia dalam jangka pendek dan jangka panjang ditentukan pada masa periode emas. Asupan terbaik bagi bayi di 6 bulan pertama yaitu ASI. Setelah 6 bulan bayi membutuhkan zat nutrisi makro ( karbohidrat, protein, lemak) dan mikro (vitamin dan mineral) yang lengkap dan seimbang untuk tumbuh kembang terutama bagian otak. Status otak anak lebih baik pada saat sebelum usia 2 tahun. Jika lewat dari itu status otaknya kurang bagus.

dr. Damayanti Sp.A (K)

Zat besi sangat dibutuhkan untu kecerdasan otak. Bagi bayi berusia 6-12 bulan membutuhkan 11 mg, tidak hanya dari ASI tapi dari makanan yang kaya akan zat besi dari hati ayam, daging merah, sayuran berwarna hijau (bayam) dan kacang-kacangan. Zat besi yang bisa di dapat dari hewan sebanyak 23% dari sayuran 3-5 %. Berikan makanan yg mengandung zat besi. Jika terlalu banyak karbohidrat, lemak, protein,  maka zat besi bisa terbuang. Tapi bukan berarti tidak diberi sama sekali.

Prinsip dari MP-ASI adalah mengenalkan makanan keluarga dengan tekstur yang lembut dan disesuaikan kemampuan oromotor bayi. Oromotor adalah alat gerak mulut yang meliputi otot wajah, bibir, langit-langit mulut, anak tekak, kerongkongan, pita suara, gusi, gigi, dan lidah.  


Indonesia berada pada posisi ke -6 sebagai negara yang memberikan kesempatan pada wanita untuk memimpin di sebuah perusahaan. Itu artinya wanita bisa mendapatkan posisi yang baik dalam berkarir dan pasti diselimuti dengan banyak kesibukan. Tapi tumbuh kembang anak juga penting dalam keluarga. Ibu yang mempunyai peran penting dalam memenuhi kebutuhan anak-anaknya. Wanita atau ibu karir bukan berati melupakan asupan nutrisi yang baik bagi anak-anaknya. Nah, makanya ada solusinya nih.



Produk Elektrik Philips AVENT Memudahkan Orangtua Modern Memberikan Nutrisi Terbaik 


Siapa yang tidak kenal Philips AVENT? Selama 30 tahun Philips AVENT memberikan inovasi terbaik bagi ibu dan bayi. Kata pak Yongky Sentosa, "Philips AVENT ingin memberikan yang terbaik untuk buah hati. Karena sebanyak 64% ibu pekerja belum bisa memberikan ASI secara penuh. Walaupun sibuk bekerja, tapi tetap bisa memberikan nutrisi yang cukup". Dalam kesempatan ini Philips AVENT menghadirkan produk elektrik yang bisa mendukung otangtua modern dalam pemberian ASI dan MP-ASI 6 bulan . Jujur saja saya belum memiliki produk elektrik Philips AVENT. Saya membuat MP-ASI dengan cara manual, membuat bubur nasi atau merebus pakai panci biasa. Pastinya merepotkan karena harus memindahkan makanan ke wadah yang lain. Nah, beberapa produk ini bisa menjadi rekomendasi agar memudahkan proses menyusui dan membuat MP-ASI praktis dan mudah di tengah kesibukan yang padat.


1. Philips AVENT Electric Breast Pump. Di design dengan bantalan khusus bagi ibu pekerja untuk menghemat tenaga dan waktu saat memompa ASI di kantor. Pemasangan intuitif dan mudah dibersihkan. Posisi unik memeras ASI ynag lebih nyaman. Breast pump electric ini ada 2 jenis : single and double.

Breast pump single 

Breast pump double
Foto dok. Philips AVENT




2. Philips AVENT Fast Bottle Warmer. Alat ini berfungsi untuk menghangatkan susu secara merata, menghangatkan dengan cepat, menghilngkan beku secara perlahan, juga bisa menghangatkan makanan bayi dalam waktu 3 menit. Ada juga bottle warmer on the go, yang dipakai ketika ibu ingin menyusui bayi dalam perjalana, penghangat botol ini bisa memanaskan susu kapan saja, dimana saja. Air rebus termos akan tetap panas selama 6 jam dan susu dihangatkan 2,5 menit. Dilengkapi tutup pelindung gelas.

Philips AVENT Bottle Warmer
Dok.foto Philips AVENT


3. Philips AVENT 3-in-1 Electric Steam Sterilizer. Alat untuk mensterilkan beragam botol, pompa ASI dan aksesoris. Bisa membunuh kuman berbahaya 99,9%. Steril hingga 24 jam jika tutup tidak dibuka. Mensterilkan hanya dalam waktu 6 menit pada 5-6 botol. Fleksibel dan mudah diisi.

Electric Steam Sterilizer
Foto dok..Philips AVENT

4. Produk Philips AVENT yang satu ini bisa memudahkan orangtua dalam menyiapkan MP-ASI yaitu Philips AVENT Steamer dan Blender. Ada dua produk yang bisa digunakan yaitu Philips AVENT 4-in-1 Healthy Baby Food Maker. Pembuat makanan bayi ini menggabungkan fungsi kukus, blender, defrost dan reheat dalam satu wadah. Mengukus dan memblender dalam satu tabung. Bahan makanan bayi tetap segar dapat dikukus dengan kematangan yang merata tanpa harus didihkan. Ads bunyi bip yang menandakan makanan sudah dimasak sempurna. Dilengkapi dengan spatula, storage pot (120 ml).


Lomba menyiapkan MP-ASI dengan Philips AVENT Steamer and blender 


Philips AVENT 4-in1 healthy baby food maker
Foto dok. Phlips AVENT


Combined Steamer dan Blender. Gabungan yang baru cocok untuk menyiapkan makanan bayi buatan sendiri yang sehat dan bergizi. Hanya dalam satu tabung untuk mengukus sekaligus memblender tanpa perlu memindahkan makanan. Dilengkapi dengan spatula, cangkir ukur, steamer dan blender gabungan.


Combined steamer and blender
Foto dok.Philips AVENT



Tidak ada alasan lagi ya ayah bunda untuk memberikan nutrisi terbaik bagi anak-anak. Produk pilihan dari Philips AVENT memberikan kemudahan bagi orangtua modern dalam menyajikan makanan sehat dan bergizi. Produk Philips AVENT bisa diperoleh di toko - toko bayi dan e-commerce JD.id, lagi banyak promo menarik yang ditawarkan lho moms. Buruan serbu.

Philips AVENT sangat mengerti kebutuhan ibu dan bayi. Anak-anak yang sehat dimulai dari asupan nutrisi yang baik. Kemudahan bagi orangtua modern yang memiliki mobilitas tinggi dalam menyajikan makanan bergizi bukan suatu masalah lagi. Masa emas anak hanya sekali dalam seumur hidup. Semua orangtua pasti tidak ingin melewatinya begitu saja, begitupun aku. Yuk, siapkan makanan lezat untuk si kecil bersama Philips AVENT 😊.



Informasi lebih lanjut bisa kunjungi 

Website



Facebook



***

Cordlife AWESOME : Merayakan World Cord Blood Day Pertama Karena Pentingnya Menyimpan Darah Tali Pusat

Memiliki buah hati adalah dambaan setiap pasangan suami istri. Hadirnya si kecil menjadi pelengkap sebuah keluarga. Ada yang langsung diber...